Aplikasi DANA Tidak Aman, Uang Hilang dan CS Tidak Membantu

Pada tanggal 2 November 2022, saya bermaksud membeli pulsa melalui aplikasi MyTelkomsel. Di sana terdapat pilihan pembayaran melalui DANA. Kemudian saya menyambungkan akun DANA saya ke aplikasi MyTelkomsel, karena sebelumnya saya tidak pernah melakukan pembayaran melalui DANA di aplikasi MyTelkomsel.

Ketika sudah berhasil terhubung, dari aplikasi MyTelkomsel saya terlihat saldo DANA saya hanya Rp17.405. Saya kaget sekali melihat saldo saya yang dari sebelumnya Rp600.000 ribu lebih, menjadi hanya Rp17 ribuan saja.

Lalu saya membuka aplikasi DANA, saya cek benar saldonya Rp17 ribuan. Saya cek histori terdapat transaksi yang tidak pernah saya lakukan, yaitu transaksi pembelian pulsa ke nomor yang tidak saya kenal (saya sudah cek 4 digit nomor HP yang tidak disensor yaitu 8370 tidak ada di daftar kontak saya) sebesar Rp75 ribu sebanyak 8 kali yang berhasil dengan total Rp600 ribu. Selain itu juga terdapat beberapa transaksi di hotelmurah.com, tapi tidak berhasil. Total kerugian yang saya alami sebesar Rp600.000.

Yang aneh di sini, transaksi pembelian pulsa tersebut dilakukan pada menit yang berurutan, bahkan pada menit yang sama. Setahu saya untuk transaksi pembeli pulsa dengan nominal dan nomor yang sama tidak bisa dilakukan dalam menit yang berdekatan ataupun bahkan pada menit yang sama. Selain itu saya juga tidak pernah memberikan OTP, password ataupun yang lainnya ke orang lain. Bahkan saya cek juga tidak ada permintaan OTP pada tanggal kejadian. Transaksi ini sangat janggal dan aplikasi DANA sangat tidak aman.

Saya share pengalaman saya melalui Instagram, ternyata beberapa teman saya pernah mengalami hal yang serupa juga. Hal ini memang membuktikan bahwa DANA sangat tidak aman, karena gampang diretas, bahkan dengan tidak memberikan OTP kepada orang lain sekalipun.

Hal yang paling mengecewakan adalah, ketika saya mengajukan komplain melalui pesan bantuan, tidak direspons sama sekali. Hanya direspons sekali untuk tidak membuat pelaporan ulang dan diminta menunggu untuk respons selanjutnya. Sampai hari ini 10 November 2022 pukul 19.00 WIB, mereka belum berikan respons dan penanganan atas kendala saya. 8 hari user digantung pelaporannya dan mereka tidak ada itikad baik dari CS DANA.

Saya juga melakukan pelaporan via telepon, tapi sangat lama sekali antreannya dan akhirnya terputus. Mereka sudah mengetahui email dan nomor telepon saya sebelum terputus, tapi tidak bertanggungjawab untuk follow up. Apakah seperti itu kualitas CS DANA?

Tidak hanya itu, saya pun melakukan DM melalui IG, tapi tidak kunjung direspons. Direspons hanya untuk isi form, tapi tidak ada kelanjutannya. Lalu saya kirimkan email ke CS, saya sudah jelaskan kronologinya dan bukti-bukti screenshot dan tahu apa yang lebih parah? CS DANA membalas komplain saya dengan jawaban yang sangat tidak layak.

Mereka menanyakan kembali apa yang sudah saya lampirkan dan 1 tiket saya dibalas 2 kali oleh kemungkinan oleh CS yang berbeda dan dua-duanya sama saja menanyakan hal yang sudah saya lampirkan. Setelah saya lampirkan, mereka merespons akan segera merespons. Namun hingga saat ini tidak ada kejelasan.

Saya cek di akun IG DANA juga banyaaaakkkk sekali customer yang mengeluh terkait aplikasi DANA yang bermasalah. Lebih baik selamatkan dahulu uang di akun DANA kalian, karena CS dana merespons sangat lama dan tidak membantu sama sekali.

Sungguh mengecewakan, tidak sepatutnya pelayanan CS sangat tidak layak seperti itu dan komplain customer 8 hari dibiarkan menggantung tanpa kejelasan. Lebih baik pilih aplikasi dompet digital lainnya yang kualitas CS-nya lebih cepat tanggap dan juga lebih aman digunakan untuk semua transaksi

Merlin Dianti
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai DANA:
[Total:77    Rata-Rata: 1.6/5]
Tanggapan DANA terhadap Surat Ibu Merlin Dianti

Kepada Yth. Redaksi Media Konsumen Di Tempat Perihal: Tanggapan terhadap Surat Ibu Merlin Dianti “Aplikasi DANA Tidak Aman, Uang Hilang...
Baca Selengkapnya

42 komentar untuk “Aplikasi DANA Tidak Aman, Uang Hilang dan CS Tidak Membantu

      • 16 November 2022 - (09:46 WIB)
        Permalink

        Saya tidak setuju dengan pembuat blog, saya pengguna dana sudah lebih dari 4 tahun tidak ada kendala apapun baik transfer maupun top up. Sistem keamanan dana sudah baik sekali karena menggunakan sistem berlapis jauh lebih baik dari sebelum nya. Kalau saldo kalian hilang menurut saya itu adalah kebodohan pemilik karena kebocoran data itu bisa disebabkan faktor dari luar

        • 16 November 2022 - (12:56 WIB)
          Permalink

          Halo Kak, kalau tidak setuju tidak masalah. Disini saya hanya share pengalaman saya,
          Hp saya, saya pakai sendiri. Saat terjadi transaksi hp ditangan saya, selain itu yg janggal adalah pembelian pulsa dilakukan di menit yg berdekatan bahkan dimenit yg sama. Cs dana ketika kemarin menghubungi saya mengakui bahwa transaksi tersebut tidak mungkin terjadi seharusnya karena tidak bisa beli pulsa di nomor dan nominal yg sama dimenit yg berdekatan.
          Artinya disini memang sistem mereka jg bermasalah.

          Selain itu saya cek jg ternyata tgl lain akun DANA saya juga sempat dibobol bahkan parahnya untuk pembayaran di merchant yg bahlan saya tidak ada dilokasi tersebut. Saya sednag dikendaraan menuju stasiun dan ada history dr aplikasi ojek onlinenya.

          Saya juga bukan pengguna DANA baru, saya sudah gunakan hampir 4 tahun.
          Sayapun faham, mana link phissing maupun pentingnya otp dan indikasi modus fraud lainnya. Kebetulan saya jg sedikit faham bagaimana proses validasi transaksi fraud.

          Yg sangat disayangkan sekali disini jg respons dan tanggapan dr cs dana yg sulit sekali dihubungi dan tidak menjawab kebutuhan usernya.

          • 16 November 2022 - (19:06 WIB)
            Permalink

            Maaf ada kemungkinan akun ada terkait dengan aplikasi lain misal bl dan ada yg tau password anda ,belanjanya bukan di akun dana tapi di aplikasi terkait itu

          • 17 November 2022 - (21:39 WIB)
            Permalink

            Mungkin mba pernah klik link yang aneh aneh

    • 18 November 2022 - (07:48 WIB)
      Permalink

      Aku jg ada akun mytelkomsel dan Dana cm ga pernah aku kaitkan slx udah pernah baca dimana gitu, ada keluhan kayak gini jg dan mmg CS Dana ga responsif. semoga permasalahannya cepat selesai.

  • 13 November 2022 - (15:02 WIB)
    Permalink

    Weeewww, Jadi degdegan kalo gak aman begini pakai DANA. apakah harus #uninstallDANA ?

    9
    1
    • 15 November 2022 - (12:59 WIB)
      Permalink

      Saya juga begitu. Ngirim uang ke bank saya sekitr 180 ribu. Di dana statusnya sukses. Tpi saldo rekening saya tidak bertambah. Jadi mulai sekarang agak takut nyimpen saldo di dana. Sudah lapor cs tpi cs tidak membantu.

  • 13 November 2022 - (20:41 WIB)
    Permalink

    Tadinya mau install dana tp ga jadi setelah browsing2 ternyata banyak kasus kaya gini

    • 15 November 2022 - (15:20 WIB)
      Permalink

      Klo aku dana itu cuma numpang lewat aja.. Langsung transfer ke Bank abis itu uninstall.
      Nanti klo perlu install lagi. Kosongin lalu uninstall lagi..

  • 14 November 2022 - (03:14 WIB)
    Permalink

    Thanks Atas Complain nya. Itu lebih menguatkan tekad saya untuk segera menghapus aplikasi ini dari kehidupan saya sehari hari. Saya pun sejak lama sdh ga mau lagi bertransaksi dengan aplikasi dana ini. Selalu lemot dan sangat susah dalam pembelian pulsa.

  • 14 November 2022 - (07:04 WIB)
    Permalink

    Sama kk sy juga pernah malah 2 kali beli produk tgl 12 nopember 200rb tgl 15 nopember 50k pakai dana,pesenan ngak datang saldo udah berkurang,sy komplai ke cs sampai sekarang sdh 1 bulan ngak ada kejelasan jawabannya cuma disuruh nunggu dan nunggu,mau sampai kapan uang sy kembali

    • 14 November 2022 - (12:33 WIB)
      Permalink

      CSnya sangat seulit dihubungi. Transaksi bermasalah atau ada kendala masih bisa diterima asalkan CS membantubdengan sigap dan mengetahui kebutuhan pelanggan. CS dana sangat tidak kompeten.

  • 14 November 2022 - (07:38 WIB)
    Permalink

    Bulan sep 22 saya kehilangan dana 576.000 di aplikasi bukalapak saldo dana saya tiba2 jadi nol(0).

  • 14 November 2022 - (08:40 WIB)
    Permalink

    Sudah banyak keluhan ttg aplikasi DANA. Perlu pembenahan serius karena menyangkut dana masyarakat.

  • 14 November 2022 - (10:02 WIB)
    Permalink

    Saya juga pengguna apl dana sampe saat ini belum pernah bermasalah, hanya yg namanya aplikasi ada saja kelemahannya makanya saya klo punya saldo baik di dana, shopee atau lainnya gak lebih dr sejuta

    • 14 November 2022 - (12:37 WIB)
      Permalink

      Betul kak, saya sebelumnya juga tidak pernah bermasalah.
      Kalau ada kendala wajar asalakn dibantu hingga selesai.
      Namun disini CS kurang responsif dan menyepelekan komplain user, kalau berkendala namun Cs sigap dan tanggap akan menjadi nilai plusnya karena user akan percaya.
      Namun jika sebaliknya mending beralih ke aplikasi lain yg CSnya mudah dihubungi dan helpfull.

  • 14 November 2022 - (10:29 WIB)
    Permalink

    Ternyata banyak juga ya korbannya… Setelah dipikir2 mendingan saya buruan tarik saldo saya di Dana dan dipindah ke yg lebih aman!

  • 14 November 2022 - (11:05 WIB)
    Permalink

    Idih parah banget aplikasi ini. Keamanan tidak terjaga & tidak ada pergantian saldo. Yang begini jangan di pake lagi. Walaupun 1 dari 100.000 yg mengalami ini, tetap 1 itu jadi contoh kalo kita yang mengalami.

  • 14 November 2022 - (12:51 WIB)
    Permalink

    tidak peenah sekalipun instal dana , aplikasi penuh masalah ….
    cape2 kasih data pribadi ke mereka, titip uang ke mereka …. eh, di kuras habis ….
    panik ga???? panik ga??
    nyesek khan ?

  • 14 November 2022 - (16:24 WIB)
    Permalink

    Yang gw alamain gw pernah bermasalah saat top up dana via m-bangking, jd saldo sudah berhasil di debet tp saldo tdk masuk ke akun dana gw….

    Gw coba tlp ke pihak bank tdk ada kendala dari sana

    dan gw coba tlp ke dana 5 hari berturut2 ga pernah nyambung ke csnya….
    cuma mesin penjawab aja yg ngomong suruh nunggu lebih setiap kali di tlp padahal 15menit lebih…

    sampe bosen gw, buang2 waktu buang2 pulsa….

    yaudah lah gw ikhlasin aja angep aja dia lebih butuh…

    cuma yg gw heran perusahaan sebesar itu kok sampai ga kekurangan orang dan ga mampu bayar cs, apa semua cs lagi nagepin begitu banyak komplainan….????

    • 15 November 2022 - (08:53 WIB)
      Permalink

      Pernah komplain dibeberapa aplikasi lain, pelayanan CSnya oke, kalau diminta menunggu masih wajar.
      Cuma DANA ini yg CSnya paling tidak kompeten, jawaban template, tidak menanggapi keluhan user dan pertanyaan, menghubungi saya nadanya kurang menyenangkan dengan alasan sedang sakit.

      Ujung ujungnya bilang gabisa dibalikin, padahal jelas jelas transaksi aneh

  • 14 November 2022 - (16:58 WIB)
    Permalink

    e-wallet ga ada yg aman. maka dari itu, jgn sisakan uang disana banyak2. isi kalo mau dipake saja. alhamdulillah sejak pake cara ini, ga pernah terjadi hal yg aneh2

  • 14 November 2022 - (17:02 WIB)
    Permalink

    Saya membayar tagihan kartu kredit melalui aplikasi dana dan struk menyatakan transaksi BERHASIL, saya tunggu 3 hari setelah transaksi, dana belum masuk ke rekening, sampai sekarang hari ke 15 masih belum masuk ke pembayaran. Dana lagi bermasalah banyak kasus ini.

  • 14 November 2022 - (17:59 WIB)
    Permalink

    Saya tidak pakai aplikasi Dana secara langsung.
    Tapi terhubung dengan akun Mitra Buka Lapak, ada yang bisa bantu info cara menghapus Dana di Mitra Buka lapak gak ya?

  • 14 November 2022 - (21:33 WIB)
    Permalink

    Saya juga 300 rb ngga tau mau di kembalikan apa ngga.
    Cs nya ngga ngrespon.
    Report aja!!!

    • 15 November 2022 - (08:51 WIB)
      Permalink

      Untuk DANA sbnrnya bs d blg msh kurang aman, karena msh bs d akses d handphone lain selama orang lain tersebut tau email, no HP dan PIN, OTP pun ga diperlukan disini, alangkah baiknya PIN d ganti secara berkala, kejadian pernah d alami teman saya sblmnya tp setelah di reset semuanya aman2 aja koq.

  • 15 November 2022 - (09:28 WIB)
    Permalink

    sama aj. saya prnh ilang saldo 1 juta. uda tlp lporan, d suruh isi from t tangan, di ats mterai d suruh kirim lgi k cs dana via email. smpe d suruh buat dana bru, yg ku pikir saldo dana d kmbalikan k akun baru trnyta tdk. dr stu saya gk prnh ad saldo dana lbih dr 150. pling buat pls… dana mmang suram gk brtnggung jwb.

  • 15 November 2022 - (09:41 WIB)
    Permalink

    Kapan ya balasan dari Dana.. Surat pembaca ini… Hhhhhh Dana sudah mau mati… Kita aja yg di bego begoin sama uang elekrik ini… Saya cuma percaya sama ovo. 2 kali pin… Baru ransaksi ok.

  • 15 November 2022 - (10:40 WIB)
    Permalink

    Enakan pake gopay ovo aman gq pernah dapet masalah selama make 2 app itu

 Apa Komentar Anda mengenai DANA?

Ada 42 komentar sampai saat ini..

Aplikasi DANA Tidak Aman, Uang Hilang dan CS Tidak Membantu

oleh merlin dibaca dalam: 2 menit
42