Aplikasi DANA Tidak Aman, Uang Hilang dan CS Tidak Membantu

Pada tanggal 2 November 2022, saya bermaksud membeli pulsa melalui aplikasi MyTelkomsel. Di sana terdapat pilihan pembayaran melalui DANA. Kemudian saya menyambungkan akun DANA saya ke aplikasi MyTelkomsel, karena sebelumnya saya tidak pernah melakukan pembayaran melalui DANA di aplikasi MyTelkomsel.

Ketika sudah berhasil terhubung, dari aplikasi MyTelkomsel saya terlihat saldo DANA saya hanya Rp17.405. Saya kaget sekali melihat saldo saya yang dari sebelumnya Rp600.000 ribu lebih, menjadi hanya Rp17 ribuan saja.

Lalu saya membuka aplikasi DANA, saya cek benar saldonya Rp17 ribuan. Saya cek histori terdapat transaksi yang tidak pernah saya lakukan, yaitu transaksi pembelian pulsa ke nomor yang tidak saya kenal (saya sudah cek 4 digit nomor HP yang tidak disensor yaitu 8370 tidak ada di daftar kontak saya) sebesar Rp75 ribu sebanyak 8 kali yang berhasil dengan total Rp600 ribu. Selain itu juga terdapat beberapa transaksi di hotelmurah.com, tapi tidak berhasil. Total kerugian yang saya alami sebesar Rp600.000.

Yang aneh di sini, transaksi pembelian pulsa tersebut dilakukan pada menit yang berurutan, bahkan pada menit yang sama. Setahu saya untuk transaksi pembeli pulsa dengan nominal dan nomor yang sama tidak bisa dilakukan dalam menit yang berdekatan ataupun bahkan pada menit yang sama. Selain itu saya juga tidak pernah memberikan OTP, password ataupun yang lainnya ke orang lain. Bahkan saya cek juga tidak ada permintaan OTP pada tanggal kejadian. Transaksi ini sangat janggal dan aplikasi DANA sangat tidak aman.

Saya share pengalaman saya melalui Instagram, ternyata beberapa teman saya pernah mengalami hal yang serupa juga. Hal ini memang membuktikan bahwa DANA sangat tidak aman, karena gampang diretas, bahkan dengan tidak memberikan OTP kepada orang lain sekalipun.

Hal yang paling mengecewakan adalah, ketika saya mengajukan komplain melalui pesan bantuan, tidak direspons sama sekali. Hanya direspons sekali untuk tidak membuat pelaporan ulang dan diminta menunggu untuk respons selanjutnya. Sampai hari ini 10 November 2022 pukul 19.00 WIB, mereka belum berikan respons dan penanganan atas kendala saya. 8 hari user digantung pelaporannya dan mereka tidak ada itikad baik dari CS DANA.

Saya juga melakukan pelaporan via telepon, tapi sangat lama sekali antreannya dan akhirnya terputus. Mereka sudah mengetahui email dan nomor telepon saya sebelum terputus, tapi tidak bertanggungjawab untuk follow up. Apakah seperti itu kualitas CS DANA?

Tidak hanya itu, saya pun melakukan DM melalui IG, tapi tidak kunjung direspons. Direspons hanya untuk isi form, tapi tidak ada kelanjutannya. Lalu saya kirimkan email ke CS, saya sudah jelaskan kronologinya dan bukti-bukti screenshot dan tahu apa yang lebih parah? CS DANA membalas komplain saya dengan jawaban yang sangat tidak layak.

Mereka menanyakan kembali apa yang sudah saya lampirkan dan 1 tiket saya dibalas 2 kali oleh kemungkinan oleh CS yang berbeda dan dua-duanya sama saja menanyakan hal yang sudah saya lampirkan. Setelah saya lampirkan, mereka merespons akan segera merespons. Namun hingga saat ini tidak ada kejelasan.

Saya cek di akun IG DANA juga banyaaaakkkk sekali customer yang mengeluh terkait aplikasi DANA yang bermasalah. Lebih baik selamatkan dahulu uang di akun DANA kalian, karena CS dana merespons sangat lama dan tidak membantu sama sekali.

Sungguh mengecewakan, tidak sepatutnya pelayanan CS sangat tidak layak seperti itu dan komplain customer 8 hari dibiarkan menggantung tanpa kejelasan. Lebih baik pilih aplikasi dompet digital lainnya yang kualitas CS-nya lebih cepat tanggap dan juga lebih aman digunakan untuk semua transaksi

Merlin Dianti
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan DANA terhadap Surat Ibu Merlin Dianti

Kepada Yth. Redaksi Media Konsumen Di Tempat Perihal: Tanggapan terhadap Surat Ibu Merlin Dianti “Aplikasi DANA Tidak Aman, Uang Hilang...
Baca Selengkapnya

46 komentar untuk “Aplikasi DANA Tidak Aman, Uang Hilang dan CS Tidak Membantu

  • 16 November 2022 - (07:34 WIB)
    Permalink

    Pengalaman complain,link aja oke, begitu saya komplain,cs nya respon baik,dan mereka segera menginfokan progress dana kita yg akan direfund…

  • 16 November 2022 - (13:53 WIB)
    Permalink

    Saya salah satu pengguna setia aplikasi DANA, dan selama ini tidak ada kendala apapun. Tapi melihat pengguna lain mengalami kejadian yang tidak mengenakan, sepertinya harus beralih ke aplikasi lainya. Saat membeli token listrik ada menu tagihan proteksi sebesar rp.2500 kadang saya berpikir apakah aplikasi dana memang tidak aman sampai membuat menu tersebut ?

  • 16 November 2022 - (22:11 WIB)
    Permalink

    Biasanya klo ada customer menulis di MK cs dari pihak terkait langsung gercep nanggepin demi menjaga nama baik perusahaan.

    Nah ini sudah beberapa hari sejak diposting tapi tidak ada tanggapan yang menandakan klo cs aplikasi dana emang jelek pelayanannya. ?

  • 18 November 2022 - (19:02 WIB)
    Permalink

    Alhamdulillah tidak pernah menyimpan banyak uang di aplikasi dompet digital sejak uang top up 100 ribu ditilep linkaja dan bni karena saldo gagal bertambah.

  • 28 April 2023 - (10:57 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami hal sama. Pada tanggal 25 maret sya menemukan transaksi sebesar Rp.309.690 dan menyebabkan saldo DANA saya terpotong. Setelah saya cek lagi transaksi trsebut transaksi Google California yang saya sendiri tidak tau menau itu transaksi apa! Dan saya bahkan sudah klaim ke pihak dana tapi pihak dana tidak merespon bahkan terkesan menghindar.pada saat live chat agent terhubung tiba2 chat di tutup oleh mereka. Dan saat melaporkan via email jg selalu respon yang sama yaitu saya di suruh menunggu. Smpe sudah satu bulan blm jg ada tanggapan. Dan saya menanyakan prihal tersebut malah mereka suruh menunggu lagi. Padahal saya sudah lempirkan smua bukti dll. Jangan pake dana saya sarankan hp kalian ketika di curigai adanya scamer mending langsung kosongkan dana dan hapus aplikasi dana.

 Apa Komentar Anda mengenai DANA?

Ada 46 komentar sampai saat ini..

Aplikasi DANA Tidak Aman, Uang Hilang dan CS Tidak Membantu

oleh merlin dibaca dalam: 2 menit
46