Tertipu Beli Jam KW di Shopee, Barang Sudah Diretur tapi Dana Diteruskan ke Penjual

Saya bermaksud untuk membeli jam original second di forum FB, harganya Rp700.000. Demi keamanan transaksi, saya minta transaksi melalui Shopee. Jam pesanan saya sudah sampai, tapi jam yang saya terima adalah jam KW, tidak sesuai dengan yang seller iklankan pas jualan.

Saya chat seller, seller nawarin balikin dana 600 ribu aja dari harga barang Rp700 ribu. Ya saya gak mau dong, jam gak jelas yang dikirim dan saya rugi. Saya ajuin pengembalian barang dan dana lewat aplikasi Shopee. Saya kirim semua bukti, saya ada video unboxing dan Shopee menyetujui pengajuan saya untuk retur (balikin barang ke seller).

Tiba-tiba seller chat di forum diskusi Shopee, kalau barang retur dari saya gak dia terima. Saya cek status pengiriman sudah terkirim dengan note: “Dititip di warung pak haji aang karena gak ada wa ga bisa dihubungin“.

Shopee bilang di forum diskusi, bahwa akan diinvestigasi dulu ke jasa kirim (J&T). Okelah saya tunggu, si seller bilang kalau di warung itu udah dicek gak ada. Saya tunggu sampai 2 minggu gak ada respons. Saya chat nanya gimana hasil investigasinya pun gak direspons berhari-hari oleh Shopee. Lalu saya coba tanya di CS live chat, katanya dicek dulu, oke saya tunggu lagi.

Hari ini tepat 2 minggu pengajuan saya, ada notifikasi di forum diskusi Shopee bahwa pengajuan saya ditolak karena alasan paket hilang oleh jasa kirim dan dana dilepaskan ke seller. Uwooowww, mantap sekali Shopee nih kerjanya, entah SOP-nya gimana. Niat awal pakai Shopee biar transaksi aman, malah saya rugi. Udah balikin barang, yang ngehilangin barang jasa kirimnya, eh duitnya juga dikasih ke penjual dan saya gak dapat apa-apa.

Saya komplain lagi dong ke CS live chat, karena di diskusi gak bisa chat lagi soalnya udah ditutup, dengan kemenangan seller penipu itu. Kata CS Shopee, uang saya akan diklaim mohon menunggu 1-5 hari kerja. Udah nunggu 2 minggu sekarang suruh nunggu lagi maksimal 5 hari kerja. Yang salah J&T yang dirugiin waktu saya sebagai pembeli.

Saya tahu Shopee punya kebijakan perusahaan, tapi saya gak paham kebijakan Shopee sebagai ecommerce yang katanya besar ini gimana. Saya pembeli merasa sangat dirugikan waktu dan tenaga, juga uang ya, karena uang saya gak tahu gimana nasibnya. Jelas-jelas saya ada bukti semuanya, kalau seller itu penipu, tapi Shopee masih menangin seller tersebut.

Andi Himawan
TL Bawang, Lampung

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

54 komentar untuk “Tertipu Beli Jam KW di Shopee, Barang Sudah Diretur tapi Dana Diteruskan ke Penjual

  • 21 November 2022 - (23:21 WIB)
    Permalink

    Shopee parah sih.
    Kayaknya mereka ga menilai harga barang yg dikirim. Jam kw 100 ribuan masih aja diteruskan tu duit

  • 22 November 2022 - (16:29 WIB)
    Permalink

    Kalo mau aman. Beli elektronik maupun jam atau perhiasan. Coba di official store aja. Dijamin dari segi kualitas dan garansi resmi

  • 24 November 2022 - (01:20 WIB)
    Permalink

    Memang Shopee lebih riskan sistem nya, yg toko hijau lebih aman sich, saya lebih aman transaksi di toko hijau, walau harus hati2 juga, karena banyak penjual jahat, dan juga ada pembeli jahat. Jadi waspadalah.

 Apa Komentar Anda mengenai Pusat Resolusi Shopee?

Ada 54 komentar sampai saat ini..

Tertipu Beli Jam KW di Shopee, Barang Sudah Diretur tapi Dana Diterusk…

oleh Andi dibaca dalam: 2 menit
54