Sudah Lebih dari 14 Hari, Dana Belum Dikembalikan ke Debit Mandiri oleh TikTok Shop

Jujur saja sebelumnya saya tidak ada terpikir untuk menulis artikel ini. Namun saya sudah sangat muak dengan pelayanan TikTok Shop yang tidak kunjung menyelesaikan dan mengembalikan dana refund. Ini adalah hari ke-20, pasca permintaan pengembalian dana saya kepada TikTok.

Kronologinya, pada tanggal 13 November 2022 pukul 3:54, saya membeli barang Xiaomi Redmi Note 10 dari official store JD.ID di TikTok dan melakukan pembayaran dengan debit Bank Mandiri, nomor pesanan: 576786204872117131. Setelah 3 hari saya menunggu, barang yang saya pesan tak kunjung dikirim. Saya chat admin JD.ID untuk menanyakan kapan pesanan saya akan dikirim. Namun admin tidak dapat memastikan kapan pesanan saya akan dikirim karena stoknya sudah habis.

Akhirnya saya dan seller sepakat untuk membatalkan pesanan, pada tanggal 17 November 2022 pukul 5:19, dengan nomor permintaan pengembalian (4035244350994942859). Permintaan saya sudah disetujui oleh pihak JD.ID. Pihak TikTok juga menjelaskan bahwa kartu debit Worldpay akan melakukan pengembalian dana dalam waktu 7 – 14 hari.

Saya menunggu hingga detik ini, tapi uang saya belum dikembalikan juga oleh TikTok. Setelah 14 hari, saya chat CS Tiktok, dan mengirimkan bukti transaksi selama 14 hari ke belakang. Namun nihil, uang saya belum dikembalikan, meskipun saya sudah kirim bukti transaksi selama 14 hari ke belakang.

Screenshot bukti permintaan pembatalan yang sudah disetujui. Namun TikTok belum mengembalikan dana saya dan hanya memberi jawaban template

Saya sudah diarahkan untuk menggunakan tiket bantuan dan chat CS TikTok setiap hari. Namun jawaban yang saya terima hanya template, yakni “Masih dalam investigasi”. Saya juga menelepon CS Bank Mandiri agar pengembalian uang saya bisa dibantu. Namun ternyata tidak bisa diproses apabila saya tidak memiliki kode ARN. Pihak TikTok juga tidak mau memberikan kode ARN kepada saya, karena keterbatasan (katanya).

Saya sangat kecewa dengan pelayanan TikTok Shop yang sungguh meresahkan dan tidak memberikan jawaban yang pasti atas proses pengembalian uang saya.

Shinta Dewi Anggraini
Bogor, Jawa Barat


Catatan redaksi (diperbarui 29/12/2022): Penulis menyatakan masalah di atas telah diselesaikan dengan baik oleh pihak-pihak terkait.

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai TikTok Shop:
[Total:1    Rata-Rata: 1/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

6 komentar untuk “Sudah Lebih dari 14 Hari, Dana Belum Dikembalikan ke Debit Mandiri oleh TikTok Shop

  • 15 Desember 2022 - (13:31 WIB)
    Permalink

    Tadinya saya juga niat jualan lewat tiktokshop tapi baca2 rating tiktokshop di google play lumayan banyak juga yg kecewa dan bintang 1. Dgn banyaknya masalah terutama yg berhubungan dgn dana nyangkut akhirnya saya mengurungkan niat tsb

  • 15 Desember 2022 - (20:20 WIB)
    Permalink

    Saya heran, kenapa masih banyak ya yang beli hp di tiktok shop? Padahal kan bisa aja beli di toko oren dengan harga yang sebanding, justru harganya juga lebih murah daripada di situ.

  • 3 Januari 2023 - (07:24 WIB)
    Permalink

    Halo kak, perkenalkan saya Dewi Anggraini. Saat ini saya sedang mengerjakan tugas akhir mengenai tiktokshop. Kak, untuk kasus kakak apakah saya bisa berdiskusi lebih lanjut dengan kakak mengenai pengalaman kakak ini? Terimakasih kak..

  • 23 Mei 2023 - (11:52 WIB)
    Permalink

    Sama kak, saya dr tanggal 6 maret 2023 sampai detik ini tanggal 23 Mei 2023,tetapi pengembalian dana saya belum kunjung terselsaikan, disuruh datang ke pihak bank, katanya dana saya tertahan di pihak bank.. Sudah 5 x bolak balik ke pihak bank terkait, tetapi tidak ada transaksi masuk ke rekening saya dr pihak tiktok.. Kecewa saya

 Apa Komentar Anda mengenai TikTok Shop?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

Sudah Lebih dari 14 Hari, Dana Belum Dikembalikan ke Debit Mandiri ole…

oleh kuraken dibaca dalam: 1 menit
6