Penjual Dirugikan karena Isi Paket yang Dikirim Telah Ditukar

Dear Media Konsumen,

Saya di sini selaku penjual di Lazada, dengan nama toko GK Fashion. Komplain saya terkait dengan nomor pesanan: 1001839023830975, produk: Midi Payet Fit LD 108 by SHR warna hitam beserta hijab motif mawar merah.

Pesanan pelanggan sudah sesuai dengan permintaan yang saya kirim tanggal 03 Desember 2022. dan sebagai penguat ada juga bukti-bukti (foto pengemasan dan sesudah, beserta video). Namun tahu-tahu setelah paket diterima pelanggan, isi paketnya berbeda. Alhasil pelanggan minta retur dan refund. Saya sudah menolak dan ajukan banding, tetapi pihak marketplace menyetujui.

Saya tidak menyerah memperjuangkan hak saya. Saya chat live CS Lazada dan sesuai arahannya saya dimintai untuk membuat video unboxing dan BAP/berita kronologi bersama kurir.

Di sini masalah baru pun muncul, terkait data nomor pengembalian: 754882235130975, jasa kirim: JNE, nomor resi: JNRC-1000503903. Karena kurir dari JNE yang mengantarkan paket retur tersebut tanggal 11 Desember 2022, tidak kooperatif dan tidak mengizinkan saya untuk membuat video unboxing dan meminta dibuatkan BAP/Berita Kronologi, paket tersebut akhirnya dibawa kembali. Padahal di sini saya selaku penjual yang telah dirugikan.

Sejak tanggal 11 Desember 2022, saya selalu menanyai kepada kurir untuk BAP dan video unboxing-nya, tapi hingga sekarang kurir tidak ada membantu. Malahan paket retur tersebut dibuatkan resi baru ke JNT, dengan nomor resi: JD0215305256. Pihak JNE seakan lepas tangan dan tidak kooperatif.

Karena di sini saya yang dirugikan, mohon dibantu untuk ditindaklanjuti. Demikian disampaikan, atas perhatian dan kerja sama yang baik kami ucapkan terima kasih.

Rafli Renaldo
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Jualan online di Lazada:
[Total:65    Rata-Rata: 1.6/5]
Tanggapan JNE untuk Keluhan Bapak Rafli Renaldo

Sehubungan dengan surat pembaca yang telah dimuat di Mediakonsumen.com pada tanggal 24 Desember 2022 berjudul “Penjual Dirugikan Karena Isi Paket...
Baca Selengkapnya

26 komentar untuk “Penjual Dirugikan karena Isi Paket yang Dikirim Telah Ditukar

    • 24 Desember 2022 - (17:55 WIB)
      Permalink

      Lah ini kan keluh kesah penjual kok dsuruh belanja ke mall, jgn lp mnm obat nya dlu nak.

      32
      1
        • 25 Desember 2022 - (06:28 WIB)
          Permalink

          Sebaiknya anda nonton youtube, udah sering banget kasus kaya gini, ini yng modus bukan pembeli tapi…..
          jd sebaiknya anda buat laporan ke lazada dan ke pihak ekspedisi, supaya si oknum nakal itu yg suruh ganti rugi

      • 25 Desember 2022 - (09:13 WIB)
        Permalink

        Bisa jadi itu kasus paket tertukar di expedisi mbak, kasus gt sering banget terjadi, beli apa yg dateng apa tp biasanya pihak expedisi mau bantuin ngurus, pengalaman via pos indo sih dibantu ngurus sama cs pos.

        1
        4
    • 28 Desember 2022 - (05:43 WIB)
      Permalink

      Contoh tulang rusuk dari rucika bodXXnya mengalir sepanjang masa🤭🤭.. keluh kesah yg jual d suruh k mall..

    • 25 Desember 2022 - (09:13 WIB)
      Permalink

      kalo kasusnya seperti ini,,, kedepan org gak mau lagi membeli lewat aplikasi, sdh menurun kepercayaan publik,,,, usut tuntas kasus seperti ini….bayangkan aja barang sekecil itu masih ditukar2 gitu…apalagi kalo barang yg nilainya besar….. sy sdh gak prnh mau pesan lagi barang yg nilainya besar,,,, masukan buat yg mau blanja online…..sebaiknya COD aja……

      2
      3
  • 25 Desember 2022 - (05:24 WIB)
    Permalink

    Saya pernah punya pengalaman yang sama. Paket yang penjual (saya) kirim isi printer. Pembeli Terima paket isi motherboard cpu baru. Dan permintaan retur saya tolak. Begitu saja. Sekian.

  • 25 Desember 2022 - (06:45 WIB)
    Permalink

    Sebenarnya siapa yang harus mengawasi para pelaku jasa pengiriman yang menjamur saat ini, ada berapa berapa banyak kurir yang bertanggungjawab tapi juga tidak sedikit yang malas dan berperilaku tidak baik, tapi apapun itu pihak jasa pengiriman harus siap bertanggungjawab atas setiap permasalahan yang dialami pihak pengguna jasa tersebut baik seller maupun buyer, saya pikir tidak akan merugikan jasa pengiriman jika mereka responsif dan bertanggungjawab karena imbasnya adalah pamor dan nama baiknya meningkat dan itu artinya kepercayaan publik akan menaikan ratingnya. Untuk para kurir dan atau SDMnya yang terlibat dan nakal sebaiknya diberi sanksi yang tegas.

    • 25 Desember 2022 - (06:57 WIB)
      Permalink

      Tdk semua kasus spti ini salah di ekspedisinya, penjual dan pembelipun bs melakukan kecurangan jg. Apalagi kasus di atas barangnya cm pakaian yg nominalnya pun tdk seberapa, kecil kemungkinan menarik org untuk di ambil.

      3
      3
      • 25 Desember 2022 - (16:37 WIB)
        Permalink

        terima kasih kak, bukan nilai barang tapi etos kerja kak….saya hanya membela hak saya saja.

      • 26 Desember 2022 - (11:15 WIB)
        Permalink

        Sangat disayangkan jika memiliki pemikiran seperti itu, mungkin bagi anda tidak seberapa dan mungkin pula pandangan anda beranggapan semua bisa baik baik saja tetapi bagi yang memiliki niat jahat bagi mereka tidak akan melihat seberapa nilai barang itu yang penting dapat memilikinya. Yang perlu kita garis bawahi adalah tanggungjawab dari perusahaan jasa hantaran yang mengedepankan pelayanan itu lebih penting dari sekedar cuci tangan ingatlah service is our business ….

    • 25 Desember 2022 - (09:17 WIB)
      Permalink

      kasihan penjualnya,,, padahal jasa pengiriman semakin ramai dengan adanya pembelian online….. kasus ini harus diusut tuntas,,,, cari tau kesalahannya dimana ????? penjual
      dan pembeli sangat dirugikan

  • 25 Desember 2022 - (09:16 WIB)
    Permalink

    Bisa jadi itu kasus paket tertukar/salah salur oleh pihak expedisi mbak, sering terjadi kasus gini tp biasanya pihak expedisi mau membantu, pengalaman pernah gini via pos indo dan dibantu oleh cs pos sampe barang yg bener sampe ke saya

    • 25 Desember 2022 - (18:46 WIB)
      Permalink

      Itu kan ada no resi nya koplak, Lo kan belanja marketplace bukan di blackmarket🤣🤣🤣

    • 26 Desember 2022 - (01:18 WIB)
      Permalink

      bener tidaknya barang atau tertukar,,, coba lihat nama dan alamatnya….kalo nama dan alamat sesuai yg kita punya…brrt bukan tertukar…..

  • 25 Desember 2022 - (13:21 WIB)
    Permalink

    Saya seller lazada pernah kasus serupa,
    Solusinya jika paket returan belum 7 hari diterima, kita minta dibuatkan BAP penolakan Paket dengan disertai tanda tangan seller dan pihak ekspedisi..
    Lalu lampirkan ke lazada CS
    Jika disetujui Nanti bakal di refund senilai barang 100% oleh lazada dan masuk ke pembayaran di app seller.
    Semoga membantu.

    • 28 Desember 2022 - (23:01 WIB)
      Permalink

      Saya juga seller di lazada, bbrp kali mengalami kejadian serupa. Paket jas hujan saya diretur dgn pakaian bekas. Komplain ke jasa kirimnya tidak respons, komplain ke lazada katanya telat udah lebih dari 7 hari. Salah saya dulu saya nunggu respons dari jasa kirimnya dulu. Ditunggu berhari2 ga ada solusi, begitu komplain ke lazada udah ga bisa.

  • 26 Desember 2022 - (09:27 WIB)
    Permalink

    Yg eror ini cs lazadanya … Knp proses unboxing hrs dibuat bersama kurir….

    Proses unboxing itu seharusnya dilakukan oleh anda sendiri asalkan nomor resi terlihat jelas dan kardus kemasan masih bagus, dan divideokan . Kemungkinan besar itu cukup

    Ga ada kewajiban dari kurir tersebut untuk menyaksikan proses unboxing Krn itu menghabiskan ga sedikit waktu, sedangkan bagi kurir waktu itu adalah uang. Jadi wajar kurir itu ga mau melihat proses unboxing anda

  • 27 Desember 2022 - (13:23 WIB)
    Permalink

    Selamat siang, saya ucapkan terima kasih kepada media konsumen yang telah menerbitkan perihal saya.

    dan saya mengapresiasikan kepada pihak JNE sejak penerbitan problem ini, yang mana telah membantu saya untuk meluruskan problem yang terjadi, untuk itu saya ucapkan terima kasih.

    dan disini saya selaku penjual dengan ini menyatakan dengan sebenar-benarnya dan dalam keadaan sadar. Per tanggal 27 Desember 2022, Alhamdulillah masalah saya sudah diatasi oleh pihak Market place (lazada) yang mana telah memberikan kompensasi 100% nilai barang.

    Demikian, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

 Apa Komentar Anda mengenai Jualan online di Lazada?

Ada 26 komentar sampai saat ini..

Penjual Dirugikan karena Isi Paket yang Dikirim Telah Ditukar

oleh Rafli dibaca dalam: 1 menit
26