Paket Hilang dalam Pengiriman, Tagihan Akulaku PayLater Terus Berjalan

Pada tanggal 13 Desember 2022, pihak J&T mengkonfirmasikan kepada saya, bahwa paket saya telah hilang di gudang JNT. Melalui WA tersebut pihak J&T menyarankan saya untuk mengajukan pengembalian dana kepada pihak Akulaku.

Saya sudah melakukan pengajuan pengembalian dana kepada pihak Akulaku, sesuai dengan saran dari pihak J&T. Akan tetapi pengajuan pengembalian dana saya ditolak oleh pihak Akulaku. Saya pun mengkonfirmasikan hal tersebut kepada pihak J&T, tapi pihak JNT tidak memberikan jawaban yang pasti terkait pesan saya tersebut. Saya hanya disuruh menunggu dan menunggu, sampai pihak J&T memberi kabar lebih lanjut mengenai keluhan saya.

Sampai detik ini, laporan saya belum juga ada kepastian, mengenai penyelesaian dari masalah saya tentang paket saya yang hilang oleh pihak J&T. Saya meminta kejelasan dan pertanggungjawaban dari pihak J&T, atas hilangnya paket saya. Apalagi, saya juga sudah membayar angsuran pertama dari paket tersebut, yang mana saya membelinya melalui Akulaku PayLater. Sedangkan paket tersebut tidak saya terima, karena memang paketnya hilang oleh pihak J&T.

Tolong segera ditanggapi mengenai keluhan saya ini, dan tolong kepada pihak JNT, untuk lebih serius menangani kasus semacam ini. Terima kasih.

Wahyu Ahyana
Pandeglang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kurir J&T Express di Akulaku:
[Total:73    Rata-Rata: 1.8/5]
Tanggapan Akulaku terhadap Surat Saudara Wahyu Ahyana

Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com di Tempat Dengan hormat, Terkait dengan surat pembaca konsumen dari Saudara Wahyu Ahyana pada tanggal 26...
Baca Selengkapnya

39 komentar untuk “Paket Hilang dalam Pengiriman, Tagihan Akulaku PayLater Terus Berjalan

  • 26 Desember 2022 - (11:01 WIB)
    Permalink

    Urusan jadi runyam karena anda terlanjur sudah membayar cicilan pertama. Idealnya anda menolak membayar karena barang belum diterima (hilang) berdasarkan bukti sesuai dengan pernyataan resmi pihak J&T.

    Untuk kasus ini solusi yang bisa ditempuh adalah biarkan seller berhubungan dengan J&T untuk ganti-rugi barang sedangkan anda menuntut dikirimkan barang yang sama oleh seller dan cicilan tetap berjalan. Solusi teoritis ideal tapi saya khawatir prakteknya tidak akan berjalan seperti itu terutama karena seller sudah merasa di atas angin dan menolak mengirim ulang barang yang sama.

    Semoga ada solusi terbaik dari pihak J&T semisal mengganti barang kepada anda (jika pakai asuransi) atau diganti sejumlah 10x ongkir. Anda memang rugi berawal karena “kesalahan” anda memenuhi cicilan pembayaran atas barang yang tidak anda terima.

    16
    2
      • 27 Desember 2022 - (05:55 WIB)
        Permalink

        Lapor polisi saja.. Nnti siapa yg salah dia yg harus tanggung jawab.. Undang undang perlindungan konsumen harus di tegakan.

        • 27 Desember 2022 - (06:52 WIB)
          Permalink

          Akulaku sekarang parah tidak seperti dulu lagi sy perna reftur barang ditanggap tapi sekarang oknumnya ada yg nakal

          • 27 Desember 2022 - (16:41 WIB)
            Permalink

            Bener saya di suruh batalkan refund eh ternyaata clam saya jd ilang dan sungguh tdk ada penyelesaian

        • 27 Desember 2022 - (09:15 WIB)
          Permalink

          Barang 1 juta lapor polisi?? Gak bakal ditanggapi bro. Yg ada mlh uang habis lbh banyak drpd kerugian nya. Gak pernah urusan dgn polisi ya masbro??

          • 27 Desember 2022 - (20:03 WIB)
            Permalink

            Rumah dimasuki maling saja tidak ada tindak lanjutnya. Tidak ada usaha ambil sidik jari, olah TKP, pakai teknologi pengenalan wajah, dsb. Apalagi kerugian satu juta rupiah.

    • 27 Desember 2022 - (16:39 WIB)
      Permalink

      Saya mengalamin ini dan tagihan masuk ke cicilan yg lain jd ga bisa di pilah” bayar.. klo nagih 1×24/7 tanpa henti.. cs ga bisa di andelin di oper” mulu… alhasil saya rugi mereka ttp makan uang haram

    • 28 Desember 2022 - (09:08 WIB)
      Permalink

      Ini salah pihak J & T dan hrs betanggung jawab,sy sj sering melihat di dpn sy kl brng” yg mau d kirim oleh kurir sering di lempar” kok seblm d kirim,sy melihat sewkt pulng olah raga wkt sy mau videoin br tdk d lempar”

    • 28 Desember 2022 - (09:18 WIB)
      Permalink

      Kl sy mah dr dulu di tawarin spt dr akulaku dll tdk mau krn kl terjd sesuatu pd bt dongeng jd lbh baik cod spy tdk ribet,hati” dgn program paylater kl telat 1 hari bhkn ditlp lbh dr minum obat bhkn 1-2 hari seblm jatuh tempo.di tlp dgn dalil utk mengingatkan tp d tlpin bs lbh dr 1x kan sontoloyo spt itu,jd menabung dulu kl mau beli sesuatu kec super urgent kl utk komsumtif jgn deh ujungnya bs ribet

    • 28 Desember 2022 - (09:26 WIB)
      Permalink

      Pay letter dari sho*p** lbh mudah bunga juga tidak mahal. Bijak memilih payletter disarankan yang pny marketplace langsung aja seperti sho*ee ato bl*bli.

    • 26 Desember 2022 - (19:51 WIB)
      Permalink

      Jangan pernah transaksi pakai akulaku apalagi belanja via aplikasinya langsung. Pengalaman saya belanja, WA saya langsung dibanjiri pesan spam yang mengaku dari pihak seller dan memberikan semacam link link aneh. Banyak seller abal2 di toko akulaku. Udah gitu CS nya macam robot yang hanya membalas pesan dengan template. Ibarat lintah darat online akulaku ini salah satunya.

      12
        • 27 Desember 2022 - (18:21 WIB)
          Permalink

          Iya begitulah.

          @siti saya tidak perlu filter karena itu memang kenyataan. Anda tidak perlu jadi pahlawan disini. Saya lihat hampir di semua artikel anda berkomentar. Gak usah kepo dan sok baik anda Siti Agustina.

      • 27 Desember 2022 - (17:29 WIB)
        Permalink

        kalau barang udah di kirim berarti menjadi tanggung jawab ekspedisinya bukan toko atau platform nya lagi. coba di filter lagi itu ketikanmu pak

        • 28 Desember 2022 - (03:31 WIB)
          Permalink

          Itu urusan penjual dengan ekspedisi, tanggung jawab penjual memastikan barang sampai,
          Kenapa harus customer yg di repotkan?
          Saya pesan paket mau COD ataupun cash, bila paket nya tidak datang maka penjual yang saya kejar(tuntut)
          Masalah claim ke ekspedisi dari penjual berapa itu bukan urusan saya

          Barang sampai bayar
          Tidak sampai tidak bayar

          3
          1
          • 28 Desember 2022 - (16:40 WIB)
            Permalink

            Biarkan saja pak. Siti itu buzzer yang ditugaskan untuk meramaikan suasana.

        • 29 Desember 2022 - (03:34 WIB)
          Permalink

          Lah ******, apalagi yanggung jawab konsumen. Seenggak akulaku membantu menangani masalah yang ada karena cicilan pertama sudah terbayar sedangkan barang belum di terima.

    • 28 Desember 2022 - (19:06 WIB)
      Permalink

      Lagian barang belum diterima kenapa sudah dibayar angsuran yg pertama. Jadi pengembalian dana akan sulit krn pihak AL mengira barang sudah diterima oleh pembeli.
      Saran sih terus kejar ke pihak ekspedisi nya, minta ganti rugi krn itu kelalaian mereka.

  • 26 Desember 2022 - (19:04 WIB)
    Permalink

    Kalo aku misal punya akulaku
    Saya lebih memilih beli d blibli, Bukalapak, jd.id pake jasa instan kalo ada,
    Atau ke konter langsung memakai pembayaran qris akulaku..

    1
    1
    • 26 Desember 2022 - (19:52 WIB)
      Permalink

      Iya benar sekali. Seller akulaku kebanyakan scam dan palsu. Begitu kita belanja disana. Gak lama akan ada pesan ke WA dan telp dari nomor2 spam menanyakan detil transaksi dengan alasan konfirmasi pesanan. Padahal mau mencuri data pribadi.

      • 26 Desember 2022 - (23:03 WIB)
        Permalink

        Nah itu,
        Temenku yg punya akulaku aja ku bilangin
        Daripada beli langsung d akulaku nya ya mending beli d tempat lain tp bayar pake akulaku,,,
        Emng sih d akulaku sekarang ada review nya,
        Kalo dulu kan cuma ada bintang tanpa ada review nya…

        • 27 Desember 2022 - (06:45 WIB)
          Permalink

          Sy perna ditipu oknum akulaku ambil barang diblibli tapi tagihan diakulaku sy disuruh bayar ogah jadi lihat logo akulaku sy jadi trauma

    • 26 Desember 2022 - (22:03 WIB)
      Permalink

      Oknum Penjual di Akulaku lebih banyak penipunya, dari pada jujurnya, ribet belanja disitu, saya aja beli tas sampai dan sepatu sampai sekarang tdk datang, tagihan saya tdk bayar di Akulaku, bodoh amat bayar tagihan yg nyatanya barang tdk diterima, untuk Slik Ojk cueking aja,

  • 26 Desember 2022 - (20:21 WIB)
    Permalink

    Sy dulu pernah kehilangn hp belnja di akulaku kejadian itu sekitar thn 2018 dengn jasa kurir jne.setatus di terima tp barang tidak sampai ke sy tp blm sampe byar cicilan kya ts.trus sy tlpn toko jg cs akulaku di suruh tlpon cs jne.alhmdulilah dari pihk jne mau ganti rugi dengn jenis hp yg sama.sayangnya blnja di akulaku pembeli itu tidak bisa memliih kurir.kurir sudah di setel sistem jd untung untungn kl dapt kurir yg benr

  • 27 Desember 2022 - (00:09 WIB)
    Permalink

    Kehilangan barang dalam belanja Online menjadi tanggung jawab kurir dan buyer.
    Jika barang yg dibeli diasuransikan pengiriman, maka sepenuhnya menjadi tanggung jawab kurir sesuai prosedur klaim assuransi kehilangan.
    Jika barang tidak diasuransikan, biasanya kurit hnya akan mengganti maksimal 10X dr biaya pengiriman.
    Jd barang yg hilang sudah bukan lg tanggung jawab platform.

    Semoga cepet terselesaikan.

  • 27 Desember 2022 - (06:02 WIB)
    Permalink

    Yang aman itu belanja di paylater Lazada,, pengirimannya cepat dan ongkirnya murah pula.

  • 27 Desember 2022 - (07:48 WIB)
    Permalink

    Udah kena tipu itu beli hp mah di official shop, hp spek segitu harga 1jutaan ga mungkin.

  • 27 Desember 2022 - (09:19 WIB)
    Permalink

    Ini yg lucu saat kita kirim paket selalu ditanya isinya apa?? Kalo kita bohong dgn mengatakan itu makanan mk resiko nya barang bisa rusak karena dibanting2. Tp kalo kita jujur bilang itu Hp atau laptop, resiko nya ya spt ini barang kemungkinan besar hilang. Jd serba repot konsumen mau jawab saat ditanya isi paket nya apa

    • 27 Desember 2022 - (10:30 WIB)
      Permalink

      Semoga ada titik terang dan hasil yg baik untuk si pembeli, yang penting coba di urus terus sampai ada keputusan, kalau dibiarkan pembeli rugi, saya juga kemarin baru saja kehilangan barang jg, untuk sekarang nggak pengen dulu beli di online shop dl, kalau penjual tahunya kirim aja begitu ada problem mana mau bantu kita bahkan menanyakan ke kurir, pengealaman terakhir kurirnya yang nakal produk saya hilang dari predaran bumi..wkkw

    • 27 Desember 2022 - (10:34 WIB)
      Permalink

      Paling aman belanja di lazada. Saya setiap belanja di lazada klo barang gak sesuai. Misalyah kekecilan atau ada yg jaitan y gak rapih atau barang rusak. Atau barang gak d kirim sama kurir JNE atau JNT. Mudah di retur dan uang ku sllu balik lagi ke Rekening Atau ke saldo lazada. Dari saldo lazada mudah di cairin ke rekening top dah lazada. Pernah belanja lampu gantung harga 700.rb barang salah kirim sama kurir. Alhamdulillah uang balik. Dan belanja shopa 1.500.rb barang gak d kirim uang udh masuk. Saya telpon lazada alhamdulillah uang balik. Beli obat tiba2 pas dateng varang y palsu terus saya ngasih ulasan barang palsu terus saya retur seler y gak terima saya suruh kerja sama sama selwr suruh ganti ulasan barang palsu saya gak mau. Terus saya telpon lazada alhamdulillah uang balik. Soalyh seler juga teryata ulasan di prodak y palsu smua. Pengikut 17. Tp yg komen byk banget sue. Top dah lazada

  • 27 Desember 2022 - (10:37 WIB)
    Permalink

    Knp masih ada yg belanja di akulaku😅kan toko disana bodong semua harga juga gak masuk akal, mending beli di market place lain pake limit akulakunya

  • 27 Desember 2022 - (18:25 WIB)
    Permalink

    Lain kali kalau mau belanja pake akulaku via e-commerce pakai metode pembayaran akulaku.

  • 28 Desember 2022 - (06:09 WIB)
    Permalink

    laporkan ke polisi aja, biar mereka semua kena Ganjar. biar ada komposisi yang jelas antara korban dan para tersangka

  • 28 Desember 2022 - (08:57 WIB)
    Permalink

    Paket hilang dalam pengiriman itu tanggung jawab expedisi harus mengganti paket yang hilang,cuma untuk prosesnya terlalu ribet dan muter muter dan saling lempar tanggung jawab,karena secara tidak langsung pihak expedisi tidak bertanggung jawab penuh atas barang yang di paketin dari pihak pengguna expedisi

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir J&T Express di Akulaku?

Ada 39 komentar sampai saat ini..

Paket Hilang dalam Pengiriman, Tagihan Akulaku PayLater Terus Berjalan…

oleh Wahyu dibaca dalam: 1 menit
39