Shopee Belum Mencairkan Dana Klaim Barang Jualan Saya yang Hilang, Padahal dari J&t Bilang Sudah Auto Claim Karena Dinyatakan Hilang

Kronologi kejadian diawali dengan masuknya orderan di Shopee dengan metode COD no Invoice 221025BXPSC222 tanggal 26 Oktober 2022. Pesanan berupa handphone Xiaomi Poco M3 Pro 5G 4/64 Biru senilai Rp2.461.000 dengan no resi pengiriman JP8892054065.

Namun percobaan pengiriman berkali-kali gagal kemudian barang dikembalikan ke penjual dan tiba tanggal 03 November 2022. Paket kembali dalam keadaan tidak dalam keadaan baik. Dan ketika kami unboxing isinya sudah ditukar dengan buku Alkitab.

Saya kemudian komplain ke J&T terkait permasalahan tersebut. Sampai akhirnya pada tanggal 2 Desember dinyatakan oleh jasa kirim J&T bahwa paket hilang dan bisa dilakukan Auto Claim, dimana informasi selanjutnya dana klaim akan di cairkan lewat Saldo Shopee oleh Shopee.

dari J&T sudha fix Auto claim, shopee harus segera bayar
dari J&T sudah fix Auto claim, shopee harus segera bayar

Kemudian saya menghubungi Shopee untuk menginformasikan bahwa status paket sudah dinyatakan hilang oleh J&T dan mohon dibantu untuk proses pencairan klaimnya di Shopee.

Kemudian melalui email CS Shopee memberikan tanggapan pada tanggal 8 Desember 2022 bahwa pergantian dananya sedang dalam proses dengan estimasi 1-3 hari kerja. Namun faktanya sampai surat pembaca ini dibuat dana klaim tersebut masih belum juga cair.

Respon pertama dari Shopee bahwa akan cair 1-3 hari kerja
tangkapan layar email dari cs shopee

Hampir setiap hari saya melakukan komplain ke Shopee baik melalui Chat CS, telpon CS Shopee, email namun semuanya hanya bilang “bahwa sedang di tangani team terkait mohon ditunggu”.

Namun yang lucu adalah bahwa dari penjelasan internal jasa kirim J&T bahwa status Auto Claim berarti Shopee langsung membayar dana ke penjual, kemudian Shopee tingal menagih nominal claimnya lagi ke J&T kemudian kasus selesai. Tetapi itu tidak terjadi, malahan dari CS shopee mengatakan menunggu konfirmasi dari jasa kirim.

Pihak expedisi juga menjelaskan bahwa dulu-dulu kalau paket hilang penjual bisa langsung klaim ke jasa kirim, tapi Shopee bikin system Auto Claim, namun yang terjadi malah jadi ribet dan lama.

tangkapan layar CS Shopee

Jadi mohon Shopee dapat segera mencairkan dana klaim tersebut jangan ditahan-tahan karena untungnya buat Shopee tidak ada toh jasa kirim sudah bilang ini Auto Claim

Masukan untuk Shopee:

  1. Lebih transparan dalam menagani laporan / komplain. karena selama ini tanpa estimasi, dan tanpa kepastian.
  2. Jangan terlalu lama dalam melakukan handle komplain, bikin SLA (Service Level Agreement) di mana target permasalahan selesai.
  3. Banyak belajar dari marketplace lain terutama di bidang aftersales/Customer Service.
  4. Perlu di lakukan Audit Internal terkait System kerja “team terkait” yang menghandle komplainan.

Sebagai informasi tambahan ini bukan kasus pertama saya klaim paket hilang ke Shopee cair bisa berbulan-bulan. Saya berdoa semoga tidak ada lagi kendala serupa.

Terima kasih suara pembaca.

Rony Saputra
Tangerang

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:4    Rata-Rata: 5/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

6 komentar untuk “Shopee Belum Mencairkan Dana Klaim Barang Jualan Saya yang Hilang, Padahal dari J&t Bilang Sudah Auto Claim Karena Dinyatakan Hilang

  • 4 Januari 2023 - (19:25 WIB)
    Permalink

    Ngeri jualan Cod laku gak barang hilang yg ganti pun tdk jelas main lempar tanggung jwb sampe ganti thn baru

    • 4 Januari 2023 - (20:58 WIB)
      Permalink

      yang lebih parah sekarang ada sistem cod dimana buyer boleh membuka dulu paketnya baru dibayar.. jika ketemu “oknum” buyer / kurir nakal bisa jadi masalah buat seller.. mohon shopee pertimbangkan kembali sistem “buka sebelum bayar” ini karena jujur agak riskan buat penjual

    • 4 Januari 2023 - (20:59 WIB)
      Permalink

      Tapi masih lebih mending pake sistem cod kalau di Shopee untuk barang mahal. Karena (katanya) udah otomatis tercover asuransi jadi kalau ada pengalaman seperti penulis (harusnya) diganti full senilai harga barang.
      Nah, coba kalau non-cod udah banyak tuh artikel di media konsumen yang penjualnya cuma diganti 10x ongkir aja. Lebih merugikan non-cod kan kalau gitu. Nanti Shopee tinggal bilang “karena tidak tercover asuransi”. 😁

        • 4 Januari 2023 - (21:47 WIB)
          Permalink

          Gak semudah teorinya. Karena gak semua agen kurir ngerti cara nambahin asuransi buat resi otomatis. Pake SPX juga bukan solusi karena lebih bobrok daripada J&T.

          1
          1
  • 11 Januari 2023 - (22:36 WIB)
    Permalink

    Kasus ini akhirnya sudah selesai, beberap hari setelah Surat pembaca di Media konsumen ini naik ada dari pihak Shopee yang menghubungi saya dan menjanjikan dananya akan cair dalam 1-3 hari kerja, dan benar dananya sudah cair dalam jangka waktu tersebut.

    Semoga kasus ini dapat menjadi pelajaran bagi kita semua dan tidka terulang kembali.

    terima kasih untuk media Konsumen.

 Apa Komentar Anda?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

Shopee Belum Mencairkan Dana Klaim Barang Jualan Saya yang Hilang, Pad…

oleh Rony Saputra dibaca dalam: 2 menit
6