Anteraja Tidak Pick Up Paket, Lalu Main Cancel Order Sepihak Tanpa Alasan

Sebelumnya saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Media Konsumen, yang telah memberikan ruang untuk para masyarakat yang ingin bersuara tentang sebuah layanan umum yang sering kita pakai. Saat ini saya ingin menceritakan keluhan permasalahan saya tentang Anteraja.

Saya adalah seller di Tokopedia. Pada hari Rabu, 4 Januari 2023, saya mendapatkan salah satu orderan saya bermasalah dan dikembalikan kepada saya oleh pembeli, karena produk tersebut rusak. Saya menerima komplain dan barang sudah saya terima dengan baik.

Lalu pada hari Selasa, 10 Januari 2023, saya bermaksud mengembalikan barang tersebut yang sudah diperbaiki kepada pembeli dan menginput nomor resi pengembalian barang dari pusat resolusi di Tokopedia. Saat itu hanya ada pilihan untuk menggunakan Anteraja dengan nomor resi: 10006516035442.

Pukul 12:45 saya request pick up oleh kurir dan menitipkan di loket penitipan barang di Lobby Apartemen saya tinggal. Saya menunggu dan menunggu, hingga pukul 20:00 paket tersebut belum di-pick up oleh kurir dan kemudian tiba-tiba saya mendapat email pemberitahuan dari Tokopedia bahwa kurir meng-cancel orderan tersebut. Setelah saya cek, kurir menyebutkan bahwa toko tutup pada pukul 18:22 dan meng-cancel order pukul 20:00. Akhirnya saya pakai jasa pengiriman lain dengan dana saya sendiri, dan tidak menggunakan Anteraja.

Saya teramat sangat heran atas sikap kurir Anteraja yang tidak ada komunikasi dengan saya terlebih dahulu baik telepon atau chat dengan saya, untuk menanyakan soal pick up paket. Kurir main langsung cancel order sepihak tanpa alasan jelas, bahkan dalam kurun waktu kurang dari 24 jam!

Jujur saja, saya sudah lama menon-aktifkan Anteraja dari pilihan kurir saya di Tokopedia dan Shopee, karena ini sudah sangat sering terjadi. Bahkan beberapa kali mereka menghilangkan paket saya yang sudah di-pick up. Lalu tanpa memberikan bukti resi, barang tersebut nyasar dan hilang di gudang entah berantah, yang tidak diketahui keberadaannya. Sehingga saya tidak bisa klaim barang hilang karena tidak ada bukti resi tanda terima dari kurir. Ini terjadi pada nomor resi 10006229445347.

Saat itu status paket masih berada dalam “Menunggu Pick Up” dan ditulis status toko tutup. Padahal sudah saya berikan bukti CCTV berupa video, bahwa kurir sudah ambil paket saya dan tertera jamnya di situ. Namun pihak Antareja cuma bisa memberikan perkataan formal “Akan dibuatkan laporan lalu investigasi dalam 3×24 jam”. Ini berlaku hingga satu bulan lamanya, setelah lebih dari 10x menelepon jawabannya tetap sama tanpa ada hasil, hanya investasi lanjutan pertama, kedua, ketiga dan dst. Kurir pun saya hubungi berkali-kali hingga ke atasannya, tapi chat saya hanya dibaca tanpa ada balasan apa pun. Setelah saya marah-marah ke CS Anteraja, akhirnya pihak Anteraja menyetujui pengembalian dana saya melalui Tokopedia.

Melalui kasus tersebut saya jadi berpikir, apakah karena permasalahan klaim paket hilang yang sebelumnya itu yang menjadi alasan kuat bagi kurir Anteraja untuk tidak mau menerima lagi pick up paket dari toko saya? Sehingga Anda dengan sengaja meng-cancel paket tersebut secara sepihak?

Ini menjadi bahan pertimbangan untuk Tokopedia dan juga marketplace lainnya agar bisa lebih selektif dalam memilih mitra kurir dan mengedukasi para kurirnya. Karena permasalahan ini sudah sangat sering terjadi, bahkan terhadap seller-seller lainnya pula. Tanggung jawab dan solusi yang cepat tanggap dari pihak marketplace sangat diperlukan terutama menyangkut masalah klaim barang hilang. Karena kesalahan dari pihak kurir akan berdampak pula pada toko kami, para seller yang sudah susah payah menjaga nama baik dan kinerja kami.

Saya minta kepada pihak Anteraja untuk memberikan penjelasan logis kepada saya mengapa kurir Anda meng-cancel paket secara sepihak, dan saya tunggu permintaan maaf dari Anda.

Terima kasih.

Shierly Maria
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

23 komentar untuk “Anteraja Tidak Pick Up Paket, Lalu Main Cancel Order Sepihak Tanpa Alasan

  • 13 Januari 2023 - (21:07 WIB)
    Permalink

    Kurir antaberanta msh dipake, memang sering hilangin barang itu yg pickup dan gak mau ganti dah gitu gak ada resinya pula jd klo hilang kita gak ada buktinya parah

    • 14 Januari 2023 - (11:36 WIB)
      Permalink

      Saya gak pake. Itu otomatis dari tokopedia pusat resolusi maksa pake anteraja. Gak ada pilihan lain

      • 15 Januari 2023 - (16:04 WIB)
        Permalink

        Saya aktif chat seller kalau kurirnya anteraja,mau bangkrut kali dia,pelayanannya buruk sekali,sudah 3x ini pesan paket selalu diretur alasan saya menolak,padahal gak ada sampe ke alamat saya.Beruntungnya saya pake sistem COD.Tapi mungkin merugikan seller bgt ya kalau ternyata paketnya gak balik.

    • 14 Januari 2023 - (20:47 WIB)
      Permalink

      Saya pernah pake anteraja, nggak nyampe nyampe paketnya, masih tertahan di kantor anteraja, di status di tulis akan diantar kealamat, sekian hari nggak diantar, akhirnya ku jemput sendiri ke kantor anteraja, takut paketku dikembalikan ke toko, padahal saya sudah bayar pake shoppepay. Tobat pakai anteraja. Anteraja si Kurangajar

  • 14 Januari 2023 - (03:08 WIB)
    Permalink

    Baru tau kalau kurir pickup begitu ya. Jam 8 memang toko sdh tutup. Kalau anteraja memang masih kerjasama dengan tokped kalau shope kayaknya sih gak ada ya.
    Tapi kelakuan kurir ini yang gaje. Kenapa gak telepon aja kalau gak tau alamat. Harus dilaporin tuh kasian juga ntar ada penjual lain digituin juga.

  • 14 Januari 2023 - (11:39 WIB)
    Permalink

    Kurir anteraja gak mau pick up di atas jam 3 sore. Padahal paket uda disiapin dari jam 12 siang ttp ga diambil, alasan toko tutup

  • 14 Januari 2023 - (17:17 WIB)
    Permalink

    Kek nya bkn 1 aja kak kurir bermasalah ,ini sy tgl 5 kmrn beli barang pke expdsi si copet di tokped sampe skarang belum dtg . Lawak nya seller toko di medan eh paket melanglangbuana ke jakarta sdg sy di padang .udh lewat wktu estimasi . semoga cepat di respon .

  • 14 Januari 2023 - (19:08 WIB)
    Permalink

    Saya juga sering pada saat akan di pick-up oleh kurir anteraja, kemudian pending dengan alasan paket belum siap di pick-up, padahal datang juga tidak, alhasil sering ditanya sama pembeli kenapa statusnya ada kendala terhadap pick-up barang. Belum lagi kejadian paket hilang entah kemana setelah di pick-up, dan statusnya menunggu pick-up, waktu itu saya yang ngalah, biar saya rugi barang dan orderan dicancel oleh pembeli karena stoknya cuman 1. Yach memang harus banyak bersabar. Saya yakin rezeki gak kemana.

    • 14 Januari 2023 - (20:36 WIB)
      Permalink

      Saya jg sering ngalah krn barang hilang, saya relain karena harga barang 100rb an. Stlh berkali2 hilang dan kali ini agak mahal barangnya, saya ngamuk lah krn pihak anteraja kl ditanya cs nya kyk robot balesannya cuma template “pesanan dibatalkan karena toko tutup”. Bener2 gak ada penjelasan dr pihak kurir yg menangani. Gak profesional bgt kinerjanya mulai dr atasan sampe bawahan

  • 14 Januari 2023 - (19:28 WIB)
    Permalink

    Saya sebagai pembeli aja sering dikecewakan sama anteraja,kenapa tokopedia tidak bisa lebih selektif memilih ekspedisi yang lebih baik, kan kasian seller yang sudah baik

  • 14 Januari 2023 - (21:39 WIB)
    Permalink

    Kalau returan tokped memang pake resi otomatis anteraja kalau mau gratis.cuman kalau gk dipickup di hari itu juga sama kurirnya otomatis batal sendiri gan jadi usahakan request pickupnya waktu jam kurirnya masih mau nerima pickup.pengalaman saya seperti itu.kalau gk sempet kan bisa pakai resi manual toh juga nanti diganti uang ongkirnya sama tokped dng catatan aktifin fitur wajib asuransi di tokped

    • 14 Januari 2023 - (21:42 WIB)
      Permalink

      Saya naro paketnya uda dr jam 12 siang. Kurir yg tdk mau datang ambil. Saya baru tau itu kl ga dipick up dlm 24 jam artinya batal otomatis. Alhasil pk jasa reguler pengiriman lain jadinya

    • 15 Januari 2023 - (07:16 WIB)
      Permalink

      Sama. Saya juga non aktifkan anterja sebab piluhan otomatis tokopedia merekomendasikan anteraja tapi paket tidak di pick up, tdk ada kurir yg hubungi kami. Pada akhirnya cancel. Sangt merugikan.

  • 15 Januari 2023 - (06:51 WIB)
    Permalink

    Kurir anter aja emng dari awal terbentuk nya udah bermasalah,
    Beberapa kali barang saya ilang,
    Dan beberapa kali pula orderan saya brantakan setelah sampai,
    Moga cepat di tutup expedisi sial itu

    • 15 Januari 2023 - (07:26 WIB)
      Permalink

      Paket saya ga si pickup udah 4 hari, dari shoppenya ga ada pilihan dropp, hanya pickup tp sampe 4 hari ga di ambil2, untung buyernya sabar

  • 15 Januari 2023 - (07:49 WIB)
    Permalink

    Saya juga kecewa sama ekspedisi Anteraja, saya beli obat dgn sistem pengiriman sameday dan ternyata ekspedisi tsb ada Anteraja, seller cepat saat packing, saya order jam setengah 3 pagi karena saya pikir bisa sampai kurang lebih sore hari, saya tunggu sampe besok hari gak dateng juga padahal di info tracking sudah diantar oleh kurir, akhirnya saya chat seller, dan seller bilang barangnya belum diambil sama kurir Anteraja, si seller pun heran, kenapa di tracking bisa tertulis telah dianter kurir, akhirnya saya mengajukan komplain dan nunggu hingga 2 Minggu agar bisa direfund -__-

  • 15 Januari 2023 - (10:56 WIB)
    Permalink

    Saya sering belanja di shopee kadang belum smpet pilih expedisi eh si penjual udah proses pesanan dan akhirnya jasa kirimnya anteraja, awal2 bagus lebih dari expedisi yg lain, lama2 setelah saya pakai 2-3x sangat menyebalkan sering paket ngendap di tempat sortir sampe 5 hari dan barang pesanan akhirnya tidak terjual begitu sampai karena pembeli yg memesan ke saya udah kelamaan nunggu, buat para seller sebaiknya aktifkan jasa kirim yg udah pasti dan punya integritas

  • 15 Januari 2023 - (11:03 WIB)
    Permalink

    Anteraja itu ribet kurir nya malas” sebuah ekspedisi hari Minggu kok libur kecuali sameday kan aneh. Barang sering rusak karena main lempar kalau kirim dan kadang hilang karena salah lempar ke alamat lain. Saya kalau pakai tokped sering pakai gosend lebih cepat dan aman. Semoga anteraja cepat tutup #tutupaja #bubaraja

  • 15 Januari 2023 - (18:45 WIB)
    Permalink

    Hmm… lagi² “EntarAja”.., memang nih si “ijo” doang yg masih pake.. kalo gratis ongkir.. otomatis kurir “entaraja”. Kalo berbayar..bisa pilih kurir. ???

  • 5 April 2023 - (21:45 WIB)
    Permalink

    Hari ini saya baru mengalami kejadian yang sama dengan Penulis, tetapi saya dari sisi pembeli di Tokped. Dimana barang yang saya beli datang dengan keadaan rusak & sudah saya pengajuan retur dan akan dipickup oleh AnterAja. Besoknya jam 8 malam kurir datang untuk pickup dan saya berikan paket saya. Saya berinisiatif untuk memfoto kurir dan paket saya karena muncul kecurigaan dalam diri saya. Tidak lama pada laman komplain tokped muncul foto paket saya sudah diterima kurir, tetapi dalam pelacakan tertera cancel order. Dilihat pada foto yang diupload oleh kurir, terdapat perbedaan kurir yang memfoto dan yang mengambil paket saya. Kecurigaan saya kurir bekerja sama dengan temannya, sehingga sulit untuk dilacak. Saat ini saya masih menunggu investigasi dari AnterAja mengenai paket saya. Semoga bisa cepat terselesaikan.

  • 11 April 2023 - (10:12 WIB)
    Permalink

    Perihal layanan pickup Anter aja di shopee apakah masih melayani pickup? Karena akhir-akhir ini kurir tidak pick up , tidak seperti biasanya , sedangkan di sistem shopee masih ada pilihan pick up, perlu diketahui juga untuk drop lumayan jauh dari toko kami dan terkendala tidak bisa meninggalkan toko untuk drop paket ke agen Anter aja, terakhir ini malah kurirarea Jaksel menyarankan untuk tidak usah memakai jasa pick up Anter aja, padahal di request pick up di jam 12-15 siang pada sistem shopee dan paket sudah ready untuk di pick up pada sistem shopee

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir Anteraja di Tokopedia?

Ada 23 komentar sampai saat ini..

Anteraja Tidak Pick Up Paket, Lalu Main Cancel Order Sepihak Tanpa Ala…

oleh Shierly dibaca dalam: 2 menit
23