Tokopedia Merugikan Pembeli

Tanggal 17 Januari 2023, saya pesan roti Aoka di Tokopedia sebanyak 27 pcs, dengan nomor pesanan: INV/20230117/MPL/2982830742, nomor resi pengiriman: TLJR3DNDXNRXKFU2. Akun saya di Tokopedia statusnya DIAMOND + PLUS. Berdasarkan status akun tersebut, saya dapat pengiriman prioritas, rata-rata 3 hari paket terkirim.

Namun setelah 1 minggu, paket belum terkirim dan saya terima. Saya ajukan komplain di pusat resolusi supaya pihak penjual dan Tokopedia investigasi, paket saya ada di mana. Berdasarkan data tracking di Tokopedia, ternyata paket masih dalam proses pengiriman. Di pusat resolusi saya sudah info berkali-kali, bahwa paket belum saya terima. Jika memang paket sudah terkirim dan diterima oleh saya atau keluarga, saya minta bukti pengirimannya.

Namun tiba-tiba pihak Tokopedia memutuskan paket sudah saya terima dan dana saya diteruskan ke penjual, dengan alasan saya tidak merespons. Padahal saya sudah respons berkali-kali, saya belum terima paketnya dan di sistem Tokopedia juga paket masih dalam proses pengiriman.

Saya tidak tahu atas bukti apa pihak Tokopedia memutuskan paket sudah saya terima, sebab paket belum saya terima. Di sistem Tokopedia juga masih dalam proses pengiriman dan bukti kirim yang saya minta juga tidak digubris pihak Tokopedia. Kok bisa memutuskan sesuatu tanpa ada bukti dan respons, serta bukti yang saya lampirkan di pusat resolusi malah tidak dianggap sama sekali?

Regards.

Enjum Jumhemi
Kab. Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Pusat Resolusi Tokopedia:
[Total:243    Rata-Rata: 1.9/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

61 komentar untuk “Tokopedia Merugikan Pembeli

  • 29 Januari 2023 - (10:19 WIB)
    Permalink

    18-01-2023 08:50
    WITH DELIVERY COURIER [BOGOR, DP PARUNG PANJANG]

    19-01-2023 13:13
    DELIVERED TO [ENJUM JUMHEMI | 19-01-2023 16:35 | BOGOR ]
    19-01-2023 16:35

    Kalau memang tidak terima, paling nyasar alamat atau… (isi sendiri).

    Pertama saya gagal paham, kok bisa beli roti tawar kirimnya lewat JNE. Setelah cari tau, buset serem amat di deskripsi tertulis expired 2 bulan. Alias roti ini banyak kandungan pengawet kimia nya, tidak sehat. Sebaiknya dihindari ya.

    25
    7
    • 29 Januari 2023 - (18:54 WIB)
      Permalink

      Yg memutuskan kurir nya apa, itu pihak tokopedia, saya tidak bisa pilih kurir sebab pakai PLUS itu kurir yg menentukan pihak tokopedia. Itu roti aoka yg memang masa exprired nya 2 bln walau belum satu minggu juga habis terjual.

      seperti nya nyasar, sebab setelah komplain tiba2 di anggap selesai oleh tokopedia, saat saya lihat bukti pengiriman, bukti foto pengiriman itu bukan rumah saya

      8
      1
      • 29 Januari 2023 - (23:45 WIB)
        Permalink

        Disarankan cek status kiriman sih di web jasa kirimnya langsung… pernah di bbrp marketplace suka begitu, status belum update tp di web jasa kirimnya sudah update. Jangan dari web cek resi juga atau semacamnya. Tapi langsung di web jasa kirimnya.

        1
        1
  • 29 Januari 2023 - (10:21 WIB)
    Permalink

    Baru ngalamin juga bulan kemarin, kurir juga JNE. Masalah hampir sama persis, 2 minggu tidak kunjung datang paket, dikomplain malah langsung diselesaikan. Dengan keterangan ngawur. Dan pihak JNE ngotot kalau sudah diterima. Seingat saya memang pembeli harus respon dan menyertakan bukti bahwa paket belum diterima, dan itu 2-3 X diminta karena JNE ngotot.
    Saya juga minta bukti foto penerimaan barang di pusat resolusi, baru deh dianggap barang hilang. Uang balik ke saya, tapi saya lihat di pusat resolusi penjual tidak merespon. Jadi tidak bisa klaim asuransi, penjual yang rugi. Memang harus cek tiap hari kalau ada komplain jalan di pusat resolusi, karena kadang cuma dikasih 1×24 jam buat respon.
    FYI, itu kejadian barang hilang pertama di Tokped semenjak 2011. JNE sekarang berantakan.

    • 29 Januari 2023 - (15:28 WIB)
      Permalink

      Ga ngerti lagi konsep ngasi bukti ketika barang belum diterima. Menurut marketplace yg dkasi bukti apa sih? Kardus kosong? Atau apa sih? Paling maksimal ss tracking dimana sudah tercantum di sistem. Absurd banget emang sistem online d wkwkland.

      13
      • 29 Januari 2023 - (16:19 WIB)
        Permalink

        Dlm kasus saya saya sertakan, ss tracking yang diterima oleh org yang tidak saya kenal dgn keterangan lokasi JKT ,saya d SBY. Sama SS keterangan total review dan keterangan member dari tahun sekian, saya kasih caption ” cek berapa kali sejak 2011 paket tidak sampai ke alamat saya “. Itu 2-3x karena ngotot JNE nya. Yang terakhir saya ngotot minta bukti foto penerimaan barang, baru deh JNE ga bisa ngasih. Uang balik tapi kasihan penjual ga respon, pdhl bisa klaim asuransi kl dy respon. Dalam kasus TS saya yakin dia ga respon, karena dikasih waktu cuma 24 jam dan dlm kasus saya ga ada notifikasi. Manual rajin cek pusat resolusi. Apalagi kalau JNE ngotot udah diterima.

      • 29 Januari 2023 - (19:01 WIB)
        Permalink

        Kalau by system tracking di tokopedia dari tgl 19 sampai saat saya komplain tgl 24, status nya tidak berubah… With… DP Parung Panjang. Saat komplain di putuskan selesai oleh tokopedia dengan alasan saya tidak respon di pusat resolusi ( padahal respon melulu ). Tiba2 status nya berubah jadi terkirim, tapi pas saya lihat bukti foto ya, itu bukan rumah saya

        • 30 Januari 2023 - (19:58 WIB)
          Permalink

          Itu kayanya yang paling bisa disalahkan adalah pihak jne..
          Kena complain langsung asal kirim dan foto bilang barang uda sampai.. šŸ˜…

      • 30 Januari 2023 - (20:05 WIB)
        Permalink

        Roti basah sebaiknya kurir instan supaya handling personal dan tidak tercampur dengan barang lain. Bayangkan kalau misalnya pake sameday, lalu si kurir ojol kebetulan sambil bawa cat minyak atau tinner gitu apa ya higienis to ya

    • 29 Januari 2023 - (18:59 WIB)
      Permalink

      Saya rutin cek di pusat resolusi & kasih coment & bukti pendukung belum terima paket nya. Di aplikasi tokopedia juga stack kiriman paket saya tgl 19 sampai saya kompalin itu status nya tidak berubah, with …. DP Parung Panjang. Saya minta bukti di pusat resolusi kalau memang paket sudah terkirim.

      Saat di pusat resolusi komplain di putuskan selesai oleh pihak tokopedia dengan alasan saya tidak respon, tiba2 status paket jadi terkirim tapi saat saya cek bukti fotonya, itu bukan rumah saya

      • 30 Januari 2023 - (05:42 WIB)
        Permalink

        Ini roti penyakit, bayangin ajah expirednya bisa berbulan bulan, pernah di kasih, pas makan bau tenggik dan bahan pengawetnya krasa bgt, pas liat expired kaget saya masih 1 bulan lagi…

    • 1 Februari 2023 - (00:09 WIB)
      Permalink

      Sama bang, belasan tahun baru kali ini ngerasain ekspedisi JNE bermasalah….hari ini status paket saya dinyatakan hilang. Tidak salah abang bilang sekarang JNE berantakan.

  • 29 Januari 2023 - (12:44 WIB)
    Permalink

    maaf ya, tidak memihak

    bukannya di resolusi ada keterangan

    “komplain selesai karena pembeli tidak merepond” ??

    3
    3
    • 29 Januari 2023 - (19:06 WIB)
      Permalink

      Saya rutin merespon & melampirkan bukti yg ada tapi tidak di anggap sebagai respon oleh pihak tokopedia. Saya minta bukti mana paket sudah terkirim, malah ga di kasih, padahal by system tracking di tokopedia, paket saya dari tgl 19 sampai saat saya komplain tgl 24, itu status paket tidak berubah, with…. Parung Panjang.

      Saat komplain di putuskan selesai oleh tokopedia dengan alasan saya tidak merespon ( padahal rajin merespon ). Status paket jadi berubah terkirim, tapi saat saya cek bukti foto nya, itu bukan foto rumah saya

      • 30 Januari 2023 - (23:29 WIB)
        Permalink

        Sering terjadi, 1. Karena komputerisasi system Tokopedia, masih dioperasikan oleh tangan manusia. Artinya kadang masih ada operator nakal. 2. Program yang dibuat jarang di maintenance ( kan kalau ada bug, jadi bisa tau, kalau sering cek). Misalnya saja, Otomatis batal tgl… jam …., Ternyata di saat itu tidak otomatis batal, malah otomatis di perpanjang. Yang merasa dirugikan adalah penerima barang, karena harus seberapa lama lagi barangnya datang dan harus menunggu. Saat di tanya, barang sudah di tangan kurir, tidak bisa di batalkan. Seandainya telat, pembeli juga ga boleh menolak datangnya barang, kan aneh. Ditanyakan juga SOP kurir yang buat siapa , untuk siapa dan siapa yang menilai, Oleh market place tidak bisa di jawab.

  • 29 Januari 2023 - (15:48 WIB)
    Permalink

    Pernah via JNE,,,beli d Lazada,,, bisa2’a paket telah bilang di terima,,,pdhal saya Lom terima,,,dan entah fto drmna yg d buat bukti kurir JNE,,, alhasil dpt Ket,,, “”pembeli tidak dapat di jangkau”” kan Bagong bnget,,, entah lah,,,ada apa dgn JNE skrng,,, pdhl paket sy hp,,, tp Krn sy pakai cod,bodo amat lah,,, asli kapok pke kurir JNE,,,

    • 29 Januari 2023 - (19:09 WIB)
      Permalink

      Masalah nya di tokopedia , saya tidak bisa memilih kurir sebab pakai PLUS & Pemilihan kurir dari tokopedia

      • 30 Januari 2023 - (23:37 WIB)
        Permalink

        Lha? pemilihan kurir oleh Toped?? Kalau pembeli memilih bukan AA dan SC, apakah bisa ToPed memberikan barang ke kurir AA dan SC?

        1
        1
    • 30 Januari 2023 - (05:45 WIB)
      Permalink

      Biasanya paket rusak , saya juga paket cod, 2 minggu g sampai, tau2 cancel dgn alesan penerima tdk merasa pesan, foto rumah beda, saya jkt, terus foto yg dikirim ada plat yg kepoto plat K..wkwkwkwk, parah mmg JNE

      • 30 Januari 2023 - (08:42 WIB)
        Permalink

        Di kasus saya, hampir 2 minggu saya belum terima paket nya, di system tracking paket masih ada di parung panjang saat saya ajukan komplain. Saya minta pihak tokopedia untuk bantu telusuri & jika pihak jne merasa sudah kirim paket nya, saya minta bukti nya. Bukannya membantu, malah komplain saya di close dengan alasan tidak merespon di pusat resolusi, padahal saya melakukan respon. Bukti yang saya minta malah ga di kasih oleh tokopedia maupun pihak kurir.

        Kalau closing komplain cuma berdasarkan asumsi tidak ada respon, trus buat apa ada pusat resolusi, buat apa penjual, pembeli & kurir harus ada bukti terkait pengiriman paket ?

        Dalam kasus ini saya bingung, kok bisa pihak tokopedia mengclose kasus saya & uang saya di teruskan ke penjual dengan berdasarkan asumsi saya tidak merespon & bukti yg saya minta malah tidak di beri

    • 29 Januari 2023 - (19:12 WIB)
      Permalink

      Dari tgl 19 sampai tgl 24 saat saya komplain, status paket tidak, paket ada di parung panjang. Setelah komplain di putuskan selesai oleh pihak tokpedia dengan alasan saya tidak respon ( padahal selalu respon ). Status paket tiba2 berubah jadi terkirin, tapi jika di lhat dari bukti foto kiriman, itu bukan rumah saya ( entah di kirim ke mana oleh JNE )

  • 29 Januari 2023 - (20:08 WIB)
    Permalink

    Semoga cepat selesai masalah nya, setelah selesai hapus aja app tokped nya, pindah marketplace lain

    • 30 Januari 2023 - (08:52 WIB)
      Permalink

      Aamiin

      Saya pakai rutin 4 market place ( tokopedia, blibli, shopee & jd.id ) untuk mendukung beberapa usaha kecil2an yg saya & keluarga kelola. Dari kasus ini jadi bertambah satu product lagi yang tidak akan saya beli lagi di tokopedia

    • 31 Januari 2023 - (14:17 WIB)
      Permalink

      Itulah toped sekarang. Mana mau denger pendapat konsumen bahkan jawab saja pakai jawaban mesin.
      Semestinya semakin besar toped bisa lebih menghargai customer

    • 30 Januari 2023 - (08:54 WIB)
      Permalink

      Yg saya maksud, saat saya ajukan komplain di pusat resolusi, status paket dari tgl 19, tidak berubah & paket ada di parung panjang

      • 30 Januari 2023 - (09:25 WIB)
        Permalink

        @Enjum: Kalau emang belum diterima, datengin aja counter JNE nya. Depan Puskesmas, ruko samping lapangan SMP 1.

      • 30 Januari 2023 - (09:26 WIB)
        Permalink

        @Enjum: Kalau emang belum diterima, datengin aja counter JNE nya. Depan Puskesmas, ruko samping lapangan SMPN 1.

  • 29 Januari 2023 - (20:13 WIB)
    Permalink

    Tokopedia, Shopee, lazada toko online paling buruk, saya paling tidak suka beli barang di toko online seperti itu

    1
    4
    • 30 Januari 2023 - (08:55 WIB)
      Permalink

      Saya belanja di sesuaikan dengan product yg akan saya beli. Saya belanja 95% itu barang untuk di jual lagi or pesanan customer saya.

    • 30 Januari 2023 - (16:05 WIB)
      Permalink

      Lazada nod bad, but nod good, kadang barang nya bisa sesuai kadang ngga, tapi selalu sesuai kok, masalah nya cuma 1-3 kali aja, tapi selebihnya bagus

  • 29 Januari 2023 - (20:18 WIB)
    Permalink

    Kalau ada masalah Tokopedia kok sepi ya, beda kalau ada masalah Shopee rame buzzer menjelekan Shopee dan memuji Tokopedia. šŸ¤£šŸ¤£šŸ¤£

    • 29 Januari 2023 - (20:27 WIB)
      Permalink

      Karena memang sellernya lebih banyak di toko oren ketimbang toko hijau, umkm juga lebih banyak di oren, jadi wajar sih bnyk yg komplain dan jarang2 komplain di tokoped

    • 30 Januari 2023 - (23:43 WIB)
      Permalink

      Buzzer mah multi talenta, bisa ganti type dan coraknya. Masalah belanja Online, ayo nge buzzer. Masalah kurir Ayo juga.

  • 29 Januari 2023 - (20:24 WIB)
    Permalink

    Mungkin yg dimaksud oleh TS adalah kurir rekomendasi dgn layanan bebas ongkir. Setau saya, toped cuman memberikan beberapa pilihan kurir yg direkomendasikan. Pilihan akhir utk memakai kurir mana tergantung penjual sih.

    Saya sendiri member diamond di toped, beberapa kali mengalami masalah juga dgn brg yg tak kunjung tiba. Kasusnya bukan dgn J*E saja, kurir lain juga pernah. Selama kita rajin aktif di pusat resolusi. Pasti ada solusi terbaik. Tak jarang setelah dana dikembalikan ke pembeli eh gak lama barang yg dipesan tiba. Jadi kasihan dgn pihak penjual.

    BTW . Bukannya tingkat member Diamond mendapatkan prioritas penanganan di pusat resolusi. CMIIW.

    • 30 Januari 2023 - (09:04 WIB)
      Permalink

      Nah itu, penanganan saya juga cepat. 2 hari selesai tapi penyelesaiannya yg tidak sesuai. Saya komplain karena sudah mau 2 minggu paket belum terkirim & status paket di system tracking dari tgl 19 tidak berubah. Ada di parung panjang.

      Di pusat resolusi saya lampirkan bukti tracking. Saya juga minta ke admin, jika pihak jne merasa sudah kirim, mohon di kirimkan buktinya. Bukannya saya dapat bukti, 2 hari kemudian kasus di tutup dengan alasan saya tidak merespon di pusat resolusi, tapi bukti yang saya minta tidak di beri. Setelah kasus di close oleh admin tokopedia, di system tracking juga paket jadi terkirin statusnya, tapi pas saya lihat bukti pengirimannya, itu foto bukan rumah saya

      Saya buat surat di media konsumen sebab minta bantuan tokopedia untuk menelusuri paket saya, bukannya di bantu malah status saya di close, dana di teruskan ke penjual berdasarkan asumsi pihak admin, saya tidak merespon. Padahal setau & berdasarkan pengalaman, dalam memutuskan suatu kasus itu harus berdasarkan bukti2 valid yg ada, bukan berdasarkan asumsi tidak ada respon

      • 30 Januari 2023 - (23:46 WIB)
        Permalink

        @Enjum Jumhemi Unsur kesalahan dari MP dan Kurir yang tidak bisa ditolerir, diclose paksa yah.

    • 31 Januari 2023 - (16:44 WIB)
      Permalink

      Kemungkinan TS pakai bebas ongkir PLUS .
      Toped pakai 3 ekspedisi tapi pembeli tidak bisa pilih / otomatis sistem.
      Pengalaman saya, kalo masuk pusat resolusi, komunikasi dg penjual + hubungi CS pusat ekspedisi via email.
      Kasih bukti2 sebanyak2nya kalo memang paket belum diterima.
      Sejauh ini, masalah barang saya yg hilang di toped terselesaikan dg baik.

  • 29 Januari 2023 - (20:26 WIB)
    Permalink

    JNE memang sering melucu belakangan ini. Beberapa bulan lalu mau kirim paket ke bali, seperti biasa jual barang lewat tokopedia. Kalau drop di cabang pusat kota, gak pernah komplain karena akurat datanya (berat dan dimensi sinkron).

    Giliran kirim via pickup dan diluar tokopedia (barang return karena salah unit), yang normalnya 7 kg malah ditagih 28 kg (padahal saya juga udah jelaskan gimanapun kalau saya sering kirim ke bali dan gak pernah ada masalah dari JNE, dan bahkan sempat saya bilang “kalau saya kirim ke drop point ternyata kena 7 kg, mau bilang apa?” dan sayapun ada foto bukti resi saya setelah di drop, admin pickup JNE cuma bilang “baik pak”, bukannya minta maaf alias masa bodoh dengan “kesalahan”nya)

    • 30 Januari 2023 - (09:14 WIB)
      Permalink

      Barusan ada wa dari kurir jne nya, katanya paket sudah terkirim. Kata kurirnya paket di taruh di depan pintu rumah & sudah info ke istri saya ( ada paket di taruh di depan ). Kurir nya bilang, ga ada bukti foto sebab hp nya mati, sehingga status paket nya gantunh di aplikasi 2 minggu an. Bukti foto yang di kirim itu sembarang foto, biar status paket bisa close.

      Itu wa dari kurir jne nya, mau ketawa ga bisa, mau terus lanjut, katanya kurir yg harus ganti & dapat hukuman dari kantor nya.

      PERTANYAAN SAYA

      Kok bisa admin tokopedia mengclose status saya berdasarkan asumsi saya tidak merespon & berdasarkan bukti foto asal2an dari kurir padahal saya sudah info berdasarkan bukti foto, itu bukan foto rumah saya, bahkan saya lampirkan juga foto rumah saya di pusat resolusi untuk membantah paket sudah terkirim berdasarkan foto dari pihak jne

      • 31 Januari 2023 - (11:06 WIB)
        Permalink

        Kalau bertanya ke saya, saya dirugikan. Karena saat itu saya sedang sakit cukup lama dan dilarang berkendara oleh dokter, terutama motor, dan keluar di malam hari.

        Karena mereka berusaha “menipu” saya, akhirnya saya pergi naik motor malam-malam (sehubung saya hanya punya motor dan kondisinya JNE pickup sudah di kontak H-1 tapi tidak ada kejelasan, hari H malah menagih sebanyak itu) ke JNE pusat tempat saya drop barang

  • 29 Januari 2023 - (22:49 WIB)
    Permalink

    Sekarang tokped cs pusat resolusi pada gak beres, saya klaim asuransi uang ongkir pengembalian produk cmn 18rebu aja gak kelar2 padahal cs tokped sudah telp saya bilang klaim sudah diterima oleh pihak jasa asuransi nya tp sampai detik ni dr tgl 4 – 29 Jan dana refund ongkir pengembalian produk nya gak diganti, padahal pas di awal2 dpt kurir rekomendasi dr tokped biar free ongkir pengembalian brg Krn pakai asuransi pas order eh gak tau kenapa selang 3jam dr pick up kurir anteraja tiba2 di cancel suruh krm manual ke gerai dan input manual resi nya dan krm foto bukti pengiriman nya dan akhirnya sya kirim ganti ke kurir jnt sampai proses komplain brg sampai ke tangan seller sampai sekg juga janji2 manis admin tokped pusat resolusi dan admin tokped care yg keluar dah mulai rada gak percaya dg tokped

    • 31 Januari 2023 - (10:51 WIB)
      Permalink

      @Adi jelasin cara benarnya seperti apa. Jangan jangan ente belajar jadi buzzer nih

      • 31 Januari 2023 - (10:58 WIB)
        Permalink

        Wkwkwk ane juga pedagang, jualan jg di Tokopedia shopee dan toko online lainnya.
        Klo komplain intinya selalu cek kolom diskusi, klo Tokopedia, sebelum masuk kolom diskusi atasnya ada “perintah/permintaan” buat pembeli dan penjual.
        Perintah itu biasanya miliki waktu 1 hari, bisa lebih cepat kalo pembeli/ penjual minta Tokopedia percepat.
        Nah ini yang saya maksud, penjual harus ngecek terus, apakah ada perintah/permintaan.
        Ketika penjual dalam hal kasus ini tidak mengerti atau tidak tahu, dan melewati batas waktu ditentukan, maka otomasis komplain ditutup,
        Karena perintah/ permintaan tidak dilakukan oleh penjual.

  • 31 Januari 2023 - (22:27 WIB)
    Permalink

    Kebetulan saya pernah kerja di ekspedisi, ngurusin paket bermasalah juga
    Seru juga ya, kurirnya merasa barang sudah diantar dan sudah info ke istri mas Enjum
    Tidak ada bukti foto karena hape si kurir mati
    Padahal setau saya, sop penerimaan barang itu untuk kurir harus ada buktinya, entah tanda tangan atau foto
    Lalu kalau memang hape kurir mati, apa setelah melakukan pengantaran ke rumah mas enjum kurir tersebut melakukan pengantaran lagi ? Lalu apa paket yang diantar setelah mas enjum ada proof of delivery ?

    Kalau mau dilanjut mas, minta kurirnya datangi kembali alamat yg menurut dia adalah alamat mas enjum yang menurut dia sudah dilakukan pengantaran.
    Siapa tau ada kesalahan kirim dari pihak kurir

 Apa Komentar Anda mengenai Pusat Resolusi Tokopedia?

Ada 61 komentar sampai saat ini..

Tokopedia Merugikan Pembeli

oleh Enjum Jumhemi dibaca dalam: 1 menit
61