Paket Senilai Rp2,5 Juta Dinyatakan Hilang dan Hanya Diganti Rp90 Ribu!

Pada tanggal 21 Februari 2023, saya mendapatkan orderan di Shopee, untuk 1 paket Samsung Tab A7 Lite 2021 seharga Rp2.499.000. Hari itu juga barang terkirim lewat ekspedisi Anteraja dengan nomor resi: 10006739649411. Tiba-tiba pada tanggal 1 Maret 2023, saya mendapatkan notifikasi di tengah malam dari Shopee, bahwa paket tersebut hilang dan saya diberikan “kompensasi” senilai Rp90 ribu!

Coba bayangkan, barang senilai Rp2 jutaan yang entah oleh oknum Anteraja dicuri dan disetel sebagai hilang di dalam perjalanan, hanya dibayar Rp90 ribu oleh Anteraja!

Keadilan di mana? Oknum Anteraja bisa asal mencuri barang dan kita penjual yang kena batunya. Padahal bukan kita yang mengirim maupun yang handle paketnya. Gimana orang mau percaya kepada Anteraja selaku salah satu jasa pengiriman terbesar di Indonesia? Bagaimana juga Shopee yang hanya bersikeras seperti robot menjawab “Paket yang hilang hanya diberikan kompensasi senilai 10x lipat dari ongkir”.

Saya menghimbau pihak pemerintah yang bertanggung jawab atas jasa pengiriman seperti Anteraja, menilai kembali. Apakah ini adil bahwa rakyat kecil yang dirugikan akibat oknum di dalam Anteraja? Di satu sisi pemerintah meminta UMKM maju, di satu sisi kita ditindas oleh Shopee dan Anteraja dengan cara tidak adil seperti ini.

Jonny Lesmana
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

92 komentar untuk “Paket Senilai Rp2,5 Juta Dinyatakan Hilang dan Hanya Diganti Rp90 Ribu!

  • 5 Maret 2023 - (13:55 WIB)
    Permalink

    Coba dikawal lewat ekspedisinya langsung. Secara sistem harusnya terlacak. Pasti itu. Asti ada penanggung jawab siapa dan di jam berapa dengan no resi itu. Pakai asuransi sekalipun ribetnya minta ampun ngurusnya tapi kalau dibiarkan ya malah cengengesan mereka. Kuncinya ada di seller mau ngawal terus sampe dapat. Kejar di siapa jam berapa yang pegang resi itu. Lewat Shopee juga tetap kejar jangan sampai kasusnya ditutup. Makin cengengesan dan seenaknya. Menangnya aplikasi karena ngurus secara remote jadi tidak bisa jotos orangnya.

  • 6 Maret 2023 - (00:42 WIB)
    Permalink

    Saya pribadi sebagai seller di shopee atau dimanapun sudah gak pakai ekspedisi anteraja, kurir kurang ramah, teriak² kalo mau ambil paket. Sereem kurirnya jadi bikin kesel.

  • 6 Maret 2023 - (08:01 WIB)
    Permalink

    Sampai detik ini saya belum pernah tahu, belum lihat, belum dengar, belum baca, sanksi apa yg diberikan ke oknum kurir yg Nyambi jadi maling atau Maling yg Nyambi jadi kurir, di hukum, didenda, dipecat, dipenjara atau gimana saya belum pernah tahu beritanya, atau mungkin pihak ekspedisi nggak mau buka ke publik karena takut tercemar namanya karena banyak sekali MALINGnya…. Kalau MALINGnya yg udah ketahuan nggak dipublikasikan kepublik, bisa aja itu Maling pindah Ekspedisi dan Maling lagi.

  • 6 Maret 2023 - (14:53 WIB)
    Permalink

    ga hanya anteraja, ekspedisi lain jg sama. mereka tau barang mahal tp ga ada asuransinya. coba test aja kirim iphone pk ekspedisi yg reputasinya paling bagus, tanpa asuransi. 100% dinyatakan hilang

  • 9 Maret 2023 - (23:20 WIB)
    Permalink

    kapok pake kurir Anteraja , lelet ga jelas, pernah beli lampu motor di shopee, otomatis ekspedisi nya Anteraja, estimasi 2 hari nyampe, eeeehh seminggu baru nyampe, itu juga lgsg saya grebek ke kantor nya di tigaraksa tanagerang, barang harusnya 2 hari nyampe dikirim ke cikupa kabupaten tangerang, ini malah dikirim ke jakarta, ga nyambung pan. udah gitu bertele tele, padahal alamat udah jelas banget. SARAN SAYA, JANGAN PAKAI EKSPEDISI ANTERAJA

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir Anteraja di Shopee?

Ada 92 komentar sampai saat ini..

Paket Senilai Rp2,5 Juta Dinyatakan Hilang dan Hanya Diganti Rp90 Ribu…

oleh Jonny dibaca dalam: 1 menit
92