Paket Senilai Rp2,5 Juta Dinyatakan Hilang dan Hanya Diganti Rp90 Ribu!

Pada tanggal 21 Februari 2023, saya mendapatkan orderan di Shopee, untuk 1 paket Samsung Tab A7 Lite 2021 seharga Rp2.499.000. Hari itu juga barang terkirim lewat ekspedisi Anteraja dengan nomor resi: 10006739649411. Tiba-tiba pada tanggal 1 Maret 2023, saya mendapatkan notifikasi di tengah malam dari Shopee, bahwa paket tersebut hilang dan saya diberikan “kompensasi” senilai Rp90 ribu!

Coba bayangkan, barang senilai Rp2 jutaan yang entah oleh oknum Anteraja dicuri dan disetel sebagai hilang di dalam perjalanan, hanya dibayar Rp90 ribu oleh Anteraja!

Keadilan di mana? Oknum Anteraja bisa asal mencuri barang dan kita penjual yang kena batunya. Padahal bukan kita yang mengirim maupun yang handle paketnya. Gimana orang mau percaya kepada Anteraja selaku salah satu jasa pengiriman terbesar di Indonesia? Bagaimana juga Shopee yang hanya bersikeras seperti robot menjawab “Paket yang hilang hanya diberikan kompensasi senilai 10x lipat dari ongkir”.

Saya menghimbau pihak pemerintah yang bertanggung jawab atas jasa pengiriman seperti Anteraja, menilai kembali. Apakah ini adil bahwa rakyat kecil yang dirugikan akibat oknum di dalam Anteraja? Di satu sisi pemerintah meminta UMKM maju, di satu sisi kita ditindas oleh Shopee dan Anteraja dengan cara tidak adil seperti ini.

Jonny Lesmana
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

92 komentar untuk “Paket Senilai Rp2,5 Juta Dinyatakan Hilang dan Hanya Diganti Rp90 Ribu!

    • 4 Maret 2023 - (09:40 WIB)
      Permalink

      Pengen nya begitu Bang tapi kan kita mau maksimalkan omset jadi tetep jual di semua marketplace.

      Tp Saya akhirnya sekarang mematikan semua tipe pengiriman kecuali

      Shopee Express / hemat / standard
      Grab Gojek Same Day / instant

      Yang otomatis sudah termasuk asuransi. Biar tenang aja. Terima kasih saran nya ????

      28
      3
        • 4 Maret 2023 - (20:46 WIB)
          Permalink

          jnt juga banyak maling nya koq.
          tempo hari sy jual COD 2emas antam, barang balik lg tp isinya udh dituker batery bekas.

          • 16 Maret 2023 - (00:24 WIB)
            Permalink

            Semua expedisi skrg ini banyak maling nya, itu semua Krn sistem kerja perusahaan sendiri. Pekerja di level bawah – menengah (kurir/gudang/dll) hanya di upah harian (dianggap mitra). Rata2 sehari cuma dapet 80-120rb. Itu blom potong BBM, blom lagi perawatan kendaraan, kalo dulu (sebelum 2020) kurir itu di kontrak (PKWT), gaji nya UMP, uang sewa kendaraan dapet 300rb/bln, BPJSTK/Kesehatan dapet, bonus juga ada. Sistem rekruitmen nya juga masih lumayan bagus lah. Kalo skrg tiap hari itu ada aja kurir yg cabut, maupun yg masuk, perusahaan gak bisa lagi rekrut pekerja nya dgn baik, residivis pun bisa jadi pekerja nya kalo mau…

        • 4 Maret 2023 - (22:32 WIB)
          Permalink

          Kata siapa JNT aman, lakban harga 50rb aja pernah hilang, yg paling parah sparepart harga 750rb di JNT jga hilang

        • 5 Maret 2023 - (08:08 WIB)
          Permalink

          Jnt aman? Hahaha
          Kalau ilang jg bakal kejadianny diganti 10x ongkir saja
          Bnyk yg ilang jutaan digantinya 100 rb doank (10x ongkir)

      • 5 Maret 2023 - (23:04 WIB)
        Permalink

        Bener kak itu jasa kirim anter aj ngak becus.
        Kemaren paket saya sudah dekat rumah bisanya di kembalikan lagi ke pen jualnya.

    • 4 Maret 2023 - (20:49 WIB)
      Permalink

      Saya jual pernah di ijo, tapi nominal cuma 200rb.an
      Barang di nyatakan hilang oleh sic*Pat dan cuma dapet ganti rugi 110rb.. padahal itu jelas ada oknum nakal

    • 5 Maret 2023 - (08:14 WIB)
      Permalink

      Kemungkinan besar itu adalah modus penipuan yg dilakukan oleh shopee dan mitra kurir. Mereka bersekongkol karena punya aturan dan hukum sendiri.

      Saya pribadi sih udah punya pengalaman buruk sebagai penjual di shopee.
      Sekira tahun 2013 lalu, waktu shopee belum setenar sekarang ini. Dan masih getol mencari user dengan promo free ongkirnya.
      Dia yg ngasih promo free ongkir, ehh malah kami pedagang yang nanggung ongkirnya.
      Sampe sekarang ga pernah lagi jualan di shopee.

      5
      5
    • 5 Maret 2023 - (09:42 WIB)
      Permalink

      Pernah beli barang elektronik dari marketplace. Ada 2 kurir yg berbeda datang, hari pertama ada kurir yg antar barang sesuai pesanan. Kemudian hari berikutnya ada kurir dari marketplace bawa amplop berisi invoice, pesanan selesai, dana diteruskan ke penjual.

    • 5 Maret 2023 - (21:11 WIB)
      Permalink

      Ngapain pake ekspedisi Anter aja. Gue aja jual hp dishopee aman aja. Gue aktifin ekspedisi cuman JNT, JNE, instan dan sameday. Yg lain off aja. Lebih enakan kalo dapet orderan pake kurir instan 2 jam nyampe. Saran aja nih , jangan lagi pake kurir Anter aja burik banget dah udah lelet prosesnya lama. Sesuai pengalaman gue sih

  • 4 Maret 2023 - (08:54 WIB)
    Permalink

    kalau kirim barang mahal pakai asuransi. Di shopee tidak bisa otomastis pakai asuransi, tapi pengalaman saya beli laptop di atas 20jt seller bisa pakai asuransi dan packing kayu ditambahkan sendiri konter ekspedisi, menurut seller kalau mau pakai asuransi mesti didrop di counter tidak bisa pickup.

    5
    5
    • 4 Maret 2023 - (09:41 WIB)
      Permalink

      Tapi harus keluarkan uang sendiri. Harusnya ikutin system di marketplace lain kita wajibkan asuransi dan pembeli yg rela keluar duit bt asuransi baru beli sama kita. Kan tidak ada paksaan, lebih enak gitu

      5
      3
      • 4 Maret 2023 - (16:41 WIB)
        Permalink

        Kebangeten Shopee. Cuma diganti 90rb. Saya yakin ini ulah oknum Anteraja. Mana bisa barang dg harga tinggi hilang begitu saja,

        10
    • 4 Maret 2023 - (09:42 WIB)
      Permalink

      Terima kasih bro. Yang bisa di tambah asuransi hanya tipe reg gan.

      Cargo / next Day dll semua Gk bs. Dan harus tambah lagi uang sendiri. Sunguh Gk masuk akal ????

      2
      3
      • 5 Maret 2023 - (06:43 WIB)
        Permalink

        Bro sorry pengertian pake uang sendiri bisa di akali dgn pasang hrgnya toh pembeli juga ga tau hrg yg di pasang sdh include asuransi atau ga..makanya saran aja di shopee jgn main brg yg nilainya gede klpun tetap ingin pake nilai yg gede ya pake kurir yg bisa asuransi manual seperti JNE dan JNT dan cek Google aja nilai asuransi dari tiap expedisi jika hrg brg senilai brp RP terus tambahkan deh sendiri ya sebenarnya mirip sama lapak lain yg pake asuransi otomatis bedanya yg otomatis kita ga perlu capek hitung kl di shopee sedikit ribet.. hitung nya tp ujungnya demi safety kan. Toh nilai asuransi ga seberapa dibandingkan nilai brg jika di nyatakan hilang..ini saran jika anda masih ingin berjualan di lapak shopee ya. Krn biar bagaimanapun juga sistem shopee akan selalu begitu..jika sistemnya tdk bisa membuat nyaman anda..maka andalah yg hrs mengakalinya biar nyaman di Anda juga..bila tdk bisa ya keluarlah dr sistem tersebut..bereskan hehehe

        7
        1
        • 5 Maret 2023 - (07:57 WIB)
          Permalink

          Hehe iya jg

          Sekarang saya akalin dengan pake pengiriman asuransi otomatis aja. Kalau memang kedepan gk ada yg otomatis dan gratis, saya ubah harga aja

          3
          1
    • 4 Maret 2023 - (13:59 WIB)
      Permalink

      Aneh ya kejadian model begini dah sering terjadi dan jelas2 banyak orang dirugikan tapi kok pemerintah tetap tutup mata ya ! Entahlah. Aturannya sih ada instansi terkait yg menjadi pengadil jika terjadi hal2 model begini.

      5
      1
          • 4 Maret 2023 - (16:28 WIB)
            Permalink

            Bisa kok dr hp tp buka via browser versi desktop.

        • 4 Maret 2023 - (14:17 WIB)
          Permalink

          HI gan, di mana nya ya ada opsi untuk aktifkan asuransi ?

          Saya jg pake SELLER centr di web dan di FAQ Shopee juga tidak ada tertulis bisa wajibkan asuransi untuk semua produk yg kita jual

          • 4 Maret 2023 - (20:03 WIB)
            Permalink

            di link atas ada cara2nya dibaca dulu sampe detail

          • 6 Maret 2023 - (02:56 WIB)
            Permalink

            Shopee + anteraja. Paket lengkap itu.

        • 5 Maret 2023 - (08:00 WIB)
          Permalink

          Ternyata tetep hanya bt yg terpilih. Kalau Gk terpilih harus tetep mohon dulu dan masih jadi wewenang Shopee untuk perbolehkan bergabung dalam program asuransi ini

    • 4 Maret 2023 - (20:38 WIB)
      Permalink

      Iya susah bisa pake asuransi, tapi dibebankan ke seller. Harusnya sih seperti toko ijo ya, asuransi diwajibkan & dibayar oleh buyer langsung saat check out. ?

      • 5 Maret 2023 - (07:55 WIB)
        Permalink

        Bener gan memang seharusnya gitu. Mau beli ya bayar asuransi. Gk mw gpp coba beli dr lapak lain dengan resiko Brng ilang dan duit Gk kembali

  • 4 Maret 2023 - (10:41 WIB)
    Permalink

    2021 lalu saya pernah kehilangan barang jg, laptop yg saya beli untuk WFH seharga 17.5jt tapi posisi sy sebagai pembeli.. pada waktu itu paket dinyatakan diterima tapi tidak ada yg menerima, karena sy tinggal di perumahan kan ada satpam dan banyak cctv jg, bahwa tidak pernah ada paket dan kurir datang di hari H pada saat paket dinyatakan sudah diterima oleh saya 🙁 diperumahan sy tinggal tiap belokan perum, bahkan 4 sudut jalan raya direkam cctv semua gak pernah ada kurir antar paket

    indikasi kecurangan dilakukan oleh oknum kurir, setelah kejadian itu sampai penjual berkali kali kerumah saya kebetulan hanya jarak jogja solo kan deket..

    seolah pembeli dinyatakan sebagai p3nipu, proses komplan sy pd waktu itu cukup lama sekali, berbulan bulan ada dan akhirnya dana saya kembali,

    saya udah gak mau urusan juga dg pihak penjual yg masih mondar mandir datang menanyakan, sy suruh hubungi aja kontak layanan sellernya sendiri krn bukan urusan sy, yg pentinf duit saya udah balik

    sejak hari itu saya putuskan UNINSTAL aplikasi sampah tersebut dan sy broadcast ke grup kantor dan keluarga..

    sy kapok belanja diperlakukan gitu

    12
    5
    • 4 Maret 2023 - (14:13 WIB)
      Permalink

      Untung nya pembeli masih bs dpet full Refund. SELLER nya jg kasian gan. Kehilangan total. Mungkin itu jg modal besar bagi SELLER tersebut makanya dia stress dan begitu jd nya

      • 6 Maret 2023 - (10:00 WIB)
        Permalink

        kalo kejadian paket hilang seperti ini, apakah buyer selalu dpt full refund kak? maaf kak hanya ingin tau, untuk pengetahuan.

    • 4 Maret 2023 - (20:55 WIB)
      Permalink

      Kalau masalah paket di nyatakan hilang paling enak di lazada tanpa klaim otomatis masuk, sesuai harga barangnya

  • 4 Maret 2023 - (11:05 WIB)
    Permalink

    shopee memang harus hati-hati, ga ada fitur wajib asuransi, admin yg tanganin komplain sering asal2an buat keputusan. banyak masalah karena oknum kurir nakal tapi seller yg kena. admin shopee MAHA KUASA, keputusan absolut di komplainnya.

      • 4 Maret 2023 - (19:29 WIB)
        Permalink

        Itu memang sdh di setting hilang kayaknya…sering sekali baca kasus ini….dan cuma dpt ganti rugi ongkir 10x…
        Semoga mereka pada sadar…

        • 4 Maret 2023 - (20:23 WIB)
          Permalink

          Saya juga belanja ikan hias dinyatakan hilang padahal saya pantau perjalanan sudah sampai drosip kebumen ikanya hilang padahal saya beli dari Magelang sedangkan saya rumahnya di Prembun kan harusnya Ndak sampe ke kota kebumen cukup di Prembun aja ko di keterangan di drosip kebumen dan saya tunggu tapi ternyata ikanya dinyatakan hilang Sama pihak sopy katanya mau si ganti tapi sampe sekarang tidak di ganti.menurut saya kurirnya tak tau jalan jadi kemungkinan paket ikan hias saya dibuang di jalan..sama pihak kurir Anter aja karena saya pake jasa anter aja waktu itu

        • 6 Maret 2023 - (10:04 WIB)
          Permalink

          jd inget 19 feb kemaren saya juga beli hp lewat shopee tp dri toko official brand tersebut. sempet waswas juga, paket 2 hari stuck di tmpt sortir. utgnya 5 hari stlhnya paket ttp sampe ke rumah dengan selamat. baru pertama kali juga soalnya beli hp online.

  • 4 Maret 2023 - (12:14 WIB)
    Permalink

    Sudah ratusan (mungkin ribuan) kali para komentator Media Konsumen memberi saran agar tidak berjualan barang nominal besar di marketplace ini. Saya senang mendengar anda sudah non-aktifkan layanan pengiriman yang tidak ada opsi asuransi dan/atau tidak menawarkan opsi asuransi kepada buyer.

    Kedepannya anda bisa evaluasi kembali apakah perluasan usaha dan peningkatan profit setimpal dengan kerugian terkait barang hilang dalam pengiriman. Baca artikel lain di Media Konsumen terkait masalah yang sama dan anda simpulkan sendiri bagaimana penanganan Sopi pada hal-hal semacam ini.

    Pertimbangkan juga untuk mulai membuka web sendiri. Memang butuh waktu dan kepercayaan konsumen, tetapi bisa dimulai dari pelanggan setia anda di marketplace.

    6
    3
    • 4 Maret 2023 - (14:12 WIB)
      Permalink

      Iya gan, sudah belajar nih matikan semua yg Gk bs asuransi biar makin lama banyak SELLER begini baru bs berubah situasi nya

      Terima kasih saran nya

  • 4 Maret 2023 - (12:35 WIB)
    Permalink

    Saya pernah ngalmin juga uang refunt, 800rbu raib samapi sekarang gak tergantikan, sudah 3 thun, etah dimana nyakut nya, kta cs shope, dana sudah di kembalikan ke rek, di cek mutasi histori, gak ada uang masuk, bagi saya uang 800rbu itu sangat berarti, tapii samapi sekarang gak ada rimba nya, sampai bosan nanya ke shope, bahakan saya sampai datang ke kntor nya, tetap aja gak ada solusi apapun

  • 4 Maret 2023 - (14:31 WIB)
    Permalink

    Dengan sistem seperti ini, sangat membuka peluang untuk oknum jasa pengiriman berbuat nakal.
    Seller cuma di ganti rugi dengan 10x ganti ongkir.sedangkan barang bernilai jutaan rupiah.
    Semoga ja oknum nakal-nakal dari jasa pengiriman dapat balasan yg setimpal dan untuk seller yg di rugikan semoga dapat rezeki yg berlipat-lipat ganda
    Amin..

  • 4 Maret 2023 - (14:36 WIB)
    Permalink

    Kok masih aja ada yg jualan ga pake asuransi pengiriman ya? Harus nya udah tau donk resikonya kl gak pake asuransi cm diganti xx ongkir aja… pas kejadian hilang malah nyalahin semua orang termasuk pemerintah.. ckckck… kl ditempat jualan situ ga ada asuransi pengiriman udah lah jangan jualan disitu cari yg ada asuransi nya atau bilang sama buyer untuk beli asuransi, diskusikan berdua jgn cicing baee…

    1
    8
    • 5 Maret 2023 - (00:40 WIB)
      Permalink

      Saya berhenti jualan online karena tau ekspedisi belakangan ini belum bisa dipercayai, barang hilang.rusak.semua merugikan penjual.penjual yang nanggung.salah penjual.jelas2 kurir dan eskpedisi yang punya komplotan pencuri

      • 5 Maret 2023 - (07:54 WIB)
        Permalink

        Jangan juga sama sekali Gk jualan gan, ya kita coba minimalisir kemungkinan di curi / hilang aja

      • 5 Maret 2023 - (08:12 WIB)
        Permalink

        Betul. ? Sekarang semua ekspedisi gak ada yg bisa dipercaya. Yaa… itu ulah oknum “KURIR” yg nakal. Gara² ulah oknum kurir yg nakal… jadi rusak nama ekspedisinya. ???

  • 4 Maret 2023 - (16:58 WIB)
    Permalink

    Sekarang Shopee udah bisa daftar asuransi pengiriman bang.
    Daftar di link formulir -> https://seller.shopee.co.id/edu/article/17345
    Ikuti petunjuk disitu.
    Nanti penjual kena lagi biaya 0,5% dari harga jual untuk asuransi.
    Jadi tinggal ditambahkan 0,5% tersebut ke harga jualnya supaya gak boncos.
    Takutnya kedepan S&K diubah untuk SPX jadi gak termasuk asuransi otomatis lagi, sebaiknya daftar aja itu kalau memang barangnya termasuk kategori mahal.

  • 4 Maret 2023 - (17:06 WIB)
    Permalink

    Shoopi vs anteraja betul” duo maling, 100 persen seller yg jdi korban, hari gini kok msih brani jualan di shopi

    • 4 Maret 2023 - (19:10 WIB)
      Permalink

      Cari omset semaksimal mungkin gan ?? tapi ya gitu jadi pelajaran. Solusi paling gampang matiin semua pengiriman non asuransi

      • 4 Maret 2023 - (19:09 WIB)
        Permalink

        Bener. Mereka tau dan karyawan mereka sendiri yg melarang kita menutupi isi paket dengan perintah justru kalau isi paket elektronik harus keliatan tulisan isi paket biar extra hati2.

        Nyatanya ya begitu. Semenjak di tokopedia nyalain wajib asuransi hampir bisa di bilang Gk ada paket berharga hilang. Nyasar ada berapa. Tapi barang puluhan juta? Hampir Gk pernah hilang padahal sehari puluhan paket

        2
        1
        • 6 Maret 2023 - (10:15 WIB)
          Permalink

          saya kemarin 19 februari beli hp di toko official di shopee di paketnya tidak tertera keterangan isi paket trsbut. ekpedisi shopee express. apakah peraturan masing2 ekpedisi berbeda kak?

    • 7 Maret 2023 - (12:30 WIB)
      Permalink

      Saya pernah baca bisa kak, karna klausula baku penggantian 10x ongkir menyalahi hukum perlindungan konsumen. Tapi gak tau prakteknya ribet atau tidak

  • 5 Maret 2023 - (06:56 WIB)
    Permalink

    Saran buat si TS .. matikan fitur expedisi anter aja , karena expedisi itu yang sering bermasalah selama saya baca² dimedia konsumen, terima kasih

    • 5 Maret 2023 - (07:53 WIB)
      Permalink

      Di lapak lain sih baik2 aja ya mungkin karena asuransi nya nyala x. Malah saya matikan semua Expedisi selain yg otomatis asuransi

  • 5 Maret 2023 - (07:33 WIB)
    Permalink

    Shopee kan emang begitu.. Nanti klo penulis komplain akan disuruh baca “silahkan kakak baca syarat dan ketentuan shopee.. Dan disana kakak sudah setuju waktu membuat akun dagang/seller shopee, secara hukum ga bs protes. Karena dah setuju”
    Kalo toped ada fitur asuransi, bisa optional/wajib ada settingnya.. Barang hilang diganti sesuai nilai transaksi.. Makanya di shopee skrg kebanyakan penjual barang receh.. Jepit rambut.. Sandal swallow dll klo elektronik atau barang yg di atas 500rb kebanyakan ke ijo.. Mgkn penulis jarang mampir ke mediakonsumen sebelumnya. Kasus kayak gini bukan pernah terjadi tp sering terjadi..

    • 5 Maret 2023 - (07:52 WIB)
      Permalink

      Bener gan memang pertama x ke media konsumen ?? kemaren2 ada dapet wa dari Anteraja cso. Kalau ada update baru syaa kabarin

      • 5 Maret 2023 - (11:16 WIB)
        Permalink

        Di tempatku di Cakung juga gitu,,,,tiga kali order lewat shopee…kebetulan dpt expedisi anteraja,,,di batalin oleh pihak kurir dngn argumen penerima tidak d tempat dan nmr gak bisa di hubungi…imbasnya order paket udh gak bisa sistem cod lagi selama sebulan,,,,akhirnya sekarang pindah ke aplikasi sebelah

      • 5 Maret 2023 - (12:12 WIB)
        Permalink

        Selamat Siang Mas Jonny saya mahasiswa Fakultas Hukum semester akhir yang sedang melakukan tugas akhir perkuliahan yaitu skripsi saya berminat mengangkat kasus Mas Jonny sebagai bahan penelitian saya mengenai Tanggung Jawab Pihak E-Commerce Terkait Terkait Perlindungan Konsumen. Mohon maaf apakah Mas Jonny berkenan saya wawancarai sebagai Narasumber untuk Kasus tersebut??. mohon balesannya ya Mas Jonny Terima Kasih

  • 5 Maret 2023 - (08:10 WIB)
    Permalink

    Saya juga pernah ada yg beli pake anter aja dua kali salah tempel resi yg pesen di shopee tapi yg di tempel resi tokopedia dan barang hilang menurut pengakuan anteraja tapi alhamdulilah atas kerja sama pembeli dan shoope akhirnya anteraja mau ganti

  • 5 Maret 2023 - (08:16 WIB)
    Permalink

    Kalau boleh tau ka itu yg ngembalikan 90 itu kemauan shoppe atau anterajanya karna kesalahan ada di anteraja

  • 5 Maret 2023 - (08:52 WIB)
    Permalink

    ada paket 3x dari entaraja, 3x pula gak dipickup2.
    otomatis dah saya hapus dari daftar jasa pengiriman. Ditambah lagi banyak maling nyamar jadi kurir disana.

    Harusnya Manajemen antaraja ada tambahkan 1 aturan di kontrak kerjanya.
    seperti “Kurir yang tertangkap basah mencuri, tidak hanya dikeluarkan dari perusahaan tapi harus siap diperkarakan di kepolisian”.

  • 5 Maret 2023 - (10:52 WIB)
    Permalink

    Kemaren di shopee pake jasa kirim sicepat gokil brg returan 600 rban hilang diganti cuma 190 rb. Statusnya di sicepat kedoya selatan paket dibawa kurir MUCHLIS statusnya uda dikembalikan pas dicek di cctv ga ada tuh dia dtg buat retur paket di jam dan hari sesuai status.. baca2 di ulasan google ternyata MUCHLIS ini pernah jg kasus sama penjual lain.. dan dr pihak sicepat jg ga bs kasih bukti kalo paket uda diretur.. ya enak lah oknum2 yg di ekspedisi yg dpt paket kiriman dr shopee yg ga ada asuransinya bs bebas tnggl dihilangin aja.. toh mereka tnggl byr 10x ongkir aja yg ga sebanding dgn hrg brg.. sama aja kyk pelihara maling disana.. peraturannya yg bikin mereka leluasa buat ambil brg pembeli nanti yg nanggung rugi penjual.. coba kalo kiriman dr toped yg ada asuransinya mana berani dihilangkan..

  • 5 Maret 2023 - (12:07 WIB)
    Permalink

    Menurut saya sih ini kalau hilang harusnya resiko di pembeli kan shopee sebagai pihak ketiga saja,kalau semua di bebankan ke penjual ya mampus lah ..pembeli ga ada resiko sama sekali dong

  • 5 Maret 2023 - (12:13 WIB)
    Permalink

    Selamat Siang Mas Jonny saya mahasiswa Fakultas Hukum semester akhir yang sedang melakukan tugas akhir perkuliahan yaitu skripsi saya berminat mengangkat kasus Mas Jonny sebagai bahan penelitian saya mengenai Tanggung Jawab Pihak E-Commerce Terkait Terkait Perlindungan Konsumen. Mohon maaf apakah Mas Jonny berkenan saya wawancarai sebagai Narasumber untuk Kasus tersebut??. mohon balesannya ya Mas Jonny Terima Kasih

    • 5 Maret 2023 - (17:44 WIB)
      Permalink

      Kalau saya pakai shopee belanja elektronik sudah pakai asuransi..elektronik rusak belum ada sehari, tidak bisa diganti dengan dalih ada kalimat komplain saya dg kata “tiba-tiba”
      Dg dalih itu barang saya tidak bisa digaransikan dg jaminan asuransi..
      Gmn menurut agan..asuransi jg tidak menjamin keamanan barang konsumen

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir Anteraja di Shopee?

Ada 92 komentar sampai saat ini..

Paket Senilai Rp2,5 Juta Dinyatakan Hilang dan Hanya Diganti Rp90 Ribu…

oleh Jonny dibaca dalam: 1 menit
92