Sudah Sebulan Pesanan Belum Dikirim oleh Penjual, Tokopedia Care Tidak Dapat Menyelesaikan Masalah

Kami melakukan pemesanan obat ke Apotek Amalia Farma melalui Tokopedia pada tanggal 03 Maret 2023. Pada tanggal 06 Maret 2023, pihak penjual melakukan proses request pickup kepada kurir untuk pesanan kami tersebut. Tanggal 06 sampai 13 Maret 2023, pihak kurir sudah berkali kali datang ke penjual, tetapi barang tidak kunjung siap untuk di-pickup. Terakhir kurir datang kembali tanggal 28 Maret dengan hasil yang sama.

Sepanjang bulan Maret penjual tidak memberikan kabar sama sekali, walau kami sudah rutin bertanya kepada penjual melalui fitur chat. Kemudian kami mengadu ke Tokopedia Care yang menjadi penengah bila ada masalah antara penjual dan pembeli.

Pihak Tokopedia Care mengatakan akan memaksimalkan proses penyelesaian masalah ini. Sempat ditawarkan untuk membatalkan pesanan. Namun itu sudah lebih 3 minggu dari tanggal kami melakukan pembelian dan penjual pun sudah melakukan request pickup. Maka menurut kami pesanan harus tetap diselesaikan sampai terkirim.

Pada tanggal 01 April, penjual membalas chat kami dan berjanji akan mengusahakan untuk mengirim. Namun sampai hari ini pesanan masih belum terkirim. Penjual kembali tidak dapat dihubungi dan tidak memberi kabar selanjutnya. Pihak Tokopedia Care hanya berjanji memaksimalkan, tapi tidak ada hasil sampai hari ini sudah lebih dari 1 bulan.

Darmawan Tjaputra
Kab. Serang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

51 komentar untuk “Sudah Sebulan Pesanan Belum Dikirim oleh Penjual, Tokopedia Care Tidak Dapat Menyelesaikan Masalah

    • 9 April 2023 - (21:47 WIB)
      Permalink

      Tinggal dibatalkan doang. Hidup ini jgn dibuat ribet. Udah sebulan itu bukan sehari dua hari

      32
      1
      • 9 April 2023 - (22:28 WIB)
        Permalink

        Ada batal otomatis, sampai 3 hari, tp krn m dipickup dan tdk ke pickup, krnbtdk ada barangny, ya batalkan sendiri ja, anda mempersulit diri anda sendiri

        29
        1
          • 12 April 2023 - (06:26 WIB)
            Permalink

            Pembeli seperti ini yang paling aneh, da memang anehnya paling banyak di Tokopedia, kalau sudah co harus kirim, padahal chat utk menanyakan ketersediaan stok sebelum transaksi juga tidak. Lalu ketika pembeli di minta baik2 utk membatalkan malah berbalik marah ngeyel harus kirim bagaimananpun caranya. Aneh bin ajaib, padahal dari pihak pembeli mengajukan pembatalan apalah susahnya? Hitung2 beramal, membuat hidup lebih mudah, toh market place banyak, penjual online juga banyak. Jadi maksudnya dinaikkan ke mk ini apa? Supaya penjualnya kirim? Tokopedia harus pada terus penjual kirim? Kemungkinan no resi pengiriman juga sudah kadaluarsa, paling pembeli ini seorang narsistik parah, butuh pengakuan kalau dirinya harus dikatakan paling benar, merasa lebih superior dari penjual, Astaga… Sadarlah, di balik Cs Tokopedia itu manusia juga, mereka kemungkinan sedang menertawakan anda, seperti kebanyakan yang membaca di mk ini.

    • 11 April 2023 - (06:45 WIB)
      Permalink

      Maksud hati ingin memperlihatkan intelektualitas namun ujung2xnya malah dihujat. Makanya gunakan fitur Batal Otomatis agar tidak Dihujat Otomatis ???

  • 9 April 2023 - (14:59 WIB)
    Permalink

    Gini aja kho ribet. TINGGAL BATALKAN PESANAN. Penjual obat melimpah ruah, bukan hanya dia dia dia dia aaaaa……

    41
    3
    • 9 April 2023 - (19:25 WIB)
      Permalink

      Seharusnya bisa dikomplain kalo sudah melewati batas tgl estimasi tiba saya pernah kejadian ajukan komplain ke toped karena melewati tgl estimasi tiba memang butuh waktu pas sdh deadline paginya barang sdh sampai saya ajukan pembatalan dana pun diteruskan ke penjual besoknya malah saya dapat pemberitahuan dari toped ada pengembalian dana dari transaksi tersebut padahal komplain sudah saya batalkan dan dana sudah diteruskan ke penjual emang sistem toped agak gak beres

      26
      • 10 April 2023 - (10:22 WIB)
        Permalink

        Ini kasusnya beda gan, barang belum dikirim, harusnya klo gak ada kepastian mending batal aja, paling nunggu ACC penjual, dan itu juga ada tenggat waktunya,
        Akan batal otomatis klo gak direspon penjual..
        Disini sebenarnya pihak expedisi juga bisa membatalkan karena hanya membebani sistem si cepatnya

        20
  • 9 April 2023 - (15:30 WIB)
    Permalink

    TS contoh pembeli yang setia, loyal, dan penuh dedikasi. Suri tauladan yang selalu memakai hati—bukan otak.

    15
    25
    • 10 April 2023 - (01:02 WIB)
      Permalink

      TS maunya penjual itu jujur, ada barang ya di kirim. Kalo ga ada barangya , penjual yang ngebatalin, bukan pebelinya yang ngebatalin. Penjual harus ada hati nurani. Kira kira begitu maksudny TS. Kalau melewati tanggal atau estimasi jauh sekali, harusnya pihak Toped bisa membatalkan tanpa persetujuan dari penjual dan dari pembeli.

      6
      34
      • 10 April 2023 - (05:31 WIB)
        Permalink

        Jual beli di platform ky Tokped gt sesuai cara umum ajalah. Pembeli pesen barang gak dikirim ya sudah batalin dari pihak pembeli aja, apalagi kan sudah ditawarkan oleh pihak Tokped utk pembatalan. Ini bukan pesen ojol kan yang kalau pemesan batalin trs jd lama dpt ojol laen. Dana si pembeli juga balik kalau tjd batal transaksi. Ngapain juga dibuat ribet.

        23
        • 10 April 2023 - (10:25 WIB)
          Permalink

          Se7 gan, gak perlu idealis hanya utk belanja di TOPED, hanya akan mempersulit diri sendiri aja,
          Itu malah selain buang” waktu, buang” tenaga dan pikiran

          17
          1
  • 9 April 2023 - (16:59 WIB)
    Permalink

    Idup itu dah banyak masalah tanpa perlu dicari… Lah ini malah disengaja biarkan berlarut sampe sebulan lebih. Orang sehat akan lebih pilih mengalah… Batalin aja.

    31
    5
    • 9 April 2023 - (18:19 WIB)
      Permalink

      Kalau status udah menunggu kurir pembeli ga bisa batalin begitu aja. Harus ada persetujuan penjual, makanya pembeli hubungi cs Tokopedia, itu pun cs akan bilang harus dapat persetujuan penjual ga bisa sepihak minta batal. Makanya tuh kan di lampiran chatnya ada balasan dari cs bantu follow up ke penjual untuk minta persetujuan batal sebenernya. Tapi disini penjualnya susah buat kooperatif, makanya transaksi ngegantung begitu.

      7
      76
      • 9 April 2023 - (20:05 WIB)
        Permalink

        Baca lagi ya yg lebih jelas. Justru TS ini selaku pembeli ngga mau ajukan pembatalan, maksa penjual cari cara utk dapetin brg nya lewat jaringan apotek sampe dapet dan kirimkan. Udah sebulan lebih, rasanya jika barang ada pun, penjual sudah ngga mungkin kirimkan tanpa ganti resi/kurir, alias nanggung ongkir baru, krn besar kemungkinan kode booking dan resi otomatis tsb sudah invalid.

        28
        1
        • 9 April 2023 - (20:12 WIB)
          Permalink

          Saya sudah baca kronologinya. Sekalipun pembeli minta batal, dan berubah pikiran pengen transaksi tersebut batal. Tetap gak bisa sepihak.
          Harus dapat persetujuan penjual, makanya cs Tokopedia di chatnya bantu follow up sebenernya pengen tanya ke penjual, itu transaksi barangnya mau dikirim atau nggak.
          Kalau penjual respon “maaf barang kosong, silakan dibatalkan admin’
          Selesai masalah, transaksi pasti batal.
          Ini penjual aja gak kooperatif, dihubungi cs aja gak diangkat, gimana mau transaksinya batal?
          Masuk ke pusat resolusi pun tetap harus nunggu, gak bisa sepihak, karena statusnya udah menunggu kurir.

          8
          39
          • 9 April 2023 - (21:32 WIB)
            Permalink

            Pengajuan di status Menunggu Kurir: jika penjual tidak merespons pengajuan pembatalan maksimal 1×24 jam sejak pengajuan dari pembeli, maka transaksi akan dibatalkan otomatis.

            Jelas ya, masalah berlarut krn TS ngga mengajukan (justru admin sudah menawarkan dr awal), maunya dikirim… Dah serasa checkout Tesla flashsale Rp. 1, rugi kalo batal

            Dapat pembeli model begini, sebagai seller jg bakal sy cuekin, toh yg ditahan duitnya si pembeli, toko mah ngga ngaruh.

            27
            3
        • 9 April 2023 - (21:40 WIB)
          Permalink

          Kalau memang toko gak pengaruh seharusnya tinggal klik batal dari sejak transaksi masih “menunggu konfirmasi”
          Bukan lalu klik pesanan diproses di klik lagi pula ke menunggu kurir. 🙂
          Sebelum di klik pick-up kan sudah ada notif di apps seller “pastikan barang telah siap dan resi telah tertempel / tercetak pada paket, tidak perlu memberikan ongkir kepada kurir.”
          Pembeli memang tipe ngeyel, namun penjual jauh lebih tidak bertanggung jawab.
          Saya juga seller, kalau memang barang kosong saya langsung batalkan sejak masih menunggu konfirmasi.
          Kalau udah diproses apalagi di klik pickup berarti memang sellernya juga gamau rugi. Jelas ya.
          Jadi seller juga harus bertanggung jawab, kalau ga bisa kirim barang ya batalin dari awal, supaya pembeli bisa cepat pilih toko lain. Begitu loh. Katanya kan gak ngaruh apa-apa, nyatanya masih banyak tipe seller yang takut akan poin pinalti tuh. 🙂

          9
          42
          • 9 April 2023 - (23:28 WIB)
            Permalink

            Makanya yg di kejar sellernya biar minta di cancle, atau cs paksa seller tuk batalin pesanan. Lah ini buyernya yg ngotot ingin tetap di kirim walau status trs gantung. Kebanyakan pembeli jg minta di batalain orderannya kalo sdh 2 hari blm stuck statusnya.

            26
            1
          • 10 April 2023 - (01:10 WIB)
            Permalink

            @note , anda manusiawi, hebat seller seperti anda. Yang kasih tanda jempol kebawah, kayaknya buzer buzernya penjual deh.

            4
            33
      • 10 April 2023 - (01:05 WIB)
        Permalink

        @note Betul. Ini juga termasuk yang harus dibenahi sama ToPed. Kenapa sih harus melulu menunggu persetujuan penjual. Emangnya ga ada limit waktu?

        6
        34
        • 10 April 2023 - (03:33 WIB)
          Permalink

          Sudah biasa komen kena dislike banyak begitu.
          Di media konsumen sekarang ada akun bot namanya “penjual pedagang”
          Itu yang dislike pasukan botnya dia semua.
          Lihat kalau komentar ini banyak dislikenya berarti benar dugaan saya.
          Jadi gak perlu heran. ?

          5
          6
          • 10 April 2023 - (04:00 WIB)
            Permalink

            Sok pintar lo. Mana ada untungnya buat akun bot dsni.

            24
            3
          • 10 April 2023 - (04:02 WIB)
            Permalink

            hahahah

            1
            21
  • 9 April 2023 - (17:32 WIB)
    Permalink

    Tinggal batalin aja masalah hidup langsung kelar itu.. tapi ini maunya pingin dikirim juga barangnya tapi pas lama ngirimnya dia komplen… kl emang maunya dikirim yaudah ga usah komplen kesana kemari biarin aja itu barang sampe dikirim ga usah lapor sana sini, pantengin itu status di toped 24 jam!!

    29
    7
    • 9 April 2023 - (18:19 WIB)
      Permalink

      Kalau status udah menunggu kurir pembeli ga bisa batalin begitu aja. Harus ada persetujuan penjual, makanya pembeli hubungi cs Tokopedia, itu pun cs akan bilang harus dapat persetujuan penjual ga bisa sepihak minta batal. Makanya tuh kan di lampiran chatnya ada balasan dari cs bantu follow up ke penjual untuk minta persetujuan batal sebenernya. Tapi disini penjualnya susah buat kooperatif, makanya transaksi ngegantung begitu.

      10
      40
      • 9 April 2023 - (19:48 WIB)
        Permalink

        aduh, komplainnya jangan via chat cs, tapi langsung masukin piusat resolusi, pilih paket tidak sampe. kalo cuma chat CS sampe kapanpun tidak akan dibatalin.. mungkin sampe surat ini terbit baru akan dibatalin

        4
        29
        • 10 April 2023 - (00:22 WIB)
          Permalink

          Saya ga bilang pembeli minta batalin.
          Tapi saya bilang cs Tokopedia di lampiran chat diatas minta persetujuan penjual mau lanjut kirim atau batal.
          Kalau penjual memang gak ada stok tinggal angkat aja telpon dari Tokopedia dan bilang “maaf barang kosong, silakan dibatalkan admin”
          Admin Tokopedia juga gak akan maksa penjual buat kirim barang kalau memang barang kosong, ujungnya pasti dibatalin.
          Sekarang gimana mau transaksi batal kalau penjual aja susah buat dihubungi? Gitu ya bambang. Kalau gak ada barang, minimal jadi penjual itu respon telpon dari pihak marketplace. Udah gak ada stok barang, gak bisa kirim barang, ngeghosting pula. Seller yang begitu dibelain pula sama netizen media konsumen macam anda.

          5
          34
          • 10 April 2023 - (01:15 WIB)
            Permalink

            @note komen anda bagus

            2
            34
          • 10 April 2023 - (04:04 WIB)
            Permalink

            note, maklum di mk banyak buzzer.

            3
            24
          • 10 April 2023 - (04:04 WIB)
            Permalink

            Itu cs nya menawarkan pembatalan transaksi makanya dia blg hrs persetujuan penjual, tp pembelinya tdk mau.
            Ga usah ngeyel dgn kekuranganpahaman anda atas berita atas. Atau emg anda mencari pembenaran atas kengeyelan TS?

            26
            3
          • 10 April 2023 - (04:06 WIB)
            Permalink

            @kata , iya saya udah paham soal itu. Tuh dibawah komentarmu udah ada contohnya, tanpa diundang mereka muncul sendiri kok. ?

            1
            26
          • 10 April 2023 - (04:08 WIB)
            Permalink

            Gada yg belain sellernya, dsni hanya menyanyangkan sikap penulis yg membuat ribet dirinya sendiri. Sdh ada beberapa org yg blg solusi membatalkan pesanan di tokopedia.
            Dan anda pun sama ngeyelnya ky si penulis dgn pembelaan anda.

            29
            1
          • 10 April 2023 - (04:10 WIB)
            Permalink

            Cm org beghooo, yg sok blg org akun buzzer padahal bkn.

            26
            2
          • 10 April 2023 - (08:33 WIB)
            Permalink

            sebagai penjual di tokped, pembatalan ketika sudah pickup emang gak bisa dilakukan. Begitupun dengan pembeli juga tidak bisa membatalkan kalo sudah pickup. Jadi memang harus dengan bantuan cs tokped. Masalahnya si pembeli tidak mau batal dan penjual ternyata stoknya kosong tapi malah sudah klik pickup. Karena sudah terjadi, kalau saya yang jadi penjual, ya saya bakal cari tuh barang gimanapun caranya lalu kirim ke pembeli. Saya juga pernah ada kasus stok kosong dan sudah terlanjur terima. Tapi sebagai pembeli yang tidak mau ribet, saya bakal minta persetujuan toko untuk pembatalan, kemudian saya minta cs untuk batalkan.

            22
          • 10 April 2023 - (10:41 WIB)
            Permalink

            Bukan belain seller lur, seller juga salah disini, tapi alangkah baiknya klo masalah tidak diperpanjang, hanya mempersulit diri sendiri, batal akan lebih baik, Daripada menggantung, itu seller gak responsif dan kurang tanggung jawab, tapi pembeli juga ribet idealis dan ngeyel..
            Sudah selama itu gak akan bisa dikirim klo gak ganti resi karena kode booking ada batas waktunya..kode booking invalid
            klo ganti resi maka seller harus bayar ongkir sendiri, apakah sellernya mau??
            Sebenarnya bisa dibatalkan klo pembeli mau, walaupun gak ada persetujuan penjual tetap bisa batal otomatis by sistem
            Saya juga seller
            Jadi sedikit banyak ngerti,

            23
  • 9 April 2023 - (20:38 WIB)
    Permalink

    Komplainya kliru…masuk klik komplain batalkan…nti masuk pusat resolusi…klau penjual tdk respon 3 hari batal otomatis…saldo masuk ke toped…

    28
    1
    • 10 April 2023 - (10:28 WIB)
      Permalink

      Ini masalahnya pembeli yang gak mau batal??
      Klo mengajukan batal gak mungkin selama itu masalahnya ?

      24
  • 9 April 2023 - (21:52 WIB)
    Permalink

    Jadi yg harus anda lakukan adalah telepon YLKI atau Ditjen PTKN.
    085311111010
    +62213451692
    0213441839
    0217971378

    1
    26
  • 10 April 2023 - (12:30 WIB)
    Permalink

    sy curiga pembeli ga mau batalin krn ada pake voucher belanja, kalo batal ya hilang cuma2 hehehe

    26
  • 10 April 2023 - (19:11 WIB)
    Permalink

    Oalah tinggal klik batal aja malah setia banget sih. Kalo klik batal dan pesan ke yg lain mah ud kelar tuh obat gosok heheh

    18
  • 11 April 2023 - (05:50 WIB)
    Permalink

    Kalau saya lihat bahwa TS sudah tidak begitu butuh barang tersebut akan tetapi saat ini yang dibutuhkan TS adalah kejelasan sistem dalam Tokopedia dan tanggung jawab Tokopedia dalam melayani sistem jual beli online. Sebenarnya itu yang lebih dikejar oleh TS. Bagaimana bisa marketplace sekelas Tokopedia mempunyai sistem penjualan yang sangat buruk seperti ini.
    Bukan maksud TS mencari masalah atau menambah masalah dengan tidak mau membatalkan pesanan, akan tetapi TS mengangkat masalah ini ke MK itu karena agar Tokopedia lebih memperhatikan masalah-masalah yang diadukan konsumen lewat CS ataupun lewat pusat resolusi.
    Harusnya Tokopedia mempunyai standar punishment untuk seller seperti ini.

  • 11 April 2023 - (18:59 WIB)
    Permalink

    Ini kalian apa gak ada yg kasian ama kurirnya ya? Liat notif dia bolak balik tiap hari mau ambil barang tp gak jadi2 ? btw, kurir ekspedisi kadang upahnya di hitung dari berapa banyak barang yg mereka jemput & antar, SUDAH BERAPA KERUGIAN DIA TIAP HARI TUH????
    Pembeli pekok yg seller 5x lebih pekok, CANCEL SAJA. Ku baca judul td ku kira harga ratusan juta, ternyataaaa ?
    Sanggup jg loh nunggu segitu lama, saya saja max 1 minggu udah cape nahan sabar ?
    Masa minyak tawon gtu gak ada di area tempat tinggal TS sih ?‍♂️?

 Apa Komentar Anda mengenai Tokopedia Care?

Ada 51 komentar sampai saat ini..

Sudah Sebulan Pesanan Belum Dikirim oleh Penjual, Tokopedia Care Tidak…

oleh D dibaca dalam: 1 menit
51