Lazada LEL Express Tidak Profesional, Seller Diwajibkan Setiap Hari Ngemis Minta Pickup

Saya seller arimbi_arimbi di Lazada. Saya sudah berjualan di Lazada sejak 2020. Awalnya lancar, tapi sayang sejak Desember 2022 pihak Lazada Lel Express sudah tidak profesional lagi kinerjanya. Paket saya sangat sering tidak dipickup. Padahal setiap hari ada paket. Tidak lagi 1x24jam, tidak 2×24 jam, bahkan pernah hampir 1 minggu sampai cancel.

Dan ketika komplain CS Lazada jawabnya simple, seller wajib ngemis pickup setiap kali paket tidak dipickup lewat 1x24jam, jadi di Lazada kurir tidak wajib pickup tapi seller wajib ngemis minta pickup ke Lazada. Dengan kata lain saya diwajibkan ngemis minta pickup setiap hari, jika tidak ngemis ya tidak dipickup, kalau ter-cancel ya salah sendiri gak mau ngemis.

Saya ada bukti live chat di mana pesanan sampai di-cancel sistem tapi seller yang disalahkan karena tidak melakukan prosedur pengemis tersebut. (Tidak saya post disini karena ada umpatan emosi saya).

Begitu rendahannya seller di Lazada. Belum kerugian paket yang sudah saya packing malah dicancel, Pelanggan banyak yang kabur karena order di toko saya gak jelas kapan dikirimnya dan ketika saya ditanyapun saya juga gak bisa jawab karena kurirnya gak jelas kapan mau pickup-nya. Banyak paket saya yang sampai dicancel pembeli dan bahkan sampai di-cancel sistem.

Saya sampaikan juga disini, bahwa saya sangat memudahkan kurir yang pickup, sejak 2020 sampai sekarang tidak pernah ada perubahan. Lokasi saya dekat pusat kota, di dalam perumahan jadi sangat mudah diakses mobil langsung depan rumah, jam buka 16.00-bebas. Paket saya taruh di meja teras jadi kapanpun kurir bisa ambil, tinggal masuk dan ambil saja. Gak perlu bel atau ketok-ketok, bahkan pernah diambil tengah malam saya sudah tidur juga saya gak masalah, kalau hp si kurir mati/drop juga saya izinkan paket langsung dibawa tanpa scan di tempat.

Saya lampirkan beberapa bukti pesanan, sebenarnya ada ratusan paket, tapi saya ambilkan beberapa karena tidak mungkin saya lampirkan semua disini.

Apakah mengemis setiap hari ini sudah menjadi SOP baru untuk semua seller di Lazada? Atau ada upaya menjatuhkan/diskriminatif terhadap toko saya?

Terima kasih media konsumen sudah menayangkan surat saya ini.

Yudi Ekasari
Sidoarjo Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan dari Lazada Perihal: Surat Pembaca “Lazada LEL Express Tidak Profesional, Seller Diwajibkan Setiap Hari Ngemis Minta Pickup”

Redaksi yang terhormat, Menanggapi surat pembaca di Media Konsumen pada tanggal 13 April 2023 berjudul “Lazada LEL Express Tidak Profesional,...
Baca Selengkapnya

21 komentar untuk “Lazada LEL Express Tidak Profesional, Seller Diwajibkan Setiap Hari Ngemis Minta Pickup

  • 13 April 2023 - (20:39 WIB)
    Permalink

    Tapi kita sbg penjual juga wajib sih mengecek dan care terhadap pembeli. Bila 1×24 jam blum ter pickup kita wajib genjot ekspedisi untuk segera pickup… Kalo saya sih gt. Kalo perlu expedisi saya maki maki. Jgn nunggu lewat 1×24 jam apalagi seminggu batal otomatis… Biar pun rame tetep mesti ada yg cek semua transaksi mana yg udah terkirim, mana yg blum. Kalo saya sih gitu.. Semoga cepat selesai masalah nya ya… Dan dapat voucher tambahan dari Shopee setelah surat ini masuk ??

    4
    1
    • 14 April 2023 - (13:32 WIB)
      Permalink

      1,2,3x gpp, ini gak, setiap hari, sekarang diambil, besok belum tentu, besoknya lagi belum tentu, besoknya lagi belum tentu lagi, dan itu selalu, saya gak 1×2 kali komplain ke cs, puluhan kali, tapi ya seperti itu, habis telp diambil, besoknya gak diambil lagi, itu selalu, tiap minggu, tiap bulan. Saya setiap hari rts tapi paling kurir datang tidak pernah setiap hari, 1 minggu cuma 1x – max3x. Minggu ini saya cuma dipickup senin kemarin, selasa-jumat sekarang gak dipickup lagi, padahal ada rts saya sejak senin malam. Jangan kira saya gak complain ke cs, rabu dan kamis dan jumat ini saya complain ke cs tapi faktanya gak dipickup.

      1
      1
      • 14 April 2023 - (14:00 WIB)
        Permalink

        sekarang bisa drop points lazada juga di wahana loh. Saya kalo mereka ga pickup2x, saya drop di wahana kebetulan deket…. Jd ga ketergantungan dgn pickup lazada emang lama soalnya. Kalo nunggu komplen emang habisin waktu dan tenaga. Dan blum tentu di pickup jg setelah komplen.

        • 15 April 2023 - (04:58 WIB)
          Permalink

          Tidak semuanya bisa di drop , karena sistem lazada sekarang bisa lock sistem seller..jadi tidak bisa kirim ke drop point manapun, harus dipickup oleh lazadanya langsung

  • 14 April 2023 - (02:05 WIB)
    Permalink

    Kalau memang dekat di antar aja Om…Kan buat kemajuan Toko Om juga. Agar pelanggan tidak dikecewakan. Maklum aja Mungki expedisi lagi Over. dan memng seperti itu lah kita kadang harus chat juga supaya kurir datang pickup. Dan bukan Artinya ngemis itu mah terlalu berlebihan. Memang semenjak ada istilah Gratis Ongkir Penjual dan expedisi di Adu Domba sama Market place. Expedisi dibayar sangat MURAH dan Penjual di kenakan komisi Tinggi. Semua itu untuk menutupi Gratis Ongkir. Dulu sebelum ada Gratis Ongkir Ekspedisi yg kejar2 Pejual sampai JNE berani kasih 10% untuk Penjual kalau pake dia. Sekarang semua di Atur Market place. dan Penjual sama Penjual juga di adu domba Harga, supaya harga dibuat seminim mungkin. Akhirnya Harga sekarang HANCUR di pasaran. Dulu belanja di Cina bisa untung sampai 100% Sekarang Hancur semua Harga.

    • 14 April 2023 - (14:05 WIB)
      Permalink

      Iye parah…. Harga ancur ancuran sekarang ??. Para pemain besar dan importir besar masuk langsung ke marketplace yg biasa mereka jual grosir ke pedagang jd juara ecer di marketplace.. Semua ini gara gara pas covid ?? dan terbiasa deh… Asli ancur bgt boro boro 100‰ , jual ecer aja paling setelah potong fee cuma 1000-2000 perak doang

  • 14 April 2023 - (04:55 WIB)
    Permalink

    Wow tdk profesional bgt kinerjanya, mungkin akibat 1 kurir harus handle 4 kerjaan, dengan dalih penghematan gaji, pernah order di lazada, sampe cancel via system barang sya, tp status barang menungu pick up terus…

    • 14 April 2023 - (13:56 WIB)
      Permalink

      Saya gak tau. Saya juga ada toko 2 mp lain yg loadnya jauh lebih tinggi. Saya juga butuh waktu untuk kulakan, packing dan aktifitas pribadi. Di mp lain itu rutin pickup dirumah saya bahkan tgl merah dan hari minggu. Sesekali masih gpp bang, ini setiap hari, setiap minggu, setiap bulan sejak desember kemarin. Puluhan kali saya complain ke cs. Ini aja request dari senin malam sampai hari jumat ini gak diambil, saya sudah complain ke cs rabu, kamis dan jumat ini bang.

  • 14 April 2023 - (06:30 WIB)
    Permalink

    Jadi penasaran siapa nama kurirnya? Karena wilayah sidoarjo klo ada kasus beginian sering ngumpet bagian koordinator kurirnya.

  • 14 April 2023 - (12:14 WIB)
    Permalink

    Saya pengguna lazada, klo dulu belanja nyaman karena tidak ada kendala. Sekarang belanja semakin ribet, paket ninja tidak bisa di lacak. Update lama banget. Akhirnya belanja selesai lgsg logout akun. Sekarang pakai orange aman2 saja.

    • 14 April 2023 - (14:08 WIB)
      Permalink

      Ekspedisi lazada terbatas cuma lex, ninja sama jnt. Jnt blacklist susah juga ya. Kalo ada yg masukin instant tp jarang yg. MAsuki instant para penjual di lazada.

 Apa Komentar Anda?

Ada 21 komentar sampai saat ini..

Lazada LEL Express Tidak Profesional, Seller Diwajibkan Setiap Hari Ng…

oleh Yudi Ekasari dibaca dalam: 1 menit
21