Penipuan Mengatasnamakan CS Flip, Mencairkan Dana SPinjam ke Rekening m-Banking yang Telah Diambil Alih

Assalamualaikum,

Saya Amanda Marisca, dengan akun Shopee: memacrame. Saya sangat kecewa dengan pihak Shopee, karena sangat lambat mengurus kendala yang saya alami ini.

Kronologinya, pada tanggal 6 April 2023, saya punya masalah refund dengan aplikasi Flip. Jadi saya coba cari nomor CS Flip di Twitter dan ternyata itu akun palsu dengan nomor palsu. Saat itu saya disuruh untuk login dengan web yang mengatasnamakan Flip. Lalu dia memberikan saya link mengatasnamakan BRI yang katanya untuk pengecekan terlebih dahulu. Selang beberapa menit, uang saya hasil “refund” sejumlah Rp800 ribu masuk ke m-banking saya, tapi saya tidak bisa login.

Kata penipu itu jangan login dulu karena sedang melakukan pengecekan. Karena terlalu lama, saya paksakan untuk login m-banking saya. Saya kaget, waktu saya cek uang saya yang tersisa hanya uang hasil refund. Karena saya panik saya langsung menghubungi nomor yang mengaku pihak Flip tadi kenapa uang saya kok hilang. Katanya itu tidak hilang, hanya sedang pengecekan.

Dengan bodohnya saya percaya karena terlanjur panik. Lalu tiba-tiba dia menanyakan apakah saya ada SPayLater atau SPinjam, karena katanya akan dilakukan pengecekan dan diurus lewat OJK, jika saya membuka SPayLater dan SPinjam. Mulai dari situlah saya kayak dituntun dengan kode-kode dan anehnya saya kayak dihipnotis gitu, nurut saja dengan apa yang dikatakan pelaku.

Anehnya, saya pernah mengajukan untuk daftar SPayLater, tapi ditolak. Lah kok pas begini malah disetujuinya cepet banget. Singkat cerita SPinjam saya cair, tapi saya tidak bisa mengambil alih m-banking saya. Jadi uang yang masuk dari SPinjam dikendalikan sepenuhnya oleh pihak penipu.

Saya sudah coba lapor pihak Shopee, tapi karena uang tersebut memang masuk ke rekening saya, jadi saya yang harus bertanggung jawab dengan cicilannya. Jujur saya tidak ikhlas jika harus membayar cicilan sebanyak itu, karena bukan saya yang menerima uangnya. Iya memang sesuai prosedur, langsung masuk ke rekening saya, tapi rekening saya itu di-hack orang dan dia bisa melakukan segala transaksi di rekening saya. Setelah saya melapor, Tim Shopee seperti lepas tangan untuk membantu customer-nya.

Saya sudah tidak tahu lagi harus meminta bantuan ke siapa, karena jatuh tempo 1 Mei 2023. Oleh karena itu saya menulis di artikel ini supaya segera mendapat tanggapan dari pihak Shopee dan membantu dengan sepenuh hati.

Wassalamu’alaikum.

Amanda Marisca Firdausy
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

72 komentar untuk “Penipuan Mengatasnamakan CS Flip, Mencairkan Dana SPinjam ke Rekening m-Banking yang Telah Diambil Alih

  • 13 April 2023 - (14:50 WIB)
    Permalink

    bukannya utk refund flip dan chat CS nya bisa lsg diaplikasi flip, ngapain malah nyari di twitter??

    36
      • 14 April 2023 - (10:27 WIB)
        Permalink

        Berawal ingin meminta refund dari flip,kok bisa beralih ke shopee ???? bu,bu massa iya gak naroh curiga sama sekali ??‍♀️??‍♀️jelas2 tidak ada hubungany flip ke spinjam shopee, kok bisa2 ya di tuntun sampe sana gak merasa curiga

      • 15 April 2023 - (11:17 WIB)
        Permalink

        Baru liat nomor wa saja sudah tau itu pwnipu, hanya modal PP flip langsung percaya2 saja, liat aja angkanya +1 , ikhlas saja mbak shopee juga malas urus kasus yg kayak gini, mending lapor polisi, yg salah mbak semua iya2 saja, ok2, suruh instal aplikasi instal. Harusnya bisa mikir. Sudahlah iklas saja.

        • 20 April 2023 - (03:07 WIB)
          Permalink

          Kok banyak amat rantainya ada flip ada shopee ada bri ada instal ada kode2 ada ojk ribet amat hidun nya.

    • 14 April 2023 - (08:59 WIB)
      Permalink

      Memang kalau mau cari info, baik di FB,tweeter,Ig, ataupun nomer wa, FLIPatau pun dompet digital lainnya, pastikan ke aslian dan keabsahan akun tersebut, biasanya terverifikasi ( centang biru) kalau melihat kasus mbknya, memang itu nomor biasa yg bukan akun resmi dari FLIP

      3
      1
    • 14 April 2023 - (18:32 WIB)
      Permalink

      Palingan si Mbaknya mau cepat makanya coba jalur WA. Biasanya org yang kena ini pinginnya buru-buru dan tidak bisa berpikir jenih. Panikan. Semoga urusan ibuknya cepat kelar.

    • 15 April 2023 - (09:54 WIB)
      Permalink

      Takutnya begini alur ceritanya terbalik…penulis menulis di media konsumen supaya dapat bantuan dll padahal bisa juga dia chat sendiri balas sendiri terima uang sendiri..ujung ujungnya minta bantuan sana sini…simpel saja sii klo beneran ketipu lapor polisi cek mutasi bri…masalah shopee ya itu menjadi tanggung jawab sendiri ga di bayar gpp di bayar juga gpp …karena intinya kenapa muda tertipu daya oleh omongan dan bujukan…

      2
      2
  • 13 April 2023 - (15:20 WIB)
    Permalink

    Jadi kalo orang GAPTEK tidak tau tata cara menjaga kerahasiaan Akun Digital Keuangan, yang cuma taunya CARA PAKAI TRANSAKSInya saja. Lebih baik jangan gunakan versi digital. Bahaya.

    Anda sendiri yang tertipu, karena masih minimnya ilmu soal suatu bidang, namun sudah berani menggunakan bidang tersebut. Resikonya ya seperti kebanyakan yang terjadi salahsatunya TS.

    Para penipu lebih pintar soal hal ginian, cuma sayangnya penipu juga bodoh bisa tergoda sama yang namanya duit, duit haram hanya bakalan membawa beban & sial.

    21
    1
  • 13 April 2023 - (17:35 WIB)
    Permalink

    Maaf bukan mau menyalahkan,tapi ibu seorang guru, kan bisa cari referensi dulu nmor cs resmi apalgi ga ada centang birunya,saya aja kemarin sempat di email ngaku ngaku dari akulaku ciri cirinya dan bahasa email nya mirip banget hampir juga ketipu langsung cari di google dan tanya cs nua lewat aplikasi

    11
    1
    • 14 April 2023 - (07:29 WIB)
      Permalink

      Di flip kan sudah ada bantuan,tinggal klik. Kenapa ibu kok cari diluar aplikasi. Hanya saran. Aplikasi apapun,kalau ada masalah silakan cari bantuan dlam aplikasi tersebut,jangan cari diluar apk. Rawan ketipu.
      Do’a saya,semoga ibu rezekinya banyak,dan anggap sebagai sedekah, insyaallah nanti ada penggantinya dari yg ibu tidak ketahui sekarang?

      11
      • 14 April 2023 - (09:29 WIB)
        Permalink

        Amin, terimakasih doanya, dari sekian banyak komentar, ada komentar masnya yg tidak menghakimi dan menghujat, semoga masnya terhindar dari musibah seperti saya dan selalu berhati-hati, kenapa saya cari di Twitter karena biasanya kalo lewat Twitter lebih cepet ditanggepinnya mas daripada lewat aplikasi

        4
        6
        • 15 April 2023 - (17:29 WIB)
          Permalink

          Sama2 Bu,karena MK sebenarnya hak semua orang untuk mencari solusi. Kalaupun kita tidak bisa membantu menyelesaikan,paling tidak kita bisa saling mengingatkan karena MK itu ada karena untuk mencari solusi dari kalYak banyak.? Salam semoga kita semua mendapat perlindungan dari yang maha Kuasa amin.

          2
          1
        • 18 April 2023 - (08:36 WIB)
          Permalink

          Berhubung saya sedang berpuasa saya akan menjaga ucapan saya agar tidak merendahkan & melecehkan. Jika ada pertanyaan, Saya sudah tidak tahu lagi harus meminta bantuan ke siapa, karena jatuh tempo 1 Mei 2023? Mintalah ke Allah SWT yg maha kaya dan maha pemberi rezeki, sholat tahajud dan berdolah setelah. Insyaallah hati anda tenang dan bisa jadi ada solusi dari permasalahan yg anda hadapi.

    • 14 April 2023 - (21:29 WIB)
      Permalink

      Ceritanya kol WOW banget.. Gue aja atau cerita penulis agak aneh ya. Kayak dihipnotis itu maksudnya gmn? Hha

      2
      2
  • 13 April 2023 - (18:08 WIB)
    Permalink

    +1 itu kode hacker telpn…anda uda di giring untuk mbuka kunci gmail..dan mbanking ya lancar bobol nya

  • 13 April 2023 - (18:15 WIB)
    Permalink

    Hmm Turut Berduka yah Mba.. ? ini sih murni kesalahan Mba sendiri.. Kata Shoppe : kita sudah kasih dana nya ke Rek Anda atas nama Anda.. soal dana di pakai Adek, Kakak, Mertua atau Pacar yah Shoppe mana mau tahu.. Udah cair aja pura2 nga menerima dana nya.. gitu kira2 kata si Shoppe.. 1 May sudah harus di bayar atau siap2 Depcoll datang.. ?

    8
    2
  • 13 April 2023 - (18:27 WIB)
    Permalink

    Wah kasus kayak gini udah gak keitung berapa kali muncul di MK, yaudah mbak ikhlasin aja semoga dapet rezeki yang lebih dari ini ya mbak

    11
    1
    • 20 April 2023 - (09:58 WIB)
      Permalink

      Udah ga paham lagi gw bisa bisanya ketipu separah itu. Beda aplikasi pasti beda CS dan klo hubungi CS pastiin lewat appnya. Klo masih 1 app wajarlah ini sampek beda app co ?

  • 13 April 2023 - (19:51 WIB)
    Permalink

    Secara Pribadi saya cukup prihatin mengapa kasus ini bisa terulang-ulang dan dimanfaatkan oleh mereka-mereka penipu yang akan dibenamkan di api neraka. Saya selalu memproteksi pasangan saya untuk tidak bermain-main dengan aplikasi apapun itu atau istilahnya jangan memandai-mandai. Dan ini sebuah resiko dan anda bisa melaporkan ke pihak kepolisian.

    • 14 April 2023 - (09:32 WIB)
      Permalink

      Iya memang rencana mau dilaporkan ke pihak kepolisian, supaya nomer rekening penipu itu bisa diblokir

      1
      1
      • 15 April 2023 - (10:35 WIB)
        Permalink

        Percuma kak lapor polisi rekening di blokir uang nya sudah ke tarik besok2, kang tipu buat rekening baru lagi bisa pakai KTP orang lain.

        Mau komentar takut dikira nyinyir gak komentar gak bisa kasih pendapat,
        Ya mau gak mau uang THR tahun ini buat bayar hutang ya Bu guru….
        Note: gak ada jalur laporan penyelesaian lewat Twitter lebih cepat yg ada resiko kena kang tipu lebih besar ?

  • 13 April 2023 - (20:33 WIB)
    Permalink

    Ya Allah… Sedih banget ngedengernya… Kok masih ada aja yg jadi korban, padahal udah berulang kali kasus seperti ini masuk ke MK (Media Konsumen). Ma’af nih… Kesalahan murni emang dari si Penulis, semoga anda bisa sabar dan tabah menerima cobaan/ujian ini. Jika anda nggak mau bayar cicilan, bersiaplah menerima teror dari Debt Collector, kuatkan hati karena anda pasti akan menerima caci maki. Semoga Anda diberikan Kekuatan dan ketabahan.
    Yg jadi CATATAN disini adalah kenapa siMALING mudah sekali mencairkan dana pinjaman, sedangkan Sipenulis saja saat mau mencairkan pinjaman selalu ditolak! Dan ini sudah banyak sekali terjadi.

  • 13 April 2023 - (20:46 WIB)
    Permalink

    setiap app itu udah menyediakan nomor contact dan email yg bisa dihubungi. ngapain malah nnyari di twitter. sekarang ini twitter, instagram itu sarang penipu.

  • 13 April 2023 - (22:39 WIB)
    Permalink

    Kok bisa tertipu, padahal banyak lho laporan di media konsumen tentang penipuan seperti ini, kan di aplikasi filp sendiri juga ada fitur chatnya kenapa ga tanya langsung ke admin resminya ini malah cari cari kontak tidak resmi diluar filp?? kode negara nomor penipunya aja ( +1 )Itu kode negara luar negri hati2 sama kalo ada telepon /SMS dari kode negara +1, Abaikan

  • 13 April 2023 - (23:07 WIB)
    Permalink

    Yg sabar bu dan tabah..semoga ada ganti rizky yg lebih baik..klo sudah seperti ini upaya hukum nya mungkin dgn lapor le polisi perihal penipuan nya,tp cicilan nya ttp harus dibayarkan..apakah mungkin ada keringanan dari finance Spinjam/Spaylater nya ?

    • 14 April 2023 - (09:35 WIB)
      Permalink

      Amin ya Allah, terimakasih, iya kemarin pihak shopee sudah menghubungi saya semoga ada keringanan dari pihak shopee

    • 15 April 2023 - (09:54 WIB)
      Permalink

      Dari nomornya saja sidah terlihat sebetulnya… mereka menggunakan +1 sedangkan +1 itu kode negara US kalo tidak salah.. tidak mungkin dong mereka punya kantor cabang dinegara lain.. kalopun mereka beralasan untuk alasan panggilan cs secara internasional, menggunakan +62 pun juga harusnya bisa digunakan untuk panggilan internasional ?
      To all readers, lebih baik mencari tau dahulu dari segi nomor kontak, kalimat mereka masuk akal atau tidak, lalu bila menanyakan password atau harus mengisi ini itu lebih baik di konfirmasikan dahulu ke nomor resmi flip (dalam kasus ini).

      *saya juga pernah kena wa yang mengatasnamakan Telkomsel dengan kode negara +1, tapi setelah saya tanya balik kenapa pakai kode negara US untuk wa dan telpon. Mereka jeda sejenak sebelum tutup telepon.

  • 14 April 2023 - (00:25 WIB)
    Permalink

    kenapa setiap ada yang komplain masalah2 kaya gini selalu pengen komentar yang marah marah yah??? greget baca nya wkwkwk

  • 14 April 2023 - (01:19 WIB)
    Permalink

    No WA +1 (401)
    ???….
    Saya kalau dapat WA dari nomor itu, LANGSUNG BLOK..!!
    Jelas jelas BUKAN NOMOR dari NEGARA INDONESIA..!
    Indonesia itu jika ada karakter +, yang diawali dengan 62 (Kode Negara Indonesia).
    Diawali dengan +62 pun kita harus waspada..!

    Sekian..

    • 14 April 2023 - (06:38 WIB)
      Permalink

      setiap aplikasi keuangan pasti ada layanan pelanggan di dalam aplikasi tersebut, agar pelanggan mudah mendapatkan bantuan, boleh aja cari di google, Twitter atau Facebook, tapi sebelumnya kita harus tau mana yg asli, link situs web, nomor telepon, WA, email, jika masih bingung mana yg asli lebih baik tanya keluarga, dan tetangga..
      selalu ingat ini
      malu bertanya, sesat dijalan ?

  • 14 April 2023 - (02:38 WIB)
    Permalink

    2023 ternyata masih ada istilah “dihipnotis”

    Intinya klo literasi keamanan digital sudah paham, hal seperti ini tidak perlu terjadi.

    Sekarang percuma komplain ke Shopee OJK polisi dll, yang ada malah menguras tenaga dan waktu.
    Jadikan saja ini pelajaran sangat berharga. Dan mulai perbanyak belajar soal literasi keamanan digital.

    Kalau tidak siap dgn teror debt collector & masih punya rencana ke depannya utk pengajuan kredit ke lembaga pembiayaan manapun yg terdaftar di OJK, lebih baik dibayar sebelum jatuh tempo.

    • 15 April 2023 - (11:06 WIB)
      Permalink

      Kata pesulap merah..klo orang tertipu biasa malu mengaku..jadi alasan dihipnotis atau d gendam bilang ke orang2 biar tidak malu

  • 14 April 2023 - (02:39 WIB)
    Permalink

    Ini murni kesalahan situ , saran saya mending hapus akunnya buang kartunya . Kabur?. Tenang aja shopee gk akan bangkrut dan gk akan nagih ke rumah. Paling cuma nagih lewat kontak2 darurat yg pnh didaftarkan lewat Spinjamnya . Maaf cuma sekedar saran aja ?

    3
    1
    • 14 April 2023 - (08:05 WIB)
      Permalink

      Cari kontak kok lewat internet!!
      Ini murni kesalahan anda memberi informasi rahasia kepihak yg tidak bertanggung jawab… Kalau saya dulu juga pernah kena hacker tapi murni kesalahan pihak bank karena sistem pengamanan bank bisa dibobol.. Dan uang saya langsung dikembalikan.
      Intinya kalau kesalahan dari anda pihak aplikasi atau bank tidak mau bertanggung jawab, kalau kesalahan dari bank atau apk baru mereka mau bertanggung jawab

  • 14 April 2023 - (03:53 WIB)
    Permalink

    Duh kak ini murni kesalahan pribadi. Mau dicari ke bantuan hukum pun bakalan susah karena anda sendiri yang memberikan “kunci” kepada pihak penipu. Kenapa tidak cari CS dengan akun centang biru. Setelah tertipu baru cari CS yang benar. Di aplikasi flip sendiri kan sudah ada pusat bantuan dan nomor CS nya langsung.

    • 14 April 2023 - (09:37 WIB)
      Permalink

      Amin ya Allah, terimakasih untuk tidak menghujat dan menghakimi

      1
      1
      • 21 April 2023 - (11:57 WIB)
        Permalink

        lebih baik tinggalkan aplikasi yg ada paylater nya, karena akan ada percobaan hack dan tipuan, sudah bnyk yg kena dan akhir nya bayarin cicilan si penipu tesebut baru tutup akun, makanya dari sekarang tinggalkan yg namanya aplikasi, mulailah beli dengan toko offline akan jauh lebih aman dan terpercaya

  • 14 April 2023 - (12:02 WIB)
    Permalink

    Padahal semua keluhan dan bantuan,,sudah ada di aplikasi flip,dari no call center sampai sosmed..dasar Ts ya aja gak sabaran dan kurang pengalaman..cari jalan pintas di anggap pantas..

  • 14 April 2023 - (18:39 WIB)
    Permalink

    Refung dari flip mmg memakan waktu yang agak lama, tapi nanti bakalan beres juga, krn mereka butuh waktu untuk ini dan itu. Si Mbaknya pingin cepet (maklum, wanita mmg sering tergesa2, krn saya juga pernah mengalaminya, gak sabar nunggu refund— ) Semoga qt semua terhindar dari Scammer

 Apa Komentar Anda mengenai pengalaman ini?

Ada 72 komentar sampai saat ini..

Penipuan Mengatasnamakan CS Flip, Mencairkan Dana SPinjam ke Rekening …

oleh Amanda Marisca dibaca dalam: 1 menit
72