Kecewa dengan Provider XL Axiata

Saya pelanggan setia XL Axiata, dan mungkin sudah ratusan ribu rupiah saya habiskan untuk membeli kuota maupun Paket Nelpon XL. Namun akhir-akhir ini saya merasa kecewa dan dibohongi.

Awalnya saya membeli paket kuota Xtra Kombo mini seharga Rp18.900, dengan kuota yang saya dapat sebesar 8 Gb masa aktif 7 hari. Rinciannya sebagai berikut: Kuota Utama 2 GB, Kuota Lokal 4 GB dan Youtube 2 GB. Namun setelah saya beli, saya hanya mendapatkan 2 GB Kuota Utama dan 2 GB Kuota Youtube. Padahal dalam rincian saya dapat kuota lokal juga sebesar 4 GB, tapi nyatanya tidak.

Saya sudah coba hubungi CS, yang pertama mereka bilangnya di zona saya memang tidak dapat kuota lokal. CS yang kedua mau membantu dengan mengajukan keluhan, tapi setelah saya tunggu hasilnya sama. Saya merasa dibohongi, walaupun uang yang saya keluarkan tidak seberapa, tapi ini bukan kali pertama bagi saya.

Pandu Subagja
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan XL Axiata untuk Keluhan Bapak Pandu Subagja

Jakarta, 22 April 2023 Ref.CM/CU/E/004/0419/WR Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com Dengan Hormat, Berikut tanggapan kami atas keluhan Bapak Pandu Subagja melalui...
Baca Selengkapnya

40 komentar untuk “Kecewa dengan Provider XL Axiata

    • 16 April 2023 - (22:44 WIB)
      Permalink

      Saya juga pelanggan Axis yg jalurnya juga di XL axiata, saya sering ngalamin kaya gitu, tapi saya malas untuk, mengeluh, saya ikuti dgn kebijakan, habis pikir saya pribadi mau gimana lagi

  • 16 April 2023 - (05:40 WIB)
    Permalink

    Pak, namanya juga kuota lokal, itu udh ada zona masing², baca S&K kalo zona lokal, lihat disitu bapak di zona mana, sama berapa kuota lokal yg didapatkan

    4
    1
    • 16 April 2023 - (13:51 WIB)
      Permalink

      XL …mahal…dan kuotanya sedikit..dibagi2…menjadi lebih kecil kuota utamanya.
      Kadang2…sinyalnya mati mendadak.
      Walaupun tidak sering tapi mengganggu.

      • 17 April 2023 - (21:47 WIB)
        Permalink

        Saya di bogor saya dapat ko kuota lokal selama saya beli kuota, saya selalu bisa gunakan kuota lokal saya berfungsi. mungkin emang daerah tertentu ga dapet x yah entah lah.tp Kenapa harus ada kuota lokal segala yah jd daerah tertentu doank yg bisa pakai kuota nya.

    • 17 April 2023 - (10:58 WIB)
      Permalink

      Saya di zona 1 dan tertera di situ dapat 4 BG kuota lokal, namun kenyataan nya tidak 1 GB pun saya dapat kan untuk kuota lokal.. Padahal sudah jelas tertera di situ.. Dalam rincian

        • 6 Mei 2023 - (19:24 WIB)
          Permalink

          Saya sebelumnya pengguna setia Telkomsel, trus pengen coba2 pakai XL. Saya lihat ads di YT kartu perdana paketan XL Flex atau apalah itu namanya, saya lihat dulu takutnya web odong2, tapi emang betul webstore xl. Trus saya beli lah paket paling populer yg harganya Rp 60rb + ongkir 9rb, total Rp 69rb per tanggal 27 April 2023.
          Tapi sampai sekarang sudah lebih kurang 10 hari per 06 Mei 2023 paketan tsb belum juga dikirim. Coba komplain ke sana-sini tapi hasilnya NIHIL.
          Di webnya pun tidak ada menu chat/cancel/tracing/dsb. Memang sangat payah XL.

          Untuk yg membaca komentar saya ini, pikir2 lagi kalau mau beli di webstore XL. Mau dibilang scam, ya masa iya perusahaan segede XL melakukan scamming.

          Skarang saya cuma mencoba merelakan uang saya yg hilang tsb, semoga teman2 yg lain jangan ada yg senasib dengan saya.

          Makasih

  • 16 April 2023 - (07:17 WIB)
    Permalink

    Seharusnya XL hapus program kuota lokal.. Itu hanya menjadi boomerang buat XL.. Karena banyak sekali keluhan mengenai ini.. Atau setidaknya systemnya di perbaiki, jika memang daerahnha gak dapet kuota Lokal, kuotanya jangan di janjikan akan didapatkan seperti yg tercantum di halaman konfirmasi, karena itu menjadi janji dagang xl dan harus berkomitment..

    10
    1
  • 16 April 2023 - (07:26 WIB)
    Permalink

    Xl sudah biasa memang seperti itu, kyak sudah menjadi bug tersediri dari xl, dan cs kyak memang gak mampu untuk menyelesaikan masalahnya

  • 16 April 2023 - (08:47 WIB)
    Permalink

    Yang punya xl kaum idealis kayanya, kurang fleksibilitas dalam program untuk konsumen, mahal².
    Untuk kasus ini, mendingan ganti kartu pakai indosat

    1
    2
  • 16 April 2023 - (08:48 WIB)
    Permalink

    Saya lebih ngenes beli paket akrab S, baru 1 hari tiba2 hilang. XL berdalih saya memberhentikan paket tersebut, padahal saya waktu itu lagi dengan teman tiba2 gagal kirim pas saya cek ternyata kuota menghilang. Saya complain katanya di suruh menunggu 3 hari perihal pengembalian kuota. Tapi sampai sekarang yg sudah sekitar 1 bulan paket tak kunjung di kembalikan.

    • 17 April 2023 - (08:37 WIB)
      Permalink

      Ini harus dituntut pak, soalnya xl ga bisa dibatalkan sendiri oleh konsumen, cuma bisa ditunggu sampe masa aktif paket habis, ini udah kecurangan

  • 16 April 2023 - (09:11 WIB)
    Permalink

    Sudah tidak aneh pak kalau XL. Saya juga pelanggan XL, dan bulan kemarin beli paket Combo Plus VIP XL tertera 90GB Rp.130.000 eh pas kuota masuk hanya dapat 60GB. Tlp CS jawabanya “untuk kuota lokal beda2 dptnya. Dibuatkan keluhan juga zonk. Akhirnya pindah telkomsel aja, kuota yg didapat sesuai dgn yg tertera.

  • 16 April 2023 - (09:45 WIB)
    Permalink

    Saya lebih parah lagi, sejak tgl 15 Meret 2023 sya belum bisa pake paket ultima yang saya beli (750,000, 3bulam free 2bulan ) udah 1 bulan blm bisa digunakan juga, parah, mungkin ada saran kawan2 sya harus bagaimana…

    4
    1
    • 16 April 2023 - (10:34 WIB)
      Permalink

      Sepertinya akan susah bro, melihat dari banyak nya keluhan yang di sampai kan kepada CS XL pun sia sia, saya saja sudah berulang kali namun dengan tanggapan yang seperti menyepelekan konsumen.. Ujung nya kita tetap tidak dapat klaim apapun, jalan satu satunya merelakan atau kalau belum bosan tetap hubungi CS XL

      • 24 April 2023 - (07:39 WIB)
        Permalink

        Paket XL sekarang sudah sangat murah bila dibanding provider lain. Tapi sayangnya kualitas koneksi sangat buruk di tempat saya. Saya pakai XL hanya untuk mencegah nomor lama saya tidak hangus. Nomor XL saya prabayar 10 digit keluaran tahun 2003.
        Hanya saya isi ulang terus karena bukan nomor utama.

  • 16 April 2023 - (10:34 WIB)
    Permalink

    Memang sistem bagi kuota ga di XL sama Telkomsel ga ada bagusnya. Saya baru beralih dari Telkomsel ke XL Prioritas karena jaringan lebih stabil di rumah dan kuotanya jelas, ga bagi2. Masih banyak prioritas lain selain mikirin paket data

  • 16 April 2023 - (12:28 WIB)
    Permalink

    Asli itu mah… XL memang banyak tipu daya… Saya sudah gak pake XL lagi. XL nya minta isi ulang trus. Bodo am at.

  • 16 April 2023 - (14:56 WIB)
    Permalink

    Saya lho kunsumen setia XL sejak jaman sekolah SMA tahun 2004 jaman Nokia 3315 masih hrg 3.5jt pakai kartu XL Bebas edisi Peterpan gak pernah dpt promo paket murah mungkin nomor saya legend hanya 10digit, kalau bukan faktor terdaftar mbanking di bank BUMN dan bank swasta untuk mbanking plus kolega tmn dikampung, sekolah, kuliah & kerja mungkin dah gak saya pake ini nomor Krn gak pernah dpt promo kalah menarik dg kartu2 nomor pelanggan baru… Nikmati aja system’ XL yg seperti ini…. Alhasil jd no tempat nabung pulsa tiap bulan diisi terus kalau sudah banyak pulsa nya dikirim ke no bini buat beli paket akrab biar merasakan Kouta gede juga saya mampus gak tau XL nya wlu no ane gak dpt paket promo menarik tp bisa diakali dg cara itu.

  • 16 April 2023 - (19:09 WIB)
    Permalink

    xl emang sampah. gw juga pernah kecewa sama xl, apalagi xl mengecualikan pembelian di google play dari fitur kontrol pulsa untuk sms berlangganan, padahal dulu xl kalau memblokir sms konten, memblokir pembelian di google play. gara2 xl mengecualikan pembelian di google play dari fitur kontrol pulsa untuk sms berlangganan, gw sampai disalahkan oleh netizen geblek, sok paham, sok bela xl, padahal mereka geblek, mereka bodoh, mereka gak tahu apa2. bisa baca surat pembaca gw di https://mediakonsumen.com/2022/09/06/surat-pembaca/fitur-kontrol-pulsa-xl-tidak-berfungsi-lagi

    • 17 April 2023 - (04:15 WIB)
      Permalink

      Sampah kok masih dipakai bro, ganti provider aja, dan kl cek dr postinganmu emang ente yg salah

      1
      11
      • 17 April 2023 - (05:31 WIB)
        Permalink

        cie2 buzzer xl. otak di mana otak. jauh sebelum ada fitur kontrol pulsa, sms konten itu sudah diblokir sama xl dari nomor gw. xl dulu kalau memblokir sms konten, memblokir pembelian di google play. pulsa di nomor gw udah dari dulu gak bisa terpotong oleh pembelian di google play, apalagi fitur kontrol pulsa untuk sms berlangganan, sms banking aktif dengan sendirinya.

      • 17 April 2023 - (05:32 WIB)
        Permalink

        si sumprit itu mungkin dulunya sering gak naik kelas. makannya otaknya bodoh banget. siapa yang salah, siapa yang disalahkan.

      • 17 April 2023 - (05:47 WIB)
        Permalink

        buset ada lg netizen geblek nyalahin konsumsen. xl yang salah, malah konsumen yang di salahkan. otak dimana otak. oh, iya, mungkin sering maling uang orang, terus yang di salahkan malah korban. sumprit.

        emang, yah netizen dikita banyak yg bodoh kebangetan, contohnya si sumprit.

  • 17 April 2023 - (00:18 WIB)
    Permalink

    Seperti nya Ladang basah di pembagian kuota zona, karena selalu tidak tepat kita di zona mana. Aneh nya di pajang kuota gede tapi gak kepake.
    Disarankan jangan tergoda iklan, internet All In aja, karena iklan murah itu Nipu

  • 17 April 2023 - (00:31 WIB)
    Permalink

    Semoga para owner xl minimal manager area membaca keluhan para pengguna xl.. Melalui media konsumen saya sedikit menambahkan xl jaringan nya parah sekali tolong perluas jaringan nya khususnya ciampea bogor, mampir pak/bu kerumah saya silahkan tes sendiri sinyal ditempat saya.

  • 17 April 2023 - (09:06 WIB)
    Permalink

    Xl sekrang sudah bnyak gangguan…pagi siang malam..apa lagi pas main game ping nya naik turun…
    Tahun kemarin klau download xtra cepat skrang lemot

  • 17 April 2023 - (09:12 WIB)
    Permalink

    Saya lebih perih, langganan roaming internasional yg super mahal, 425K 7 hari cuma dapet kuota 3GB.

    Saya kerja di beberapa negara di LN, awalnya kejepit ga punya kuota inet, lalu langganan XL Pass 7 hari, dan kuota XL Combo VIP bisa terpakai, setelah 7 hari saya memperbaharui paket roaming menjadi 30hari seharga 825k dengan kuota XL Pass 3.5Gb saja, dan di perparah kuota combo VIP sudah tidak bisa di pakai, alhasil penggunaan inet saya harus di manage se irit mungkin, saya sudah telp CS kenapa kuota VIP saya tidak bisa di pakai pdhal sebelumnya bisa, saran mereka untuk beli paket lain.

    jika di lihat dari menunya sama aja dengan apa yg sebelumnya saya pakai, intinya XL CS tidak pernah memberikan solusi kepada costumer, alhasil saya ganti pakai kartu Lokal Chunghwa, singtel Digi, Vitell atau sejenisnya, lebih murah dan kuota melimpah.

    Mau di buang XLnya sayang karena sudah 15tahun pakai kartu tersebut dan relasi sudah banyak menyimpan di nomor tersebut.

  • 17 April 2023 - (09:39 WIB)
    Permalink

    Padahal sudah jelas captionnya sebelum membeli. kuota lokal hanya berlaku di kota Majalengka. sedangkan penulis ada di Bandung.

    • 17 April 2023 - (11:04 WIB)
      Permalink

      Saya berada di kabupaten majalengka, untuk alamat penulisan itu sudah otomatis dari web media konsumen nya

      • 17 April 2023 - (11:17 WIB)
        Permalink

        oh begitu, maaf sudah miskom.
        berarti kesalahan ada pada XL yg tidak memberikan kuota lokal sesuai tempat dimana pengaktifan

      • 21 April 2023 - (04:14 WIB)
        Permalink

        Semua operator seluler sama aja ada kuota lokalnya tujuan lokal supaya cross selling tidak terlalu tinggi di suatu daerah dan komplen kuota lokal percuma gk akan di tanggapi dari provider seluller

  • 20 April 2023 - (10:16 WIB)
    Permalink

    Lebih enak liveon, sama2 di jaringan XL tapi kuota full 24 jam dan gak ada pembagian.

 Apa Komentar Anda mengenai XL Axiata?

Ada 40 komentar sampai saat ini..

Kecewa dengan Provider XL Axiata

oleh Pandu dibaca dalam: 1 menit
40