Tim Internal Lazada dengan Seenaknya Mengunci Produk Terlaris Milik Seller dan Menolak Banding

Saya salah satu seller di Lazada, ID toko saya: ID67YLSSAH. Saya sangat kecewa dan gak terima atas perlakuan Lazada terhadap toko saya, yang dengan seenaknya mengunci salah 1 produk yang saya jual. Memang produk itu sebelumnya pernah dikenakan penalti pelanggaran, karna ada perbedaan harga variasi. Namun yang membuat saya tidak bisa terima, produk variasi yang melanggar itu sudah saya hapus sejak sebelum dikenakan pelanggaran yang terakhir ini, dan hanya tinggal produk utamanya saja. Kenapa justru setelah saya hapus variasi yang melanggar akun saya dikunci sampai sekarang?

Saya sudah mengajukan banding, tapi malah ditolak. Padahal di situ jelas-jelas ada keterangan katanya produk saya melanggar karena ada perbedaan harga di variasi dan disarankan untuk menghapus produk yang tidak relevan. Produk yang tidak relevan itu tadi sudah saya hapus sebelumnya. Saya sudah mengikuti sesuai yang diperintahkan oleh Lazada, tapi setelah itu bukanya produk saya aman dari pelanggaran. Justru malah produk saya dikunci sampa sekarang dan sudah gak bisa banding lagi, karena sudah ditolak

Produk saya yang dikunci sudah banyak terjual dan sudah ada ulasannya. Saya gak bisa terima, karena mau komplain bagaimana pun tetap saja gak digubris. CS Lazada pun dengan entengnya meminta saya untuk upload ulang produk baru lagi. Memangnya gampang cari pembeli produk yang masih baru, belum ada pembeli dan masih belum ada ulasan?

Di sini saya bisa menyimpulkan percuma saja mematuhi seperti yang disarankan, tapi kenyataannya tetap tidak berpengaruh, tetap kena pelanggaran dan justru malah dikunci. Produk tersebut adalah produk terlaris saya. Kenapa selalu produk terlaris yang jadi sasaran? Percuma juga jualan laris di Lazada kalau ujungnya nanti bakal dijatuhkan dengan alasan yang gak jelas.

Kalau memang dari awal produknya melanggar, harusnya sebelum diizinkan untuk diposting, ditinjau dulu seperti marketplace Shopee dan TikTok itu. Jadi bisa diketahui dari awal, sejak produknya belum ada pembeli kalau itu produknya melanggar. Jangan produk sudah banyak terjual dengan banyak ulasannya, jadi top 1 produk terlaris, terus tahu-tahu dijatuhkan dikenai pelanggaran terus dikunci. Kalau seperti itu mah namanya Lazada dengan sengaja mau mematikan rezeki seller.

Dengan surat pembaca ini, saya harap Lazada bisa meninjau produk saya kembali dan membuka kuncinya lagi dan mengaktifkannya kembali. Karena memang produk saya yang itu sudah tidak ada variasi yang melanggar. Sekali lagi saya minta untuk dicek ulang dan besar harapan saya untuk diaktifkan lagi produknya.

Wiji Lestari
Bantul, DIY


Update (25 April 2023): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tanggapan dari pihak Lazada sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Perihal Tim Internal Lazada dengan Seenaknya Mengunci Produk Terlaris Milik Seller dan Menolak Banding

Redaksi yang terhormat, Menanggapi surat pembaca di Media Konsumen pada tanggal 22 April 2023 berjudul “Tim Internal Lazada dengan Seenaknya...
Baca Selengkapnya

16 komentar untuk “Tim Internal Lazada dengan Seenaknya Mengunci Produk Terlaris Milik Seller dan Menolak Banding

    • 22 April 2023 - (20:26 WIB)
      Permalink

      Sepertinya itu report dari pesaing , coba cek produk yang sama yang dijual seller lain apa masih nampak di lazada buyer atau sama dengan produk anda terkunci ( tidak terlihat di aplikasi lazada buyer ) kasusnya sama dengan toko saya massorise ( produk saya hapus setelah dipikir2 rejeki Tuhan yang kasih bukan karena iklan (iklan hanya jalan mengenalkan produk pada konsumen ) , kalau memang report dr seller lain, sabar aja toh keadilan berlaku saat hidup dan yang pasti saat diakhirat.

      2
      3
  • 22 April 2023 - (21:11 WIB)
    Permalink

    Makin berulah itu lazada
    – Banned Akun
    – Kunci Produk sisa 10
    – Orderan dibatasi
    – Disuruh ubah ke kategori aneh
    – Produk nonaktif karena rating
    Mulai pelan” tinggalin marketplace ini, mending fokus toko di marketplace lain aja

    • 22 April 2023 - (21:32 WIB)
      Permalink

      Lazada isinya orang orang tolllol…dia sendiri yg izinkan produk dijual , eh dia sendiri yg belakangan bilang produk itu langga aturan..umumnya disebut langgar kategori produk ..IT lazada sangat tollol kayaknya alay alay baru lulus yg mau dibayar murah . Bussines development lazada juga sabgat tollol, dia pikir dgn kunci produk yg laris maka cuma penjual yg akan rugi, padahal dia sendiri juga bakal rugi..jelas2 lazada cari makan dgn ambil untung dari tiap produk yg terjual, eh produk yg terjual itu malah dia banned .ya sama aja dia banned rejeki dia sendiri . Dasar tollol lazada itu

      12
      15
    • 23 April 2023 - (06:47 WIB)
      Permalink

      Fokus saja ke shopee atau tokped atau tiktok, kalau rezeki ngk akan kemana, dari pada anda stress urus satu barang.

      4
      1
      • 23 April 2023 - (08:19 WIB)
        Permalink

        Penginnya sih begitu, tpi masalahnya di Shopee dan tokped toko sy gak ada pembeli. Sebulan sekali aja blm tentu ada orderan. Pdhl sy udh lebih dulu buka toko di Shopee udh mau 2 tahun. Cuma di lazada yg paling banyak orderan dan bisa buat biaya hidup

        • 24 April 2023 - (02:33 WIB)
          Permalink

          Terus gmna kabar gelas keramik anda? Kata penjual packing sdh aman (itu kata penjual) walaupun cm buble brpa lapis, dan itu yg buat anda ngotot nyalahin ekspedisi.
          Di ganti sama gentong keramik ya sama ekdspedisinya? ???

  • 22 April 2023 - (21:47 WIB)
    Permalink

    Sy pribadi udah lama gak fokus urus lazada Krn kebanyakan peraturan aneh. Sy mending urus shopee n Tokopedia , jauh lebih mudah jualannya..coba aja cek, yg paling rumit aplikasi apa? Pasti lazada. Yg kebanyakan peraturan aneh yg mana? Pasti lazada juga. Di shopee, kalo kita salah produk , produk kita pun akan dikunci. Tapi dgn mudah kita bisa ubah kategori dari ponsel setelah bertanya kepada cs live kategori apa yg cocok, bahkan sbnarnya ada notif soal kategori yg cocok ini tanpa perlu lagi hubungi cs. Kalo lazada main banned produk, setelah kategori dibetulkan pun butuh berminggu Minggu sblum tuh produk kembali normal , bahkan tetap aja kita disuruh banding. Dan tahu gak,? Bandingnya pasti ditolak meski kategori produk udah kitavubah sesuai maunya mreka. Krn yg periksa Bandung kita itu robot, bukan manusia asli..tollol bner lazada . Padahal mreka cari makan dgn ambil keuntungan dari biaya layanan tiap produk yg laku terjual, eh malah dgn mudahnya produk tersebut dia kunci . Sama aja dia kunci rejekinya sendiri. ****** lu lazada

    5
    4
  • 23 April 2023 - (07:27 WIB)
    Permalink

    Apakah produk ts yang dipinalti adalah semacam produk produk clickbait

    misal; baju terlihat harga 5rb rupiah setelah di click ternyata yang harga 5rb adalah ‘varian’ masker ? sedangkan produk baju harganya diatas 50rb ??

    • 25 April 2023 - (17:29 WIB)
      Permalink

      @Lionel
      Payah kl nemu seller spt itu. Sy juga sering kecele. Beli gerinda tangan harga 75rb pas di klik varian eh ada baut 100pcs hrg 75rb..gerinda tangan nya 450rb ??.
      Masuknya ke clickbait sih.

 Apa Komentar Anda mengenai Jualan online di Lazada?

Ada 16 komentar sampai saat ini..

Tim Internal Lazada dengan Seenaknya Mengunci Produk Terlaris Milik Se…

oleh Wiji dibaca dalam: 2 menit
16