Shopee, Kok ‘Ngambil’ 110 Ribu dari Klaim Pergantian SiCepat?

Terima kasih saya ucapkan untuk Media Konsumen yang telah menerbitkan surat pembaca ini.

Singkat saja, pada tanggal 12 April 2023 pagi, ada pesanan masuk dengan nomor pesanan 230412V1TP96KV sebesar 200ribu, dan dikirim pada sore harinya dengan ekspedisi SiCepat (resi = 004199537825). Lalu pada tanggal 15 April, pembeli buka komplain karena barang belum diterima tapi status menyatakan sudah ‘terkirim’

Langsung saya hubungi SiCepat via WA saat itu juga dan dibukakan tiket #1208274. Admin Shopee juga baru balas 2 hari setelah komplain dibuka pada tanggal 17 dengan jawaban robot untuk menunggu 5 hari kerja

Tanggal 21 April, admin Shopee menyatakan ‘untuk klaim’ karena tidak ada konfirmasi dari pihak pengirim dan untuk penjual disuruh menunggu 1-5 hari kerja untuk dana ‘pergantian klaim’.

Dan pada tanggal 23 April saya mendapat chat dari pihak SiCepat menyatakan barang hilang, dan dana akan dikembalikan ‘sesuai invoice‘ ke PIHAK MARKETPLACE, yaitu Shopee

Sampai tanggal 27 April, saya bingung ada dana ’90 ribu’ masuk ke saldo penjual.

Setelah saya cek nomor transaksi, ternyata dana tersebut adalah dana klaim yang dilepas Shopee ke penjual karena barang hilang. Saat itu saya bingung kok cuma diganti 90 ribu, padahal pihak SiCepat sesuai chat WA akan ganti full sesuai invoice. Langsung saya telepon pihak SiCepat benar memang adanya klaim pergantian dana, tapi dikembalikan ke pihak Shopee.

Pertanyaannya untuk Shopee adalah, ke mana uang sebesar 110ribu yang merupakan hak saya? Berapa banyak dana-dana klaim yang diganti pihak ekspedisi ke marketplace Shopee tapi tidak dikembalikan full ke penjual?

Christian
Kota Bekasi, Jawa Barat


Update (4 Mei 2023): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tanggapan dari pihak Shopee dan SiCepat sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan SiCepat Ekspres atas Surat Bapak Christian

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Bapak Christian dengan judul “Shopee, Kok ‘Ngambil’ 110 Ribu dari Klaim Pergantian SiCepat?” pada tanggal...
Baca Selengkapnya

20 komentar untuk “Shopee, Kok ‘Ngambil’ 110 Ribu dari Klaim Pergantian SiCepat?

  • 30 April 2023 - (18:44 WIB)
    Permalink

    1. Pentingnya fitur GARANSI dicentang.
    2. Bukannya bela shopee, tpi kemungkinan pihak shopee sudah menjalin kerja sama/ kontrak, makanya pihak shopee itu jika kehilangan dia dapet garansi full, sedang seller/buyer yg tidak centang garansi nominal berbeda

    1
    9
    • 30 April 2023 - (19:31 WIB)
      Permalink

      Memang kalo di shopee asuransi harus di aktifkan oleh seller dan premi di tanggung oleh seller, beda sama toped yang ada pilihan ke buyer untuk memilih, mau pake asuransi atau tidak, dan premi di tanggung oleh buyer. Di shopee kalo untuk jualan produk di atas 90 rb, memang berisiko, apabila paket hilang dan tidak di asuransikan, tapi tidak semua produk yang di jual di shopee bisa di asuransikan, misalnya kartu elektronik (kartu emoney) atau benda antik dll, jadi perlu hati-hati bagi seller yang menjual produk yang tidak bisa di asuransikan, karena ketentuan dari shopee.

    • 30 April 2023 - (20:06 WIB)
      Permalink

      Jika fitur ‘centang asuransi’ semudah tokopedia pasti uda saya aktifin. Dan ini ketentuan fitur asuransi dari shopee

      • Untuk saat ini, program asuransi pengiriman Shopee hanya tersedia untuk Penjual terpilih dan berlaku untuk pengiriman yang menggunakan jasa kirim yang didukung Shopee.
      • Untuk Penjual yang belum terpilih dapat mendaftarkan diri untuk mengikuti program dengan mengisi formulir Program Asuransi.

      ‘hanya penjual terpilih’ atau ‘ngisi formulir’.

      Seharusnya dibuat mudah, tapi dibuat susah sama si shopee.

      3
      2
      • 30 April 2023 - (23:26 WIB)
        Permalink

        @jamzsampe sekarang saya masih bingung, kenapa fitur asuransi shopee sistemnya gacha, kan yang bayar asuransi pembeli, tinggal taro aja kayak tokopedia apa susahnya sih, emang niat maling kali nih marketplace

        • 1 Mei 2023 - (01:31 WIB)
          Permalink

          Memang ini ecommerce suka ngasi ‘kejutan’ mendadak. Gratis ongkir xtra gk daftar bisa muncul sendiri dengan ekspedisi yang gk kita ‘centang’ tapi gk bisa kita nonaktifin, terus kena potongan juga. Sedangkan yang penting sekelas suransi mau mudah tinggal centang-centang tapi dibuat ribet. Ajaib memang…

    • 30 April 2023 - (23:24 WIB)
      Permalink

      Fitur asu ransi di shopee sistemnya gacha, ga semua seller dapet ? mau bikin fitur gampang aja dibikin susah, yang bayar asuransi pembeli kok dipilih pilih seller yang bisa asuransi ?

  • 30 April 2023 - (20:34 WIB)
    Permalink

    Disini saya justru gak yakin kalau SiCepat ganti full, kamu percaya atas dasar apa? Chat tersebut? Sedangkan kamu gak lihat sendiri atau punya bukti bahwa pihak SiCepat sudah transfer ganti rugi senilai harga barang.
    Kenapa saya gak yakin?

    Nih di website SiCepat syarat dan ketentuannya: https://www.sicepat.com/termCond

    Poin nomor 8 tertulis : Pengirim bertanggungjawab untuk melindungi kiriman dengan asuransi yang memadai dan menanggung biaya premi yang berlaku, ganti rugi untuk barang yang di asuransikan adalah sesuai dengan ketentuan asuransi yang berlaku di SICEPAT. Apabila pengirim tidak menggunakan asuransi, maka pembayaran biaya penggantian atas barang kiriman yang hilang atau rusak adalah maksimal 10 kali biaya pengiriman atau harga barang diambil nilai paling rendah maksimal Rp. 1.000.000,-­ ( Satu Juta Rupiah). Khusus untuk kiriman dokumen, nilai penggantian maksimal adalah Rp.50.000,­- (Lima Puluh Ribu Rupiah)

    Sekarang gimana mungkin kalau mereka ganti rugi full sedangkan mereka punya aturan yang tertulis di websitenya sendiri bahwa mereka cuma ganti 10x ongkir untuk pesanan yang tidak pakai asuransi? Kalau hanya chat, itu nggak valid. Kecuali kamu udah di kasih tau bukti transfer ganti rugi ke pihak Shopee dari SiCepat bahwa mereka transfer senilai harga barang. Mau kamu debatin ke pihak Shopee pun kamu bisa menang.

    1
    2
    • 1 Mei 2023 - (01:42 WIB)
      Permalink

      Ya mana kutahu, dapat chat balasan itu kan setelah dikomplain dan dibuat nomor pengaduan. Pembeli ada bukti cctv, saya juga ada bukti cctv pengiriman. Buyer Seller punya bukti sangat kuat, status sudah delivered tapi ternyata belum. Mungkin karena tidak bisa ‘mengelak’ ya diganti senilai invoice, dan ditelepon juga sudah dikonfirmasi pergantian sesuai invoice karena paket hilang.

      Dan permasalah bukan diekspedisi, tapi dishopee. Sicepat sudah bertanggung jawab, si shopee nilep. Walaupun seperti biasa sehabis muncul dimedia konsumen langsung nelpon, tetap menyalahkan seller tidak mengaktifkan asuransi yang adanya di entah berantah pengaktifannya.

      • 1 Mei 2023 - (06:06 WIB)
        Permalink

        Kamu bisa percaya SiCepat ganti sesuai harga barang dasarnya darimana? Kalau hanya chat ya gak bisa dibilang valid.
        Karena di website mereka tetap tercantum penggantian cuma 10x ongkir untuk paket yang gak diasuransikan, sama halnya dengan Shopee.
        Jangan lantas percaya dengan SiCepat, karena kamu aja gak dapet buktinya dari mereka kalau udah ganti sesuai harga barang.
        Dari pengalaman saya jualan dengan SiCepat gak pernah ekspedisi ini ganti sesuai harga barang kalau gak saya asuransikan. Karena saya pernah jualan diluar marketplace dan hilang sama mereka, tetap di transfernya ke rekening saya 10x ongkir. Malah klaim asuransinya lebih ribet daripada lewat marketplace. Banyak syarat ini itunya.

      • 2 Mei 2023 - (11:21 WIB)
        Permalink

        Sudah FIX 110 ribu ‘dicomot’ shopee, saya sudah dhubungi nomor telepon 3005050 konfirmasinya (biar si bos note nyari sendiri itu nomor telepon siapa),dan juga chat WA yang begini isi nya saya copy paste

        “setelah kami cek kembali dan eskalasi ketim terkait kami kendala paket dan proses pergantiannya akan kami proses pergantian claim full Harga paket yang tertera disistem Rp.200.000 ya kak”

        “Dimana claim disetujui dan PEMBAYARAN CLAIM AKAN DILANJUTKAN proses pergantian MELALUI marketplace shopee indonesia”

        Tanggapan dan sanggahan bos note?

        Sudah dibilang permasalahan bukan sicepat, tapi si shopee yang nyolong dana claim

    • 2 Mei 2023 - (07:28 WIB)
      Permalink

      Disini bukan ajang debat pak boss note. Di sini TS menulis berita untuk solusi dan kejelasan atas permasalahan nya yang di Alami. Menurut saya wajarlah TS komplain ke Marketplace Terkait karna permasalahan nya pihak Terkait jadi jembatan transaksi. Disini kita jangan berasumsi dan adu argumentasi. Kita lihat update nya dan menuntut dari pihak2 Terkait agar memberikan Penjelasan dan Solusi atas masalah yang terjadi. ?

  • 1 Mei 2023 - (16:57 WIB)
    Permalink

    Gw mah anti jualan di shopee gk masuk akal gk ada asuransi dan gak aman.. karena sebelum gw jualan adminya gw tanya2.. asuransi adanya dr pihak pengiriman berarti gak jelas shopee, lebih aman di tokped sih

  • 1 Mei 2023 - (18:53 WIB)
    Permalink

    Dari dulu shope dah banyak masalah masih ada aja yg mau jualan. Shope itu dah banyak bakar uang buat promo. Di media shope dah banyak rugi bakar uang. Buat kasih bonus driver. Buat promo .nekat bayar artis2 mahal.
    Gimana caranya cari sela2 buat nutupin kerugiannya.
    W setiap hari baca berita jadi paham apa yang terjadi pada mereka.
    Buat yang masih jualan ambil keputusan dari sekarang biar jangan koar2 di media ini. W bingung sama manusia manusia disini dah banyak complain hampir baca media ga ada habis habisnya shope berulah.masih aja pada jualan. Apa karena harganya murah2 dishope.

    Mang benar shope murah2. W dah bertahun2 belanja dishope murah2 hampir tiap hari.
    W bandingkan semua aplikasi lain w buka produk yg sama .

    Tapi ternyata ada yang lebih murah di lazada harganya benar2 murah dibawah pasaran seperti kipas angin berdiri merek china dipasar 200rb. Di lazada harga 98rb.lumayan hemat 100rb. Mereknya sama . ongkir juga gratis kok di lazada diatas 40rb

  • 2 Mei 2023 - (14:58 WIB)
    Permalink

    Saya pun pernah mengalami hal serupa. Mengirim paket ke pembeli dengan no pesanan 2206295UVD6XWG di tanggal 29 juni 2022. Dengan no resi 004049506620.
    Mengirimkan bukti cctv. Pihak sicepat katanya sudah membayar ke shopee. Tapi sampai detik ini sdh thn 2023. Saya belum menerima penggantian sepeser pun. Dengan nominal kerugian Rp. 570.000

    Tapi ya sudahlah. Capek nelponin. Chat balas email. Tidak ada hasilnya. Cukup ikhlasin aja. Dan sharing aja.

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir SiCepat di Shopee?

Ada 20 komentar sampai saat ini..

Shopee, Kok ‘Ngambil’ 110 Ribu dari Klaim Pergantian SiCep…

oleh JAMZ dibaca dalam: 1 menit
20