Call Center 188 Telkomsel Tidak Bisa Dipercaya

Assalamualaikum,

Saya pelanggan Telkomsel sudah lama. Pada tahun 2021, saya ditawari migrasi ke Kartu Halo dengan berlangganan Rp100 ribu, dapat benefit kuota internet 25 GB. Waktu itu saya tidak langsung bermigrasi. Setelah beberapa kali ada penawaran dari Telkomsel dan diyakinkan bahwa paket tidak akan berubah, akhirnya saya berani bermigrasi.

Bulan pertama saya dapat kuota internet 25 GB, dengan rincian 15 GB paket utama dan 10 GB paket benefit. Mulai itu saya sudah agak was-was. Akhirnya saya telepon ke 188 untuk menanyakan tentang paket saya, dan waktu itu call center masih meyakinkan saya bahwasanya itu hanya pembagiannya saja.

Setelah beberapa bulan, ada lagi telepon dari Telkomsel, menawarkan paket Rp150.000 dengan benefit kuota internet 30 GB. Dikarenakan paket saya sebelumnya akan berubah ke paket normal, dengan hanya mendapatkan kuota 15 GB untuk Rp100.000. Saya merasa keberatan, dikarenakan informasi sebelumnya paket saya tidak akan berubah.

Karena keberatan, saya pernah mengajukan untuk pindah ke prabayar lagi. Namun dari pihak call center meyakinkan saya untuk tetap memakai paket sebelumnya. Bilamana suatu saat paket saya kurang cocok dengan saya bisa bermigrasi, dengan kutipan percakapan dari Telkomsel yang saya rekam sebelumnya:

Setelah bantu pengecekan, bapak emang untuk terkait benefit-nya hanya bisa dinikmati selama 6 bulan. Kalau semisal memang di sini saran dari saya, bapak bisa digunakan dulu saja di paket di Halo nya. Nanti kalau semisal dirasa penggunaannya kurang cocok ya pak ya, nanti bisa dimigrasikan kembali jadi prabayar biasa, tapi ditunggu dulu 6 bulan pemakaiannya ya pak, di sini, nanti pemindahan migrasi dilakukan di Grapari

Dengan pernyataan itu saya menangkap bahwasanya saya bisa bermigrasi setelah 6 bulan pemakaian.

Setelah pemakaian lama mulai bulan Maret tahun 2023 tiba-tiba paket saya berubah yang hanya mendapatkan 15 GB. Lalu saya telepon ke call center untuk menanyakan hal tersebut ternyata untuk benefit paket saya sudah berakhir. Lalu saya mencoba untuk migrasi lagi ke prabayar dengan patokan yang sudah disampaikan customer service sebelumnya. Namun ternyata kembali migrasi hanya bisa dilakukan bulan kedua sampai keenam.

Lalu saya mendatangi Grapari di Trenggalek, sambil menunggu keputusan dari Telkomsel Jakarta yang sudah berlarut-larut lama, yang hingga sekarang belum ada kejelasan dari pihak Telkomsel. Setiap saya telepon hanya dibantu percepatan dan diprioritaskan, namun sudah hampir satu bulan lebih tidak ada kejelasan juga.

Di Grapari Trenggalek, saya sampaikan juga keluhan saya. Pihak Grapari Trenggalek mengatakan memang kartu saya sudah tidak bisa dimigrasi lagi karena melebihi batas yang ditentukan.

Setelah itu saya mendengarkan rekaman saya waktu percakapan dengan CS 188, yang sebagian kutipannya saya tulis di atas. Setelah itu customer service bilang bahwasanya benar migrasinya harus 6 bulan tepat tidak boleh lebih dan tidak boleh kurang. Seakan-akan memperjelas apa yang disampaikan CS 188 itu bulan baru bisa migrasi.

Saya sampaikan kalau penangkapan saya bahwasanya penangkapan saya, saya bisa migrasi setelah pemakaian 6 bulan. Setelah itu saya coba browsing syarat ketentuan migrasi dan ternyata di syarat ketentuan yang berlaku migrasi bisa dilakukan 2 sampai 6 bulan pemakaian dan itu saya tunjukkan ke Grapari Telkomsel dan CS tidak bisa menjawab lagi.

Berusaha mencari kepastian

Sampai sekarang pun tidak ada kepastian dari Telkomsel. Setiap hari saya selalu telepon juga tetap tidak ada kelanjutan dari Telkomsel dan kasus ini sudah hampir satu bulan lebih. Semoga kutipan ini dibaca oleh Telkomsel dan segera memberi kejelasan kepada saya soalnya sampai sekarang pun tidak ada dari Telkomsel yang menghubungi saya

Mohon maaf bila ada kata yang salah.

Ahmad Fathoni
Trenggalek, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Telkomsel atas Surat Bapak Ahmad Fathoni

Merujuk pada surat pembaca di Mediakonsumen.com pada tanggal 8 Mei 2023 oleh Bapak Ahmad Fathoni mengenai call center 188 Telkomsel...
Baca Selengkapnya

22 komentar untuk “Call Center 188 Telkomsel Tidak Bisa Dipercaya

  • 8 Mei 2023 - (12:07 WIB)
    Permalink

    Inilah penyebab saya ogah pindah ke kartu halo walaupun ditawarin segudang benefit.

    Mau balik lagi gak bisa padahal sebenernya ya itu hak konsumen.

    Toh dua duanya bayar, bahkan kalau prabayar kan bayar duluan baru pake.

    • 8 Mei 2023 - (12:59 WIB)
      Permalink

      Anda termasuk pelanggan yang sabar juga ya …. Padahal Telkomsel sudah wanprestasi pada janjinya…. Padahal anda termasuk pelanggan yg sangat loyal … Gak sepantasnya Telkomsel memperlakukan anda seperti ini

      • 8 Mei 2023 - (13:45 WIB)
        Permalink

        karena tidak bisa dipungkiri jangkauan telkomsel paling luas gan.
        kalau agan cuma main sekitaran jakarta ya tidak ada masalah, pakai kartu apapun
        tapi kalau mau sampai daerah2, kadang suka cuma telkomsel yang ada sinyal nya walaupun cuma 1-2 bar.

        2
        2
    • 9 Mei 2023 - (07:39 WIB)
      Permalink

      Betul juga kak, mending jangan kalau menurut saya, kalau waktu itu saya menyesuaikan dengan pemakaian perbulan saya, saya pikir dr pada ribet tiap bulan isi pulsa, ehh ternyata malah begini

      • 9 Mei 2023 - (09:16 WIB)
        Permalink

        kalau saran saya paling cari aja paket paling murah dari halo nya, terus beli kartu lain buat paket internetnya.

        nomor yang itu ya biar gak mati aja dibayar per bulan atau ya ganti nomor lain pelan2.

        saya dulu juga mau ganti pascabayar juga karena benefitnya, tapi dikasih tau duluan sama temen yang udah nyesel pindah ke halo, hahaha. makany batal pindah.

    • 9 Mei 2023 - (09:12 WIB)
      Permalink

      Hehe ada yg komplain juga soal CC 188… klo saya sejak komplain yg terakhir 2 bulan yg lalu saya sdh kapok pake tsel… sepertinya ada yg bilang klo telkomsel bagus utk di pelosok”…tp klo buat saya mending siapin kartu yg lain krn tidak disemua daerah tsel bagus jaringannya… dan klo balik ke ibukota saya sdh kapok pake paket” yg ditawarkan tsel…sekarang saya cuma isi pulsa aja biar gak mati kartunya

  • 8 Mei 2023 - (12:28 WIB)
    Permalink

    Semoga setelah dirilis via MK ini masalahnya terselesaikan dan balik lagi ke prabayar.
    Rugi pak kalau pakai halo kalau gak bener2 perlu.

    • 8 Mei 2023 - (14:08 WIB)
      Permalink

      sepertinya gak akan balik ke pra karena sekali migrasi ke pasca alias hali opsinya cuma ditutup bukan balik pra lagi

      • 8 Mei 2023 - (18:38 WIB)
        Permalink

        Memang begitu ketentuannya
        Saya prabayar jadi pasca bayar
        Dari satu tahun yg lalu
        Juga dari call center

        6 bulan pertama dapat 30GB

        lalu 15GB

        Keuntungannya
        Saya bayar setiap 50 hari sekali
        Untuk denom 100k

    • 9 Mei 2023 - (07:41 WIB)
      Permalink

      Kemarin saya dapat tlpn dari 188 trs kemarin malam GraPARI sudah di bantu ajukan tp hasilnya blm tau, kartu saya juga di matikan untuk sementara ya semoga kembali normal semua

  • 8 Mei 2023 - (13:09 WIB)
    Permalink

    Selamat anda kena prank telkomsel, jangan cepat percaya penawaran telkomsel harus teliti baik2 pak, bonus kuota saja kadang si tawarkan beratus2 GB ngak taunya untuk internet hanya beberapa GB lainnya untuk nonton atau lainnya.

  • 8 Mei 2023 - (16:50 WIB)
    Permalink

    Ini indosnesia wkwkwkland so call centre mostly problematic, which is untrusted n unreliable. Meanwhile in aussie theres no such crap telco provider like this one. Long story short, hijrah dari wakanda yes biar ngga problematik!

  • 8 Mei 2023 - (17:03 WIB)
    Permalink

    Sebenarnya ada masalah apa sih jika dari kartu halo diturunkan ke prabayar?Maksudnya kan dari prabayar naik ke kartu halo bisa,kenapa diturunkan tidak bisa?Kenapa harus matikan nomor jika mau diturunkan sedangkan waktu dinaikan tanpa matikan nomor bisa,anehhhh…Udah pajak kena pajak setiap bayar yg seharusnya beban penjual..

    • 8 Mei 2023 - (18:57 WIB)
      Permalink

      Bener. Mana harus ngambil paket bulanan minimal 80rb, padahal saya jarang pakai internet karena seringnya pakai wifi. Saya di apartemen yg sinyal telkomselnya ala kadarnya. Tiap bulan kuota pasti sisa minimal 5GB. Belum lagi kuota sms & telpon yg jarang banget dipakai. Mau ditutup tapi nomor sudah dipakai dari 2002.

  • 8 Mei 2023 - (19:45 WIB)
    Permalink

    Saya sebagai pelanggan Loyal Telkomsel Sangat kecewa Dengan Masa aktif Kartu, Dimana Masa aktif skrg tidak terakumulasi. Mau sebanyak apapun saya beli Paket Data Hanya nambah 1 bulan dari hari beli. Kl dulu enak, mentok 1 tahun KL skrg mau nambah harus beli paket Perpanjang. Apalagi semenjak Wifi Id terdekat dimatikan, tetangga memusuhi saya, padahal yg mematikan org Telkomnya sendiri yg ketika ditanya “maaf, gak tau” Saya jor²an beli paketan operator lain yg harganya friendly demi bisa download & upload file² besar. Sudah rugi byk saya gara² Telkom and the gang

  • 9 Mei 2023 - (19:08 WIB)
    Permalink

    Telkomsel memang keterlaluan. Pindah dari prabayar ke pascabayar teramat sangat gampang. Tinggal bilang ‘iya’ saat ditelepon oleh 188. Bagaimana dengan proses sebaliknya? Tidak bisa! Satu-satunya cara hanya buang nomor itu. Padahal sayang dibuang, sudah dipakai 20 tahun dan sudah diketahui oleh semua kenalan.

    Sebenarnya secara IT sangat mudah untuk pindah balik. Ini sengaja dibikin sulit/tak bisa oleh pihak Telkomsel.

  • 10 Mei 2023 - (18:12 WIB)
    Permalink

    Tiada pilihan lain, krn telkomsel only one makax monopoli seenaknya mrk menentukan S&K.

  • 12 Mei 2023 - (18:38 WIB)
    Permalink

    Alhamdulillah setelah 1 bulan lebih lempar sana lempar sini, per tanggal 11 kemarin nomer saya sudah kembali ke prabayar, terima kasih media konsumen ,terimakasih kakak” yg disini yang telah membantu mengUP, terimakasih Telkomsel telah menyetujui pengajuan saya, semoga kedepannya bisa lebih baik lagi

 Apa Komentar Anda mengenai Telkomsel?

Ada 22 komentar sampai saat ini..

Call Center 188 Telkomsel Tidak Bisa Dipercaya

oleh Fat1927 dibaca dalam: 2 menit
22