Akun Penjualan Shopee Saya Tiba-tiba Telah Di-hack

Akun Shopee saya dengan username: novoseller, sebagai penjual (seller). Pada tanggal 13 Mei 2023 saya mendapatkan notifikasi perubahan nomor handphone oleh orang yang tidak bertanggungjawab. Saat saya cek langsung ke email, terdapat perubahan email dari yang sebelumnya menjadi email terbaru. Beberapa saat kemudian, akun Shopee saya juga tiba-tiba logout sendiri, dan ketika saya mau login lagi, password sudah terganti.

Padahal saya sama sekali tidak pernah ditelepon oleh oknum yang mengaku dari pihak Shopee, tidak pernah mengeklik link yang macam-macam, tidak pernah memberikan kode OTP atau data diri saya kepada siapa pun.

Setelah kejadian itu saya langsung menghubungi pihak Shopee melalui nomor 021-39500300 dan saya ceritakan kejadiannya. Saya meminta untuk pihak Shopee untuk mengubah kembali email dan nomor hp saya ke seperti sebelumnya.

Singkat cerita pada tanggal 16 Mei 2023 saya mendapatkan email dari Shopee, bahwa akun Shopee penjualan saya telah dibatasi. Padahal saya tidak meminta untuk dibatasi dan saya hanya meminta untuk diubah kembali nomor handphone saya dan email saya ke sebelumnya.

Setelah saya mendapatkan email dari Shopee, saya kemudian menghubungi kembali ke Shopee, untuk menanyakan kenapa akun saya dibatasi. Padahal saya meminta sebelumnya untuk mengubah nomor handphone dan email saya saja ke seperti sebelumnya. Kemudian pihak Shopee meminta saya untuk mengirim identitas sesuai yang diminta. Saya kirimkan dokumen saya sesuai yang ada di akun Shopee saya secara keseluruhan dan lengkap.

Beberapa hari setelah saya mengirimkan dokumen saya yang dimintai Shopee, saya lalu mendapatkan email dari Shopee. Hasilnya akun Shopee saya masih belum bisa diaktifkan, karena data yang dikirim tidak sesuai? Loh kok tidak sesuai? Padahal itu akun saya, ditambah ShopeePay saya belum di-upgrade dan semua profil dan tanggal lahir pun atas nama saya sendiri.

Setelah saya mendapatkan email tersebut dari Shopee, saya menanyakan kembali melalui email dan menghubungi via telepon. Namun hingga sekarang keluhan saya belum dapat diselesaikan dengan baik. Semoga dengan adanya artikel yang telah saya buat, pihak Shopee dapat menyelesaikan masalah yang saya hadapi. Karena di dalam akun Shopee saya sebagai penjual terdapat saldo penjualan saya di atas Rp5 juta.

Rizky Ramadhan
Pandeglang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

19 komentar untuk “Akun Penjualan Shopee Saya Tiba-tiba Telah Di-hack

    • 6 Juni 2023 - (03:15 WIB)
      Permalink

      iya kak saya juga heran keamannya tidak terlalu baik yang lebih anehnya lagi masa pas saya ajukan pemulihan pihak shopee bilang tidak sesuai data di akun, kan kocak aneh jelas jelas itu akun saya sendiri dari pertama kali daftar

    • 6 Juni 2023 - (12:56 WIB)
      Permalink

      Dengan menggunakan hp lain atau PC desktop. Coba cek email anda yang sebelumnya terdaftar di shopee. Apakah masih aman. Jika iya segera amankan dengan mengganti password. Proses penggantian password hrs dilakukan dgn menggunakan hp lain atau PC desktop. Kmdn lapor ke shopee bahwa anda punya bukti semua email notifikasi dari shopee semenjak mulai berjualan.

      • 6 Juni 2023 - (13:03 WIB)
        Permalink

        Penjahat yg mengambil alih akun berjualan shopee anda sudah pasti tidak punya bukti historis email atau whatsapp.

        Selain itu biasanya marketplace yg cukup besar harusnya punya data historis. Minimal bisa restore incremental backup data untuk cek data data akun sebelum diambil alih.

        Segitu aja . Mudah mudahan akun anda segera pulih.

  • 5 Juni 2023 - (18:54 WIB)
    Permalink

    Setau sy utk menganti no. Telp/email itu perlu otp kan ?
    Apa pernah instal apk dr Wa atau klik link phising yg menyerupai login sope

    • 6 Juni 2023 - (03:16 WIB)
      Permalink

      yang kakak sepertinya udah upload ktp atau verifikasi shopepay plus kalo yang saya sama sekali belum di upgrade shopepay plusnya kak

  • 6 Juni 2023 - (07:41 WIB)
    Permalink

    Agak aneh ceritanya. Coba nama tokonya apa, berani tulis ndak disini. Untuk ganti device saja rumit, apalagi smp ganti nomer hp, email, password. Untuk login itu butuh link verifikasi yg harus anda setujui di aplikasi.

    1
    1
  • 6 Juni 2023 - (15:28 WIB)
    Permalink

    Saya sebagai pemilik akun novoseller sampe komentar ini dibuat sangat sangat dirugikan oleh pihak shopee, dimanaa akun penjualan saya tidak bisa dipulihkan.

    • 7 Juni 2023 - (05:08 WIB)
      Permalink

      Sebaiknya jgn terlalu sering mengendap dana penjualan dalam jumlah banyak. Langsung tarik saja utk menghindari kerugian dari hal seperti ini. Sering baca keluhan semacam ini dana sampe puluhan juta ngendap dan akhirnya tak bisa digunakan saat ada keperluan darurat.

  • 6 Juni 2023 - (21:57 WIB)
    Permalink

    Saya juga pernah akun shopee saya log out sndiri dan tidak bisa log in saat itu masih pakai no hp yang lama ketika saya komplain ke shopee suruh ngasih data diri lagi dan saya kasih no hp dan email baru dan akhirnya bisa log in tetapi paylater kredit limit saya ada yg Makai untuk di cairkan ke org yang saya ga kenal nama lengkap orang nya pun ada dan no hp nya, lngsg saya laporkan ke shopee lagi beserta bukti2 riwayat nya juga dan sampai sekarang tetap tidak ada solusi

  • 6 Juni 2023 - (22:59 WIB)
    Permalink

    Hahahaha temen gw jg pernah kena hack, ga pernah pencet link bahkan login cuma di 1 hp.
    Ternyata ada karyawan nya yg otak nya jalan pas hp dia di tinggal si kampret malah minta otp terus ngintip otp di hp nya krn keluar notif abis itu lgsg pencet hapus pesan ( ada beberapa hp yg ga perlu buka pin kalo hapus SMS di notif ), dia tau Krn dia sering liat saldo penjualan nya temen gw banyak makanya dia comot shopee nya.
    Tp nama nya pinter ga 100%, si goblok malah trf duit saldo nya ke rek dia sendiri 🤣

  • 8 Juni 2023 - (18:20 WIB)
    Permalink

    Hati2 kalo instal aplikasi ecommerce atau pay leter. Pada saat anda menginstal, pasti ada yg namanya aplikasi minta mengijinkan.. misal mengijinkan kontak, mengijinkan sms dll. Seharusnya itu dibatasi.. krna aplikator bisa melihat aktivitas, kontak, sms anda yg sudah mengijinkan. Sebaiknya itu dibatasi di seting aplikasinya

 Apa Komentar Anda mengenai Sistem keamanan Shopee?

Ada 19 komentar sampai saat ini..

Akun Penjualan Shopee Saya Tiba-tiba Telah Di-hack

oleh Rizky dibaca dalam: 1 menit
19