Paket Gamer IndiHome Cuma Gimmick, Laporan Gangguan Sudah 10 Hari Tidak Digubris

Berikut ini pengalaman pribadi saya sebagai pelanggan setia IndiHome, dengan nomor pelanggan: 111406101747, lokasi di Padang, Sumatera Barat.

Pada hari Jumat tanggal 26 Mei 2023 pukul 19.00 WIB, saya bermain game eFootball secara online menggunakan konsol PS4. Namun saat bermain, game terasa berat, ngelag saat bermain, ada delay antara tombol yang dipencet dengan gerakan pemain di lapangan, ada jeda beberapa detik terhadap pergerakan pemain. Saya langsung telepon 147 untuk melaporkan gangguan tersebut, dengan tiket pelaporan: IN163101766.

Karena belum ada tindakan dari pihak Telkom IndiHome, hari Minggu saya telepon lagi menanyakan terkait pelaporan saya sebelumnya. Anehnya saya dibuatkan tiket pelaporan baru dengan nomor tiket: IN163180506. Aneh bin ajaib, tiket pelaporan saya sebelumnya di-close, sementara gangguan masih belum diperbaiki.

Kejadian ini berulang terus sampai sekarang hari Minggu tanggal 4 Juni 2023. Saat saya menanyakan terkait pelaporan sebelumnya, selalu dibuatkan tiket pelaporan baru dengan nomor tiket: IN163496256. Parah, padahal sebelumnya pas operator mau konfirmasi terkait pelaporan saya, saat saya dimintai konfirmasi untuk close laporan. Saya sudah bilang jangan di-close karena masalahnya belum hilang alias masih ngelag saat bermain game. Namun sepertinya tidak didengarkan oleh pihak operator IndiHome, karena sudah SOP sepertinya.

Parah ini. Kalau ikut SOP seharusnya laporan saya sudah ditangani paling lama 3×24 jam, tapi ini sudah 10 hari kok tidak ditangani juga? Petugas/teknisi tidak pernah cek ke lokasi, tidak pernah menelpon terkait kunjungan/penanganan permasalahan saya. Apa memang seperti ini SOP-nya?

Jadi paket gamer yang sekarang saya pakai tidak cocok seperti yang dijanjikan pihak IndiHome. Yang mana sebelumnya dikatakan paket ini akan lancar saat main game karena menggunakan jalur khusus yang berbeda dengan pengguna paket IndiHome biasa. Namun kenyataannya berbeda, main game terasa ngelag dan masalah ini sering terjadi dan tidak ada tindak lanjut nyata untuk penanganan masalah ini dari pihak IndiHome, sudah 10 hari loh.

Dodi Candra
Padang, Sumatera Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

11 komentar untuk “Paket Gamer IndiHome Cuma Gimmick, Laporan Gangguan Sudah 10 Hari Tidak Digubris

  • 7 Juni 2023 - (09:14 WIB)
    Permalink

    Jika anda pengguna sejati eFootbal, PES, dan WE dan sering menggali informasi terkait dengannya, seharusnya tahu jika lag bukan cuma diakibatkan oleh koneksi internet yang buruk. Anda tidak menyertakan hasil tangkapan dari internet speed test sehingga keluhan anda cenderung subyektif. Ada beberapa hal penyebab lag, dari pengaturan grafis yang terlalu tinggi sampai aktivitas masif di latar belakang saat bermain game (misalnya seamless update).

    Untuk diagnosa awal coba bermain secara offline (mode PvE). Turunkan kualitas grafis sampai lag jauh berkurang. Hubungkan PS4 ke router lewat koneksi wired (kabel ethernet LAN) bukan wireless (WiFi), kemudian lakukan speed test. Jika saat online matching lag lebih parah ketimbang bermain offline sedangkan rate internet cukup tinggi, atur router untuk menggunakan alamat DNS lain (kalau perlu berbayar) karena kemungkinan besar koneksi PS4 anda dengan server eFootbal memiliki latency tinggi saat menggunakan DNS bawaan Indihome.

    • 7 Juni 2023 - (21:01 WIB)
      Permalink

      Koneksi pake lan om, klo offline aman.. Sudah turunkan grafik paling rendah pun masih lag.. Pagi aman, mulai ngelag saat malam hari

    • 7 Juni 2023 - (19:18 WIB)
      Permalink

      Coba tambahin router nya dengan merk Asus, pasti masalah nya terselesaikan. Bisa liat2 reviewnya di youtube. Karena saya sendiri sudah coba.

    • 8 Juni 2023 - (12:42 WIB)
      Permalink

      Dicoba dulu speed tes internet di rumah, kalau sudah sesuai kuota yg dimiliki ya pasti mereka anggap jaringan normal. Kalau hanya CS tidak membantu karena mereka kewenangan terbatas, minta petugas untuk cek ke lapangan. Saya juga pengguna Indihome Gamers untuk speed download memang ok tp upload sama saja gak ada bedanya dengan paket lain, hanya dapat alamat IP publik 36.xx.xx.xx.

      • 8 Juni 2023 - (13:07 WIB)
        Permalink

        Klo utk speed udah normal sich bg utk browsing.. Cuma ini kan paket gamer, harusnya lancar saat main game.. Bukan ngelag kayak gini.. Dan sudah lebih 10 hari masih saja bermasalah

  • 7 Juni 2023 - (20:04 WIB)
    Permalink

    Sepengalaman saya ngehandle di kantor
    kalo indihome bermasalah langsung dateng ke grapari
    kalo lewat telp petugas lapanganya saling lempar

  • 7 Juni 2023 - (21:17 WIB)
    Permalink

    saya juga pernah ngalami tapi pas pakai WMS ohm..ditelp CS nya cuma habis pulsa gak ada kejelasan(sampai ada CS menjamin akan ada datang tehnisi)tp gak ada yg datang..tiket selalu di close dan gak ada tehnisi datang.akhirnya saya punya inisiatif untuk datang ke Plasa Telkom ohm.sedikit marah,jengkel dan debat dan saya kasih bukti2 nya akhrnya hari itu juga dari CS langsung hubungi tehnisi..pagi jam 9 saya ke Plasa Telkom jam 1 siang tehnisi datang.

 Apa Komentar Anda mengenai Paket Gamer IndiHome?

Ada 11 komentar sampai saat ini..

Paket Gamer IndiHome Cuma Gimmick, Laporan Gangguan Sudah 10 Hari Tida…

oleh dodi dibaca dalam: 1 menit
11