Flash Sale Tokopedia WIB “Pasti Diskon 90%” Hanya Gimmick?

Dengan hormat,

Melalui surat ini saya menyampaikan keluhan kepada Tokopedia. Di sini saya ingin berbagi kepada teman-teman semua, bahwa pada tanggal 25 Mei 2023 Tokopedia mengadakan flash sale WIB Pasti Diskon 90%. Namun ketika saya sudah mendapatkan barang tersebut, penjual melakukan pembatalan secara sepihak.

Saya sudah komplain kendala ini kepada customer service Tokopedia, bahwa menurut S&K yang dibuat oleh Tokopedia yaitu ada di Poin C No.22: Penjual dilarang membatalkan pesanan Pembeli atas Barang yang sedang mengikuti Flash Sale dengan alasan apa pun.

Saya sudah sampaikan juga kepada CS, karena di sini penjual membatalkan sampai 7x berturut-turut. Harusnya penjual dikenakan S&K flash sale pada poin C No.24: Dalam hal ditemukan pelanggaran berulang-ulang terhadap poin C.22 atau adanya pelanggaran berat yang dilakukan Penjual menurut kebijakan Tokopedia, maka Tokopedia berhak melakukan moderasi (penutupan toko) kepada Penjual minimal selama 14 (empat belas) hari.

Akan tetapi kendala ini tidak kunjung selesai, sampai terakhir CS menginfokan pada tanggal 31 Mei: “Baik Kak, mohon maaf atas kendala yang belum terselesaikan. Saat ini Anis infokan untuk proses percepatan penyelesaian kendalanya sudah dalam prioritas. Dimana untuk kendala masih dibantu maksimalkan penanganan dengan koordinasikan Tim Kami agar dapat segera terselesaikan. Kami maksimalkan penanganannya terlebih dahulu.“.

Sampai saat ini sudah 3 hari lebih saya tanyakan kembali tidak kunjung dibalas oleh CS Tokopedia. Sepertinya Tokopedia dan penjual sudah tidak mau bertanggung jawab. Dan ternyata S&K Flash Sale Tokopedia mudah dilanggar oleh penjual.

Lebih parahnya lagi, dari ke-7 invoice ini CS Tokopedia hanya memberi gift card Rp50.000 yang tidak sebanding dengan barang flash sale tersebut. Ini bukan hanya sekedar nominal, ini soal profesionalitas dan tanggung jawab pelayanan terhadap konsumen. Jangan biarkan hal-hal seperti ini menjadi hal lumrah dan kita jadi terbiasa dibohongi dengan cara-cara seperti ini.

Sangat memalukan sekali pelayanan CS Tokopedia yang tidak merespons kendala konsumen berhari-hari. Respons dan penyelesaian masalah sangat buruk. Ini hanya beberapa barang yang dibatalkan pada flash sale Tokopedia, sebelumnya saya sering menemukan flash sale gimmick seperti ini.

Mungkin hanya itu saja sharing saya kepada teman-teman semua. Semoga kita sehat selalu. Terima kasih Media Konsumen ✊.

Nurwahid Oktiari
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

20 komentar untuk “Flash Sale Tokopedia WIB “Pasti Diskon 90%” Hanya Gimmick?

    • 9 Juni 2023 - (14:15 WIB)
      Permalink

      Begini ka, dari ke 7 invoice yang dibatalkan itu saya sudah dapatkan saat promo flashsale berlangsung ya, karena promo hanya sampai dijam 14:00, jadi untuk masalah jam di screenshot saya ambil saat saya ingin melaporkan ke cs Tokopedia. Fyi jika promo flashsale sudah selesai maka harga barang akan kembali normal 549.000
      Di screenshot kan sudah jelas semua barang dengan status “Dibatalkan Penjual” itu harganya 55.400

      • 2 Juli 2023 - (21:04 WIB)
        Permalink

        Ya, memang hampir selalu begitu. System komputerisasi dapat dimanualkan oleh operator. Atau memang terorganisasi dri ToPed nya.

  • 9 Juni 2023 - (11:01 WIB)
    Permalink

    Baiklah, saya sampaikan untuk kakak dengan hati bersih dan jernih ya, bahwa sejak itu tu, maka jangan berharap ada flash sale, cashback, promo ini itu, sangat dipastikan bahwa itu PEMBOHONG BESAR, saya sudah berulang x ikut promo tapi ujung-ujungnya dibatalkan, maka sejak itu saya tidak pernah berbelanja kecuali sifatnya urgent kebutuhan tidak ada jual dipasaran. Paham dan jelas ya

    2
    2
  • 9 Juni 2023 - (13:17 WIB)
    Permalink

    Ketika suatu masalah tidak cepat terselesaikan, kemungkinan besar ada banyak sekali masalah yg terjadi.
    Kalau saya pribadi males banget ikut Flash Sale. Saya biasanya belanja di hari-hari tertentu, misal tgl double, karena disitu pasti ada barang yg sedang diskon (MALL) baik SHOPEE maupun Lazada.

    • 9 Juni 2023 - (14:22 WIB)
      Permalink

      Saya juga berfikir kemungkinan banyak masalah yang terjadi, akan tetapi sudah lebih dari 3x24jam pesan saya diabaikan oleh CS Tokopedia. Setidaknya mereka konfirmasi kembali perihal kendala ini, atau memberikan estimasi penyelesaian sampai kapan akan selesai. Dengan tidak membalas pesan konsumen seperti ini seakan sudah tidak mau bertanggung jawab atas flashsale tsb.

    • 11 Juni 2023 - (10:02 WIB)
      Permalink

      Barang Diskon apa flashsale??? Karena Barang Diskon itu pasti ada, tapi biasanya nggak lebih dari 30% untuk barang kisaran ratusan ribu, kalau untuk barang harga jutaan biasanya diskon sekitar 10%. Kalau Flashsale itu diskon bisa sampai 90%.

  • 9 Juni 2023 - (14:03 WIB)
    Permalink

    Kalau dirunut kronologinya berdasarkan jam ponsel yang tertera di screenshot, pesanan sudah dibatalkan berkali-kali pada pukul 16:50 dan tampilan etalase produk diambil pada pukul 10:39. Seandainya TS melakukan pesanan pertama SESUDAH pukul 10:39, maka wajar seller membatalkan pesanan karena berdasarkan screenshot #1 di jam itu stok untuk promo sudah habis (di bawah foto produk tertera “terjual habis”).

    • 9 Juni 2023 - (14:16 WIB)
      Permalink

      Begini ka, dari ke 7 invoice yang dibatalkan itu saya sudah dapatkan saat promo flashsale berlangsung ya, karena promo hanya sampai dijam 14:00, jadi untuk masalah jam di screenshot saya ambil saat saya ingin melaporkan ke cs Tokopedia. Fyi jika promo flashsale sudah selesai maka harga barang akan kembali normal 549.000
      Di screenshot kan sudah jelas semua barang dengan status “Dibatalkan Penjual” itu harganya 55.400

  • 9 Juni 2023 - (18:17 WIB)
    Permalink

    harga flash sale yg wajar itu ga terlalu jauh dr harga pasarnya. kalo terpaut jauh, bisa dipastikan 99% hoax, salah pasang harga, ujung2nya pembatalan

    • 9 Juni 2023 - (18:38 WIB)
      Permalink

      Nah kendala ini sering terjadi pada Tokopedia, anehnya lagi Tokopedia tidak bisa menangani kendala ini yang bukan hanya sekali dua kali terjadi. Dengan adanya kendala seperti ini kan membuat konsumen merasa kecewa. Apalagi dengan pelayanan customer servicenya yang 3×24 jam lebih tidak merespons kendala konsumen.
      Tokopedia sendiri sudah membuat aturan S&K Flash Sale yang dimana penjual dilarang membatalkan pesanan pembeli dengan alasan apapun.
      Tetapi Tokopedia tidak bisa bertanggung jawab atas Ketentuan yang sudah dibuat secara hukum.

    • 2 Juli 2023 - (21:11 WIB)
      Permalink

      Peraturan yang dibuat itu , untuk dilanggar atau untuk dijalankan? “Tokopedia sendiri sudah membuat aturan S&K Flash Sale yang dimana penjual dilarang membatalkan pesanan pembeli dengan alasan apapun.
      Tetapi Tokopedia tidak bisa bertanggung jawab atas Ketentuan yang sudah dibuat secara hukum.”.
      Penulis sudah bisa mengeluarkan tulisan isi dari S&K dari Topednya.

  • 9 Juni 2023 - (18:39 WIB)
    Permalink

    Gw baru kejadian kmaren hp jelas 2 samsung a04s 6/64 promo bundling powerbank harga 10rb.
    Jelas d diskripsi juga sesuai sm promo.
    Pas udh order konyolnya toko bilang itu bublewrab doang pdhl d deskripsi ga ada penjelasan bublewrab dan d pilihan jenis juga ga ada tulisan bublewrab.yg konyolnya toko malah nada sy kirim bublewrab aja.gw bilang klo ga promo apa ngasih harga bilang aja jujur ga ush nada ngancem kirim ga sesuai judul.trus pas d cek lg harga d ubah jd 2,499rb gw balikin lg itu bublewrab 2499rb ?msh aja ga ngakuin salah apa minta maaf malah ngomong sy kirim bublewrab pesanan km.gw biarin aja gw tunggu klanjutannya.eh dy batalin jg takut

    • 9 Juni 2023 - (18:56 WIB)
      Permalink

      Sangat disayangkan ya banyak flash sale yang membuat konsumen kecewa. Kendala seperti ini mengakibatkan konsumen menjadi tidak percaya lagi kepada flashsale.

    • 2 Juli 2023 - (21:13 WIB)
      Permalink

      Ya seperti ini penjualnya ga berani ditindak. Menurut ToPed, itulah sumber penghasilan dari ToPed, mana mau matikan sumber penghasilan. Konyolnya yah begitulah. Paling paling ” saran kakak akan dijadikan referensi untuk kedepannya layanan toped thd konsumen lebih baik lagi”

  • 9 Juni 2023 - (18:42 WIB)
    Permalink

    Jangan terlalu percaya sm harga flash sale .kadang harga sesudah flashsale d cek toko lain malah murahan toko lain yg ga flashsale.emang kadang ada diskon lumayan ga saya pungkiri

  • 13 Juni 2023 - (00:36 WIB)
    Permalink

    ingat, meski jaman sudah modern dan semua serba via online, rule jual beli masih sama
    dua pihak harus setuju dengan kesepakatan
    jika pihak kedua yg sebagai penjual tidak rela memberikan barangnya dengan harga flashsale, ya itu suka2 mereka
    “terus ngapa2in pasang flashsale”
    yak betul, anda baru saja kena ‘prank’

    dan biar jelas, ya flashsale selalu cuma gimmick mau dimanapun, dan tergantung tingkatnya aja % discount, logika aja

    klo emang dpt ya anda beruntung seperti menang undian/toko lagi baik hati

  • 2 Juli 2023 - (21:30 WIB)
    Permalink

    Dari dulu jg ga pernah ikut yg namanya flash sale2an. Dan kebetulannya jg barang2 yg di jual saat event tsbt, tdk urgent untuk sy beli.

 Apa Komentar Anda mengenai Tokopedia WIB?

Ada 20 komentar sampai saat ini..

Flash Sale Tokopedia WIB “Pasti Diskon 90%” Hanya Gimmick?…

oleh Nurwahid dibaca dalam: 1 menit
20