Pemaksaan Aktivasi Shopee Xpress Membuat Saya Sebagai Penjual Harus Menempuh Jarak Pulang Pergi 20 KM

Saya mempunyai toko di Shopee. Sebelumnya, toko saya tidak pernah menggunakan kurir Shopee Xpress. Entah kenapa, tiba-tiba jasa pengiriman tersebut aktif dengan sendirinya dan juga tidak bisa dinonaktifkan. Toko saya memang bukan toko besar, per hari paling hanya ada satu atau dua orderan saja.

Ketika saya mendapatkan orderan menggunakan kurir Shopee Xpress, saya pun memproses orderan tersebut seperti biasa. Akan tetapi, sampai dua hari kurir dari Shopee Xpress tidak kunjung menjemput paket saya. Sampai customer marah-marah kepada saya, menanyakan kenapa barang tersebut belum dikirim. Saya pun menjelaskan kepada customer bahwa barang tersebut tidak kunjung diambil oleh pihak kurir Shopee Xpress.

Singkat cerita, karena saya tidak enak dengan customer saya, dan saya juga takut orderan akan dibatalkan oleh sistem Shopee, maka saya pun mencari drop point Shopee Xpress. Jarak terdekat dari rumah saya ke drop point tersebut kurang lebih 10 KM! Bayangkan, saya terpaksa mengirim 1-2 paket dan harus menempuh jarak pulang pergi 20 KM.

Saya sudah mencoba menghubungi pihak Shopee untuk meminta menonaktifkan jasa pengiriman tersebut, akan tetapi pihak Shopee menjawab tidak dapat dinonaktifkan. Sekarang paket tidak mau dijemput oleh kurir mereka, tapi jasa pengiriman tidak dapat dinonaktifkan. Lalu, maunya pihak Shopee Indonesia ini apa? Kejadian seperti ini sudah 3 kali terjadi, yaitu:

  • Nomor pesanan: 23061020MSF1CC, dengan nomor resi: SPXID039238414926.
  • Nomor pesanan: 230607R9F1E4HU, dengan nomor resi: SPXID037499801846.
  • Nomor pesanan” 230609UBD6JSYG, dengan nomor resi: SPXID037355391036.

Bayangkan, hanya karena 3 paket tersebut, saya sudah pergi pulang pergi sejauh 60 KM dalam 3 hari! Sangat keterlaluan. Semoga surat keluhan saya dapat dibaca, dan jasa pengiriman Shopee Xpress di toko saya dapat dinonaktifkan.

Anggi Pratama
Gn Kidul, Yogyakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

30 komentar untuk “Pemaksaan Aktivasi Shopee Xpress Membuat Saya Sebagai Penjual Harus Menempuh Jarak Pulang Pergi 20 KM

  • 11 Juni 2023 - (22:41 WIB)
    Permalink

    Ya mereka satu induk, dan sudah mulai cari untung, kalau gak mau ngikuti ya pindah ditoko ijo, karena mereka sudah merasa kuat, banyak yg mau jualan, ya kuat kuat aja

  • 12 Juni 2023 - (01:22 WIB)
    Permalink

    Kalau sudah seperti itu pindah ke MP lain saja. Bila toko anda sedang laris-larisnya, dalam sebulan anda menempuh ±600 KM—jarak yang setara anda berangkat dari Yogya ke Jakarta untuk jemput petinggi Sopi ikut jalan santai. Ke Yogya.

    • 12 Juni 2023 - (05:24 WIB)
      Permalink

      Biasanya karena mengaktifkan fitur Gratis Ongkir Xtra. Matikan fitur itu, nanti Sopex bisa dimatikan.

      • 13 Juni 2023 - (20:40 WIB)
        Permalink

        Bener karna kalo gratis ongkir xtra pakai kurir luar shopee nya udah bangkrut dari dulu, akal2an mereka ongkir termurah dr semua aplikasi tapi paksa pakai kurir nya sendiri yg belum jelas lokasinya di mana…

        • 13 Juni 2023 - (20:52 WIB)
          Permalink

          Sebenarnya yang dilakukan sopi masih bagus, karena seller masih bisa memilih sendiri kurir yang diinginkan (tentu dengan pengecualian kondisi tertentu, seperti promo di atas).

          Dibandingkan Lazada yang jauh lebih parah. Di Lazada seller sama sekali tidak bisa memilih kurir, semua ditentukan oleh sistem. Ada opsi ganti kurir juga percuma, karena 99% pasti ditolak. Belum lagi jam pickup yang wajib mengikuti waktu si kurir. Mau drop sendiri juga jarang ada (terakhir kurir bilang se DIY cuma ada 5 titik drop point).

    • 12 Juni 2023 - (05:24 WIB)
      Permalink

      Gilake ngeri kalau sopi express jauh beud begitu cmiw irit bensin mereka tapi untuk lokasi tydac akurat kalau terlalu jauh harusnya di dikte ulang jangan di paksakan anter btw ane jg gitu sih mau nganterin kerumah tapi kalau di suruh ambil paket kagak mau padahal Deket cuma 3km tetep si cepat gak mau ambil paket kiriman sama kayak ente udah 3x juga gamau ambil ngeselin emang harus pergi sendiri ke drop point yasudah

  • 12 Juni 2023 - (05:09 WIB)
    Permalink

    Soluisinya minta kontak kurir Shopee express point terdekat untuk melakukan kerjasama penjadwalan pickup

  • 12 Juni 2023 - (05:54 WIB)
    Permalink

    Punya saya bisa dinon aktifkan di pengaturan. Tp gak tau kalau pembeli masih bisa pilih atau gak

  • 12 Juni 2023 - (07:41 WIB)
    Permalink

    Masuk k menu SAYA – PENGATURAN – OPSI PENGIRIMAN – ISI FORMULIR – KELUAN ANDA jgn lupa email n no hp/wa.

    • 12 Juni 2023 - (08:38 WIB)
      Permalink

      Sama sekarang customer pun dipaksa memakai shopeexpress, yg biasanya J&T mau antar sampai rumah, ini kurir shopeexpress nggak mau, dan saya sbg customer pun terpaksa COD di luar dan jaraknya dr rumah ±10KM juga. Lama kelamaan dan perlahan Shopee ini mau monopoli kurirnya. Semaunya dan seenaknya sendiri.

      • 12 Juni 2023 - (12:52 WIB)
        Permalink

        Makanya belajar, setelah order bisa diubah jasa kirimnya sesuai yg anda inginkan. Tapi waktunya terbatas ya, mungkin hanya smp 30 menit atau sampai di proses oleh seller. setelah order anda buka rincian ordernya, lihat pada jasa kirim, bisa anda ubah pakai jasa kirim yg anda inginkan. Hanya bisa diubah 1x. Jd jangan smp salah.

        1
        1
      • 14 Juni 2023 - (22:34 WIB)
        Permalink

        Sama, saya juga dipaksa oleh shopee, memang parah banget, kurir tidak mau ambil barang, saya kirim jg terlalu jauh, dinonaktifkan shopee xpress tidak bisa,
        Hahahaa.. Biar aja dibatalin sistim, sudah beberapa kali jg barang saya status sudah sampai tapi dibilang hilang dan dana dikembalikan ke pembeli.
        Penjual benar-benar lemah disini tidak ada perlindungan sama sekali.

    • 13 Juni 2023 - (15:11 WIB)
      Permalink

      Gak bisa pak, krn memang gak bisa dinon aktifkan. mau komplain kaya apa jg gak akan bisa dinon aktifkan. saya udah pernah ini..

  • 12 Juni 2023 - (07:47 WIB)
    Permalink

    Kl tidak bisa di non aktifkan ya beri edukasi ke pembeli untuk mengganti jasa kirim setelah order. Saya juga begitu, begitu beli pasti default jasa kirim shopee express, ya ganti jasa kirim yg di inginkan, beres.

    1
    1
  • 12 Juni 2023 - (16:44 WIB)
    Permalink

    Emang rempong sih. Kecuali di pick up sendiri oleh kurir ke alamat toko. Apalagi kita penjual ada paket besar pake shopee express bawanya pake honda beat ke agen untuk drop yg jauh. Ribet….

  • 12 Juni 2023 - (22:20 WIB)
    Permalink

    Baru 1 hari itu sih gan bahkan ada yg di hari itu jg udh diserahkan ke drop pointnya, tgl 8 agan mulai mengatur pengiriman dan keesokan harinya (tgl 9) sdh diserahkan ke drop pointnya yg menurut tulisan agan itu agan sendiri yg mengantarkan ke drop pointnya. Agan bilang sendiri klo drop pointnya itu jauh (10km) ya seharusnya agan jg bs memaklumi klo kurirnya blm atau tdk langsung mengambilnya dihari itu jg karena jaraknya yg jauh dan pastinya jg bkn cuma paketan agan aja yg hrs mereka ambil. Mungkin pd hari itu mereka sdh keabisan waktu utk mengambilnya jd tdk sempat utk mengambilnya pd hari itu dan biasanya akan mereka ambil keesokan harinya ataupun mungkin lusa nya dan itu pun pasti blm lah sampai akan tercancel otomatis oleh sistem shopee. Hal ini bkn hanya terjadi pd shopee express aja loh, saya sdh pernah mengalami kejadian serupa dgn expedisi2 lain (hampir semua expedisi). Sebaiknya agan jg hrs mengetahui jadwal kurir pickup nya karena jadwal kurir pickup dgn kurir pengantar itu berbeda, setau saya kurir pickup itu sabtu minggu akan libur dan ada jg yg libur di tgl merah utk di beberapa expedisi.

  • 13 Juni 2023 - (15:03 WIB)
    Permalink

    Naah, sama bgt ini kasusnya ma saya.. Shpxpress nggak bisa dinon aktifkan sejak ikut program gratis ongkir xtra. sedangkan agen shopee jauh bgt dr lokasi saya

    • 13 Juni 2023 - (20:56 WIB)
      Permalink

      Ya solusinya memang harus out saja dr gratis ongkir xtra, karena apa?
      Selain biaya layanannya gede, kurir yg di paksakan ini belum merata kaya J&T dan JNE, yang sangat mudah di jangkau.

  • 13 Juni 2023 - (20:37 WIB)
    Permalink

    Berhenti saja dari program gratis ongkir shopee, kalau masih pengen jualan di situ dan ga mau repot, masalah rejeki nanti pasti ada yang beli walaupun ga pakai gratis ongkir…

  • 13 Juni 2023 - (20:43 WIB)
    Permalink

    Mulai kemrin juga dapat notif begitu dan tadi selasa tiba2 ada orderan 1 pakai shopee xpress, saya anggurin karna ga tau harus kirim kemana???

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee Xpress?

Ada 30 komentar sampai saat ini..

Pemaksaan Aktivasi Shopee Xpress Membuat Saya Sebagai Penjual Harus Me…

oleh Anggi dibaca dalam: 1 menit
30