Penanganan Klaim Kehilangan oleh JNE yang Lambat dan Tidak Responsif

Halo Media Konsumen,

Berikut kronologi kehilangan barang yang saya alami dengan menggunakan jasa kirim JNE, yang hingga saat ini tidak ada kejelasan mengenai klaim penggantian kehilangan ke pihak saya.

Pada tanggal 27 April 2023, saya melakukan retur pembelian lampu motor ke seller atas nama Life Motor Sport, dengan alamat Taman Sari, Jakarta Barat, karena seller salah mengirimkan jenis lampu yang saya beli. Total harga unit lampu motor sebesar Rp1.100.000. Retur dikirimkan pada tanggal 27 April dengan menggunakan JNE Reguler, dengan nomor resi: 150250005805223. Service reguler JNE estimasi pengiriman sekitar 2-3 hari.

Karena saat itu masih suasana lebaran, saya terlupa untuk memantau pergerakan paket dan baru menyadari bahwa pada tanggal 7 Mei 2023, paket saya belum juga sampai ke tangan seller. Status terakhir pada tracking resi bahwa paket telah berangkat dari Transit Gateway Jakarta tanggal 28 April jam 22.32 dan tidak ada update lagi sejak saat itu.

Sedari tanggal 7 Mei 2023, saya aktif mem-follow up hal ini ke JNE melalui email, telepon, dan live chat. Namun jawaban yang diberikan hanya sedang dikoordinasikan dengan tim operasional, hingga akhirnya dinyatakan hilang pada 10 Mei. Perlu diketahui bahwa dari tanggal 7-10 tidak ada satu pun pihak dari JNE menghubungi saya. Saya baru mengetahui paket saya dinyatakan hilang pada tanggal 11 Mei setelah mem-follow up melalui fitur live chat. Saya pun diminta melengkapi berkas seperti KTP dan Invoice pembelian dan diberikan waktu 7 hari kerja sejak tanggal 10 Mei 2023, untuk klaim kehilangan.

Tanggal 16 Mei 2023, saya mengirimkan berkas yang dibutuhkan melalui email ke customercare@jne.co.id dan baru dibalas tanggal 18 Mei 2023, bahwa klaim saya sedang dikoordinasikan dengan pihak terkait.

Tanggal 24 Mei 2023, kembali saya dihubungi via WhatsApp oleh JNE diminta untuk meng-upload berkas berupa KTP, Buku Tabungan, Invoice, Resi Paket dan mengisi form kehilangan. Lalu saya diberikan link Google Form untuk meng-upload berkas tersebut, yang kemudian saya isi dan upload semua berkas yang dibutuhkan pada tanggal 25 Mei 2023.

Tanggal 29 Mei 2023, saya follow up kembali melalui email karena tidak ada yang menghubungi saya sampai hari itu. Lalu dibalas bahwa sedang dalam penanganan pihak terkait dengan nomor laporan: 020105024547, yang mana dibutuhkan sekitar 7 hari kerja untuk penanganannya.

Tanggal 9 Juni 2023, saya kembali mengecek status nomor laporan: 020105024547, tapi statusnya sudah selesai dan laporan ditutup sepihak. Padahal tidak ada satu pun yang menghubungi saya. Kemudian saya kembali follow up melalui email dan dibalas bahwa JNE meminta maaf dan saya kembali diberikan nomor laporan baru: 020105136594 dan sedang dalam penanganan kembali.

Tanggal 10 Juni 2023, saya kembali menanyakan berapa lama saya harus menunggu dan hanya dibalas via email masih dalam proses penanganan tim terkait oleh customer care mereka. Hingga saat ini (13 Juni) tidak ada satu pun pihak JNE yang menghubungi saya kembali.

Saya sungguh kecewa, merasa dioper sana sini dan terkatung-katung oleh proses yang dilakukan oleh JNE. Terhitung dari tanggal 16 Mei hingga hari ini 13 Juni 2023, hampir sebulan saya bolak balik follow up klaim kehilangan barang saya. Namun hanya dibalas sedang dalam penanganan, yang tidak tahu butuh berapa lama, karena mereka tidak pernah menjawab tanggal pastinya kapan.

Di sini posisi saya adalah pihak yang kehilangan barang dan mengalami kerugian materiil, tapi saya juga yang harus bolak balik follow up dan seperti mengemis pada JNE mengenai pertanggung jawaban mereka pada barang saya yang hilang. Saya mohon agar JNE bisa serius menangani kasus saya ini dan bertanggung jawab/responsif mengenai klaim saya dan segera menyelesaikan tanggung jawab mereka.

Terima kasih Media Konsumen yang sudah membantu untuk memuat surat konsumen ini.

Gandhi Putra
Kota Batam, Kepulauan Riau

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan JNE untuk Keluhan Bapak Ghandi Putra

Sehubungan dengan surat pembaca yang telah dimuat di Mediakonsumen.com pada tanggal 15 Juni 2023 berjudul “Penanganan Klaim Kehilangan oleh JNE...
Baca Selengkapnya

4 komentar untuk “Penanganan Klaim Kehilangan oleh JNE yang Lambat dan Tidak Responsif

  • 15 Juni 2023 - (19:19 WIB)
    Permalink

    Benar Pak Agus, kelalaian saya memang karena tidak menggunakan asuransi di paket tersebut, karena berasumsi pengiriman akan aman seperti selama ini saya menggunakan jasa jne. Tapi waktu saya menyerahkan paket dan menyebutkan harganya pada waktu itu memang tidak ditawarkan untuk menambahkan asuransi sama sekali oleh pegawai jne yang menerima paket saya. Saya mengirimkan paket tersebut dari JNE cabang utama di kota saya sepulang kerja 27 April jam 20.23 malam, saya ingat karena setelah itu resi langsung saya foto dan ada detailnya di hp. Di form kehilangan yang diberikan jne juga saya sudah menjelaskan bahwa memang saat mengirimkan paket saya tidak ditawarkan untuk menambahkan asuransi pada paket saya. Saya hanya berharap masalah ini cepat selesai, hingga saya mengetik pesan ini Masih tidak ada satupun pihak dari jne yang menghubungi saya.

  • 16 Juni 2023 - (16:19 WIB)
    Permalink

    Terima kasih media konsumen yang sudah memuat surat keluhan saya ini. alhamdulillah tadi akhirnya sudah dihubungi oleh pihak JNE dan diselesaikan secara baik, klaim saya pun sudah dibayarkan sebagaimana mestinya.

  • 21 Juni 2023 - (00:59 WIB)
    Permalink

    JNE emang payah,di akun fataflah cucu ownernya banyak juga yang mengeluh spt ini.Dijadikan seperti pengemis,konsumen yg harus sibuk hubungi jne.
    Syukur klo sudah terselesaikan.

 Apa Komentar Anda mengenai JNE Express?

Ada 4 komentar sampai saat ini..

Penanganan Klaim Kehilangan oleh JNE yang Lambat dan Tidak Responsif

oleh Putra dibaca dalam: 2 menit
4