Tanggapan Perihal “Dituduh Melakukan Tindakan Anti-Kompetitif oleh Lazada dan Uang Ditahan Sejak Oktober 2022”

Redaksi yang terhormat,

Menanggapi surat pembaca di Media Konsumen pada tanggal 16 Juni 2023 berjudul “Dituduh Melakukan Tindakan Anti-Kompetitif oleh Lazada dan Uang Ditahan Sejak Oktober 2022”, kami menyesali ketidaknyamanan yang dialami oleh Ibu Putri Ayu Ningsih.

Kami telah melakukan penelusuran permasalahan dan mendapati toko Aqila’Toserba milik Ibu Putri terbukti melanggar aturan berjualan di Lazada. Demi keamanan dan kenyamanan berjualan dan berbelanja online di ekosistem Lazada, dengan sangat terpaksa toko milik Ibu Putri harus dinonaktifkan karena terindikasi melanggar ketentuan dari Kebijakan Akun Penjual di Lazada yang telah disepakati oleh penjual dan Lazada sejak awal penjual bergabung di Lazada. Hal ini sudah dikomunikasikan oleh tim Customer Care Lazada melalui email pada 19 Juni 2023, setelah tim Lazada mencoba menghubungi Ibu Putri secara langsung melalui telepon, namun tidak pernah terhubung.

Sebagai salah satu Pelaku Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PPMSE) terbesar di Asia, Lazada Indonesia senantiasa berkomitmen untuk memberikan layanan belanja terbaik bagi para penjual maupun pembeli di platform kami. Kami mengimbau agar jika ada pertanyaan atau permasalahan, para penjual dapat menghubungi layanan chat Customer Care yang tersedia dari hari Senin hingga Minggu melalui aplikasi dan situs pusat bantuan penjual.

Kepuasan, keamanan, kenyamanan pengalaman berjualan dan belanja online di Lazada Indonesia bagi penjual maupun pembeli selalu menjadi prioritas kami.

Terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya.

Salam,

Farid Suharjo
Deputy Chief Customer Officer, Lazada Indonesia

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Dituduh Melakukan Tindakan Anti-Kompetitif oleh Lazada dan Uang Ditahan Sejak Oktober 2022

Halo, salam sejahtera semua, Izinkan saya memperkenalkan diri, saya adalah seller di Lazada dengan toko Aqila’Toserba dan seller ID ID67Y3SGW3....
Baca Selengkapnya

24 komentar untuk “Tanggapan Perihal “Dituduh Melakukan Tindakan Anti-Kompetitif oleh Lazada dan Uang Ditahan Sejak Oktober 2022”

  • 20 Juni 2023 - (18:03 WIB)
    Permalink

    Coba nunggu yang punya toko apa bener ini tanggapannya, kok ya melanggar tapi kenapa uang jualannya ditahan ya

    • 22 Juni 2023 - (10:10 WIB)
      Permalink

      Haduh saran saya, jualan brang di lazada gk ada untungnya, kita sebagai penjual dirugikan bget, brang sya hilang tidak ada tangug jwab nya sampai saat ini, kiriman ke daerah timur Sulawesi selalu tidak sampai tujuan, selalu nyangkut di kelapa gading, paket tidak jlan trus, sampe kita hubungi telfon trus baru paket kita jalan, trus jga msa kita foto produk kita sendri, gambar brang toko kita sendiri, katanya kita melanggar produk, terindikasi pelanggaran toko lain, sedangkan kita jual brang foto sendri, akun tidak dobel, kita jga gk tau salahnya dmna, pengalaman saya jadi penjual di lazada sagat mengecewakan, paket sya sering tidak sampai tujuan, toko tidak melangat dibilang melangat, trus klau kita chat ke pihak lazada, yg blas otomatis pesannya, kita nanya apa, jawabanya apa, gk jelas bget…

  • 20 Juni 2023 - (19:31 WIB)
    Permalink

    Shallow banget tanggapan Lazada. Yang dikeluhkan bu Putri bukan hanya soal penutupan toko sepihak, tapi uang hasil penjualan 7jt lebih yg ditahan Lazada. Kalau soal penutupan toko sprtinya dia sudah menerima, tp uangnya yg ditahan yg dipermasalahkan. Sepertinya si deputy ini jg ga paham permasalahannya. Masih pakai template menghimbau para penjual utk chat cust service jika ada permasalahan. Jelas2 bu Putrinya sebut di surat bahwa fitur chat sdh tdk bisa diakses krna tokonya sudah diblok. Ga usah bawa2 slogan “terbesar di Asia dan senantiasa berupaya memberikan layanan terbaik, kepuasan pembeli dan penjual selalu menjadi prioritas” blah blah blah kalau msh nahan uang penjual.

    10
    • 21 Juni 2023 - (15:45 WIB)
      Permalink

      Mana bisa nyaman kalo berjualan dalam ketakutan duitnya dimakan sama marketplace? 🤣

    • 24 Juni 2023 - (21:40 WIB)
      Permalink

      Iya kak uang saya gak di bayar juga sampai sekarang , sekarang alasanya berubah lagi

  • 21 Juni 2023 - (00:49 WIB)
    Permalink

    Lazada udh banyak kasus seperti ini toko banyak di nonaktifkan tetapi uang nya di tahan ibarat nya maling dengan gaya kali pemilik toko diam lumayan buat tambahan kan

    • 26 Juni 2023 - (10:41 WIB)
      Permalink

      Saya gak masalah toko di blokir yang jadi masalah kenapa uang nya gak di bayarkan? Padahal itu uang saya

  • 21 Juni 2023 - (02:57 WIB)
    Permalink

    Ya kalau benar fraud harusnya yg di tahan uang terakhir transaksi atau apalah, ngak dijelaskan juga jika uang 7jtanya sudah di teruskan atau tidak, nunggu yg punya toko.

    • 22 Juni 2023 - (10:33 WIB)
      Permalink

      Belum diteruskan kak alasanya saya kirim barang tidak sesuai deskripsi tapi kenapa uang masuk ke saldo saya? Kalo tidak sesuai pasti di komplain dan alasan sebelumnya saya melakukan tindakan anti kompetitif (pesan barang di toko orang dengan niat kasih rating buruk) sekarang beda lagi

      • 26 Juni 2023 - (10:41 WIB)
        Permalink

        Kalo fraud gak mungkin kak karena uang nya udah masuk ke laporan keuangan saya kalo fraud k pembeli apalagi gak bakalan masuk ke saldo toko saya

    • 26 Juni 2023 - (10:39 WIB)
      Permalink

      Uang nya gak dibayar juga kak alasan pelanggaran nya berubah lagi dari yg sebelumnya

  • 21 Juni 2023 - (14:30 WIB)
    Permalink

    Seller pada ke mana nih, apa mingkem setelah keluhannya diselesaikan lzd. Ksh bocoran dong sm seller lain..

    • 22 Juni 2023 - (10:32 WIB)
      Permalink

      Tidak dibayar juga ya kak uang nya , saya capek makanya belum respon. Uang sendiri kaya ngemis

  • 21 Juni 2023 - (15:43 WIB)
    Permalink

    Suka banget pake jawaban template seperti ini? Dan harus ya, menahan uang hasil penjualan yang notabene merupakan keringat dari seller? Harusnya kalo toko ditutup, uang kembalikan dong, jangan dimakan gitu. Ckckck..

    • 26 Juni 2023 - (10:39 WIB)
      Permalink

      Iya kak di email pun jawabannya pakai template yg sama sampai berkali2 ditanya uang nya bagaimana dan bukti apa saja yg buat uang saya gak di bayar dibalas nya pakai template lagi

  • 21 Juni 2023 - (16:20 WIB)
    Permalink

    Mana penjualnya, kok gak nongol?
    Aku tidak tau siapa yang berbohong disini, si seller kah? Atau lazada nya?
    Setauku setiap aplikasi belanja online itu ada “permission” untuk mengakses kontak telepon/email.
    Jadi walaupun bikin akun baru di perangkat/hp lain, selama no hp/email tersebut berkaitan dengan perangkat/hp yang digunakan untuk login akun utama, sistem aplikasi Lazada bisa mendeteksinya.
    Ya jadi klo misalkan mau bikin akun baru buat jelekin rating dagangan kompetitor, bisa ketahuan sama Lazada klo gak hati-hati.
    Ya mungkin saja seller gak tau hal semacam ini.

    Tapi yang jelas, klo misalkan dibawa ke ranah hukum, pasti seller yang kalah.
    Kalian sadar gak, setiap balasan dari Market place apapun untuk permasalahan seperti ini (pemblokiran akun seller), tidak ada barang bukti apapun yang dipaparkan oleh Market Place di MK, tapi hanya berupa pemberitahuan kesalahan apa saja yang dilanggar.
    Karena tujuannya agar ketika seller menempuh jalur hukum, Market place memiliki bukti yang kuat untuk melawannya.

    Tapi kadang kesalahan dari sistem Lazada yang terlalu sensitif, jadi klo setelah seller komplain dan dicek manual oleh orang/operator Lazada dan tetap dinyatakan pelanggaran, ya berarti mereka siap jika seandainya seller menempuh jalur hukum.

    Itulah mengapa ada kasus yang selesai dengan akunnya di kembalikan dan uangnya cair. Dan ada kasus yang seperti ini akun dibekukan dan uangnya gak cair.

    Sekian semoga info receh seperti ini, semoga menambah wawasan. ASL

  • 21 Juni 2023 - (16:32 WIB)
    Permalink

    Hey kemana yang sellernya sudah dikembalikan atau belum?

    Kalau belum/tidak akan dikembalikan alasannya apa?

    Biar yang jualan di lazada tahu juga

  • 22 Juni 2023 - (10:30 WIB)
    Permalink

    Halo teman2 disini saya seller yang ada masalah dengan lazada , disini uang saya tidak bisa dibayar dengan alasan saya melanggar kebijakan dengan mengirim barang berbeda dengan deskripsi padahal sebelumnya saya dituduh nya dengan alasan Anti kompetitif (pesan barang toko lain dengan niat kasih rating buruk) di email saya meminta bukti apa yang tidak sesuai dengan deskripsi tapi tidak dikasih tau yang tidak sesuai itu apa mereka membalas email dengan template yg sama. Sampai sekarang uang saya belum dibayarkan.

  • 19 Desember 2023 - (20:08 WIB)
    Permalink

    Gue rasa si Farid ini tau kalo uangnya dipake sama bos bos nya atau dia sendiri yg pake sama curut2 lazada org tiap Minggu ke luar negri Mulu ini si Farid liat aja di Instagram harus di usut ini

 Apa Komentar Anda mengenai Tanggapan Lazada Indonesia?

Ada 24 komentar sampai saat ini..

Tanggapan Perihal “Dituduh Melakukan Tindakan Anti-Kompetitif ol…

oleh Lazada Indonesia dibaca dalam: 1 menit
24