Email Pribadi Didaftarkan untuk Akun blu by BCA Digital Tanpa Verifikasi dan Validasi

Pada awalnya, saya sebagai pemilik akun email setiawan**@gmail.com tidak sadar bahwa email pribadi telah dicomot oleh salah satu nasabah blu by BCA digital. Saya kira email hanya sebatas ter-subcribe untuk promo/iklan layanan saja, yang tidak terafiliasi langsung pada akun/rekening seseorang di bank.

Sampai dengan pada tanggal 23 Juni 2023, saya ingin membuka akun di aplikasi blu by BCA. Setelah memasukkan email pribadi saya, notifikasi muncul bahwasanya email sudah pernah didaftarkan sebelumnya. Saat itu juga saya cek histori inbox email, ternyata memang benar ada welcome greeting dari blu by BCA atas nama Ag** Setiawan dan email transaksi transfer dari dan ke akun/rekening atas nama Agus Setiawan.

Saya cek kembali apakah ada email verifikasi untuk memvalidasi bahwa memang email yang didaftarkan adalah pemilik akun/rekening. Ternyata tidak ada email verifikasi link untuk memvalidasi bahwa email tersebut memang milik nasabah bernama Agus Setiawan.

Pada tanggal 24 Juni 2023 saya menghubungi call center blu by BCA di 1500668, guna memblokir email tersebut dari akun Agus Setiawan dan akan saya gunakan sendiri untuk mendaftarkan akun/rekening atas nama saya sendiri. Saya mendapatkan nomor pelaporan: BDB8956380950, dengan batas waktu atau due date 3 Juli 2023.

Pada tanggal 27 Juni 2023, saya dihubungi call center 1500668 untuk mengkonfirmasi bahwa jika tim terkait mereka telah berusaha menghubungi Agus Setiawan untuk verifikasi data, akan tetapi belum tersambung dan saya disuruh memakai email lainnya untuk mendaftar akun/rekening atas nama saya sendiri di aplikasi blu by BCA digital.

Saya lalu menjawab dengan tegas, bahwa saya pemilik sah akun email setiawan**@gmail.com keberatan. Nasabah mereka yang ngawur memasukkan email random tanpa adanya verifikasi dan validasi, kok saya yang disuruh mengalah? Seharusnya blu by BCA yang semestinya memproteksi di awal, dengan adanya verifikasi dan validasi akun email sama dengan nomor ponsel yang dikirim OTP, jikalau akun email statusnya sama dengan nomor ponsel.

Pada tanggal 5 Juli 2023, pihak blu by BCA digital menghubungi kembali melalui email untuk memverifikasi bahwa saya memang benar pemilik akun email tersebut. Saya telah merespons email tersebut, segera setelah saya membaca email tersebu.

Sampai dengan 13 Juli 2023, jika ditanya mengenai kelanjutan dari komplain saya tersebut, jawabannya selalu tidak memuaskan. Hanya dijawab masih ditangani oleh tim terkait, tanpa adanya due date atau batas waktu sampai kapan selesainya masalah ini. Jika ditanya kapan due date permasalahan ini bisa teratasi (karena due date awal sudah terlewati), tidak ada jawaban pasti kapan akan selesai. Hanya sebatas masih dalam penanganan pihak terkait.

Lalu saya menanyakan mengenai timeline kira-kira sampai kapan, dijawab itu rahasia perusahaan. Uniknya, masalah saya ini diakui oleh blu by BCA sebagai masalah yang belum pernah ada, sepertinya masih membutuhkan meeting khusus guna menyelesaikan masalah ini.

Saran saya sebagai orang awam dibidang IT dan/atau perbankan, agar para pelaku industri perbankan berbasis IT yang memberikan layanan digital, dapat memverifikasi dan memvalidasi di awal terkait seluruh sarana komunikasi, baik nomor ponsel maupun akun email yang didaftarkan nasabah. Jikalau akun email itu terafiliasi dan/atau merepresentasikan sebuah akun, maka akun email tersebut hendaknya diverifikasi dan divalidasi melalui email link yang dikirimkan. Agar supaya dikemudian hari tidak terjadi masalah pencomotan email atau nasabah memberikan akun email secara random.

Demikian surat pembaca ini saya sampaikan, maaf apabila ada kata yang kurang pas, semoga menjadi perhatian para pihak terkait.

Regards,

Setiawan Hendra
Kab. Kendal, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan blu by BCA Digital atas Surat Bapak Setiawan

Terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan Bapak Setiawan kepada blu by BCA Digital dan mohon maaf atas ketidaknyamanan yang...
Baca Selengkapnya

12 komentar untuk “Email Pribadi Didaftarkan untuk Akun blu by BCA Digital Tanpa Verifikasi dan Validasi

    • 16 Juli 2023 - (14:45 WIB)
      Permalink

      Prihatin atas kendala yang terjadi tapi terima kasih sudah share di sini.
      Bingung deh sekarang bank apa yang aman.

      • 16 Juli 2023 - (23:23 WIB)
        Permalink

        @82
        Bank apapun aman asal tidak terkoneksi ke internet.

        Saya pakai 3 bank.
        Dua bank pakai cara jadul yaitu hanya pakai buku dan teller ketika transaksi.
        Satu bank lagi hanya buku+atm.

        Hacker sampai gundul gak bakal bisa tembus ke sistem jadul. Lha wong setiap validasi transaksi harus orgnya & tandatangan slip transaksi, retina/sidik jari. 😁. Bahkan sekarang pakai difoto segala

        • 17 Juli 2023 - (08:32 WIB)
          Permalink

          Kata sapa? D sby aja bs kebobol tuh. Jaman now apa yg ga bisa?

          Tips aman dr pembobolan adlh ga usa diisi saldo, kan maling nya jg males bobol rek isi 100rb doang wkwk.

      • 18 Juli 2023 - (05:46 WIB)
        Permalink

        Terimakasih . . Alamat email ini sangat penting dan vital sekali . . Jika dikendalikan orang lain . . Wahhh . . Urusannya jadi Runyam . .!??

  • 16 Juli 2023 - (16:53 WIB)
    Permalink

    Kenapa mesti pake blu sedangkan bca reguler sudah enak , dan kalo ada kejadian seperti ini tinggal call center saja pasti kelar .

    • 16 Juli 2023 - (17:02 WIB)
      Permalink

      Ada Free Transfer antarbank 20x dan Free top Dompet digital 10x
      Dan macam macam cashback..misal Qris bca di mcd

  • 16 Juli 2023 - (23:16 WIB)
    Permalink

    Ketika pihak bank sdh memvalidasi email anda seharusnya pihak bank menterminasi nomor rek yg menyalahgunakan email anda.
    Sebesar BCA masa iya sih kerjanya ngawur?

  • 17 Juli 2023 - (10:20 WIB)
    Permalink

    Case seperti ini harusnya sudah usang dari jaman dulu karena saya juga pernah mengalami email saya didaftarkan di sebuah sistem (bukan bank) oleh orang lain tanpa verifikasi. Otot2an juga sih sama CS-nya waktu itu. Untungnya setelah itu sudah diperbaiki untuk proses registrasinya meskipun agak lama

    • 17 Juli 2023 - (19:34 WIB)
      Permalink

      Setuju: harusnya kejadian seperti ini (pencatutan e-mail) sudah tidak boleh terjadi lagi, apalagi terkait grup bank sebesar ini.
      Di lain pihak, heran juga ada orang bikin akun (akun bank pula) pake e-mail catutan, & aktif bertransaksi pula. Apa mungkin ketika daftar lupa alamat e-mail sendiri? Tidak mungkin disengaja daftar akun bank dengan menggunakan e-mail orang kan? Kalau daftar pinjol sih mungkin beda lagi…

      Masih mending bukan akun bank, lah saya aja terima e-billing KK milik orang di Jakarta, padahal saya di Jawa Timur…
      Pernah juga tagihan tlekom orang Tangerang selama ber-bulan2 masuk ke inbox saya.
      Begini2 ini jadi berpikir: ini yang kurang bener perusahaannya atau konsumen ybs.

 Apa Komentar Anda mengenai blu by BCA Digital?

Ada 12 komentar sampai saat ini..

Email Pribadi Didaftarkan untuk Akun blu by BCA Digital Tanpa Verifika…

oleh setiawan dibaca dalam: 2 menit
12