Sudah Bayar Biaya Langganan Untuk Satu Tahun, tapi Masih Ada Tagihan Tiap Bulannya

Saya konsumen MyRepublic yang terbiasa bayar iuran per tahun. Pada bulan Februari 2023, masa aktif saya telah habis dan di akhir bulan Februari saya membayar sebesar Rp3 juta, untuk berlangganan sampai dengan Februari 2024. Namun bulan berikutnya muncul tagihan Rp55 ribu. Saya abaikan, karena saya merasa telah membayar secara penuh.

Pada bulan Juni 2023, layanan internet saya tiba-tiba ditangguhkan (suspend). Saya telepon layanan customer service dan pengaduan MyRepublic sebanyak 3x untuk mencari penyebab dan solusinya. Katanya saya harus membayar selisih sebesar Rp55 ribu selama 4 bulan dengan total Rp220 ribu.

Saya tidak mengerti kenapa ini bisa terjadi, karena sebagai konsumen kami merasa telah membayar penuh sebesar Rp3 juta untuk selama setahun. Karena tidak mau pusing, akhirnya saya bayarkan biaya tambahan sebesar Rp220 ribu, sehingga layanan internet saya aktif kembali.

Ternyata di bulan Juli muncul kembali tagihan sebesar Rp55.000.Ā Muncul kecurigaan saya kalau akhirnya internet saya akan kembali suspend dan harus bayar lagi agar bisa aktif kembali. Secara tidak langsung MyRepublic telah berusaha “merampok” konsumen setianya secara halus, meskipun telah membayar penuh tagihan selama setahun ke depan. Berikut saya lampirkan bukti-buktinya.

Hormat saya,

Hari Prihartono, SH, MM.
Kab. Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Permohonan Maaf MyRepublic untuk Bapak Hari Prihartono

Kepada Yth. Redaksi mediakonsumen.com Terima kasih kepada mediakonsumen.com yang telah menayangkan surat keluhan pembaca Bapak Hari Prihartono pada tanggal 18...
Baca Selengkapnya

29 komentar untuk “Sudah Bayar Biaya Langganan Untuk Satu Tahun, tapi Masih Ada Tagihan Tiap Bulannya

  • 18 Juli 2023 - (08:46 WIB)
    Permalink

    Jatuh tempo 20 Juni dibayar 28 Juni. Jadi 55.500 itu berupa denda bulanan ya jika telat bayar. Tagihan denda Juni yg jatuh tempo besok ini 20 Juli jika telat bayar lagi, maka bulan depan akan muncul lagi tagihan. Memang kamu bayar setahun, tapi melampaui batas jatuh tempo 20 Feb (transaksi tokopedia berhasil di 28 Feb), jadi dikenai denda di Maret-Juni krn kamu abaikan.

    5
    6
    • 18 Juli 2023 - (12:43 WIB)
      Permalink

      make sense. dan penulis tidak menjelaskan biaya apa itu, padahal sudah telp ke cs. ada yg ditutup2in disini.

      2
      1
      • 18 Juli 2023 - (21:50 WIB)
        Permalink

        Saya bayar full satu tahun kedepan via Tokopedia untuk Februari 2023 s/d Februari 2024. Di aplikasi Tokopedia ternyata kurang bayar 50rb (ada perbedaan jumlah dengan di My Republic), sebagai konsumen kita tidak paham perihal hub antara Tokopedia dan My Republic knp bisa selisih harga (saya sendiri baru paham setelah muncul kasus ini). Muncul tagihan late charge 55rb di bln Maret, karena merasa sudah membayar penuh maka saya abaikan chat di WA (saya pengalaman dengan info seperti ini dan CS selalu bilang, “abaikan bila faktanya kita sudah membayar”).
        Di bulan ke-4 internet saya diputus, setelah telp ke CS diminta untuk bayar 220rb (4x biaya late charge). Karena ga mau pusing akhirnya saya bayar dgn harapan ga ada lagi tagihan 55rb ini di bln berikutnya. Ternyata di bulan Juli muncul lagi tagihan 55rb, saya telp CS & solusi akhirnya saya tetap harus bayar. Setelah saya bayar maka saya kirim keluhan ini di mediakonsumen.com dan mgkn akan saya kirim ke berbagai media lainnya bila tidak ada solusi. Sesuai UU Perlindungan Konsumen, kita berhak tau besarnya nominal yg kita bayar dan bila ada selisih karena kesalahan sistem di Tokopedia & My Republic sehingga ada selisih harga, apakah itu menjadi kesalahan konsumen?Di bulan ke 4 dgn berbesar hati saya bayarkan selisih ini tapi saat muncul lagi late charge di bulan berikutnya (bulan juli) maka timbul kekecewaan sebagai pelanggan setia My Republic. Saya sampai bilang ke CS, balikin az uang yg sudah saya bayarkan di bulan Juli 2023 s/d Feb 2024 daripada tiap bulan selalu muncul tagihan late charge. Bila bapak dan ibu di posisi saya, apakah tetap sabar?

        9
        2
      • 19 Juli 2023 - (10:23 WIB)
        Permalink

        Saran tutup aja my republic karena mmg tidak jelas, suka2 dia aja, memang sudah sering ada biaya tidak jelas dan ujung2nya alasan penyesuaian biaya internet.

        • 19 Juli 2023 - (13:14 WIB)
          Permalink

          Iya. Kmrn CS My Republic sudah telpon saya (mungkin Manajer CS), infonya akan diteruskan lagi ke yg lebih berwenang untuk meninjaunya. Perbedaan harga seringnya antara pelanggan baru & pelanggan lama, pelanggan baru dapat harga yg jauh lebih murah makanya banyak praktik yg tidak dibenarkan yg dilakukan oleh oknum tertentu dengan memutus jaringan internet pelanggan lama & buat akun baru agar dapat mendapatkan harga yg lebih murah.

          • 19 Juli 2023 - (14:35 WIB)
            Permalink

            Sudah banyak yang jadi korban, awal ditanya apa sama harganya dan jawaban CSnya ttp sama, tetapi realita seperti anda.kalau saya sih suggest mending tahun depan tutup dan pindah ke provider lain.

            Kalau saya sih pindah2 provider jd tetap dapat harga promo terus

      • 18 Juli 2023 - (21:53 WIB)
        Permalink

        Iya saya sudah bayar full untuk satu tahun kedepan. Niat hati biar ga repot dengan tagihan bulanan yg kadang terlupakan.

    • 18 Juli 2023 - (16:36 WIB)
      Permalink

      Kalau denda keterlambatan kayanya bukan deh, setahu aku pembayaran tagihan pasca bayar yang lewat jatuh tempo itu ketika dibayarkan maka total biaya yang dibayar itu langsung bertambah, sudah termasuk biaya keterlambatan. Karena kan sistemnya online. Soalnya pernah bayar F**** Media yang juga bayar di toko hijau, dan sudah lewat jatuh tempo, ada keterangan biaya keterlambatan, dan harga totalnya sudah lebih mahal (kalau tidak salah sektiar 35rb) ketimbang bayar ontime.
      Kuat dugaan sih, itu selisih harga karena ada kenaikan harga paket dari yang awal berlangganan. Dan sepertinya itu selisih akan terus ada setiap bulan sampai bulan January tahun depan. Seharusnya mah sih, karena penulis bayar full setahun, maka selisih harga itu ya di tanggung provider. Kecuali selisih tsb muncul ketika akan dibayarkan penulis (dibulan Feb), maka mau tidak mau penulis harus bayar untuk lanjut berlangganan atau putus kontrak.

      • 18 Juli 2023 - (18:01 WIB)
        Permalink

        Pelanggan Terhormat,
        Kami informasikan mulai 1 November 2016, akan diberlakukan denda keterlambatan pembayaran sebesar Rp.50.000,- (sebelum pajak) jika Anda melakukan pembayaran setelah tanggal jatuh tempo.
        Denda akan berlaku pada tagihan yang terbit mulai 1 November 2016 dan seterusnya. Mohon lakukan pembayaran tepat waktu untuk menghindari denda keterlambatan dan pemutusan layanan.

        Pajak/VAT 11%, jadi sudah benar di angka 55.500 per bulan dan 222.000 utk 4 bulan sesuai dgn susulan yg dibayarkan TS.

        Saya juga pemakai MyRep, bedanya tagihan saya muncul tiap tgl 10 dan jatuh tempo tgl 16. Tapi ngga pernah telat bayar, manual bayar menit itu juga saat dapat notif SMS. Saat ini sudah dijalankan autodebet KK BCA krn bbrp bulan lalu ada program cashback 225.000 dan CB nya sudah dikreditkan di tagihan bulan ini.

        Tidak mau kena denda, ya jangan sepelekan masalah jatuh tempo… Krn biasanya ada sanksi denda/blokir dan sejenisnya.

        1
        6
        • 19 Juli 2023 - (06:42 WIB)
          Permalink

          Pelanggan sudah membayar full 1 tahun.. Brrati bebas denda selama 1 thn… Semoga pihak Bersangkutan bisa klarifikasi sesuai dengan aturan yang berlaku dan uu konsumen

      • 18 Juli 2023 - (21:57 WIB)
        Permalink

        Ini bkn pasca bayar tapi pra bayar. Saya bayar full satu tahun ke depan dari Februari 2023 s/d Feb 2024. Secara keperdataan maka kontrak saya terhenti setelah Feb 2024 dan provider tidak berhak memutus sepihak sebelum berakhirnya perjanjian.

    • 18 Juli 2023 - (21:47 WIB)
      Permalink

      Saya bayar full satu tahun kedepan via Tokopedia untuk Februari 2023 s/d Februari 2024. Di aplikasi Tokopedia ternyata kurang bayar 50rb (ada perbedaan jumlah dengan di My Republic), sebagai konsumen kita tidak paham perihal hub antara Tokopedia dan My Republic knp bisa selisih harga (saya sendiri baru paham setelah muncul kasus ini). Muncul tagihan late charge 55rb di bln Maret, karena merasa sudah membayar penuh maka saya abaikan chat di WA (saya pengalaman dengan info seperti ini dan CS selalu bilang, “abaikan bila faktanya kita sudah membayar”).
      Di bulan ke-4 internet saya diputus, setelah telp ke CS diminta untuk bayar 220rb (4x biaya late charge). Karena ga mau pusing akhirnya saya bayar dgn harapan ga ada lagi tagihan 55rb ini di bln berikutnya. Ternyata di bulan Juli muncul lagi tagihan 55rb, saya telp CS & solusi akhirnya saya tetap harus bayar. Setelah saya bayar maka saya kirim keluhan ini di mediakonsumen.com dan mgkn akan saya kirim ke berbagai media lainnya bila tidak ada solusi. Sesuai UU Perlindungan Konsumen, kita berhak tau besarnya nominal yg kita bayar dan bila ada selisih karena kesalahan sistem di Tokopedia & My Republic sehingga ada selisih harga, apakah itu menjadi kesalahan konsumen?Di bulan ke 4 dgn berbesar hati saya bayarkan selisih ini tapi saat muncul lagi late charge di bulan berikutnya (bulan juli) maka timbul kekecewaan sebagai pelanggan setia My Republic. Saya sampai bilang ke CS, balikin az uang yg sudah saya bayarkan di bulan Juli 2022 s/d Feb 2024 daripada tiap bulan selalu muncul tagihan late charge. Bila bapak dan ibu di posisi saya, apakah tetap sabar?

      • 18 Juli 2023 - (22:04 WIB)
        Permalink

        Nah anda tau itu kena late charge. Ditranslate ke indo apa artinya?
        Anda orang hukum masa ngga tau perihal jatuh tempo dan konsekwensi nya jika bayar melewati tempo? Jangan bayar setelah tanggal yg ditentukan jika tidak mau dikenai “late charge”. Rincian tagihan secara detail ada dikirimkan via email dalam bentuk PDF. Di Juli ini late charge 55.500 jatuh tempo tgl 20 (2 hari) lagi. Kalau masih ngotot ngga mau bayar sblm tgl yg ditentukan, nanti Agustus jg kena lg. Ya terserah anda kalo mau beramal bayar late charge tiap bulan, saya hanya berusaha mengingatkan anda…

        1
        5
        • 19 Juli 2023 - (12:55 WIB)
          Permalink

          IWEN kayanya perwakilan dari My Republic?
          Saya sudah bayar full (LUNAS) sampai Februari 2024 tapi kamu masih bahas, “kalo ga mau kena late charge di bulan JULI 2023 yah jangan telat bayarnya”.
          Dipahami dulu pokok permasalahannya baru kita diskusi, ga perlu tanya arti “late charge” apalagi bawa2 titel saya. Munculkan identitas aslinya Om IWEN, biar semua pembaca bisa obyektif menilainya. Nama & identitas saya jelas, bisa “Googling” juga, banyak pemberitaan tentang saya kl masih belum jelas.

          1
          1
        • 19 Juli 2023 - (22:43 WIB)
          Permalink

          Itu dia lgsg bayar 1 tahun, bkn bulanan. Anda paham ga? Masa iya kalo kena late charge tiap bln, pdhl bayarnya tiap tahun.

    • 18 Juli 2023 - (22:09 WIB)
      Permalink

      Payment di Tokopedia otomatis, bukan isi manual. Saat ada selisih harga antara di aplikasi Tokopedia dan Sistem di My Republic apakah kesalahan konsumen?saya bayar sesuai dgn yg tertera di aplikasi tokopedia. Coba obyektif, km bayar via marketplace (LUNAS), ternyata bln depannya km selalu ditagih selisih kekurangannya. Sebagai orang awam km ga paham kenapa bisa ada selisih antara Tokopedia dan My Republic tapi tetap km bayarkan karena CS bilang bahwa masalah telah selesai bila dibayarkan akumulasi dendanya (55rb x 4 bulan). Ternyata setelah saya bayar 220rb, di bulan berikutnya tertagih kembali late chargenya. Kl soal late charge dan emang kesalahan konsumen pastinya kita bayar dgn senang hati tapi bila penyebab late chargenya karena tidak singkronnya data di billing di My Republic & Tokopedia apakah itu kesalahan konsumen?apakah kita akan paham bila ada selisih?

      3
      1
  • 18 Juli 2023 - (17:50 WIB)
    Permalink

    biaya 3 juta itu didapat darimana ya? apa berdasarkan pembayaran tahun lalu? karena promo pembayaran setiap tahun bisa berbeda beda. Saya juga memakai my republic dan bayar setahun. Saat saya ingin memperpanjang dan ke kantor my republic, ternyata harga dan promo sudah berbeda. akhirnya saya memutuskan bayar bulanan.

  • 18 Juli 2023 - (22:12 WIB)
    Permalink

    Itu iuran untuk berlangganan selama satu tahun kedepan. Kl ga salah promo bayar 9 bulan gratis 3 bulan. Pastinya kita sudah komunikasi dgn My Republic sebelum payment, apalagi untuk setahun kedepan. Saya user my Republic udah lebih dari 3 tahun dan selalu bayar full untuk setahun kedepan biar ga ribet bayar bulanan (takut lupa bayar).

    2
    3
  • 19 Juli 2023 - (17:59 WIB)
    Permalink

    Pelanggan membayar sesuai dengan tagihan yang muncul di Tokopedia. Tagihan untuk pembayaran 12 bulan dibayar diawal.
    Pembayaran untuk februari 2023 sampai dengan Januari 2024.
    Jika ada harga diluar dari yang tertera di Tokopedia ya itu harusnya menjadi tanggungjawab pihak MyRepublic dan Tokopedia, krn pelanggan sudah memenuhi kewajibannya..

    • 19 Juli 2023 - (21:22 WIB)
      Permalink

      Secara teori hukum, bahkan bila ada selisih harga antara di tag dan di kasir maka yg dibayarkan pembeli adalah harga termurah, yg paling menguntungkan konsumen.

      2
      1
  • 19 Juli 2023 - (20:36 WIB)
    Permalink

    itu mah kblinger itungĀ²an nya atuh….
    Kudu sekolah lagi bagian akunting nya atau mungkin yg bikin system nya.
    Seandainya ada denda krn keterlambatan base on iuran/tagihan langganan per thn sebesar 55.500, kemudian jika byr denda yg 55.500 tsb juga telat, maka biaya keterlambatan/denda selanjutnya base on 55.500 donk, bukan lg dari yg tagihan/iuran tahunan, kan yg selanjutnya telat bukan lagi base on yg tagihan/iuran tahunan, tapi telat bayar ‘denda’ nya.
    Kecuali jika iuran tahunan nya terlambat/nunggak sampai saat ini ya masuk akal 55.500 dikalikan bulan berjalan sampai tagihan bulanan iti dilunasi, itupun dengan catatan : layanan internet tetap jalan, kalau diputus sih lucu juga harus bayar denda…šŸ˜‚

    • 19 Juli 2023 - (21:30 WIB)
      Permalink

      Ini benar, seburuk2nya yg paling logis adalah konsumen membayarkan 1x late charge.. yaitu saat jatuh tempo di 20 Februari 2023 tapi dibayarkan tgl 28 Februari 2023 (dibayarkan selama satu tahun sampai Februari 2024).
      Saat saya membayar di aplikasi Tokopedia pada 28 Februari 2023, harusnya sudah include dengan denda selama 8 hari). Bila terdapat selisih artinya singkronisasi data di Tokopedia & My Republic tidak bagus & ini bukanlah menjadi kesalahan konsumen. Yg membuat saya bete, tagihan late charge ini berulang hingga 5x dan bahkan mgkn saja sampai dengan berakhirnya masa langganan saya, yaitu di Februari 2024. Kl gitu sama az kaya bayar bulanan tapi tiap bulan telat terus. Hal ini yg jadi dasar keluhan saya.

      1
      1
  • 22 Juli 2023 - (13:01 WIB)
    Permalink

    https://mediakonsumen.com/2023/07/22/tanggapan/permohonan-maaf-myrepublic-untuk-bapak-hari-prihartono

    Ini terbalik, pihak My Republic saat telp tidak menjelaskan kronologinya hanya menyampaikan permohonan maaf & saya yg menjelaskan kronologinya. Di telpon saya sampaikan, “bila memang denda berjalan itu bukan merupakan hak My Republic tlg kembalikan kepada konsumen & dijawab, “baik Pak akan saya teruskan ke bagian yg berhak menanganinya”. Perbedaan billing statement di sistem My Republic & di billing payment Tokopedia bukan merupakan kesalahan konsumen. Saat konsumen sudah membayar penuh di Tokopedia maka secara otomatis konsumen/orang awam menganggap bahwa semua iuran sudah LUNAS & bila terdapat selisih maka sepenuhnya itu menjadi resiko My Republic, bukan dibebankan kepada konsumen. Sebaiknya My Republic memperbaiki sistem sinkronisasi data bila ingin bekerjasama dengan pihak ketiga dalam hal pembayarannya, percuma menjadi mudah bila akhirnya hanya akan merugikan konsumen & merusak citra My Republic di mata publik.
    Demikian tanggapan saya atas permohonan maaf pihak My Republic yg dikirim melalui Redaksi MediaKonsumen.com.

    – Terima kasih –

    • 22 Juli 2023 - (20:02 WIB)
      Permalink

      Kok GJ ya cuma jelasin denda..denda doank…
      Coba tanyakan, kalau di bulan maret muncul denda sekian persen dari tagihan pokok sejumlah 55rb sekian.
      Lalu di bulan april dst denda nya itung berdasarkan nilai yg mana, karena tagihan pokok (langganan tahunan) sdh terbayarkan di tgl 28 feb, (berarti kan denda bln maret sih valid, diluar mslh data yg ga sinkron antara toped dan my rep), artinya keterlambatan di bulan april dst nya itu terlambay bayar denda bulan maret 55rb sekian, bukan lagi dari 3jt sekian, wong yg 3jt sekian sdh terbayar kok di tgl 28 feb. Aneh kalau di bulan april masih didenda dari nilai tsb.šŸ˜‡
      Spt nya kudu sekolah lagi deh bagian akunting nya šŸ˜‚

    • 22 Juli 2023 - (20:25 WIB)
      Permalink

      Jika denda yg 55.500 bukan dari persentase dari tagihan pokok (flat 50.000 + 11 = 55.500), masa denda keterlambatan ‘bayar’ denda juga sama sejumlah itu…. Kek rampok dan aji mumpung itu mah atuh… šŸ˜…

 Apa Komentar Anda mengenai MyRepublic?

Ada 29 komentar sampai saat ini..

Sudah Bayar Biaya Langganan Untuk Satu Tahun, tapi Masih Ada Tagihan Tā€¦

oleh Hari Prihartono dibaca dalam: 1 menit
29