Pengembalian Produk Blibli.com Ditolak Tanpa Alasan yang Jelas

Saya telah melakukan pembelian sepatu Adidas di Blibli.com, dengan nomor pesanan: 12134430529. Sayangnya, setelah menerima produk tersebut, saya menyadari bahwa sepatu tersebut terlalu kecil dan tidak cocok untuk saya. Oleh karena itu, saya mengajukan pengembalian produk dengan nomor retur :RMA694558. Namun dengan sangat mengejutkan, proses pengembalian tersebut langsung dibatalkan oleh pihak Blibli.com, dengan alasan yang tidak jelas.

Harus diinformasikan, bahwa produk yang saya kembalikan masih dalam perjalanan menuju gudang Blibli.com dan belum dicek oleh pihak mereka sama sekali. Saya mengerti bahwa syarat dan ketentuan pengembalian produk di Blibli.com menyatakan bahwa semua alasan pengembalian diterima, termasuk alasan berubah pikiran. Lebih lagi, dalam kasus saya yang hanya bermaksud mengembalikan sepatu karena ukurannya yang kekecilan, semestinya menjadi hal yang sangat layak untuk mendapatkan pengembalian.

Saya telah mengajukan komplain melalui email dan juga telah menghubungi call center, namun sayangnya customer service tidak dapat memberikan bantuan dan informasi yang jelas, karena keputusan tersebut dikendalikan oleh pihak manajemen tanpa penjelasan lebih lanjut.

Mohon kepada pihak manajemen Bibli.com agar dapat menindaklanjuti pengembalian produk saya. Karena produk tersebut harganya jutaan, tapi tidak bisa dipakai karena kekecilan. Serta dapat menjelaskan alasan penolakan atas pengembalian produk. Karena berdasarkan syarat pengembalian produk tersebut adalah “all reason“.

Terima kasih.

Rudy Kusumo
Kisaran, Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Pengembalian Produk Blibli.com Ditolak Tanpa Alasan yang Jelas”

Menanggapi surat keluhan terkait retur sepatu yang dikirimkan oleh Bapak Rudy Kusumo, yang diunggah di halaman Media Konsumen pada 24...
Baca Selengkapnya

9 komentar untuk “Pengembalian Produk Blibli.com Ditolak Tanpa Alasan yang Jelas

  • 24 Juli 2023 - (19:25 WIB)
    Permalink

    Karena tidak ada perincian, mungkin ketentuan “Size too big or too small” berlaku jika ukuran tidak sesuai dengan pesanan. Artinya jika anda pesan ukuran 40 dan yang datang ukuran 41 maka masuk kategori diatas. Mungkin jika pakai alasan “berubah pikiran” prosesnya lebih sederhana. Semoga masalahnya segera teratasi.

    • 25 Juli 2023 - (07:59 WIB)
      Permalink

      saya beli kan baca s&k nya all reason, ya beli aja , ternyata kekecilan, padahal saya minta retur dan kalo nga bisa retur tukar size, tetapi ditolak.

      1
      2
  • 25 Juli 2023 - (05:16 WIB)
    Permalink

    Mungkin alasan anda kurang, terlalu kecil tanpa melampirkan bukti apakah benar kekecilan, risiko beli barang online yg size2 begini terutama sepatu ukurannya tidak standar, walau sudah standar euro atau apapun tetap aja saat sampai koq kecil.

    • 25 Juli 2023 - (08:02 WIB)
      Permalink

      baca aja bro syarat pengembalian produk tersebut adalah all reason atau alasan apapun, bahkan jika kita berubah pikiran pun boleh dikembalikan , asalkan tidak lebih dari 15 hari.
      nah ini blm ada 1×24 jam sudah saya kembalikan.

  • 25 Juli 2023 - (13:38 WIB)
    Permalink

    Memang sepertinya skr ini apabila konsumen mengembalikan barang, apalagai return itu tidak serta merta bakalan di setujui, padahal return policinya jelas.
    Pengalaman yang sama persis terjadi dibulan Juni waktu beli sepatu N*** di Bl****. Beli size 40, ternyata kecil banget, minta tukar ke size 41, TIDAK BISA, jadinya di refund. Eh, malahan harus debat kusir dgn cs-nya, katanya sepatu kotor, padahal yang dicoba cuma sebelah kanan, tapi bagian bawah sepatu ada bekas hitam untuk kiri & kanan. Entah siapa yang ngotorin coba. Return di tolak, dan melakukan banding, dan akhirnya di setujui. Padahal bbrp bulan sebelumnya beli sepatu N*** jg, beda model, di Za****, dari size 41 (kebesaran) bisa dgn mudah minta tukar ke size 40 tanpa kendala.
    Lalu membeli produk elektronik juga di Bl****, dan produk tsb jelas-jelas tidak berfungsi dgn semestinya, minta return saja, karena beli barang baru masa sudah rusak (dan semua beli di official store Bl****/ official merk tsb) – penanganan barang sampai 1 bulan lebih, 2x bolak balik ke store official yang menjual produk tsb untuk dilakukan pengecekan karena cs nya tidak paham kendala kerusakan yang dikeluhkan. Entah, akhirnya dibetulkan atau bagaimana, permintaan return ditolak, karena katanya produk normal. Barang sudah diterima kembali, dan masih dalam box dan packing kayunya, sudah mau sebulan belum aku buka (unboxing) lagi, males buat ngeceknya jg. Kalo nanti pas di cek, ternyata rusak, mau langsung dibawa ke service center, lalu minta bukti kerusakan, lalu mau aku blow-up di MK jg biar yang belanja sedikit wanti-wanti, karena sekarang proses klaimnya jauh lebih rumit dari yang dulu aku kenal.

    • 25 Juli 2023 - (17:34 WIB)
      Permalink

      lebih parah punya gw bro, blm 1x 24jam gw retur, begitu barang drop masuk ke jne, 15 menit kemudian dapat email bahwa retur ditolak, padahal barang posisi masih digudang jne.
      blibli emang asli parah banget, kalo nga berubah bakalan bangkrut kayak jd.id deh.

      mending beli barang fashion di zalora, nga cocok tinggal retur, dana direfund tanpa ada pertanyaaan apapun.

    • 25 Juli 2023 - (17:37 WIB)
      Permalink

      ini gw bow up jg karena ditantang oleh cs nya, katanya udah keputusan management , mau publikasi ke media silahkan, makanya saya ladeni, ini jg udah kirim ke detik dan kompas, cuma 2 media itu payah terbitnya

  • 26 Juli 2023 - (12:56 WIB)
    Permalink

    update terbaru dapat telp dari pihak blibli, masih menunggu cek produk retur nya .
    sepertinya blibli sedang mencari cari kesalahan, tanya label kiriman dan minta video unboxing. saya sudah menjelaskan saya retur karena kekecilan, bukan komplain karena kekurangan atau cacat produksi/ rusak, sehingga nga perlu pembuktian unboxing.
    padahal label kiriman ya ada dikotaknya, karena saya kembalikan sepatu tersebut menggunakan kotak dari blibli nya jg.

  • 27 Juli 2023 - (16:26 WIB)
    Permalink

    update : nga ada tindak lanjut lg dari pihak blibli.com
    asli benaran kacau ini blibli

 Apa Komentar Anda mengenai Blibli.com?

Ada 9 komentar sampai saat ini..

Pengembalian Produk Blibli.com Ditolak Tanpa Alasan yang Jelas

oleh Rudy K dibaca dalam: 1 menit
9