Paket COD Tidak Diantar ke Alamat Pengiriman, OTW Retur

Halo, perkenalkan nama saya Riky. Saya seller di Shopee, yang mengalami masalah keterlambatan pengiriman paket oleh ekspedisi pengiriman J&T. Pada tanggal 7 Juli 2023, saya mendapat orderan COD melalui J&T, dengan nomor resi: JP1439170878. Yang mana paket dikirim dari Palembang menuju Aceh, dengan estimasi waktu maksimal 7 hari.

Namun paket saya tiba-tiba mengalami keterlambatan pengiriman, yang mana status pengiriman tidak update. Kemudian saya mencoba menghubungi pihak J&T di nomor kontak 08218066188, untuk menanyakan status paket saya. Alhasil, C J&T menyampaikan bahwa saya harus menunggu hingga batas waktu pengiriman tanggal 21 Juli 2023, karena perjalanan menggunakan jalur laut (kapal laut).

Sesampainya batas waktu pengiriman, saya mencoba menghubungi kembali, tepatnya tanggal 24 Juli 2023. Hingga akhirnya perjalanan paket saya update dan tiba di kota alamat penerima. Permasalahan kembali muncul saat tiba di kancab J&T Sinabang. Paket mengalami keterlambatan pengiriman, yang mana paket tidak diantar oleh kurir, melainkan tertahan di kantor.

Pihak kurir ekspedisi J&T a.n. Ah*** Fa*** tidak melakukan pengiriman paket yang seharusnya diantarkan ke alamat penerima, melainkan hanya menghubungi penerima melalui chat WA dan tidak mendapat respons. Hal ini berulang sampai 3 hari, tepatnya tanggal 27 Juli 2023, paket tetap tidak diantar ke alamat penerima.

Menariknya (dengan belagunya), kurir tersebut mengatakan bahwa paket akan diretur tanpa ada upaya untuk mencoba mengantarkan paket ke alamat penerima. Melalui surat ini, saya mohon kepada pihak J&T untuk mengklarifikasi, bagaimana prosedur pengiriman paket yang baik dan benar? Sebab hal ini jelas merugikan saya sebagai seller.

FYI hal ini bukan pertama kalinya, melainkan sudah kali kelima (orderan berbeda) yang mengalami hal yang serupa, yakni paket diretur.

Hormat saya,

Rizky Januarsyah
Banyuasin, Sumatera Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

72 komentar untuk “Paket COD Tidak Diantar ke Alamat Pengiriman, OTW Retur

    • 29 Juli 2023 - (13:09 WIB)
      Permalink

      Tidak hanya kurang profesional melainkan kurang ajar. Belagu main otw return

      8
      5
      • 29 Juli 2023 - (13:38 WIB)
        Permalink

        Ya betul’lah harus diretur ngapain juga jika tidak ada respon sama sekali dari konsumen,, bisa jadi itu orderan fiktif..

        Ingat banyak kejadian kek gitu…

        15
        6
        • 29 Juli 2023 - (14:09 WIB)
          Permalink

          Terkait order fiktif ini kembali lagi ke konsekuensi kurir dan seller. Cuma konteks disini pihak ekspedisi tidak amanah tidak mau mengantarkan paket. Padahal tujuan barang dikirim untuk diantarkan.

          Ingat pahami dulu konteks. Baca lagi lah

          10
          2
          • 29 Juli 2023 - (14:14 WIB)
            Permalink

            Ingat …. Pendapatan ekspedisi itu ada kontribusi konsumen yang menggunakan jasa pengiriman.

      • 29 Juli 2023 - (17:48 WIB)
        Permalink

        Kamu kayaknya penjual baru di SHOPEE yaa,,,??? Baru dapat 1 pesanan gitu aja sudah nulis artikel keluhan dan menyalahkan pihak jasa kirim, kurir sudah hafal dan setiap hari kerjaan dia anter paket, gak perlu diajarin pakai suruh teriak, yang salah itu memang pembelinya kebanyakan menolak paket COD, di status pengiriman sudah jelas ada informasi, banyak seller shopee yang dapat paket return, ada puluhan tiap hari, kalau mau gak mau ambil resiko cod tinggal di nonaktifkan jasa pengiriman cod di SHOPEE kamu beres, jangan menyalahkan pihak kurir, kurir hanya bertugas mengantarkan paketnya, YANG SALAH PEMBELI YANG MAIN MAIN ORDER COD!!! kami itu penjual tapi o’on.

        8
        8
        • 29 Juli 2023 - (20:05 WIB)
          Permalink

          Di telpon juga gak jawab. Lu kurirnya???

          Kerja yang benar, model seperti lo ini gak akan lama.

          Buktinya paket saya baru dianter ketika berita beredar. Jadi sudahlah orang juga banyak ngeluh terkait ekspedisi Lu J&T. Gak bermutu, ekspedisi paling buruk ya ekspedisi ini. Khususnya di Aceh Sinabang. Nantikan saja artikel lanjutkan saya terkait penyelesaiannya, bahwa paket tetap diretur dan pihak pengirim baru melakukan pengiriman ketika berita diterbitkan dimedia konsumen.

          Aku udah banyak pengiriman dari J& T bahkan parahnya pembeli diminta ambil sendiri di kantor karena paket ini COD. Jadi sudahlah keburukan klian sudah paham. Bahwa paket COD tidak diantar J&T.

          Yang salah benar pembeli, kamu itu banci cuma berani di komen doang. Lu kan ada nomor kontak saya tinggal senggol mas bro ….. Jagan kayak banci

          3
          6
          • 29 Juli 2023 - (23:04 WIB)
            Permalink

            Keliatannya dia itu kurir, so watak membela sejenisnya.

            3
            1
        • 29 Juli 2023 - (23:03 WIB)
          Permalink

          Heran x ama loe, situ sehat kagak? Kurir itu tugasnya apa? Chatting doank? Keliatan banget kualitas anda

          1
          1
          • 30 Juli 2023 - (09:18 WIB)
            Permalink

            gk nyambung bg, apa sekarang tugas kurir berubah jadi penjaga paket di hub biar penerima yg ambil ? coba deh buka itu kamus bahasa indonesia pengertian kurir

            Arti kurir (paket) di KBBI adalah: utusan yang menyampaikan sesuatu (paket) yang penting dengan cepat.

            1
            1
          • 30 Juli 2023 - (09:31 WIB)
            Permalink

            @ Indro makanya saya sebutkan tujuan dari pengiriman minta di antarkan ke alamat penerima bukan di tahan dikantor terus konfirmasi, kalau tidak ada respon dari pembeli otw retur seperti yang kebanyakan terjadi di J&T saat ini. Ini jelas tidak amanah. Sistem J&T udah KACAU!!!

          • 30 Juli 2023 - (09:34 WIB)
            Permalink

            @ Felix itu orang yang bernama Muhammad mencoba mencari pembenaran dengan memutar balikkan fakta tanpa sadar terjebak dalam narasi sendiri. Ya gitulah bang namanya juga orang dalam J&T, paket COD tidak diantar J&T. 😂

        • 30 Juli 2023 - (00:13 WIB)
          Permalink

          Kurir sekarang pada lemah🤭 jangan kan COD yang pembayaran shopeepay aja nelpon mulu kaya tamu + tungguin ga tau alamat nya kan *****, di kira gua pengangguran suruh nungguin dia? Tinggal masuk buka pager taro di depan pintu. Kurir sekarang banyak yang kurang etika faktor kebanyakan pemakai obat dan slot, orang ga bales WA dan telpon dan chat bilang masih tidur kah jam segini? Udah di kasih note patokan rt rw no jelas, di suruh langsung masuk taro depan pintu, bisa nanya ke orang alamat saya jelas dan patokan nya belakang rumah rt, cuma ada 2 rumah di belakang rumah rt paling ujung . Males amat nanya ke orang, Kurir sekarang ga punya mulut atau kebanyakan doping🤣 sekali ketemu kurirnya mata beler, ngomong ngelantur 🤣

          2
          1
        • 30 Juli 2023 - (09:00 WIB)
          Permalink

          @Muhammad Ente itu nyalahin penjual, agar ga usah nulis di MK, MK aja ga nolak buat di-posting. Ente permasalahan pembeli. Pembeli punya hak pake COD. Ente bilang tugas kurir itu banyak, kalo sedikit artinya udah mau bangkrut. Mending loe ngopi dulu baru baca.

        • 2 Agustus 2023 - (10:25 WIB)
          Permalink

          Maaf gw pernah ketemu jnt paket tolakan cod di kererangan udah nyampe di cabang saya ngirim selang 2 hari ambil kesana karyawan nya ga nyari suruh saya tunggu chat wa dri mereka 3 hari kemudian dpt chat katanya paket sudah di sana suruh ambil 2 hari kemudian gw baru kesana ambil sudah tunjukin no resi(kebetulan ga bawa hp yg di chat wa) karyawan tetap ga mau nyariin dan bilang ga bisa klo hanya tunjukin no resi harus tunjukin bukti chat wa,,jadi saya sudah kesana ampe 3 kali ga bisa ambil walau sudah menunjukan no resi,,akhirnya komplain ke shopee kata pihak shopee sudah tidak bisa klaim karena sudah melewati batas waktu,,padahal yg bikin lewat batas waktu pihak jnt akhirnya nyerah ambil paket,,ud lapor ke jnt percuma ga ada tanggapan,,,

      • 29 Juli 2023 - (20:23 WIB)
        Permalink

        Jnt jangan lo tanya. Ane paket COD jnt terlalu banyak rektur persentase gagal nya beda ma cepat ma Shopee express dan JNE. Ada masalah di jnt. Seenak udel main COD tidak di Terima. Padahal kirim aja kaga

      • 30 Juli 2023 - (23:14 WIB)
        Permalink

        semua ekspedisi sama, itu kurirnya aja yg pemalas, emangnya kalo malas, dapat bayaran, tapi kalo udah jiwa” pemalas tetap aja pemalas, harusnya itu anter ke alamat tujuan, oke , misalkan dari gudang chat dulu si penerima, misalkan tidak ada respon di via chat wa tetap harus di antar ke alamat penerima,.

        udh ga heran bos, dengan kurir pemalas, datang kaga nelpon kaga wa juga kaga, status paketnya percobaan pengiriman gagal,.
        kalo saya pribadi jarang pake cod bos,.

        paket lama terkirim sampai estimasi habis,langsung saya laporkan ke market place dan saya complain di media sosial ekspedisi biar kapok tuh kurir

  • 29 Juli 2023 - (13:05 WIB)
    Permalink

    Saya sih gitu juga kalo jadi kurir.
    Pasti ada yg respon baru anter, jauh2 anter kagak ada orang, kagak ada yg bayar.

    10
    5
    • 29 Juli 2023 - (13:12 WIB)
      Permalink

      Ekspedisi lain tidak perlu konfirmasi, ini hanya akal bulus picik kurir J&T saya sudah 5 Orderan seperti ini masing-masing konfirmasi pembeli dulu baru di anterin tidak ada usaha untuk mengantarkan terlebih dahulu ke alamat penerima, bila tidak bertemu yang bersangkutan kan bisa sama keluarga baru nantinya keluarga konfirmasi ke yang bersangkutan kan gini cara kerja yang benar. Pembeli sekarang sudah cerdas ekspedisi J&T aja yang belagu.

      5
      12
      • 29 Juli 2023 - (13:23 WIB)
        Permalink

        Setidaknya ada usaha untuk mengantarkan ke alamat penerima sesuai dengan tujuan pengiriman untuk di antarkan ke alamat penerima. Urusan tidak bertemu dan tidak dibayar ini merupakan konsekuensi kurir dan seller kan gitu.

        1
        11
      • 29 Juli 2023 - (22:51 WIB)
        Permalink

        Sudah Lah … Harus saling Pengertian dan Harus Saling Paham Sahabat2ku….intinya Pedagang dan expedisi itu sebenar sudah masuk dalam Permainan Marketplace. Kasian semua di Tekan mereka karna Mereka berkuasa. Expedisi sekarang itu bayaran nya Sangat MURAH dari Marketplace dan Pasti berimbas ke Kurir2 nya gaji nya Pasti Asal2an juga. Kasian kerja cape tapi ga imbang sama penghasilan, jadi wajarlah kalau mereka pada malas2an Juga. Semenjak Ada Gratis Ongkir dan COD Semua hancur, khususnya buat Pedagang dan Expedisi…Potongan Admin naik Terus mencekek Leher itu semua Penyebabnya sekarang ini Expedisi Tidak Ada yg Proporsional dalam Bekerja. Karena semua Perputaran Uang di keruk paling banyak sama Marketplace. Semua Pedagang di Anjurkan berlomba2 Banting HARGA serendah2 nya. Sedang Potongan di naikkan Terus. Jujur Saya juga Penjual, Tapi dari Awal Saya berjualan di Marketplace, Saya Tidak Pernah ikut yang namanya COD. Tapi Penjualan yah Lumayan ga sepi juga. Karena COD itu Lebih banyak Masalah nya bagi Saya.

    • 29 Juli 2023 - (17:51 WIB)
      Permalink

      Sama saya juga ojol pernah ngantar paket ternyata penerima gak ada di rumah disuruh digantung dipintu.
      Cuman resiko hilang driver yang tanggung.

    • 30 Juli 2023 - (09:04 WIB)
      Permalink

      @menang emang ente ga baca isi tulisan? Emang sipenerima selalu musti ngasih uang ngopi buat ente? Kualitas murahan.

    • 30 Juli 2023 - (23:22 WIB)
      Permalink

      jauh nganter emang nganter cuma 1 paket doang bro,. datang dulu ke alamat penerima, ada atau tidak itu urusan nanti, supaya ga kena komplain, kasihan seller bro paket di return, yg nanggung ongkir siapa?? makanya jgn seenaknya, makanya seller emosi itu wajar kalo paket asal direturn, coba jelaskan bos, SOP return paket bagaimana??

  • 29 Juli 2023 - (14:58 WIB)
    Permalink

    🙏 maaf hanya urun rembuk
    😊 Melihat kejadian kejadian di yutub kurir di ancam paket di Sandra
    👍 Mungkin SOP expedisi menghubungi customer lebih dulu bisa jadi alternatif solusi

    • 29 Juli 2023 - (15:17 WIB)
      Permalink

      Maaf 🙏 saya paham maksud anda, langkah ekspedisi untuk konfirmasi pihak pembeli saya sangat setuju. Tapi perlu di follow up langkah selanjutnya jika tidak bisa dihubungi maka alternatif lainnya ialah mengantarkan ke alamat yang tertera. Untuk kejadian di YT itu alasan klise mas bro aja. Sekarang sudah canggih apa2 mudah viral bahkan dalam hal perkara ini di Aceh, dimana hukum adat sangat berlaku. Intinya tidak amanah.

      Saya mau melampirkan jejak pengiriman shopee disini tidak bisa, disitu tertulis kalau pengiriman gagal dan sudah reschedule. Artinya disini antara pihak kurir dan pembeli ada komunikasi, kecuali akalan picik buruk ekspedisi yang membuat akal-akalan pada laporan pengiriman.

      Dan tepat di pukul 13.45 WIB, tadi laporan menerangkan kalau paket ditolak pembeli artinya disini antara kurir dan pembeli juga terlibat komunikasi kecuali kembali lagi akal buruk permainan ekspedisi yang tidak amanah.

      Jadi sudahlah gak perlu banyak dramalah kecuali anda orang dalam J&T.

      Intinya tidak amanah dan MENGECEWAKAN!!!

      1
      8
      • 29 Juli 2023 - (15:31 WIB)
        Permalink

        Yaa Monggo sak kerso panjenengan 🙏
        Saya bukan orang dalam saya orang luar dan biasa di luar
        Saya ojek online juga driver rental 🙏
        Saya punya teman seler Shopee Tokopedia kecil kecilan juga punya teman kurir jnt wahana si cepat PT. Pos polisi TNI pengacara pengangguran okkeh laa pokoknya ☺️ seng penting sabar dan cari solusi terbaik 👍 salam Indonesia kuat maju lebih cepat.

        4
        1
      • 30 Juli 2023 - (09:07 WIB)
        Permalink

        @rizky Januar yang bilang gagal si expedisi yang bilang reschedule juga expedisi, Artinya karyawan expedisi merangkap kurir. Karena ga dienterin kan.

      • 30 Juli 2023 - (23:24 WIB)
        Permalink

        coba aja bos minta bukti chat wa atau telpon dari kurir ke si penerima, bener ga tidak ada respon nya dari buyer

  • 29 Juli 2023 - (15:39 WIB)
    Permalink

    Pihak JnT harus segera turun tangan langsung SIDAK jangan sampai ulah segelintir orang nama perusahaan di pertaruhkan

    3
    1
    • 29 Juli 2023 - (16:46 WIB)
      Permalink

      Masalah sudah selesai pihak ekspedisi sudah klarifikasi dengan lampiran bukti-bukti bahwa paket diantar ke alamat penerima. Hanya pembeli yang berulah dan miskomunikasi antara saya selaku seller dan kurir. Terimakasih.

      • 29 Juli 2023 - (17:53 WIB)
        Permalink

        Penjual bego, yang namanya kurir ya pasti mengirimkan paketnya lah, pakai ngatain kurir gak mau anter paket,

        6
        1
        • 29 Juli 2023 - (19:57 WIB)
          Permalink

          Sudahlah kamu itu orang dalam J&T sedang mencari pembenaran. Asal lu tau gaji lu itu sebagian besar dari saya sebagai konsumen yang menggunakan jasa pengiriman. Camkan ini.

          Kalau berani japri aja bro. Gak perlu cari pembenaran. Tolol teriak tolol. Banci cuma ngegas di komen. Ini cara-cara Cemen ya seperti Lo!! Tolol!!!!

        • 29 Juli 2023 - (23:11 WIB)
          Permalink

          Seperti yang saya alami bulan lalu, mesan barang dari lapak xx pakai sistem cod, ada pemberitahuan bahwa paket akan segera dikirm ke rumah.
          Saya gak keluar kemana2 harus batalin janji mau keluar dan menunggu dirumah karena memang dirumah cuma saya dan nenek saya.

          Saya selalu memantau hp saya.

          Pukul 12.45 adzan berkumandang dan saya pergi ambil wudhu dan hp saya dikamar.

          Saat saya kembali ada telpon tidak terjawab sebanyak 1 kali lima menit yang lalu

          INGAT 1X dengan durasi 5 menit yang lalu

          saya tunggu lagi mana tau dia telpon lagi, saya telpon balik gak direspon juga.

          Terakhir karena tidak ada respon saya chat lah.

          Dia bilang apa?

          Saya udah telpon malah tidak di angkat tidak ada respon?????

          Dengan hanya satu kali dari wa?

          Yang dicantumi itu nomor wa/telp loh.

          Satu kali berarti udah berkali2.

          Sedangkan saya ada di rumah dan cuma ke belakang bentar sekitar 10 menitan ambil air wudhu?

          Saya gak ada dengar maupun lihat orang manggil saya dari luar

          Nelpon juga cuma sekali.

          Luar biasa sekali memang kurirnya

          Gak mau salah👏👏👏👏

          Saya pengguna cod udah ada lebih 50 yang saya pesan pakai cod sebelumnya tidak pernah ada masalah.

          Bravoo👏👏👏👏

        • 30 Juli 2023 - (04:28 WIB)
          Permalink

          Sy juga mengalami..tapi utk daerah pengiriman wilayah LABUHAN BATU UTARA ( Sumut ), 3 x Paket COD saya ke alamat daerah sini semuanya retur.

          Ada 1 sy Coba chat konsumen, Karena di tracking tiba2 keterangan paket akan dikembalikan, sy menanyakan ke pembeli apakah ada di hubungi pihak kurir J&T, jawabannya tidak ada Sama sekali..

          Lalu karena pembeli emg butuh produknya, dia datangi kantor J&T, tetapi terlambat.. Paket sudah jalan dikirim kembali ke penjual..

          Lalu pembeli tersebut minta no hp petugas dikantor J&T, dan lakukan pembelian ulang ke akun shopee… Minta sy bantu ingatkan info update trcking paket.. agar dia bisa hubungi kantor J&T utk koordinasi bahwa dia akan ambil paketnya langsung ke kantor, dan berhasil KARENA PEMBELI JEMPUT SENDIRI PAKETNYA KE KANTOR J&T, karena pembeli emg membutuhkan produk tersebut.

          Sudah koordinasi ke J&T asal pengiriman sy ( Binjai ), mereka juga mengatakan emg banyak kasus retur dan banyak keluhan dari seller utk pengiriman ke wilayah LABUHAN BATU UTARA.. tapi belum ada tindakan dari Pusa t sepertinya, shingga belum ada perubahan kinerja di sana..

          Mau diganti pilihan kurir, tdk bisa karena utk COD shopee otomatis masuk ke J&

          Ya begitulah cerita saya…
          Hanya bisa berdoa ketika masuk orderan dari wilayah LABUHAN BATU UTARA..

      • 29 Juli 2023 - (20:45 WIB)
        Permalink

        Maaf ralat, masalah belum selesai, paket baru dianter ketika berita ini terbit.

        1
        5
  • 29 Juli 2023 - (15:41 WIB)
    Permalink

    Bukan jnt aja kali yg seperti itu, kurir lain jg krn Biasanya kurir itu akan menghapal pembeli yg sering tidak ada di rmh…. Jadi dari pada buang waktu mending dia WA atau telpon… Kan paket yg dikirim bukan 1 aja melainkan banyak paket.

    Alasan paket ditolak pembeli bukan berarti kurir itu udah komunikasi dengan pembeli melainkan kurir udah berusaha menghubungi pembeli dengan WA dan telpon pembelinya sebanyak 5* tp pembeli ga respon. Jadi dianggap ditolak.

    Saya tau anda rugi dalam hal paking.. Tp anda tau ga klo kurir itu jg ga akan dibayar klo paket anda tidak diantar, jadi anda rugi… Kurir jg rugi… Impas dong

    • 29 Juli 2023 - (16:45 WIB)
      Permalink

      Masalah sudah selesai pihak ekspedisi sudah klarifikasi dengan lampiran bukti-bukti bahwa paket diantar ke alamat penerima. Hanya pembeli yang berulah dan miskomunikasi antara saya selaku seller dan kurir. Terimakasih.

  • 29 Juli 2023 - (15:47 WIB)
    Permalink

    Siang mas, saya juga seller shopee beberapa kali mengalami kasus serupa dengan Jnt terkait cod, kadang diterangkan konsumen tidak dirumah,tidak bisa dihubungi padahal konsumennya ada dirumah di tgl tersebut dan tidak ada merasa menerima telp, ini terjadi bukan sekali saja, kadang sudah reskejule pengiriman esok hari nya tapi ga diantar malah di retur, kadang pengiriman lewat waktu jnt langsung retur saja, padahal yang bua lama mereka sendiri, pengiriman di shopee lama di update, konsumen taunya komplain ke seller aja, tapi kita sebagai seller di shopee tidak bisa menonaktifkan pengiriman jnt, kan pusing juga ya kita seller2 ini,mau ga mau harus pakai jnt.

    3
    1
    • 29 Juli 2023 - (16:45 WIB)
      Permalink

      Masalah sudah selesai pihak ekspedisi sudah klarifikasi dengan lampiran bukti-bukti bahwa paket diantar ke alamat penerima. Hanya pembeli yang berulah dan miskomunikasi antara saya selaku seller dan kurir. Terimakasih.

      • 29 Juli 2023 - (20:52 WIB)
        Permalink

        Saya menjawab masalah terselesaikan ini terkecoh karena klarifikasi J&T tanpa sadar saya belum memeriksa lampiran foto kurir menggentarkan paket. Setelah saya telusuri ternyata setelah berita ini terbit barulah bersigat mencari pembenaran dengan akal-akalan mengantarkan paket ke alamat penerima. Owalah J&T…..J&T ekspedisi terburuk Lo!!!!

        2
        4
    • 29 Juli 2023 - (18:45 WIB)
      Permalink

      Masuk ke akun seller, kemudian pilih pengaturan lalu pilih OPSI pengiriman disitu bisa aktif dan nonaktifkan layanan ekspedisi pengiriman.

    • 29 Juli 2023 - (20:49 WIB)
      Permalink

      Langsung nonaktifkan aja mbak…
      Bahaya itu ekspedisi merugikan seller padahal sumber pemasukannya juga dari seller yang menggunakan jasa pengiriman. Lebih baik cepat non aktifkan dan ganti ekspedisi lain. Ekspedisi ini BAHAYA PAKET COD TIDAK DIANTAR J&T.

      1
      3
  • 29 Juli 2023 - (15:52 WIB)
    Permalink

    Dulu saya pernah jadi kurir pernah ada di komplen 3 kali karna retur barang ny tanpa persetujuan. Padahal pertama saya sudah telpon dia karna alamat yang kurang jelas (alamat tidak di temukan ) dan dia tak ada respon , selama 3 hari saya scan ke barang bawaan saya (yang mengakibatkan saya jelek karna paket yang tidak terkirim) . Lalu yang kedua karna orang ny tidak ada dan lokasi rumah jauh ( jauh dari area para penerima paket lainny) 2 hari saya ke sana dan orang ny tidak ada uang pun tidak dia titip ke tetangga atau simpan di area rumahny saat saya wa di suruh antar abis magrib , enak banget nyuruh anter magrib dikira kurir pesuruh anda , kita juga punya manajemen waktu . Dan yang ke tiga , saya antar paket orang nya ada tapi uangny gak ada disuruh besok , lalu besok saya antar lagi , bilang nya bapaknya belum kasih uang , besok ajh katanya. Lalu saya bawa untuk hari ke 3 dia bilang bisa hari sabtu gak (2hari ke depan ) . Hari ke 4 saya retur dengan alasan penerima menolak , karna apa jika paket tersendat di kita kita yang akan kena denda dan akan di omel ketua regu . Orangnya pun datang hari sabtu ke kantor karna mau komplen kenapa barang ny di retur dengan alasam bla bla bla dia . Kalo barang di bawah 100rb dan orang ny amanah /langganan mungkin kita bisa tanggung dulu tapi kalo harganya 1.8 jt (hp) uang dari mana kita . Apalagi jiga penerima paket cuman omdo doang .
    Terimakasih.

    • 29 Juli 2023 - (16:06 WIB)
      Permalink

      Makanya buat perusahaan ekspedisimu sendiri, J&T udah punya SOP klo memang Tdk respon barang diretur, Lo pikir cm paketmu aja yg diurusin?

      4
      2
      • 29 Juli 2023 - (16:44 WIB)
        Permalink

        Masalah sudah selesai pihak ekspedisi sudah klarifikasi dengan lampiran bukti-bukti bahwa paket diantar ke alamat penerima. Hanya pembeli yang berulah dan miskomunikasi antara saya selaku seller dan kurir. Terimakasih.

        Sory bro jika kata-kata saya kasar. Narasimu nyasar.

      • 29 Juli 2023 - (18:38 WIB)
        Permalink

        Saya masih janggal terhadap komen anda dan saya rasa saya tidak ada urusan dengan anda jadi jangan sok hebat lah. Kau pikir kau siapa seenaknya bicara seperti itu ???

        Ini hak saya menyampaikan keluhan saya, dan anda tidak ada urusannya jadi jangan asal nimbrung lah. Urus saja urusan lu sendiri jangan nimbrung kayak emak-emak. Lu laki bukan wanita.

        2
        6
        • 29 Juli 2023 - (18:46 WIB)
          Permalink

          Panaskan dulu dirimu baru bisa sok jago. Kalau masih receh sudahlah berani cuma di komen inilah

        • 30 Juli 2023 - (09:26 WIB)
          Permalink

          Nih orang si Richard ini bagian dari dalam J&T bersangkutan, terlihat jelas dari komentarnya.

          • 30 Maret 2024 - (15:11 WIB)
            Permalink

            Saya jg punya pengalaman dng kurir yg tdk pernah mau mengantar sampai ke alamat penerima, kurir hanya menunggu di tempat atau warung yang ditentukan sendiri oleh kurir yg bahkan lokasinya jauh dr lokasi penerima dan melewati beberapa desa. Ada beberapa pelayanan jasa (kurir) yg berbeda duduk diwarung menunggu paket yg akan diambil pemesan/pembeli. Pembeli seperti membeli barang diwarung. Kalau para kurir membuka Warung COD itu lebih pas. I
            ni terjadi didaerah saya di kab Simalungun Sumatera Utara. Jelasnya saya blm pernah menerima pesanan di alama rumah saya.

    • 29 Juli 2023 - (16:15 WIB)
      Permalink

      kalau ini jelas ada pelaksanaan pengantaran dan ada feedback dari cust COD nya, Yang dialami oleh si kawan bahwa penerima tidak emrnasa menerima pesan ataupun panggilan, ini yg luar biasa. Sehingga dalam hal ini sebenarnya kejujuran yg utama baik dari pihak kurir maupun si penerima COD. Karena banyaknya sistem COD yg sering bermasalah, lebih banyak ruginya daripada untungnya maka sebaiknya sistem COD hanya diterapkan dalam 1 kota yang sama saja agar lebih mudah jika ada kendala. Atau bahkan ditiadakan saja sama sekali. Supaya penjual pun tidak was-was barangnya dibayar dan kurir pun tidak was-was dan banyak alasan mengarang jika paket ditolak ataupun tidak diterima penerima COD. kan jadinya sama2 menimbulkan kerisauan.

      • 29 Juli 2023 - (16:43 WIB)
        Permalink

        Masalah sudah selesai pihak ekspedisi sudah klarifikasi dengan lampiran bukti-bukti bahwa paket diantar ke alamat penerima. Hanya pembeli yang berulah dan miskomunikasi antara saya selaku seller dan kurir. Terimakasih.

    • 29 Juli 2023 - (16:44 WIB)
      Permalink

      Masalah sudah selesai pihak ekspedisi sudah klarifikasi dengan lampiran bukti-bukti bahwa paket diantar ke alamat penerima. Hanya pembeli yang berulah dan miskomunikasi antara saya selaku seller dan kurir. Terimakasih.

      1
      3
  • 29 Juli 2023 - (16:03 WIB)
    Permalink

    Sya ykin itu paket sdh dicoba untk dikirim..tapiii.. buyerr ni msalahnya….krna cod g mkin donk maen taro trus konfirmasi..kan hrs byar dlu..biasanya itu buyer ga ad di lokasi mkanya kurir tlp..nah mslahnya jg buyer ga respon otomatis paket di bwa lgi ke gudang…. Over SLA lah sgala²y klo paket sdh cod.. LILAAA

    • 29 Juli 2023 - (16:43 WIB)
      Permalink

      Masalah sudah selesai pihak ekspedisi sudah klarifikasi dengan lampiran bukti-bukti bahwa paket diantar ke alamat penerima. Hanya pembeli yang berulah dan miskomunikasi antara saya selaku seller dan kurir. Terimakasih.

      • 29 Juli 2023 - (21:46 WIB)
        Permalink

        Makanya biasakan husnudzon, dengan kamu muat surat pembaca ini, akan ada kemungkinan orang kehilangan pekerjaannya yaitu abang kurir yang kamu muat di artikel ini. Kasian loh, padahal dia juga gak salah, ternyata pembelimu sendiri yang ndableg.

        • 29 Juli 2023 - (22:05 WIB)
          Permalink

          Ini bukan dari kurir melainkan staf atau pimpinan ekspedisi cabang J&T Sinabang yang membuat permainan ini. Korbannya ialah kurir karena kurir bekerja sesuai jobdes jika dia mendapat tugas mengantar paket maka ia mengantar paket, sebaliknya jika paket sengaja tidak dikirimkan oleh staf kantor J&T sebelum mendapat respon pembeli tentunya paket pun tidak akan dibawa kurir, sudah terlalu sering menemui cara kerja J&T jadi paham betul makanya saya buat berita ini.

          KURIR KORBAN KARENA NAMANYA TERDAFTAR DALAM PELACAKAN PENGIRIMAN SHOPEE yang di muat laporan oleh staf karyawan kantor bersangkutan.

          Jadi Kurir jelas tidak bersalah dan tidak ada sangkut pautnya dalam masalah ini.

          • 29 Juli 2023 - (22:09 WIB)
            Permalink

            Buktinya ketika berita ini dimuat, kurir segera di tugaskan untuk mengantar paket.

    • 30 Juli 2023 - (09:21 WIB)
      Permalink

      @dadan SOP JNT bermasalah. Harusnya harga pengantaran COD dimahalin. 1. Supaya ga COD COD an, 2.Agar sipenerima tetap dirumah, kalo diterima di rumah, kelebihan bayar 1 x dikembalikan ke pembeli, tanda tangan. 3 Sukur sukur, kembaliannya buat abangnya saja, supaya COD makin makmur

  • 29 Juli 2023 - (18:09 WIB)
    Permalink

    Dalam hal ini jelas sekali kurir tidak bermasalah, apa yg dilakukan kurir bisa jadi ada benarnya, menghubungi dulu sipenerima baru nanti diantar ke alamat tujuan. Bisa jadi juga Hp sipenerima mem-block nomer2 asing. Sebagian konsumen tidak paham betul sistem COD, ada baiknya di nonaktifkan saja sistem COD itu.

  • 30 Juli 2023 - (12:07 WIB)
    Permalink

    Waspada yang komentar banyak orang J$T.. kumpulan manusia KLEPTO.. bisa jadi yang pesen orderan juga akun orang J$T dan nyamar jadi pembeli.. barang return auto diembat.. sampai detik ini saya pengen banget MEMENJARAKAN 1 AJA OKNUM KLEPTO J$T… bakal saya kejar..

  • 2 Agustus 2023 - (10:26 WIB)
    Permalink

    Maaf gw pernah ketemu jnt paket tolakan cod di kererangan udah nyampe di cabang saya ngirim selang 2 hari ambil kesana karyawan nya ga nyari suruh saya tunggu chat wa dri mereka 3 hari kemudian dpt chat katanya paket sudah di sana suruh ambil 2 hari kemudian gw baru kesana ambil sudah tunjukin no resi(kebetulan ga bawa hp yg di chat wa) karyawan tetap ga mau nyariin dan bilang ga bisa klo hanya tunjukin no resi harus tunjukin bukti chat wa,,jadi saya sudah kesana ampe 3 kali ga bisa ambil walau sudah menunjukan no resi,,akhirnya komplain ke shopee kata pihak shopee sudah tidak bisa klaim karena sudah melewati batas waktu,,padahal yg bikin lewat batas waktu pihak jnt akhirnya nyerah ambil paket,,ud lapor ke jnt percuma ga ada tanggapan,,,

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir J&T Express di Shopee?

Ada 72 komentar sampai saat ini..

Paket COD Tidak Diantar ke Alamat Pengiriman, OTW Retur

oleh Rizky Januarsyah dibaca dalam: 1 menit
72