Proses Refund Tokopedia Sangat Lambat dan Memenangkan Seller Secara Sepihak

Assalamu’alaikum wr wb,

Yang terhormat PT Tokopedia,
Yang terhormat PT Tokio Marine Indonesia,
Yang terhormat PT J&T Express,

Pertama, izinkanlah saya menceritakan kronologi kejadian yang saya alami.

Pada tanggal 12 Juli 2023, saya memesan produk berupa action figure Yae Miko dari permainan Genshin Impact di salah satu merchant di Tokopedia dengan nama merchant/toko Rocketxpt dengan nomor invoice: INV/20230712/MPL/3342039764. Barang dikirim dari China dengan Standar Express dengan nomor resi ID230759130463U dan kemudian dilanjutkan oleh kurir lokal J&T dengan nomor resi: JA8102761437.

Barang tiba pada tanggal 23 Juli 2023 dalam keadaan box luar setengah basah seperti tertumpah minyak. Karena saya ada acara pada tanggal tersebut dan mengharuskan saya pergi secepatnya, saya tidak menghiraukan box yang tertumpah minyak tersebut.

Selepas acara yang saya hadiri selesai pada tanggal 23 Juli 2023 malam pukul 21.00 WIB, saya langsung melakukan unboxing barang tersebut dengan pisau dan menggunakan tripod saya.

Alangkah terkejutnya saya mendapati barang tersebut datang dengan keadaan tanpa bubble wrap sehelai pun, dan box dari produk sudah dalam keadaan tidak tersegel! Barang utama patah, aksesoris rusak, Standee patah menjadi 2 bagian dan pecahan kecil, dan ada aksesoris yang hilang.

Saya mencoba komplain terhadap seller dan dengan entengnya dia langsung saja lepas tangan tidak mau bertanggung jawab. Saya tanyakan bukti pengemasan tidak mau. Sampai surat ini dimuat pun tetap tidak mau mengakui kesalahannya. Jangan mengganti rugi, mengaku salah pun tidak.

Oleh karena itu, saya memutuskan untuk klaim garansi pengiriman ke Tokopedia karena tidak ada opsi lain di aplikasi selain klaim asuransi. Berbeda dengan tampilan UI sekitar 7 bulan lalu yang masih menampilkan opsi pilihan. Versi ini dipaksa hanya klaim asuransi. Saya pun mengikuti semua prosedur yang diminta mulai dari upload identitas, upload video unboxing, dan seterusnya sampai harus mengirim barang ke PT Asuransi Tokio Marine di Bekasi.

Baru saja semalam, mendapatkan notifikasi solusi adalah dana diteruskan ke penjual dan untuk pembeli menunggu proses refund. What…? What the f**k!!! Dari mana ceritanya penjual yang tidak membeberkan bukti apa-apa dimenangkan dan didahulukan terlebih dahulu, sedangkan pembeli malah masih diproses sana-sini dan belibet¬ prosesnya. Seller yang tampak jelas penipu, kalian biarkan menikmati hasil menipu, sedangkan saya sebagai korban masih saja dipermainkan asuransi?

Saya sudah mencoba menghubungi CS Tokopedia dengan media portal Tokopedia Care dan akhirnya dihubungi 2x yang isinya hanya berputar-putar di “Kami akan mempercepat prosesnya”, “Kami akan bantu follow up“, “Mohon menunggu”, “Masalah sedang dalam investigasi kurir”. Halooo, sudah melebihi SLA kalian masih berani menunda-nunda? Apa karena saya user dengan badge silver dengan pembelian jarang, lantas kalian abaikan dan pukul di urutan terakhir?

Saya sebagai konsumen dan user setia Tokopedia benar-benar kecewa dengan kebijakan absurd kalian. Sangat-sangat kecewa. Oleh karena itu, beserta surat yang diterbitkan di Media Konsumen ini, saya menuntut agar semua pihak yang terlibat dalam proses pengajuan klaim agar segera memenuhi tanggung jawabnya tanpa ada kekurangan sedikit pun.

Saya juga sudah kehilangan uang sebesar Rp50.000,00 untuk biaya kirim balik ke PT Asuransi Tokio Marine Indonesia. Bila seandainya kurang dari harga barang ditambah biaya ongkir balik, maka kasus belum saya nyatakan selesai.

Atas perhatian dari pembaca, direktur, maupun orang-orang yang saya tuju di surat keluhan ini, saya ucapkan terima kasih dan semoga kasus ini cepat selesai. Dan camkan kata-kata saya, “Saya tidak lagi memprioritaskan menggunakan platform Tokopedia lagi”. Kesalahan? Silakan renungkan sendiri.

Wa’alaikumsalam wr wb.

Muhammad Ikhwan
Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

19 komentar untuk “Proses Refund Tokopedia Sangat Lambat dan Memenangkan Seller Secara Sepihak

  • 3 Agustus 2023 - (08:59 WIB)
    Permalink

    Jika di aplikasi toped anda ketuk tombol “BARANG DITERIMA” dan bukan tombol “KOMPLAIN”, maka dana otomatis akan diserahkan ke seller—no debate. Jika barang dikirim dari Cina langsung ke alamat anda, tidak di proses dan di repacking oleh seller toped terlebih dahulu, wajar seller toped menolak bertanggung-jawab. Bisa saja paket dikirim seadanya oleh seller k*mpr*t di Cina. Bisa saja paket dibuka di becuk kemudian di packing kembali dengan tidak sempurna. Bisa saja justru rusak saat pengiriman oleh J&T. Action figure bukan hobi murah. Anda mampu telusuri dengan meminta bukti foto paket di titik-titik serah terima barang, kalau perlu sampai ke negeri Cina.

    • 3 Agustus 2023 - (12:47 WIB)
      Permalink

      1. Setelah saya terima, langsung klik komplain bukan barang diterima.
      2. Bisa saja terjadi mengingat becuk Indo kelewatannya udah Naudzubillah. Mungkin gak bayar pajak jadi dihajar saja. Atau bisa pengecekan untuk mewaspadai penyelundupan narkoba. Tapi, ya gitulah indo bongkar seenaknya terus di repack asal-asalan terus bye gak tanggung jawab.

      Bisa saja Seller k*mpr*t dari Cina yang salah. Tapi bisa saja Seller Indo cuma naruh barang di China tapi beroperasi di Indo.

      Intinya masalah sudah selesai walau ada dugaan korupsi dana refund 24k. Well gimana ya…. Toilet aja danannya dikorupsi 99,99 % Apalagi ini.

      1
      2
  • 3 Agustus 2023 - (09:44 WIB)
    Permalink

    Tokopedia emang gitu sistemnya bang kalo asuransi udah setuju, buyer harus nunggu Dana dari asuransi, seller langsung dapet dananya,
    dulu pernah ilang barang harga 2.***.*** dari pengiriman, Dana masuknya sekitar 14 hari kerja. Jadi tinggal sabar aja nunggu masukd dananya.

    • 3 Agustus 2023 - (12:52 WIB)
      Permalink

      Masalahnya udah dijanjikan duluan di App dan Estimasi maksimal. Jadi ya kesannya di bohongi gitu. Misal dijanjikan besok tapi selesai 3 hari kemudian.

      Ya gitulah namanya kalau sistem satu arah gak ada umpan balik. Mana njawabnya kek robot pula. Mengulang-ngulang kata yang sama.

      Maka dari ini saya kapok pakai ini To*o*pedia. Ganti yang lain saja yang CSnya lebih baik. Heran saya dapat piagam best CS tapi nyatanya kek sampah.

      Kalaupun masih pakai ini Ijo paling prioritas terakhir.

      1
      3
    • 3 Agustus 2023 - (14:22 WIB)
      Permalink

      sy juga pernah klaim perihal barang rusak dana lama cair, sedangkan seller terima dana duluan padahal pembeli yg dibebanin asuransi tp tdk jd prioritas kalo ada masalah perihal ini sistem sope lbh baik

      • 4 Agustus 2023 - (13:14 WIB)
        Permalink

        1. Jangan beli barang dari china atau Ln apalagi harganya mahal lebih dari 100k kecuali reviewnya benar2 bagus, karna kalau mau retur susah dan ribet, sedangkan lokal saja ribet klaimnya apalagi seller LN.
        2. Namanya asuransi ya gitu pasti lewat dari tenggat dan di pingpong sampai bisa berhari2 sampai berbulan2, asuransi jiwa atau asuransi manusia saja banyak yg masuk MK belum di bayar sudah lewat janji berbulan2 apalagi asuransi dari perusahaan ngak jelas.
        3. Ngak usah merujuk ke best CS atau apa itu semua bulls**t, beli sewajarnya saja ke seller yang benar2 reviewnya positif apalagi barang2 mahal, hp aja bisa hilang dan bermasalah.

    • 5 Agustus 2023 - (16:58 WIB)
      Permalink

      klaim nya disetujui asuransi. Masalah nya apa gan? Kalau ga sabar nunggu, beli offline aja ke china, dicek disana di hand-carry sendiri, lebih aman. Tidak ada resiko barang rusak krn ekspedisi, Tidak perlu menunggu proses claim.

      Beli online dan offline ada plus minus nya masing-masing.

      • 5 Agustus 2023 - (17:25 WIB)
        Permalink

        Saya jelaskan duduk perkaranya
        1. Seller mengirim barang rusak
        2. Proses klaim ASURANSI PENGIRIMAN.
        3. Dana yang harusnya DITAHAN malah dikirim ke seller dan KASUS DIANGGAP SELESAI.
        4. Sebetulnya klaim sudah disetujui PADA TANGGAL 27 Juli tinggal serah terima uang pengganti karena batas limit PENGEMBALIAN tanggal 31 Agustus.
        5. Si IJO Entah kenapa memperlambat proses dengan mencari alasan yang berputar-putar entah di kurir, asuransi, dan hal lain yang disembunyikan.
        6. Dijanjikan lagi terakhir cair tanggal 1 Agustus tapi sampai hari berakhir tidak ada juga.
        7. Baru kurang lebih 20 menit sejak surat ini terbit baru dikembalikan.

        Intinya saya mempermasalahkan KETIDAK-TEPATAN WAKTU pengembalian dana. DAN KEPUTUSAN Si Ijo yang gegabah.

        Sekarang saya balikkan kepada anda MISAL anda pesan barang tapi terlambat apa yang anda lakukan
        Atau kamu beli offline terus handcarry nij seperti yang kau bilang.

        Dan BARANG tersebut rusak karena dapat Bad Batch yang lolos QC. Dan mengajukan 1 to 1 replacement dan toko yang anda beli out of stock dan dijanjikan 3 hari barang siap TERNYATA baru 1 minggu sampai tanpa kejelasan apapun dan ternyata barang pengganti sudah ada di toko tapi disembunyikan seolah2 masih proses.

        Coba pikirkan lagi

  • 4 Agustus 2023 - (04:25 WIB)
    Permalink

    Sepengelaman saya sebagai tokopedia favorit belanja saya, karena mungkin saya sudah member diamond tokopedia ya. Jadi semua prioritas untuk penanganannya. Biasa, saya langsung dikembalikan dalam hari saja maksimal, dana sudah balik di akun saldo tokopedia saya. Cek berkala saja, yang sabar untuk member basis yang belum gold agak lama… dan untungnya saya gak rewel kalau komplakn. Saya serahkan saja kebagian tim tokopedia untuk solusinya. Kalau pembayaran pake CC , otomatis refund ke cc. Percayalah tokopedia itu sangat adil. Hanya saja sebagian orang belum paham betul sistem kerja mereka.

    • 4 Agustus 2023 - (10:26 WIB)
      Permalink

      Benar kan dugaan saya….
      Yang member Platinum sama Diamond kek disanjung2 yang member silver sampai gold dibelakangin….

      Gitu toh sistemnya….
      Makanya makin males kalau diskriminatif kek gini.

      Saya pakai tokped cuma seperlunya saja gak gila belanja. Kadang toko offline di kota saya gak ada/mahal…. kalau di olshop lebih murah kualitas sama barang sama kenapa enggak pilih yang ini saja.

      Ternyata ini IJO udah main Diskriminatif ama usernya sendiri

      • 4 Agustus 2023 - (16:34 WIB)
        Permalink

        Seperti di shopee juga begitu deh. Soalnya istri saya member basic, pengembangan dananya lebih dr 7 hari di janjikan 3 hari kerja. Terus saya bantu istri hubungi cs shopee dan dibuat laporan , sedangkan saya member platinum di shopee, 1×24 jam pengembalian dana jika kendala barang rusak. Karena shopee mengukur pembeli dari shopee meter. Itu sudah saya alami ya. Itu gunanya member di level tertentu akan di prioritas kan.

        • 4 Agustus 2023 - (16:39 WIB)
          Permalink

          Kalau uang tak terbatas bisa aja tembus sampai level platinum.

          Sekali lagi saya tegaskan saya membeli seperlunya saja dan sekarang saya tanya kepada anda.

          Sebelumnya anda berkata member diamond di tokopedia sekarang mengaku sebagai member Platinum di shopee…. mana bukti anda sebagai member di kedua marketplace tersebut. Kok isinya sama pelayanannya timpang ?

          • 4 Agustus 2023 - (16:45 WIB)
            Permalink

            Lah… kok minta bukti. Gw yang alami. Ya udah sini alamat email loh biar aku screenshot. Karena gw semua kebutuhan rumah , bayar cicilan. Bayar tagihan semua market place. Bahkan saya bisa dihitung 3 kali sebulan ke indomaret hanya beli r*kok saja. Semua kebutuhan rumah saya beli di marketplace. Susah debat sama org ngeyel

          • 4 Agustus 2023 - (16:49 WIB)
            Permalink

            Kalau bisa saya sombong, saya sejak januari 2022 hingga skrg di tokopedia punya gopoints 8 jutaan dari hasil ngumpulin cashbak. Di shopee tiap bulan saya dapat koin shopee bisa 4 ribuan. Dan langsung saya gunakan karena berlakunya hanya 3 bulan. Jadi kalau lu gak mampu beli diatas 300 ribuan di shopee gak usah debat sama saya. Thanks.

          • 4 Agustus 2023 - (16:54 WIB)
            Permalink

            Saya bisa saja beli diatas 300 ribuan, saya pernah membeli barang seperti SSD diatas 500ribu di shopee. Tapi sebelum saya beli di sope saya selalu pakai tokopedi.

            Kau pikir saya apa ? Merasa elit ? Tapi kok foto profil sulit….??

        • 4 Agustus 2023 - (16:51 WIB)
          Permalink

          Saya gak ngeyel ya….
          Saya cuma klarifikasi aja data yang anda berikan benar atau anda cuma buzzer.

          Jangan sampai masalah yang serupa terulang kembali di kemudian hari.

          Kalau tidak ada bukti nyata sama aja bullshitkan…. ?
          Btw minta email kan nih.
          yoimiya204@gmail.com coba emailkan buktinya dan spill nama usernya biar jelas.

  • 4 Agustus 2023 - (14:23 WIB)
    Permalink

    Terimakasih saranya brother, BTW kasus dah selesai ya. Si Ijo udah aku bikin bengek

  • 10 Agustus 2023 - (13:58 WIB)
    Permalink

    Beli mainan di toped ke Hobtoys.id kak biar gak rusak hi hi hi
    numpang promosi
    Jual barang asli Bandai dan Tools Tamiya original

 Apa Komentar Anda mengenai Tokopedia?

Ada 19 komentar sampai saat ini..

Proses Refund Tokopedia Sangat Lambat dan Memenangkan Seller Secara Se…

oleh Ahri dibaca dalam: 2 menit
19