Shopee Xpress dan Shopee Melakukan “Sabotase” Terhadap Toko Saya

Saya seller Arumbi_arimbi di Shopee. Saya merasa sangat dirugikan oleh tindak “sabotase” yang dilakukan oleh Shopee Xpress dan Shopee terhadap toko saya. Dulu saya pernah memakai jasa kirim Shopee Xpress. Akhirnya saya minta close jasa kirim Shopee Xpress di toko saya, setelah berkali-kali saya difitnah paket saya tidak ready (padahal paket sudah mereka ambil), berkali-kali cross label dan double label (mereka bilang itu biasa, semua seller juga gitu) dan berkali-kali paket non COD saya diretur tanpa pernah dikirim ke alamat buyer (alasannya sudah lewat batas SLA).

Alangkah terkejutnya saya, ketika pada tanggal 10 Agustus 2023 kemarin, tiba-tiba muncul kembali jasa kirim Shopee Xpress di toko saya. Saya tetap proses request pickup sebagai bentuk tanggung jawab saya sebagai seller. Saya berinisiatif menghubungi kurir yang dulu pickup paket saya. Namun alangkah terkejutnya saya, ketika kurir menginformasikan bahwa supervisor Shopee Xpress melarang kurir untuk pickup paket saya.

Kemudian saya melapor ke CS Shopee. CS pertama justru menginformasikan bahwa layanan pickup paket di rumah saya baru bisa di minggu pertama bulan depan (September). Padahal batas waktu pengiriman pesanan tanggal 15 Agustus 2023. Saya lapor ulang, CS kedua bilang akan segera ditangani dan segera akan di-pickup. Alangkah terkejutnya lagi, ketika saya cek ternyata laporan saya di-close/sudah ditangani. Padahal sampai sekarang sudah 3 hari paket tidak di-pickup.

Apa maksud dan tujuan Shooee Xpress dan Shopee melakukan sabotase terhadap toko saya?? Sudah banyak buyer yang komplain ke saya, performa toko saya bisa menurun, status Star+ saya juga terancam dicabut. Belum lagi ancaman penalti toko saya jika sampai dibatalkan sistem.

Terima kasih kepada Media Konsumen yang sudah menayangkan keluhan saya.

Yudi Ekasari
Sidoarjo, Jawa Timur

NB: Saya lampirkan 2 pesanan saja. Sebenarnya ada belasan paket.

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

11 komentar untuk “Shopee Xpress dan Shopee Melakukan “Sabotase” Terhadap Toko Saya

  • 16 Agustus 2023 - (13:32 WIB)
    Permalink

    Itu pertanda kalau Sopi mulai tidak suka usaha anda semakin maju dan moncer sementara “setoran” masih sama. Mental preman sulit hilang sekalipun sudah kerah putih dasi merah topi Tut Wuri Handayani.

  • 16 Agustus 2023 - (16:26 WIB)
    Permalink

    Kurang profesionalnya market place si Oren.

    Yg jualan di perlakukan semena-mena. Biaya layanan makin di tingkatkan

  • 16 Agustus 2023 - (16:26 WIB)
    Permalink

    Shopee lagi yaa, setiap ada masalah di media konsumen tidak ada tanggapan, lepas tanggung jawab begitu, tidak ada solusi, klo kata bang haji roma “TERLALU”

  • 21 Agustus 2023 - (05:13 WIB)
    Permalink

    Shopee express memang punya kriteria buat toko mana saja yang bisa dipickup sama mereka, kalau mau bela2in kirim lewat shopee express ya mesti datang langsung ke konter shopee terdekat, bawa langsung barangnya. Solusi sementara memang hapus pengiriman lewat shopee express, upayakan pengiriman lewat kurir lainnya yang ga seribet itu.

    • 21 Agustus 2023 - (07:00 WIB)
      Permalink

      Lama kelamaan expedisinya akan diprioritaskan shopee express, karna shopee profit dari situ, ini kayak biaya admin naik tapi anda tidak bisa mengelak, pikirkan saja solusi lainnya karna pilihannya cuman dua ikut aturan shopee atau pindah ke lainnya.

  • 23 Agustus 2023 - (10:10 WIB)
    Permalink

    Diktator banget tuh shoppe,Se-akan² mereka adalah RAJA dari segala Raja jasa kurir dan e-commerce.😡😡😡😡

  • 23 Agustus 2023 - (13:58 WIB)
    Permalink

    dibandingkan lazdut, shopee lebih fair sih ke buyer maupun seller. saya jualan di shopee alhamdulillah tidak ada kendala berarti. uang tidak pernah hilang/ditahan, fee admin dll transparan. masalah pengembalian barang juga fair.

    Jika masalah kurir, ya mau gak mau sih harus ikutin aturan shopee. saya dulu juga gak aktifin shopee express karena dulu lama pick up nya. dan mau drop off juga kejauhan. sekarang udah bisa pick up tepat waktu, dan kalau mau drop off juga bisa karena lebih dekat.

    namanya kita dagang di lapak orang yaa, ya mau gak mau harus mau diatur sama yang punya lapak. asalkan itu tidak merugikan secara financial (duit ditahan atau bahkan tidak dibayarkan seperti yang lazada lakukan) sih menurut saya oke oke saja.

 Apa Komentar Anda mengenai Jualan online di Shopee?

Ada 11 komentar sampai saat ini..

Shopee Xpress dan Shopee Melakukan “Sabotase” Terhadap Tok…

oleh Yudi Ekasari dibaca dalam: 1 menit
11