Shopee Memaksa Menggunakan Kurir Shopee Xpress, Akan Tetapi Sudah 5 Paket Hilang

Sebelumnya saya pernah mengeluhkan masalah dengan Shopee Xpress, akan tetapi pihak Shopee tetap tidak mau menonaktifkan jasa pengiriman tersebut di toko saya. Saya mendapatkan beberapa orderan dengan beberapa jasa kirim, JNT dan Shopee Xpress. Tiga paket pengiriman menggunakan jasa kirim JNT, semua sudah sampai kepada pelanggan. Sedangkan lima paket pengiriman menggunakan jasa kirim Shopee Xpress. Tidak ada yang sampai ke pelanggan, semua hilang!

Bayangkan betapa biadabnya Shopee dan jasa pengiriman Shopee Xpress ini. Dana saya untuk tiga paket yang hilang sudah diganti, akan tetapi memerlukan waktu yang lama dan selalu harus menanyakan kepada pihak Shopee terus. Seakan-akan saya ini mengemis kepada mereka, padahal pihak mereka itulah yang memaksa menggunakan jasa kirim Shopee Xpress.

Ada dua paket yang hilang dan sampai saat ini saya belum menerima pergantian. Paket dengan nomor orderan 2308084D48Y758 dan nomor resi Shopee Xpress SPXID034193795558, serta nomor orderan 230802KQDMWR9Q dan nomor resi Shopee Xpress SPXID035180842828.

Berikut saya lampirkan bukti-bukti pengiriman ketika menggunakan jasa pengiriman selain Shopee Xpress, tapi tidak ada masalah. Dan ketika menggunakan jasa pengiriman Shopee Xpress, selalu bermasalah. Sampai pelanggan langganan saya menjadi marah kepada saya karena paket tidak kunjung tiba (hilang).

Anggi Pratama
Gunung Kidul, Yogyakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

23 komentar untuk “Shopee Memaksa Menggunakan Kurir Shopee Xpress, Akan Tetapi Sudah 5 Paket Hilang

    • 18 Agustus 2023 - (05:35 WIB)
      Permalink

      Suruh pembelinya aja ubah jasa pengiriman sesudah checkout. Tapi kebanyakan pembeli di Shopee ini banyak yang tidak paham dan juga habis order langsung kabur tidak melihat jasa kirim mana yang digunakan

      • 18 Agustus 2023 - (08:16 WIB)
        Permalink

        sepertinya tidak bisa,sdh di atur sistem shopee,karena saya juga seller dimana saya tdk pernah mengaktifkan shopee expres,tiba2 ada dan pernah beberapa kali saya suruh cancel aja orderan masuk

        • 18 Agustus 2023 - (09:28 WIB)
          Permalink

          Ada yg bs ada yg ga sih karena sy pernah. Tp Alhamdulillah selama ini pake shopee express selalu aman, mgkn karena nilai barang yg sy beli kecil kali ya.

        • 18 Agustus 2023 - (16:56 WIB)
          Permalink

          Selama bukan Shopee Mall kayaknya bisa diganti kak.
          Yg penting dari toko nya mengaktifkan beberapa ekspedisi selain SPX dan area pengiriman terjangkau dg ekspedisi lain.
          Di toko punya saya , dibikin auto reply chat cara ubah kurir biar langsung bisa dibaca cstmer.

  • 18 Agustus 2023 - (01:50 WIB)
    Permalink

    Laporkan saja pak ke KPPU (Komisi Pengawas Persaingan Usaha) . Via websitenya pun bisa, ceritakan kronologisnya. Itu masuknya ke monopoli

    • 19 Agustus 2023 - (09:46 WIB)
      Permalink

      Paket saya dari shopee tgl.2 agust, memakai ekspedisi shopee xpress hemat sampai dilokasi tgl.6 estimasi pengiriman tgl.9 diantar. Saya chat ke admin slalu dijawabnya kurir nya, kami hanya packing dan kirim. Saya chat trs, itu masih tanggungjawab penjual krn barang belum sampai ke tangan saya. Didiamin dan disuruh tunggu. Ga jelas juga pikir saya, Tgl.17 saya mengajukan pengembalian dana, dan ternyata dinyatakan hilang paket saya. Tgl.18 dikembalikan dana ke shopeepay.

  • 18 Agustus 2023 - (04:24 WIB)
    Permalink

    Arahkan pelanggan untuk merubah jasa ekspedisi saja kak… Alhamdulillah kalau aku sih kurir shopee ekspress di t4 aku amanah.. Hanya saja pengirimanx lebih lama dibanding j&t, jadi kalau pas inget aku rubah dulu ke j&t. Kalau sekitanya gak terlalu terburu2 n kadung pkai SE ya sudah gpp…

  • 18 Agustus 2023 - (07:00 WIB)
    Permalink

    Walah beneran kagak amanah bener2.
    Gak jadi untung malah tombok.
    Anehnya masih aja mau dibod0hin, masih aja jualan ditempat sama.

    • 18 Agustus 2023 - (07:47 WIB)
      Permalink

      Amannya: berhenti saja jualan di shopee kalau ga mau ribet.
      Karena pihak shopee pun tidak memaksa setiap membernya jualan disana.

      1
      3
      • 18 Agustus 2023 - (09:30 WIB)
        Permalink

        Emg tdk memaksa, tp terkadang mereka jualan di shopee karena emg banyak pembeli yg lbh milih shopee ketimbang yg lain. Mau ga mau ya jualan di shopee

    • 18 Agustus 2023 - (12:00 WIB)
      Permalink

      ya sudahlah, ambil hikmah nyab, kalau mau lanjut silahkan… , karena jualan dilapak orang harus mengikuti aturan mereka, kalau gw mah ogah jualan dilapak orang, berusaha buka lapak sendiri dan jalan atau rezeki ada di tangan ALLAH

    • 19 Agustus 2023 - (05:24 WIB)
      Permalink

      sebagai pembeli paling murah ya spx express mana mau saya ganti kecuali urgent dan beda2 tipis, dan shopee mau profit ya harus pakai expedisi sendiri agar bisa untung di bulky masalah hilang ya begitulah expedisi. Tinggal terserah anda mau pakai jasa shopee atau pindah toko lain.

  • 18 Agustus 2023 - (13:06 WIB)
    Permalink

    Saya akui utk barang2 kebutuhan rumah di Shoope banyak banget dgn berbagai pilihan, tp kalau ada mslh di Shopee penanganannya sprtny kurang baik dan lambat/lama…sy prnh order brng dikirim salah, sy ajukan pengembalian…dananya lama banget, saru bulan lebih itupun krn sy aktif tanya2 ke CS nya shopee..entahlah!

  • 18 Agustus 2023 - (15:35 WIB)
    Permalink

    Solusinya ada 2. Kirim email permohonan untuk nonaktifkan shopee express. Ada yg bisa, kalau engga mau ga mau tulis di deskripsi atau pesan otomatis agar customer memilih jasa kirim selain shopee ex, jika Masih memilih jasa itu, segala kendala yang menyebabkan kerusakan bahkan kehilangan , bukan tanggung jawab seller (no complain)

    • 18 Agustus 2023 - (23:30 WIB)
      Permalink

      Nulis di media ini emang pihak shope mau jawab…anda berani tidak viralin di sosmed..jika ada bukti kuat.tuntut tpi ya pihak shope akan memutuskan anda berjualan di lapak shope…serba salah apakah ada pemain dari petingginya maupun bawahannya dan klo beli barang mahal banyak yg komplen narang hilang dan tidak diganti..saran saya hati2 beli barang di atas 1juta ke atas..karna manusia ada baik dan jahat ada amanah ada yg tidak.klo saya baca dri kemarin di media .kebanyakan pihak ke 3( jasa kirim) narang nya hilang kenapa ada.ya pasti ada pemain..pejabat aja ada yg korupsi apalagi yg beginian..banyak berdoa kpd allah agar mwmudahkan berjualan lancar dan oembeli barang nya pun ga pernah di nyatakan hilang…saya langganan shope tpi beli baramg di bawah 50ribu paling dan amanah aman ga oernah hilang barang murah.paling klo di atas 100k-1juta+ cod..

      • 22 Agustus 2023 - (17:33 WIB)
        Permalink

        Sy juga seller, dan juga pernah merasakan hilang juga. Tapi diganti.
        Pelayan logistik Shopee Express mmg harus berbenah, apalagi di kota kecil, satu kebupaten hanya ada dua dan jaraknya juga jauh dari coveran. Sedangkan kurir yg ambil P.U juga sering beralasan utk ambil P.U Krn mmg jaraknya jauh dan dya keburu pulang. Harus ada aturan dan sanksi yg tegas Kpd kurir yg kurang kompeten. Masih banyak orang2 yg ingin bekerja dan diberi kesempatan. Ayo Shopee berbenah lah kalo gak bisa ditinggal tok tok seller.

    • 20 Agustus 2023 - (22:12 WIB)
      Permalink

      perusahaan jga tdk mau rugi terus , misal ada kebijakan gratis ongkir hny dengan shopee expres dan d luar shopee expres berbayar . kebanyakan konsumen pasti akan nyari toko yg ada ekspedisi gratis ongkirnya .

      kecuali kelas ekonomi menengah ke atas yg mencari kenyamanannya. g mikir gratis ongkir 😁

  • 18 Agustus 2023 - (23:25 WIB)
    Permalink

    Paket saya juga hilang. barang seharga 772rb. hanya diganti 220. seperti niat mencuri. barang yg hilang bukan yg murah loh.. Udah gtu diganti lebih murah lagi. Rugi banget sebagai seller. Maksa pula ngaktifin jasa shopee express ini.

  • 19 Agustus 2023 - (05:52 WIB)
    Permalink

    hilang itu kebanyakan di expedisi krn sanksi ganti rugi hanya 10x biaya kirim jadi bisa buat modus dg alasan hilang,,
    kn bisa dilacak pas hilang posisi paket dmnnya,,
    kalo sudah posisi diantar pengirim brti sing pengirim yg modus kan cuma ganti 10x biaya kirim,,
    kalo msh di konter2 brti bisa pengirim bisa orang konternya,,
    kalo bisa dikiriman paket isinya apa jgn ditulis jadi gk atau itu isi paket apa,,
    yg harusnya tegas ya pihak expedisi dan shopee,,
    sanksi itu bukan cuma mslh ganti rugi 10x tp bisa pemutusan kerjasama,,
    ingat roda berputar byk aplikasi2 yg gulung tikar dimakan zaman,,
    skrg mgkn lg naik daun 5-10 kedepan mungkin muncul pesaing baru,,

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee Express?

Ada 23 komentar sampai saat ini..

Shopee Memaksa Menggunakan Kurir Shopee Xpress, Akan Tetapi Sudah 5 Pa…

oleh Anggi dibaca dalam: 1 menit
23