Tidak Ada Pengajuan, Tiba-tiba Ada Pinjaman Atas Nama Saya di Tunaiku

Salam Media Konsumen,

Saya Ghea A. Andriani, yang bekerja di salah satu perusahaan swasta di Jakarta. Singkat cerita, pada tahun 2021 saya pernah mengajukan pinjaman di Tunaiku Amar Bank dan sudah dilunasi sejak akhir tahun 2022, tanpa denda/issue dan kredibilitas yang baik. Setelah pelunasan itu, saya uninstall aplikasi Tunaiku.

Lalu pada hari ini Senin, 21 Agustus, saya dikejutkan dengan email dari Tunaiku/Amar Bank, bahwa pada tanggal 17 Agustus 2023, ada pengajuan 2 kontrak pinjaman atas nama saya yang disetujui dan dana akan dicairkan ke rekening saya.

Karena mendapatkan email ini, saya mencoba menghubungi call center Tunaiku. Menurut informasi dari pihak Tunaiku, mengonfirmasi adanya pengajuan atas nama saya dan sudah dicairkan ke rekening Amar Bank dengan konfirmasi dari saya melalui telepon.

Saya luruskan di sini, bahwa saya tidak pernah lagi mengajukan pinjaman ke Tunaiku setelah saya uninstall aplikasi tersebut dan tidak ada konfirmasi dari saya mengenai pembukaan bank account di Amar Bank.

Notifikasi pembukaan acc Amar Bank

Lucunya, pengajuan pinjaman ini pun tidak pernah mendapatkan konfirmasi atau saya tidak pernah tanda tangan secara digital. Pertanyaan, kenapa bisa ada dua kontrak yang sudah aktif atas nama saya?

Penemuan aneh ketiga, pada saat proses verifikasi dan pencocokan data sebelum saya memulai komplain, nomor telepon saya sudah sesuai (0856*****793), tetapi pada kontrak yang di-issued, nomor handphone yang tertera berbeda dengan nomor handphone kepemilikan saya untuk account Tunaiku ini.

Saya tidak pernah menghubungi Tunaiku untuk segala perubahan data di aplikasi ataupun di sistem Tunaiku, kenapa data handphone saya bisa berganti dengan sendirinya? Apakah data Tunaiku bocor atau Tunaiku tidak mempunyai keamanan data untuk nasabahnya? Jika memang ada yang berusaha menyalahgunakan akun saya dengan mengganti nomor handphone saya, kenapa semudah itu? Saya tidak menerima sama sekali kode verifikasi/OTP untuk perubahan data ini.

Saya coba login ke aplikasi Tunaiku menggunakan nomor saya, tetapi tidak bisa. Sehingga saya verifikasi ulang email dan reset password, lalu saya coba login lagi, baru berhasil. Namun saya tidak bisa lihat pengajuan pinjaman tersebut. Saya diarahkan ke pengajuan pinjaman awal dengan input ulang nama, nomor handphone, email dan NIK. Namun ketika saya klik proses, statusnya “KTP ini sudah terdaftar dengan nomor handphone yang berbeda“. Loh saya saja tidak pernah mengajukan perubahan data? Bagaimana bisa nomor handphone saya berbeda dan berganti dengan sendirinya?

Kekecewaan saya bertambah ketika saya juga tahu bahwa dana sudah dicairkan ke rekening Amar Bank atas nama saya, yang saya secara sadar tidak pernah mengajukan pembukaan rekening di Amar Bank. Dari pihak Amar Bank pun tidak ada yang pernah menghubungi saya. Saya coba unduh aplikasi Amar Bank menggunakan user dan password yang sama dengan Aplikasi Tunaiku, ternyata perangkat Amar Bank atas nama saya sudah ada yang menggunakan terlebih dahulu. Bagaimana bisa? saya tidak pernah mengajukan, tetapi ada perangkat lain bisa masuk dengan mudahnya?

Lanjut saya klik “Daftarkan”, lalu proses selanjutnya adalah verifikasi wajah. Saya coba verifikasi wajah, tetapi gagal. Sehingga saya belum bisa lihat saldo yang berada pada account Amar Bank.

Kekecewaan lain, pada pengajuan yang saya ajukan terdahulu, saya selalu mencantumkan nomor rekening saya untuk pencairan dana jika pengajuan disetujui yaitu ke rekening BCA saya atas nama Ghea A. Andriani. Namun mendengar informasi dari CS Tunaiku bahwa dana yang dicairkan di alokasi ke account Amar Bank, ini membuat saya geram. Kenapa? Ini bukan masalah pengajuan pinjaman yang tanpa izin dan konfirmasi dari saya, tapi pembuatan account tanpa konfirmasi ke pemilik NIK dan pencairan dana ke bank lain yang tidak saya setujui dan tidak ada izin dari saya. Ini FATAL dan ILEGAL.

Ini bukan hanya merugikan saya, tetapi bisa terjadi juga ke nasabah Tunaiku lainnya. Mungkin bisa terulang lagi ke saya. Saya tidak tahu apakah account saya diretas karena data Tunaiku bocor. Atau memang cara Tunaiku berjualan, dengan memaksa nasabah untuk meminjam dengan cara membuat kontrak tanpa adanya konfirmasi dari Nasabah? Menurut saya ini tidak benar, kalaupun akun saya diretas dan disalahgunakan oleh orang, mengapa dengan mudah orang lain bisa mengganti  data pribadi seperti nomor handphone saya tanpa ada security code kepada pemilik akun?

Kenapa tidak ada double checking dari Tunaiku, untuk dana pencairan ditransfer ke mana? Padahal dalam form sudah jelas ada nomor rekening BCA saya, kenapa ada ide untuk membuat akun di Amar Bank dan ini tidak ada konfirmasi atau persetujuan dari saya?

REK Terdaftar
Ini nomor rekening yang terdaftar untuk pencairan dana Tunaiku pada form

Mohon maaf jika seperti ini saya menilai Tunaiku bukan aplikasi keuangan yang baik. Karena dalam menjaga kerahasiaan data nasabah saja tidak bisa. Kedua, semua dapat dilakukan dan dicairkan, bahkan tidak ada konfirmasi dari nasabah. Ketiga, perubahan data pada bank merupakan hal yang fatal dan sering kali di-cross check berulang, tetapi tidak dilakukan hal tersebut pada Tunaiku Amar Bank.

Saya rasa komplain saya ini bukan yang pertama untuk Tunaiku. Saya sering melihat adanya komplain dari nasabah lain. Sehingga saya rasa perlu ditinjau ulang oleh lembaga keuangan terkait, mengenai kredibilitas Tunaiku secara keamanan data, proses dengan verifikasi dan keamanan bertransaksi. Karena sepengetahuan saya Tunaiku bukan lembaga pinjaman online lagi, melainkan sudah KTA. Yang mana harus mempunyai beberapa seleksi untuk menghindari kerugian pada orang lain. Saya akan melaporkan masalah ini ke tim 157 OJK untuk ditindaklanjuti dan saya juga akan melaporkan ke satgas cyber crime jika memang ada kebocoran data.

Selebihnya saya minta perbaikan dari Tunaiku untuk proses verifikasi yang berulang untuk setiap nasabah dan perlunya ada konfirmasi. Karena tanda tangan digital pun tidak cukup untuk dijadikan pengajuan pinjaman, apalagi KTA. Perkuat keamanan data nasabah, karena data tersebut penting untuk kami. Hal ini sangat-sangat merugikan saya, apalagi saya tidak pernah mengajukan pinjaman atau pembukaan nomor rekening.

Ghea Ayu Andriani
Tangerang Selatan, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Tidak Ada Pengajuan, Tiba-tiba Ada Pinjaman Atas Nama Saya di Tunaiku”

Pertama-tama, kami menyampaikan terima kasih untuk informasi yang telah Ibu Ghea Ayu Andriani, S. Kom. sampaikan. Menanggapi Surat Pembaca yang...
Baca Selengkapnya

94 komentar untuk “Tidak Ada Pengajuan, Tiba-tiba Ada Pinjaman Atas Nama Saya di Tunaiku

  • 25 Agustus 2023 - (03:07 WIB)
    Permalink

    @Ghea
    Mbak, ini masuknya ke kasus “extra-ordinary crime” perbankan. Mbak bisa melakukan upaya gugatan hukum baik pidana maupun perdata.
    Lapor ke polda metro jaya, siapkan data pendukung. Kemudian hubungi advokat untuk langkah lebih lanjut. Jika terkendala dana untuk sewa advokat, saya sarankan hubungi LBH. Mereka mau bantu kok masalah ginian.

      • 30 Agustus 2023 - (15:58 WIB)
        Permalink

        Penyelsain sudah dilakukan oleh Tunaiku, karna mereka sudah menerima pengaduan dari saya dari OJK, Media Konsumen dan pengaduan langsung saya ke Tunaiku. info terakhir bahwa pengajuan atas nama saya yang tidak saya lakukan di batalkan karna saya memang punya bukti-buktinya, lalu cicilan pun dibebaskan. saat ini data saya sedang pemulihan dikembalikan menggunakan data saya yang lama, account saya juga sudah saya minta bekukan / blokir ke pihak terkait, begitu juga account saya di Amar Bank sedang saya mintakan di tutup. saya belum check lagi apakah sudah di tutup dan blokir. rencana minggu depan saya akan check kembali

  • 25 Agustus 2023 - (14:25 WIB)
    Permalink

    mana klarifikasi dr AMAR BANK?????
    ini nasabah data bocor mhn di jangan dilempar-lempar
    jangan promo aja yang kencang, klo udah ada case begini gak ada tanggung jawab

 Apa Komentar Anda mengenai Keamanan Akun Tunaiku?

Ada 94 komentar sampai saat ini..

Tidak Ada Pengajuan, Tiba-tiba Ada Pinjaman Atas Nama Saya di Tunaiku…

oleh Ghea dibaca dalam: 4 menit
94