Gagal Banding, Shopee Tak Bijak dalam Pengambilan Keputusan Return Produk. Satu Kata, Kecewa!!

Saya adalah salah satu penjual yang sudah cukup lama menggunakan marketplace Shopee dalam hal jual beli. Tapi kali ini saya dibuat kecewa pada layanan Shopee karena ketidakprofesionalannya dalam menentukan hasil banding yang dimenangkan oleh pembeli. Singkat kata, ada pembeli saya bernama Arn**. Dia membeli sebuah produk buket tanpa melampirkan secara detail produk yang diinginkan.

Dia hanya menyebutkan penggantian warna kain maroon tanpa menyebutkan rinci pesanannya. Sementara itu, produk tersebut sudah saya sertakan gambar beserta deskripsi jelas bahwa setiap produk yang kami buat hanya bisa campur warna.

Ini contoh produk pada etalase di mana ada perpaduan warna pink, hitam, pink muda:

Yang kedua adalah contoh produk di etalase kami dengan perpaduan warna biru, black marble:

Sementara ini adalah produk yang dipesan pembeli dengan hanya menyertakan tulisan “maroon.” Pada bagian deskripsi produk kami menuliskan hanya bisa dipesan dengan percampuran warna. Sehingga saya membuatnya dengan perpaduan warna maroon dan hitam dengan sedikit corak bening.

Tetapi setelah paket diterima, pembeli mengajukan pengembalian dengan alasan produk kami tidak sesuai dengan keinginannya.

Keterangan deskripsi: warna hanya bisa dicampur, tidak full.

Sebenarnya saya tidak mempermasalahkan produk tersebut dikembalikan jika memang kami membuat kesalahan atau kelalaian. Tetapi kami yakin jika produk tersebut sudah benar dan sesuai dengan deskripsi. Pembeli tetap bersikukuh bahwa pengakuannya adalah yang benar. Ditambah lagi, pihak Shopee seakan mengabaikan laporan banding saya. Berbagai bukti saya sertakan, seakan tidak ditanggapi dengan serius oleh pihak marketplace yang katanya mendahulukan pelayanan.

Saya berusaha menjadi penjual yang jujur serta bertanggung jawab jika memang kesalahan ada di pihak kami. Di sini saya merasa dirugikan karena Shopee hanya berfokus pada pembeli tanpa melihat posisi penjual. Saya harap dengan kejadian ini, Shopee bisa lebih bijak lagi dalam mengambil keputusan. Cukup banyak kasus di mana platform orange ini terlalu gegabah dalam mengambil tindakan.

Yuli Hayuningtyas
Ponorogo

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

62 komentar untuk “Gagal Banding, Shopee Tak Bijak dalam Pengambilan Keputusan Return Produk. Satu Kata, Kecewa!!

  • 23 Agustus 2023 - (23:09 WIB)
    Permalink

    betul sekali shope sangat ketakutan sekali kehilangan pembeli setiap x banding pasti yg menang pembeli beda dgn penanganan ditokopedia yg lebih menjaga sellernya

    3
    1
    • 24 Agustus 2023 - (05:07 WIB)
      Permalink

      Kenyataannya selama kami diskusi didalam forum apa yang dilakukan oleh admin shopee yg menangani kasus saya? Cuma membaca tanpa mengambil tindakan, tanpa menengahi, tanpa memberi solusi. Saya pernah banding sebelumnya dg admin lain dan dia sangat respek menengahi, memberi solusi.

      2
      1
      • 24 Agustus 2023 - (08:44 WIB)
        Permalink

        Curiga tim dispute itu isinya bot doang karena kadang gak nyambung, dan pengambilan keputusannya kaya ga pake logika manusia, just by sistem gitu

  • 23 Agustus 2023 - (23:35 WIB)
    Permalink

    Penjual tidak faham aturan yang ditulis oleh penjual sendiri di deskripsi yaitu WARNA BUKET PERPADUAN TIDAK BISA SATU WARNA KECUALI PERMINTAAN KHUSUS, pembeli melakukan permintaan khusus yaitu maroon, kalau bingung menentukan warna kenapa tidak chat atau telpon ke pembeli untuk mendapatkan kepastian. Sudah tepat Langkah shopee untuk tidak menerima komplain penjual

    9
    3
    • 24 Agustus 2023 - (05:06 WIB)
      Permalink

      Tidak perlu menuding tidak paham aturan dg apanyang dibuat sendiri oleh penjual. Sebelum saya membalas chat pembeli, justru pembeli sendiri yang sudah mencecar banyak pertanyaan kepada penjual, langsung mengajukan pengembalian tanpa menunggu balasan dari kami sebagai penjual. Sebagai admin shoopee harusnya lebih paham aturan daripada penjual jangan mengambil keputusan yang tergesa gesa. Apa perlu saya tunjukkan bukti percakapan melalu chat pribadi?

      2
      6
    • 24 Agustus 2023 - (05:10 WIB)
      Permalink

      Jangan mengambil setengah setengah dari deskripsi saya. Didalam deskripsi saya disebutkan WARNA HANYA BISA CAMPUR. SESUAI DENGAN GAMBAR. sementara pembeli tidak gambar menyebut KHUSUS FULL WARNA MAROON. Apa perlu saya screenshot bukti??

      2
      5
    • 24 Agustus 2023 - (05:40 WIB)
      Permalink

      Yang membuat saya lebih kecewa lagi adalah peran admin dalam kasus saya sama sekali tidak memberikan solusi, tidak mengarahkan, tidak juga membantu malah seakan duduk manis menonton percakapan kami. Saya pelaku usaha tidak hanya menjual produk di shopee saja tetapi di beberapa marketplace lainnya. Saya memantau, mengamati, dan berkonstribusi besar untuk shopee dan beberapa marketplace lain.

      2
      5
      • 24 Agustus 2023 - (08:01 WIB)
        Permalink

        Logika nya kalau permintaan pembeli maroon artinya ya full maroon, karena pembeli cuma menulis 1 warna, itu sudah dianggap sebagai permintaan khusus dari pembeli, disini terlihat jelas kejahilan penjual/stupid seller, Sebelum membuat pesanan pembeli kenapa tidak chat/telpon ke pembeli untuk menanyakan tentang pesanannya jika penjual bingung, untuk konfirmasi dan juga pelayanan ke konsumen, jangan dibuat terus dan langsung kirim, tanpa konfirmasi. Terlihat juga pelayanan penjual ini tidak baik. Bad service (pelayanan buruk)

        5
        3
        • 24 Agustus 2023 - (08:08 WIB)
          Permalink

          Logikanya lagi kenapa ada gambar gambar iklan yang saya tampilkan harus ada percampuran warna. ? Ditambah lagi di deskripsi sudah tertulis PERCAMPURAN WARNA. sedangkan pembeli tidak menyertakan FULL WARNA. kenapa saya upload produk produk percampuran warna ?? Logikanya dipakai jangan jadi PENGGEMAR YANG DIBAYAR

          2
          5
          • 24 Agustus 2023 - (08:22 WIB)
            Permalink

            sudah terlihat jelas pelayanan penjual ini yang buruk, seharusnya konfirmasi dulu ke pembeli jika dianggap permintaan pembeli membuat bingung penjual, penjual ini malah tidak menghargai permintaan pembeli, pesanan pembeli langsung dibuat dan kirim, wajar lah pembeli melakukan pengembalian barang karena produk yang dipesan tidak sesuai dengan permintaan nya. dan pembeli juga tidak diajak berdiskusi sewaktu penjual ini kebingungan karena permintaan pembeli yang meminta warna maroon, kalau penjual yang bersikap baik seharusnya boleh lah bertanya ke pembeli sebelum pesanan pembeli dibuat, misal nya kak ini produk nya warna maroon semua ya atau bagaimana?

            6
            3
        • 24 Agustus 2023 - (08:11 WIB)
          Permalink

          Sekali lagi karena anda adalah HATER yang senang menuduh seller dg kata kata stupid. Atau jangan jangan anda sudah dibayar ya

          2
          6
        • 24 Agustus 2023 - (09:47 WIB)
          Permalink

          si RAHMAddD yang katanya penjual baik kenyataanya juga berkata kasar ke sesama penjual. perlu diperhitungkan jugaa,,, kalau ketemu dengan sesama seller suka usillll,,,

        • 24 Agustus 2023 - (10:43 WIB)
          Permalink

          Oh sementara kamu merasa yang paling benar gitu. Si paling fanatik.

          1
          1
        • 24 Agustus 2023 - (10:47 WIB)
          Permalink

          Masih banyak kok penulis kontribusi media konsumen yang membutuhkan bantuan dan ide idemu. Siapa tau kamu bisa membantu mereka memecahkan masalahnya.

          1
          1
    • 24 Agustus 2023 - (08:26 WIB)
      Permalink

      Anda menilai dari segi yang mana? Saya menjual produk ribuan sudah tertera di deskripsi ngapain harus ditanyakan lagi. Kami membuat aturan untuk pembeli silahkan menulis di catatan dan pada chat. Apakah ada kewajiban kalau SELLER HARUS KONFIRMASI? Sekali lagi karena anda bukan diposisi penjual. Dan hanya berbekal penilaian satu saja. Silahkan cek toko toko lainnya pasti ada yang menerapkan aturan serupa. Kalau anda suka ya dukung kalau tidak ya tinggalkan. Kenapa masih dilanjutkan seolah seller itu harus benar mengikuti aturan pembeli. Lalu apa guna ada deskripsi kalau tidak dipahami. Silahkan anda berselancar dulu ke banyak toko bru memberi statemen bijak

      2
      6
      • 24 Agustus 2023 - (08:30 WIB)
        Permalink

        Di perusahaan shopee itu mereka berusaha untuk memberikan pelayanan terbaik ke pembeli tetapi anda malah bersikap seperti ini, sudah tepat langkah shopee

        4
        3
        • 24 Agustus 2023 - (08:32 WIB)
          Permalink

          Saya adalah penjual (star) sekaligus pembeli (platinum) di shopee. Saya sangat royal dan setia sampai saya mengeluarkan banyak uang untuk memajukan shopee. Statement anda tak berdasar dan kurang wawasan.

          3
          3
          • 24 Agustus 2023 - (08:38 WIB)
            Permalink

            menulis memajukan shopee tapi disurat ini anda menjelekkan shopee, padahal sudah benar keputusan shopee karena atas kesalahan anda sendiri

            3
            3
          • 24 Agustus 2023 - (08:36 WIB)
            Permalink

            Kalau anda memiliki toko di shopee kenapa anda dengan indahnya dengan santainya melontarkan kata kata tak bijak dan menjustis toko lain sebagai pembohong, tidak didukung, atau dengan kata kata kasar. Berarti anda bukan toko yang baik juga dong

            2
            1
          • 24 Agustus 2023 - (09:48 WIB)
            Permalink

            anda tidak benar benar mengerti masalah orang bung,,,, urus saja urusanmu,,,gih

    • 24 Agustus 2023 - (08:34 WIB)
      Permalink

      Dan saya mendukung HAK dan Kebebasan berpendapat. Kebenaran dan Keadilan. Orang seperti anda perlu diingatkan

      2
      1
      • 24 Agustus 2023 - (08:42 WIB)
        Permalink

        Kalau sudah jelas kesalahan di pihak toko kenapa saya harus dukung, terus saya harus bersimpati gitu karena sama sama ada toko di shopee?

        2
        3
        • 24 Agustus 2023 - (08:44 WIB)
          Permalink

          Terus dengan indah melontarkan kata kata buruk dg menulis toko saya STUPID itu diperbolehkan?

          3
          1
          • 24 Agustus 2023 - (08:49 WIB)
            Permalink

            Boleh karena faktanya begitu

            2
            2
    • 24 Agustus 2023 - (08:42 WIB)
      Permalink

      Tolong dipahami penulis bahasa Indonesia yang baik ditambah dengan ilmu. MENJELEKKAN bukan berarti MENJATUHKAN. justru dengan menulis di laman ini berharap SHOPEE BISA KEBIH BAIK, BISA LEBIH BIJAK dalam mengambil KEPUTUSAN. Karena bentuk royalitas seseorang salah satunya dengan MENEGUR dan MENGKRITIK.

      • 24 Agustus 2023 - (08:46 WIB)
        Permalink

        Penjual mau mengintervensi keputusan shopee yang sudah benar dengan membuat surat di media konsumen

        2
        3
        • 24 Agustus 2023 - (10:11 WIB)
          Permalink

          Ada gak kalimat saya mengintervensi. Atau kamu sudah kehabisa kalimat majemuk?? Media konsumen bukan ajang pencarian bintang, bukan wadah untuk gagah gagahan. Cuma media pembantu. Toh shoppee sudah menyetujui pembeli dan saya menerima. Hak saya dong mau curhat kesiapan. Dasar hukum apa kamu menuduh si seller yg merasa paling benar.

    • 24 Agustus 2023 - (09:35 WIB)
      Permalink

      berarti kembali ke statemen saya, saya sudah benar dong dan anda salah. begitu kok katanya dukung shopee. jangan jangan anda sedang mencari cari kesalahan orang lain. atau jangan jangan anda sama saja dengan penjual yang senang menjatuhkan toko lain.

      1
      1
      • 24 Agustus 2023 - (10:25 WIB)
        Permalink

        Kalau sudah menerima iya Bagus lah, semoga pelayanan ke pembeli ditingkatkan supaya tidak kecewa ketika ada pembeli komplain dan melakukan pengembalian barang, menurut saya kecewa karena ulah kesalahan sendiri

        • 24 Agustus 2023 - (10:45 WIB)
          Permalink

          Malah saya gratiskan produk saya ke pembeli. Gak perlu balik juga boleh. Anda juga silahkan introspeksi diri tidak perlu saling menjatuhkan dan mengada ngadakan. Jadi orang yang bijak saja. Urus urusanmu sendiri, kerja keras biar dapur rumah terus mengepul. Cuma urusan remeh ikut ikutan eksis.

  • 24 Agustus 2023 - (06:56 WIB)
    Permalink

    Aturan sdh benar shopey sudah benar u yg salah deskripsimu menjebak mu permintan khusus catet poin itu yg menjadi pertimbangan..hidup shopey..shopey tetap terbaik kmren saya beli pecah belah pecaj bisa di retur ,beli sabun bocor bisa di retur,sepatu salah ukur juga bisa do retur asal semua ada video unboxing dan sesuauai urusan diskripsi urusan gampang di shope,dan u terjebak aturan mu sendiri poin permintan khusus pembeli menuliskan maron berati itu permintan khusus

    3
    3
    • 24 Agustus 2023 - (06:59 WIB)
      Permalink

      Karena anda memposisikan diri sebagai hater dan sebagai penggemar shopee dan juga sebagai pembeli. Silahkan anda memposisikan diri sebagai penjual. Paket saya ada yg gagal kirim dan tidak kembali saya tidak protes shopee dan hanya menghimbau. Silahkan anda menjadi penjual dulu baru paham.

      3
      3
    • 24 Agustus 2023 - (07:00 WIB)
      Permalink

      Yang dimaksud permintaan khusus itu misal ya FULL WARNA sementara saya sudah melampirkan contoh gambar gambar dimana tercantum perpaduan warna HITAM DAN CAMPUR WARNA DASAR LAINNYA.

      2
      3
  • 24 Agustus 2023 - (09:09 WIB)
    Permalink

    . . . Banyak pembeli yg tidak membaca diskripsi sampai tuntas dan kita sebagai penjual jg kudu respon balik dg chat ke pembeli saat sdh order/checkout
    Sebagai penjual saya dua kali melakukan hal tsb dan dua kali juga dibatalkan oleh pembeli dan buat saya cara tsb ditempuh agar supaya saat ada komplain ke pihak onlineshop kita sbg penjual punya bukti kalau pembeli sdh setuu dg bukti chat plus sdg ada komunikasi sebelumnya.

    3
    1
    • 24 Agustus 2023 - (09:40 WIB)
      Permalink

      betul.. pembeli wajib membaca dan melihat. deskripsi membantu penjual, sebagai tangan kanan penjual. karena fakta dilapangan banyak penjual tidak sempat mengkonfirmasi ulang pesanan karena banyaknya order. kecuali kalau memang seller/ owner melayani sendiri pesanan. dilapangan banyak seller menggunakan jasa/pelayan. dan fakta dilapangan, pembaca sedang tidak dalam posisi antara pelaku seller dan pembeli yang tengah berkonflik sehingga dengan santai mereka menerka nerka.

  • 24 Agustus 2023 - (10:21 WIB)
    Permalink

    Mungkin penjual ini gak mau kalau orderan nya dibatalkan, langsung buat dan dikirim, dalam fikiran penjual si pembeli bodoh tidak tau cara retur paket, syarat sah transaksi jual beli itu sama sama ridha atas uang/barang. Pembeli komplain malah salahin pembeli dan shopee

    2
    2
    • 24 Agustus 2023 - (10:26 WIB)
      Permalink

      Hahah sudah ketahuan kan kalau kamu itu memang seller yang merangkap jadi pembeli usil. Perlu bukti gak kalau saya menerima pengajuan balikm toh saya menulis di laman ini sudah dua hari semenjak shopee acc pengajuan pembeli. Jangan usil deh.. ketahuan kan siapa yang memiliki adab

  • 24 Agustus 2023 - (10:23 WIB)
    Permalink

    Lah, disitu kan sudah ditulis “kecuali atas permintaan khusus. Itu customer sudah jelas tulis maroon. Lalu di chat juga diperjelas, maroon dengan bunga senada. Yang tulis bagian atas dan tengahnya maroon kan penjual.
    Lalu kenapa pembeli yang disalahkan?

    1
    1
    • 24 Agustus 2023 - (10:28 WIB)
      Permalink

      Kalau kamu sedang tidak dalam posisi saya dengan si pembeli tidak perlu mengarang statemen

      1
      2
      • 24 Agustus 2023 - (10:33 WIB)
        Permalink

        Bukan ngarang tetapi coba kamu lihat sendiri bukti chat kamu dengan pembeli yang kamu upload di surat ini

        2
        1
        • 24 Agustus 2023 - (10:38 WIB)
          Permalink

          Silahkan dibaca lagi komentar saya tidak perlu mengarah bebas. Merasa diri paling benar sendiri 😁

          1
          1
        • 24 Agustus 2023 - (10:38 WIB)
          Permalink

          Tipe seller yang tidak suka dengan seller lainnya terus menjatuhkan ya.

          • 24 Agustus 2023 - (10:41 WIB)
            Permalink

            Bukan menjatuhkan tetapi kamu merasa benar atas kesalahan yang kamu buat

            2
            2
        • 24 Agustus 2023 - (10:41 WIB)
          Permalink

          Hahah seperti anda kurang kerjaan terus mengoceh. Katanyaau jadi seller baik. Tapi kejebak sama omongan sendiri. Memang kamu dibayar berapa sih. Kepo aku

        • 24 Agustus 2023 - (10:42 WIB)
          Permalink

          Sekali kali aku mau lihat tokomu. Mau selancar sama reting tokomu.

    • 24 Agustus 2023 - (10:28 WIB)
      Permalink

      Dibaca lagi kata dan komentar di forum ini biar anda paham dan melek teknologi

      1
      1
      • 24 Agustus 2023 - (10:40 WIB)
        Permalink

        Kalau upload surat di media konsumen itu harus siap di dukung/dikritik, pengguna media konsumen juga menilai dengan akal

        2
        2
        • 24 Agustus 2023 - (12:35 WIB)
          Permalink

          Saya sudah siap dikiritik buktinya saya berani menulis di forum kedia konsumen dan telaten membalas chat anda anda ini. Jadi mana lagi kritikan yang bisa menjatuhkan mental saya 😁. Saya sudah siap dengan konsekuensi karena saya tau tulisan saya tidak mungkin bisa dihapus.

          1
          1
      • 24 Agustus 2023 - (10:43 WIB)
        Permalink

        Yang mana yang mengarang??? Disitu sudah jelas anda lampirkan bukti yang memang menyudutkan anda.
        Situ yang nulis sendiri “kecuali atas permintaan khusus” di request Maroon tp anda bikinnya apa? Anda berharap semua menuliskan “FULL”??? Hahahhahah…. Gimana caranya anda berharap org menuliskan apa?
        Situ yang nulis “Maroon atas dan tengah”, org request nya apa anda bikinnya apa.

        1
        1
        • 24 Agustus 2023 - (12:33 WIB)
          Permalink

          Silahkan tengok foto foto produk saya lainnya. Dan cocoklogikan dengan deskripsi. Kalau perlu mampir sajabke toko saya dan lihat lihat disana. Tidak usah merasa benar kalau tidak tau masalah.

          1
          2
          • 24 Agustus 2023 - (13:38 WIB)
            Permalink

            Hahaahahha…. Cocoklogi? Seperti yang mana? Tunjukkan dong!
            Saya tanya kata2 saya yang mana yang ‘mengarangnya’???
            Coba berdebat yang sehat dan coba djawab saja, atau kalau tidak bs, Saya disini tetap bela Shopee atas dasar bukti yang anda paparkan. Semoga lancar dagang dan komplain nya

            1
            2
        • 24 Agustus 2023 - (13:41 WIB)
          Permalink

          Wah wah hebat sekali alibi si HELP ini memang anda dibayar berapa sama admin.

        • 24 Agustus 2023 - (13:42 WIB)
          Permalink

          Anda sendiri tidak memiliki alasan sehat untuk berdebat menyuruh orang lain berdebat sehat. Memang anda paham apa loh. Semangat mencari cari kesalahan orang.

          • 24 Agustus 2023 - (14:04 WIB)
            Permalink

            Hahahahahaah…. Saya tidak dibayar. Alasan sehat untuk mendebat?Hahaahahaha….. Anda jawab saya saja nggaa gmn mau berdebat. Cuma suruh cek dan baca. Sudah dibaca dan di debat tp ga bs balas. 🤣

            1
            1
        • 24 Agustus 2023 - (14:09 WIB)
          Permalink

          Hahah anda terjebak kalimat anda sendiri bilang BERDEBAT sehat. Tetapi terlihat seolah anda membuli yang punya artikel ini. Tipikalnya sudah terlihat. Selamat berolah raga biar sehat.

          • 24 Agustus 2023 - (14:15 WIB)
            Permalink

            Wkwkkwkwk…. Terjebak kalimat sendiri. Wkwkkwkwkwk…. Aduh… Aneh2 saja. Ga heran deh kalo gt. Selamat juga deh….. Selamat gagal banding. Kkkwkwkwkwk….
            Maaf anda sarkas saya juga sarkas jdny. 🤣

        • 24 Agustus 2023 - (14:19 WIB)
          Permalink

          Hahah. Bagi saya gagal banding tidak masalah, yang penting jiwa jurnalish saya masih terasah disini. Buktinya anda dan RAHMAT itu senang dengan tulisan saya. Eh masih banyak loh kasus di sini yang bisa anda bantu pecahkan. silahkan mampir ke artikel lainnya.

  • 24 Agustus 2023 - (13:43 WIB)
    Permalink

    Udah jelas2 catatan penjual warna campur, dasar pembeli 0’on dan sopi aneh

    2
    2
  • 24 Agustus 2023 - (16:52 WIB)
    Permalink

    Jangan terjebak sama haters yang menyalahkan balik seller. Jadi kepanjangan chat dan habis energi dan tidak berkesudahan. Fokus saja jawaban dari pihak shopee setelah permasalahan ini tayang di Media Konsumen.
    Saya sebagai seller juga capek sama pembeli yang tidak pernah mau baca deskripsi barang yang dijual. Seperti satuan barang, ukuran dan lain-lain padahal di foto dan deskripsi barang sdh ada.

    2
    1
    • 24 Agustus 2023 - (16:58 WIB)
      Permalink

      Betul bang. Anda sejalan. Terimakasih banyak masukannya. Semoga rejeki anda lancar dan sehat selalu n

 Apa Komentar Anda?

Ada 62 komentar sampai saat ini..

Gagal Banding, Shopee Tak Bijak dalam Pengambilan Keputusan Return Pro…

oleh SekawanEmpat dibaca dalam: 1 menit
62