Hasil Penjualan Hilang Karena SiCepat Mengubah Berat

Pertama, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Media Konsumen yang telah memuat tulisan saya.

Saya penjual di Shopee dengan nama toko Brandedhouse.id. Selama 1,5 tahun saya berjualan, baru 2 bulan saya mengaktifkan jasa kirim SiCepat, lalu saya nonaktifkan karena berat paket saya diubah.

Bukti berat yang diubah
Bukti berat yang diubah

Berawal pada tanggal 13 Mei 2023 sekitar pukul 18.00 WIB, saya mengantarkan 8 paket pesanan pembeli ke gudang SiCepat di Jl Klampis Semolo Barat – Surabaya. Pada tanggal 15 Mei, saya tanpa sengaja melihat hasil penjualan saya yang belum cair dan melihat 8 pesanan menjadi minus pendapatannya. Saya cukup kaget karena ini belum pernah saya alami sebelumnya. Saya bertanya ke Shopee, lalu Shopee mengarahkan saya untuk menghubungi SiCepat.

Masih di hari yang sama, tanggal 15 Mei 2023, saya menghubungi SiCepat melalui WhatsApp dengan penuh kesabaran, karena sulit sekali berbicara dengan customer service-nya. Saya dijawab dengan teks otomatis yang sangat memakan waktu. Respon dari customer service SiCepat sangat lambat. Saya melaporkan masalah saya dan diminta untuk menunggu karena sedang dalam investigasi. Saya diminta untuk terus menunggu dengan alasan investigasi. Saya heran mengapa investigasi memakan waktu begitu lama. Padahal, kasus ini seharusnya mudah dimengerti, namun sepertinya sangat rumit bagi SiCepat.

Saya telah memberikan bukti berupa foto paket dan resi yang saya tempel. Saya juga melampirkan foto dari pembeli saya. Namun, mereka masih saja beralasan bahwa sedang dalam investigasi. Tiba-tiba dari 8 paket yang minus, 3 diubah menjadi normal. Mengapa hanya 3 yang diubah dan 5 dibiarkan? Padahal, saya telah menjelaskan bahwa hasil penjualan saya yang minus adalah 8 paket yang saya kirimkan pada hari dan jam yang sama.

Setiap kali saya bertanya, jawaban mereka selalu menyuruh saya menunggu. Pada tanggal 12 Juni, SiCepat setuju untuk mengembalikan kerugian saya. Saya diminta untuk mengkonfirmasi ke Shopee. Saya mengira masalah saya sudah selesai, hanya tinggal menunggu uang saya dikembalikan sesuai janji SiCepat. Namun, seiring berjalannya waktu, saya tetap saja harus menunggu. Saya terus menagih dan harus menunggu lagi. Hingga akhirnya, pada tanggal 25 Juli, saya menagih lagi dan kasus saya dinyatakan sudah kedaluwarsa.

Di mulai dari komplain pada cs sicepat pertama kali sampai sicepat menyatakan kalau laporan saya sudah kedaluwarsa
Dimulai dari komplain pada cs sicepat pertama kali sampai sicepat menyatakan kalau laporan saya sudah kedaluwarsa

Saya heran, mengapa mereka yang melakukan kesalahan, tapi mereka yang memutuskan bahwa kasus sudah kedaluwarsa. Seolah-olah, mereka bisa berbuat semaunya dan mengambil hak orang lain. Mereka yang berjanji akan membayar dan saya diminta untuk menunggu, lalu setelah sekian lama beralasan kedaluwarsa.

Melalui Media Konsumen, izinkan saya bertanya kepada SiCepat yang terhormat:

Dari 8 resi yang minus, 3 resi diperbaiki diam-diam, angkanya berubah menjadi normal. Dari awalnya minus 3 juta sekian, lalu menjadi 718.500. Padahal, 5 yang tersisa adalah paket dengan isi yang sama, yaitu tanktop berbahan kain, bukan bahan besi. Dan pengirimannya dilakukan pada hari dan tanggal yang sama. Mengapa 3 diperbaiki tapi 5 dibiarkan? Saya memiliki bukti bahwa 3 resi itu awalnya minus dan tidak ada yang minus. Apa alasan Anda?

Jika Anda penasaran, saya akan mencantumkan video dari pembeli saya ke media sosial Anda nanti. Paket dengan berat 550 gram dapat digenggam dengan tangan, namun ada resi SiCepat berat 50 kilogram (setara dengan 2 karung) dengan ribuan isi tanktop. Anda melakukan tindakan yang tidak pantas, dan saya sudah menyadari perbuatan Anda. Seharusnya Anda merasa malu.

Beberapa bukti paket yang di rubah oleh sicepat

Kasus saya sudah bukan hanya dalam tahap laporan. Laporan sudah saya buat sejak 15 Mei, ketika paket-paket itu belum diterima oleh pembeli saya. Dan Anda sudah berjanji untuk mengembalikan. Saya bertanya, kapan Anda akan mengembalikan uang saya? Di mana uang saya…?

Di luar dugaan… Anda lebih memilih untuk tidak berperilaku profesional demi jumlah 718.500 yang bukan hak Anda. Mengapa Anda sangat gigih mempertahankan uang saya? Apakah Anda merasa uang hasil penjualan saya adalah sebagian hak Anda? Apakah wajar mengubah timbangan secara diam-diam demi keuntungan sepihak? Apakah ini sistem yang diterapkan di perusahaan Anda?

Jika Anda tidak memiliki rasa belas kasihan, tidak masalah. Saya tidak memohon untuk mendapatkan keringanan dari Anda. Yang saya minta adalah uang saya sendiri! Setidaknya berperilakulah secara profesional. Anda tidak seharusnya memperlakukan saya seperti mainan. Karena Anda telah mengambil uang saya. Berurusan dengan SiCepat telah membuat saya trauma.

Andaikan saya tidak memeriksa hasil penjualan saya, mungkin saya tidak akan menyadari bahwa saya sudah dirugikan. Selama 1,5 tahun saya berjualan di Shopee, hanya 2 bulan menggunakan jasa SiCepat. Saya beruntung segera menyadari kejadian ini. Tidak ada yang bisa saya lakukan selain merelakannya dan lebih berhati-hati. Saya menulis tulisan ini hanya untuk berbagi dengan rekan-rekan sesama penjual agar mereka tidak mengalami kejadian serupa.

Demikianlah Saya akhiri tulisan saya. Terima kasih kepada para pembaca. Terima kasih kepada Media Konsumen yang memberi ruang untuk pengalaman yang tidak mendapatkan keadilan.

Intan Nur Aizizah
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Hasil Penjualan Hilang Karena SiCepat Mengubah Berat”

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Ibu Intan Nur Aizizah dengan judul “Hasil Penjualan Hilang Karena SiCepat Mengubah Berat” pada tanggal...
Baca Selengkapnya

43 komentar untuk “Hasil Penjualan Hilang Karena SiCepat Mengubah Berat

  • 23 Agustus 2023 - (18:42 WIB)
    Permalink

    Jiyaaaah sicepat lagi. Pat Pat..
    Dulu perna baca kasus begini sicepat juga.
    Main sedot aja lu. Parah

    13
    • 23 Agustus 2023 - (21:43 WIB)
      Permalink

      semua komentar kan di moderasi dlu sama admin mediakonsumen.com

      makanya komentar sebagai diskusi dan keitik dengan kata2 yg wajar saja

      • 24 Agustus 2023 - (09:24 WIB)
        Permalink

        Apabila benar kejadiannya…

        Saya juga sebagai Seller di Shopee. Kemungkinan ini kesalahan awalnya ada di Agen pertama yang salah memasukan informasi ke sistem.. yang harusnya Gram malah KG.

        Kemungkinan karyawan agennya sudah kehilangan konsentrasi alias lelah atau mau cepat cepat pulang sehingga kurang teliti.

        Coba saja terus Chat Shopeenya, saya rasa uangnya masih ada di Shopee.. belum diberikan ke SiCepat (mudah2an saja kak)

    • 24 Agustus 2023 - (03:50 WIB)
      Permalink

      Buat para penjual di merchant manapun dan memakai jasa expedisi apapun, gw cuma kasi masukan, klo komplain jngan ke cs,, lama,,,. dtng ke gudangnya langsung, mnta ketemu kordinatornya langsung, jelaskan keluhannya, klo kasus selisih timbangan bukan hanya sicepat aj, semua expedisi mungkin ad kesalahan pada timbangan, tpi yg berbeda tanggapannya, ad yg cepat tanggap, ad yg berlagak bloon, bukti benar tpi di ulur2 berharap lupa/sudah mls yg komplain,itu, mnta bukti foto timbangannya full tnpa ad tngan atau barang apapun terlihat ditimbangan. Jngn dibiasakan kirim barang ud 3hari baru dicek, kirim hari ini lngsung di cek notifikasi masuk, cukup sekian semoga ad manfaatnya

      • 24 Agustus 2023 - (04:13 WIB)
        Permalink

        Sudah sempat saya datangi 2x kak. Ke tempat saya antar.
        Jawaban mereka tidak tau suruh hubungi cs nya saja. Dan hubungi market place.

        Trimakasih masukannya kak

        • 25 Agustus 2023 - (07:44 WIB)
          Permalink

          Emang bodoh bodoh semua KA admin admin sicepat apa lagi yang di pusat nya ,ga bisa kerja ,🤣🤣 ,maklum KA kebanyakan orang dalam yang masukin , karyawan” keliatan pinter ga bego iya,🤣🤣 ,

    • 24 Agustus 2023 - (10:40 WIB)
      Permalink

      Shopee dari awal mengarahkan ke sicepat kak.
      Dan sicepat ini sdh sanggup kembalikan.
      Tapi ga di balik2in juga. Pas saya tagih trakhir jawabnya kadaluwarsa.

      Sukses sllalu kak. Makasi sarannya.

  • 23 Agustus 2023 - (18:58 WIB)
    Permalink

    Ok. Lapor polisi saja bang, ini MO baru. Moga-moga aja para pelaku bisa ketahuan dan masalah selesai.

    11
    • 23 Agustus 2023 - (21:48 WIB)
      Permalink

      aneh ya sistemnya, bukannya dibatalin dri pengiriman biar aja sebagai paket tertolak karena kesalahan penimbangan

      atau konfirmasi dlu setidaknya jd seller pasti lah bilang cancel, sejauh itu bedanya 500gr sama 50kg, kya bumi dan langit

      ada aja kasus dipaket 1kg tp kena berat volume 3kg, masih wajarlah ya, jg ttp konfirmasi dlu biar sellernya bisa pertimbangan/cari solusi seperti meminta biaya ongkir tambahan ke buyer

      kan tiap paket ada bukti foto tuh, keliatan lah barang yg bisa digenggam gk mungkin 50kg apa jelas tertera data paket itu isinya cuma busana kain

  • 23 Agustus 2023 - (20:41 WIB)
    Permalink

    Hadeeee otak masih TK ngaku nya sarjana tong tong kosong karyawan SICEPAT kantor pusat nya semua pda diam masalah koplenan cs,yg tertindas orang bawahan yg di geray nya pasti itu mah kena sunat gaji nya🤣🤣🤣udah ga aneh sama SICEPAT jd si lambat aja kebanyakan kerja salah di benerkan yg bener di salah kan kebanyakan SOP ga jelas sikut”an giliran kena kesalahan bawahan nya kena jg jiaaaaa bisa kerja ga si woyyy petinggi SICEPAT
    1 lg di rugiiin ga mau ngerugiin mau ente🤣🤣🤣

    10
    • 24 Agustus 2023 - (15:08 WIB)
      Permalink

      Saya selaku ex sicepat 5thn sbgai kordinator cargo sangat setuju dengan tanggapan di atas . Memang apa yg di ucapkan semuanya itu jelas dan benar sistem yg bokbrok dan merasa perusahaan keluarga sulit sehingga permainan kek gini udah bukan kelas manager malah korwil yg di bawah semua nya pemain . Sehingga para driver dan sigesit menjadi korbannya jasa expedisi ini sudah tidak karuan masbro kita aja yg baik² di buang oleh si pencari muka dua .

      • 25 Agustus 2023 - (04:13 WIB)
        Permalink

        Oh begitu ya kak baru tau.
        Pantesan kok penanganan nya aneh.

        Semangat smoga sukses di tempat lain kak.

  • 23 Agustus 2023 - (22:55 WIB)
    Permalink

    Shopee emang gitu kalo sicepat yang rese, di suruh langsung ke sicepat yang tanggung jawab. Kalo yang lain, cukup ke csnya shopee selesai

    7
    1
  • 23 Agustus 2023 - (22:59 WIB)
    Permalink

    Saya juga Pernah begitu di Bukalapak, Sudah Saya komplain ke Admin nya jawabannya sudah sesuai. Dan tidak Ada tanggapan Lagi. Untuk cuma di naikan 1 kg. Tapi Tau sendiri kita sebagai penjual kan ga selamanya kontrol terus pemasukan karena terlalu banyak. Dengar Kasus ini jadi Takut juga. Harus Waspada sepertinya… Terima kasih Atas berbagi ceritanya…Semoga Kasus Anda di Baca Oleh semua Penjual biar semua Waspada.

  • 24 Agustus 2023 - (00:00 WIB)
    Permalink

    Gak heran scopet suka ubah berat dulu juga pernah foto diedit parah permainan orang agen lagi kejar target.

    • 24 Agustus 2023 - (04:00 WIB)
      Permalink

      Betul ini mah kejar target.
      Seller kga ngecek rejeki..
      Seller ngecek pura2 amnesia.. 🤣🤣
      Tobat tobat

      Btw ngedit foto gmna broh ?

      • 24 Agustus 2023 - (13:53 WIB)
        Permalink

        Foto berat bisa diedit sama dia pas dikomplen jd sesuai berat ya meski mkn hati bolak balik lapor sana sini

        • 25 Agustus 2023 - (04:26 WIB)
          Permalink

          Gak tau malu banget itu.
          Saya baru kali ini kak. Kasus dengan bukti lengkap tapi gak ada tanggung jwb. Trauma saya.
          Biasanya sama yang lain. barang ilang. Isi paket berkurang sebagian.. biarpun perlu tenaga dan lamaa, ada itikad baiknya masih.

  • 24 Agustus 2023 - (00:34 WIB)
    Permalink

    Saya sebagai penjual di shopee juga sering mengalami hal seperti ini. Intinya sih, setiap 2 minggu sekali, wajib di cek transaksi saldonya. Hal ini bukan cuma ekspedisi sicepat aja ya tapi ekspedisi yg lain juga begitu. Yg pasti, wajib lapor ke pihak shopee terlebih dahulu dan pihak shopee yg lapor ke pihak sicepatnya. Kalau kejadiannya belum 1 bulan, pasti uangnya di pulangin kok, selama kita kasih bukti yg valid, ditimbang produknya terus di foto, nah foto itu kirim ke pihak shopee. Tapi kalau kejadiannya sudah lebih dari 1 bulan, tetap bisa komplain selama pintar ngomong ke shopeenya. Intinya kalau kita jualan atau beli barang melalui marketplace, kita ya urusannya sama pihak marketplacenya karena kan semua transaksinya sudah kena biaya layanan baik penjual dan pembeli, itu gunanya marketplace yg artinya pihak ke 3. Kita pun ga bisa cek nama pembeli dan no hp pembeli karena semua urusan menjadi tanggungjawab pihak marketplace

    3
    3
    • 24 Agustus 2023 - (04:21 WIB)
      Permalink

      Itu saya lapor setelah 2 hari kejadian kak. Sebelum semua paket di terima pembeli.

      Trimakasih atas masukannya

  • 24 Agustus 2023 - (05:42 WIB)
    Permalink

    Serem jg ya, expedisi kaya gini, bayangin tiap seler di up 10 transaksi perbulanya, dr 10 ada 5 yg ga ketahuan…

  • 24 Agustus 2023 - (06:00 WIB)
    Permalink

    Kelewat batas sih ..
    Udah bilang proses transfer lho.
    Ngelesnya expired. Jangan gitulah sicepat ga barokah.

      • 24 Agustus 2023 - (07:55 WIB)
        Permalink

        Kaga memang udah lama. Dulu banget waktu masih jadi pembeli perna pke.
        Pas dagang ogah. Ribet klaimnya.
        Cukup pke 4 yang ini. Biarpun kadang masalah. Tapi mau tanggung ga cuma jawab. 😂😂😂

    • 24 Agustus 2023 - (11:08 WIB)
      Permalink

      Itu yang bikin saya kecewa kak. Buat apa saya di suruh menunggu selama ini.

  • 24 Agustus 2023 - (06:05 WIB)
    Permalink

    Saya pernah alami bbrp kali brng hilang, orderan Laptop hilang, orderan baterai laptop hilang dll, menggunakan expedisi SiCepat, ordernya via Tokopedia…untungnya sdh diasuransikan, jadi dananya bisa kembali lagi yachh walaupun pengembaliannya membutuhkan waktu lumayan lama dan perlu kesabaran, sy pun harus aktif tanya ke CS nya.

  • 24 Agustus 2023 - (11:12 WIB)
    Permalink

    Ga ngerti juga ya cara kerja si cepat… Yg di dikomplain 8 yg di proses 3 padahal 1 tanggal, terkesan asal asalan memproses nya dan pake akal2an.. di ulur2 biar kadaluarsa .. ga berkah bisnis ke gitu

  • 25 Agustus 2023 - (06:55 WIB)
    Permalink

    Sicepat lagi sicepat lagi, lama-lama ni perusahaan orang kagak percaya lagi, hati-hati bisa-bisa bangkrut.

  • 26 Agustus 2023 - (07:42 WIB)
    Permalink

    Lapor polisi saja, minta surat aduan ke polisi biar kicep tuh si cepat. Ini sudah masuk ranah pencurian, yg nyuri ya bagian penerimaan barang di tempat anda mengirim. Itu sengaja dia mark up harga.

  • 26 Agustus 2023 - (22:54 WIB)
    Permalink

    Lagi dan lagi, parah lu pat SICEPAT
    Itu mereka kerja cari duit cari rejeki malah lu copet duit nyeee, gitu itu bukannya lu sendiri yg menghancurkan nama lu jadi buruk ya kagak ada lagi olshop yg mau pake ekspedisi lu pat sicepat. Dasar SI**PET Dah nama lu bukan lagi SICEPAT ya tapi SI**PET yg benar🤣🤣🤣

 Apa Komentar Anda mengenai SiCepat?

Ada 43 komentar sampai saat ini..

Hasil Penjualan Hilang Karena SiCepat Mengubah Berat

oleh Intan dibaca dalam: 3 menit
43