Keluhan Layanan Tokopedia PLUS

Kepada Redaksi Mediakonsumen.com,

Saya ingin menyampaikan keluhan terkait pelayanan Tokopedia, dengan produk langganan Tokopedia PLUS, yang telah saya alami. Saya berharap agar aduan ini dapat diulas dan disebarkan melalui platform Mediakonsumen.com, agar pihak terkait dapat memberikan tanggapan dan solusi yang tepat atas permasalahan yang saya hadapi.

Keluhan yang ingin saya sampaikan adalah sebagai berikut:

1. Tidak Adanya Kejelasan Informasi terkait Tokopedia PLUS

Saya merasa sangat kecewa dengan kurangnya informasi yang jelas terkait dengan layanan Tokopedia PLUS. Saya sebagai pelanggan, telah membayar biaya langganan untuk menjadi anggota Tokopedia PLUS, dengan harapan bisa menikmati berbagai keuntungan yang dijanjikan. Namun hingga saat ini, saya masih bingung mengenai manfaat konkret yang seharusnya saya peroleh dari langganan ini. Terkadang ketika saya checkout, dapat free ongkir, tetapi tidak jarang ketika saya checkout, free ongkir tidak tersedia. Padahal syarat dan ketentuan sudah dipenuhi.

2. Ketidaksesuaian layanan pada saat checkout ketika bertransaksi di seller bertanda PLUS

Beberapa kali saya mengalami masalah ketika berbelanja di Tokopedia. Yang mana beberapa penjual (seller) yang telah terdaftar dalam kategori Tokopedia PLUS dan seharusnya menawarkan gratis ongkos kirim, tetapi saat melakukan proses check out, tiba-tiba muncul pesan bahwa layanan gratis ongkos kirim tidak tersedia. Hal ini sungguh membingungkan dan merugikan saya sebagai pelanggan. Saya sudah membayar biaya langganan Tokopedia PLUS dengan harapan bisa menikmati manfaat ini, tetapi kenyataannya layanan yang dijanjikan tidak bisa saya nikmati sepenuhnya. Dalam konteks ini, syarat dan ketentuan minimal belanja sudah terpenuhi, dan seller juga mengaktifkan layanan tersebut.

3. Lambatnya Tanggapan dari Layanan Pelanggan (Customer Service) Tokopedia

Beberapa kali saya mencoba komplain via CS Tokopedia, tetapi saya merasa frustrasi dengan lambatnya tanggapan dari layanan pelanggan Tokopedia. Saya sudah mengajukan keluhan melalui berbagai saluran komunikasi yang disediakan, tetapi tanggapan yang saya terima sangat lambat dan kurang memuaskan. Bahkan sebagai pelanggan dengan status Diamond dan langganan Tokopedia PLUS, saya merasa bahwa prioritas pelayanan kepada saya seharusnya lebih tinggi. Situasi ini semakin menambah kekecewaan saya terhadap layanan pelanggan Tokopedia.

Saya berharap pihak Tokopedia dapat segera mengatasi permasalahan ini dan memberikan solusi yang tepat. Saya mengajukan aduan ini melalui Mediakonsumen.com agar permasalahan ini dapat diangkat secara terbuka dan diharapkan adanya tanggapan dan tindakan nyata dari pihak Tokopedia.

Terlampir tambahan tangkapan layar 3 seller PLUS berbeda, yang layanan PLUS-nya tidak tersedia:

Terima kasih atas perhatian dan bantuan Anda dalam menyampaikan keluhan ini. Saya berharap aduan saya dapat memberikan dampak positif bagi perbaikan pelayanan Tokopedia PLUS dan kepuasan pelanggan lainnya.

Hormat saya,

Sodiek Imam Prasetyo
Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

9 komentar untuk “Keluhan Layanan Tokopedia PLUS

  • 23 Agustus 2023 - (08:37 WIB)
    Permalink

    Nah terimakasih sudah sharing om

    Penawaran muncul terus dan seperti nya klo liat promo nya OK buat yang sering belanja

    mana nih TOKPED penjelasannya?
    biaya layanan naik terus
    saham turun terus

  • 23 Agustus 2023 - (09:07 WIB)
    Permalink

    Sudah jelas ada di tabel dan Q&A nya, kamu nya yg gagal paham.

    Q: Manfaat Bebas Ongkir PLUS berlaku untuk layanan pengiriman apa saja?
    1. Manfaat Bebas Ongkir dari PLUS berlaku untuk layanan pengiriman: regular dan same day.
    2. Manfaat Bebas Ongkir dari PLUS tidak berlaku untuk pengiriman produk Tokopedia NOW!

    Dimana kamu mencoba checkout produk sayuran, yg sebagian besar toko yg menjual produk sejenis akan meniadakan same day dan reguler untuk menjaga kesegaran dan tidak rusak/layu/busuk ketika sampai ke pembeli. Toko rata” yg jual sayur mayur dan buah hanya mengaktifkan layanan Instant (dan ini tidak tersedia free ongkir dr layanan PLUS).

    15
    • 25 Agustus 2023 - (05:22 WIB)
      Permalink

      Nggak kok kak, sy selama ini jg pake Plus, bs utk semua pengiriman termasuk instant. Yg hrs diperhatikan itu jarak dgn penjual, kalo deket biasanya langsung dipilihkan pengiriman instant, agak jauh biasanya sameday, tp kalo jualan sayur2 gt emang harusnya pake instant, kemungkinan dari seller yg gak aktifkan sameday. Dan selama ini kalo sy dpt pengiriman sameday itu pakenya AnterAja, bukan ojol. Kalo sy sih kebantu bngt pake Plus, beli apa aja gratis ongkir bahkan pengiriman instant jg. Udh perpanjang 1x, rencana mau perpanjang lg, walaupun naik lg harganya tp karna sy sering belanja pake pengiriman instant ya tetap untung sih.

  • 23 Agustus 2023 - (11:37 WIB)
    Permalink

    sesama pelanggan plus toped, ya emang kurang jelas, dan sekarang CS toped malah diturunin kualitasnya, mungkin gaji CS ramah cepat respon kya dlu terlalu gede, kan toped lg pangkas pengeluaran nih

    yg kurang jelas soal kuotanya, awalnya bilang “sepuasnya” terus jadi “lebih banyak”
    well lets be real pasti toped ngasih batasan jg berapa transaksi max

    nah max nya itu kurang jelas atau kita harus hitung sendiri, misal skrng batas sebulannya cuma 30x, tp gk ada info statusnya

    jd tau2 ternyata udh 30x dan bisanya pke gratis ongkir reguler

    sama memang layanan sameday dan instant cuma bisa yg dekat2 karena dicovernya sekitar 20rb lah

    tp sistemnya random, gk bisa milih dan terkadang instant cuma 20rb, tp ttp dipilih sameday yg 20rb jg
    kan… gimana gtu…

    atau misal sameday gojek 20.500, malah tetep dilempar ke sameday anteraja yg 22.500

    pokoknya sistem mereka random/udh disetting jadi sesuai keadaan disistem mereka mungkin

  • 23 Agustus 2023 - (13:20 WIB)
    Permalink

    Saya juga ikut batch pertama, sbelum diabatsin 30 free ingkir/bulan.. tapi wktu itu krena ga nemu toko same day wlopun udh Plus jdi minta refund.

    Skrang ikut lgi udh jalan 2 bulan, dan memang hari ini agak aneh, knapa ada toko Plus yg tulisannya pengiriman tidak tersedia.

    Kekurangan Plus juga ini, saya member diamond, free ongkir 11x/minggu jadi ga bisa dipke klo Plus nya blum abis, kan sayang Plus shatusnta bisa dipke di sameday tpi kepake dipngiriman biasa yg notabene free dri diamond juga bisa.

  • 23 Agustus 2023 - (14:49 WIB)
    Permalink

    Kadang saya jg bingung.. Kadang layanan same day kadang bisa kadang tidak.. Akhir2 tok ped lagi bermasalah.. Seharus nya kalo sampe day bebas ongkir.. Malah sekarang tdk bisa digunakan

  • 23 Agustus 2023 - (19:19 WIB)
    Permalink

    kl menurut sy, sameday tidak tersedia krn produknya sayuran, pak. setau sy produk2 segar spt itu mesti pakai kurir instan utk menjaga produk fresh.
    sy sendiri pengguna plus dan sy sangat terbantu krn sering beli produk dibawah 50rb gratis ongkir, tentu saja belanjaan sy yg produk biasa, misalnya kaos, alat tulis, makanan ringan, sapu lidi juga pernah.
    kalau boleh saran, utk produk segar gunakan tokopedia Now, utk plus ada kupon diskon dan bs gratis ongkir kl terjadwal.sy biasa beli produk segar spt kentang beku ato susu uht ato beras dll di Now,kl pakai kupon diskonnya jd okeh harganya

  • 23 Agustus 2023 - (21:51 WIB)
    Permalink

    Untuk pengiriman sameday kalo terlalu jauh atau terlalu berat ya ga bisa lah

  • 20 Oktober 2023 - (08:55 WIB)
    Permalink

    Update untuk pembaca² media konsumen sepertinya sudah cukup lama ada komen terakhir (agustus)

    Memang ketentuan Tokopedia PLUS berubah² dan Tokopedia pun memang sudah clear di ujung tiap artikel biasanya ada statement kalau Peraturan dapat berubah sewaktu-waktu. (Makanya bebas untuk gonta ganti ketentuan)

    Per oktober ini Sameday sudah tidak gratis lagi untuk member PLUS, minimal pembayaran Rp8.000. Jika mau gratis pakai kurir rekomendasi yang sepengalaman saya tidak jarang ngaretnya.

    Dan untuk agan² yg ngerasa sameday / instan itu random, nggak begitu (se trial-error saya). Mereka set sistem berdasarkan waktu. Jadi kalau agan mau instant / sameday biasanya saya checkout di hari yang sama. Agan browsing tengah malam? Checkout setelah jam 00.00 aja, nanti juga aktif lagi samedaynya (setidaknya bukan same day anter aja). Entah kalau nantinya berubah lagi sistemnya baru bisa sameday setelah pukul XX.XX. yang pasti sebelum jam yang ditentukan sistem tokopedia harus sudah check out untuk bisa menikmati gratis same daynya.

    Singkat kata pada akhirnya sepertinya harga tokopedia PLUS diturunkan namun buyer harus pintar² “mempelajari dan peka” terhadap perubahan² syarat dan ketentuan Tokopedia PLUS karena benar² bisa berubah dalam hitungan minggu saja.

 Apa Komentar Anda mengenai Tokopedia PLUS?

Ada 9 komentar sampai saat ini..

Keluhan Layanan Tokopedia PLUS

oleh Sodiek Imam Prasetyo dibaca dalam: 2 menit
9