Diwajibkan Aktifkan Jasa Pengiriman Shopee Xpress oleh Shopee, Ketika Ada Masalah Tidak Ada yang Mau Bertanggung Jawab

Salam,

Saya adalah salah satu penjual di Shopee. Toko saya dipaksa mengaktifkan jasa pengiriman Shopee Xpress yang sudah terkenal bermasalah, dan jasa pengiriman tersebut tidak dapat dinonaktifkan.

Awal masalah ini, ketika saya mendapatkan pesanan dengan nomor pesanan 230822AJ5W8MK0, dengan nomor resi Shopee Xpress: SPXID030349989918. Barang dikirim dari Jakarta Utara ke Jakarta Utara juga. Barang tersebut sudah diambil oleh kurir Shopee Xpress pada tanggal 22 Agustus 2023 pukul 15.30 WIB, dan pukul 16.00 WIB kurir memberi info bahwa paket tersebut tidak bisa di-scan, tidak tahu kenapa. Ada kemungkinan sistem sedang bermasalah.

Karena paket tersebut ditunggu oleh customer kami dan harus dikirimkan juga pada hari yang sama. Dengan sangat terpaksa paket tersebut dikirimkan dari toko cabang kami di kota lain. Walaupun kami tahu, kami akan terkena selisih ongkos kirim, karena ongkos kirimnya akan menjadi lebih mahal (barang dikirimkan dari kota Surabaya).

Ketika paket tersebut kami kirimkan, menggunakan nomor resi yang sama seperti yang kami kirimkan dari Jakarta, ternyata paket tersebut bisa di-scan dan tidak ada masalah. Akan tetapi ketika kami melakukan pengecekan pada malam hari, sekitar pukul 23.00 WIB, kami sangat kaget karena ternyata paket yang diberitahu oleh kurir Shopee Xpress Jakarta Utara bermasalah (tidak bisa di-scan), ternyata sepertinya bisa di-scan, dan tracking paket tersebut aktif!

Bayangkan 1 nomor resi yang sama, tapi tetap bisa dikirimkan! Di ekspedisi mana pun apabila nomor resi sudah digunakan, maka tidak mungkin nomor resi tersebut bisa di-scan atau digunakan kembali.

Keesokan harinya kami pun langsung menuju ke Gudang Shopee Xpress di Benowo Hub dan bertemu dengan Rifki selaku supervisor di gudang tersebut. Dia membenarkan bahwa seharusnya apabila nomor resi tersebut sudah di-scan atau digunakan, maka seharusnya tidak dapat digunakan atau di-scan kembali di tempat lain.

Singkat cerita, paket tersebut terlacak sudah sampai di DC Shopee Xpress Surabaya, dan sedang menuju ke DC Cakung. Supervisor DC Cakung pun sudah dihubungi secara langsung dan sudah diberitahu nomor karung dan nomor resi yang bermasalah. Jadi ketika pengiriman dari DC Surabaya sampai di DC Cakung, maka bisa langsung di-hold paket tersebut dan dikembalikan ke Surabaya.

Akan tetapi sampai sekarang, paket tersebut masih tidak jelas keberadaannya ada di mana. Padahal paket lain yang ada di karung tersebut sudah terdistribusi ke masing-masing alamat penerima. Paket yang diambil oleh kurir Shopee Xpress Jakarta sudah sampai dan diterima dengan baik oleh customer.

Kami sudah berkali-kali menghubungi pihak Shopee lewat telepon atau via WhatsApp ke supervisor bernama Rifki dan Supervisor DC Cakung. Akan tetapi sampai sekarang dijawab paket belum ketemu. Kami minta pertanggungjawaban secara penuh oleh pihak Shopee dan Shopee Xpress atas masalah ini.

Berikut kami lampirkan bukti tracking kiriman barang dan juga bukti chat kami kepada Supervisor Gudang DC Cakung dan Hub FM Benowo.

Dwi Tita Noer
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

10 komentar untuk “Diwajibkan Aktifkan Jasa Pengiriman Shopee Xpress oleh Shopee, Ketika Ada Masalah Tidak Ada yang Mau Bertanggung Jawab

    • 28 Agustus 2023 - (16:16 WIB)
      Permalink

      Mmg aneh banget si sopi xpress ini dan wlpn sy ga jualan di sopi, sy rasa kyknya mmg sopi agak maksa penjual utk aktifin itu ekspedisi ya, atau tb2 ekspedisi itu udah muncul. Soalnya bbrp kl sy beli via sopi dan ketika sy mau ubah kurir selalu pilihan sopi express ada di paling atas. Kl dr pengalaman sy kl beli di toko star gitu kdg masih bs diubah ke kurir yg lain, tp kl beli di toko yg mall mlh cm bs sopi express. Pdhl gw ngerasa si sopi xpress ni blm benar2 profesional kerjanya. Dl brg gw prnh ilang di gudangnya walau akhirnya dpt ganti uang dan hrs nunggu lama, cm ya jadi was2 kan. Semoga cpt selesai ya mslhnya.

      • 28 Agustus 2023 - (17:27 WIB)
        Permalink

        Bukan agak memaksa. Tp pemaksaan.. Sedangkan pelayanan mengcewakan.. Shopre banyak keluhan..

    • 1 September 2023 - (06:26 WIB)
      Permalink

      Kan yg dari jkt tdk bisa discan paketnya…dan supaya resi bisa berjalan klu di tracking pembeli,,,dgn tujuan paket yg tdk bisa discan akan diambil kembali…krn menghindari juga batas waktu pengiriman oleh seller..

  • 28 Agustus 2023 - (17:26 WIB)
    Permalink

    Dari shopee express ini shope bisa profit dibanding saingannya sihijau, biru, merah yg masih rugi, makanya sengaja shopee aktivkan mau tak mau. Penjual harus beradaptasi layaknya biaya admin yg naik terus.

    • 28 Agustus 2023 - (19:47 WIB)
      Permalink

      Sebenarnya jadi Penjual itu ga ada Ruginya…
      Kalau memang biaya Admin naik Terus kan Tinggal di naikan aja Harga. Jangan Malah banting harga seminim2 nya. itu sama aja nyekek diri sendiri. Karena kebanyakan Penjual sekarang terbuai oleh Permainan Marketplace. Saling berlomba hancurin Harga. Alhasil untungnya minim sekali. Mana belum bayar iklan, ikut promo ini itu. Hasil nya Stress sendiri. Hehe. Harusnya kalau shopee biaya Admin nya Mahal Harganya juga di Mahalin jangan malah harga nya Sama. Dengan Bukalapak dan Tokopedia. Jadi biar Pembeli juga Kabur dari Shopee pindah ke Bukalapak dan Tokopedia yg jelas biaya Admin Murah.

      1
      2
  • 29 Agustus 2023 - (20:47 WIB)
    Permalink

    Saya sering pake shopee express… da dari surabaya ke maros cukup 12 hari… ada yg dari cakung ke maros 21 hari… tp jujur cakung memang paling lama… tp barang tetap ada kok… d sabarkn sj…

  • 1 September 2023 - (06:41 WIB)
    Permalink

    Seharusnya nomor resi setelah dipakai disurabaya tidak bisa digunakan lagi di system ini pokok permasalahnya dan sehatusnya di scan error ketika paket singgah transit di agen cabang ….

 Apa Komentar Anda mengenai Jualan di Shopee?

Ada 10 komentar sampai saat ini..

Diwajibkan Aktifkan Jasa Pengiriman Shopee Xpress oleh Shopee, Ketika …

oleh dwi dibaca dalam: 2 menit
10