Langganan XL Home Fiber Sudah “Terminated”, tapi Muncul Penagihan pada Tahun Berikutnya

Saya sudah berlangganan XL Home Fiber sejak bulan Januari 2021, dengan ID pelanggan: 32005338. Namun pada bulan Oktober 2022, saya terpaksa menghentikan layanan XL Home Fiber, karena kecewa dengan layanan yang diberikan.

Selama rentang waktu Januari 2021 hingga September 2022, alhamdulillah saya tidak pernah telat untuk membayar biaya langganan. Bahkan waktu pembayaran yang saya lakukan pun tidak melebihi batas waktu jatuh temponya (umumnya sebelum tanggal 10 di bulan berjalan).

Kasus muncul pada bulan Oktober, ketika saya akan membayar tagihan, tidak muncul invoice tagihannya. Sebagai catatan, sejak tahun 2022, saya biasanya membayar via GoTagihan (layanan Gojek). Karena di GoTagihan tidak muncul, saya mencoba membayar via nomor rekening yang tersedia baik via e-banking maupun ATM. Namun tetap tidak muncul tagihan. Kondisi tersebut membuat saya kebingungan.

Akhirnya saya menghubungi CS terkait kendala pembayaran tersebut. Mereka menginformasikan bahwa harus menunggu 3 x 24 jam proses aduan tersebut. Nyatanya setelah lewat 3 hari pun tidak ada tindaklanjut, sampai akhirnya jaringan diputus. Ketika saya meminta diaktifkan kembali, saya diminta untuk membayar. Namun ketika akan membayar, masih belum bisa karena tagihan belum muncul. Sampai akhirnya saya memutuskan untuk berhenti berlangganan.

Petunjuk dari CS XL Home untuk berhenti berlangganan adalah harus membayar tagihan bulan berjalan (bulan November 2022). Pembayaran untuk berhenti berlangganan saya lakukan pada bulan November 2022 (Terima kasih atas pembayaran XL Home Anda sebesar Rp276.390 pada tanggal 2022-11-10). Setelahnya saya menerima email pernyataan: “Your XL Home XL Home M has been terminated. Terminated Product XL Home M; Termination Date 2022-10-17.“. Selanjutnya saya tinggal menunggu pengambilan perangkat.

Selanjutnya pada bulan Desember 2022, saya sudah tidak menerima tagihan XL lagi, karena status sudah berhenti berlangganan. Namun pada bulan Januari 2023, saya menerima tagihan. Tentu saja saya kaget, kok masih muncul tagihan?

Selanjutnya saya konfirmasi CS XL Home bahwa saya sudah berhenti berlangganan dengan status terminated. Saya mempertanyakan kok masih muncul tagihan. Saya sudah melaporkan hal tersebut dengan melampirkan bukti terminated. Namun tagihan muncul kembali di bulan Februari, Maret, dan April 2023. Karena beberapa kali aduan yang saya sampaikan tidak pernah ditanggapi oleh pihak XL Home Fiber, akhirnya saya abaikan.

Pada tanggal 18 Agustus 2023, saya ditagih oleh bagian yang mengatasnamakan Bagian Penagihan (kalau dilihat tampilannya sih seperti debt collector) melalui WhatsApp:

“Selamat siang Bpk/Ibu SUTRISNO HERU S… Perkenalkan saya dengan Y*** selaku kuasa penagihan dari PT XL HOME. Dengan ini, saya menginformasikan perihal tunggakan dari pemakaian Internet XL Home FS 30 Bpk/Ibu dengan Subscriber Id: 32005338. Statusnya sudah OFF tetapi masih menyisakan tunggakan dengan total tagihan sebesar Rp. 552,780 yang belum dibayarkan, untuk tagihan terakhir pada tanggal 01/04/2023. Kami mohon kerjasama Bpk/Ibu untuk menyelesaikan tagihan tersebut, mengingat sudah cukup lama terabaikan.”

Berikut jawaban saya atas pesan tersebut:

“Mohon maaf Pak Y***, saya sudah berhenti berlangganan sejak bulan Oktober 2022 dengan status terminated di bulan November 2022; berikut bukti sudah diterminasinya.”

Lanjut respons Pak Y***:

“Mohon diinfokan ke Customer Service-nya lagi Pak. Ini datanya ada tunggakan yang belum terselesaikan.”

Jawaban saya:

“Sudah Pak, sudah lama saya infokan. Silahkan diselesaikan di internal XL saja. Karena semenjak terminated, kami sudah tidak menggunakannya. Dan mulai bulan Desember 2022, sudah tidak ada tagihan. Kenapa setelahnya muncul tagihan.”

Tanggal 27 Agustus 2023, pihak atas nama Y*** selaku tim penagihan mengirimkan WA kembali:

“Selamat siang Bapak/Ibu, kami kembali menginformasikan perihal tunggakan XL Home yang masih tertunggak untuk segera diselesaikan. Segera kami tunggu bukti pembayarannya. Atas itikad baiknya, kami ucapkan terima kasih.”

Tidak bisa dibayangkan sudah berhenti berlangganan dengan status terminated, tetapi masih muncul tagihan.

Salam takdzim,

Sutrisno Heru Sukoco
Kab. Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Resmi perihal “Langganan XL Home Fiber Sudah “Terminated”, tapi Muncul Penagihan pada Tahun Berikutnya”

Jakarta, 13 September 2023 Ref.CM/CU/E/003/0923/EK Kepada Yth. Redaksi Media Konsumen Dengan Hormat, Berikut tanggapan kami atas keluhan Bapak Sutrisno Heru...
Baca Selengkapnya

5 komentar untuk “Langganan XL Home Fiber Sudah “Terminated”, tapi Muncul Penagihan pada Tahun Berikutnya

  • 28 Agustus 2023 - (20:23 WIB)
    Permalink

    Jika ingin berhenti berlangganan setelah 12 bulan, telpon CS dan selesaikan tagihan bulan berjalan serta minta CS untuk menjadwalkan pengambilan alat..

    • 29 Agustus 2023 - (11:38 WIB)
      Permalink

      Insya Allah sudah saya lakukan sesuai prosedur, makanya setelah menyelesaikan pembayaran tagihan bulan berjalan saya menerima pesan “Your XL Home XL Home M has been terminated. Terminated Product XL Home M; Termination Date 2022-10-17.“ dan sudah mendapatkan kiriman pesan via email untuk menunggu proses pengambilan perangkat. bulan Desember 2022 saya sudah tidak menerima tagihan krn memang sudah tidak menggunakan layanan xl home fiber lagi, tapi di bulan januari 2023 muncul tagihan lagi, saya pun sudah menindaklanjuti dengan menjawab email dan melaporkan ke CS tapi tidak ada tindak lanjut, bulan berikutnya Feb 2023, Maret 2023 dan April 2023 muncul tagihan, itu pun sudah saya laporkan, karena tidak ada respon terkait laporan tersebut yang ada pihak xl meminta untuk membayar tentu saya abaikan karena saya sudah melaporkan dan menklarifikasi jika semenjak terminated di bulan November 2023 saya sudah tidak menggunakan lagi dan klarifikasi pun sudah saya lakukan sudah beberapa kali, baik via email, layanan online xl home maupun telepon tapi sepertinya pihak xl home mengabaikan komplain yang saya lakukan. satu hal yang perlu dicatat saya menyatakan berhenti berlangganan dikarenakan karena rasa kekecewaan dengan layanan xl home, mau bayar langganan tidak bisa, sudah mengupayakan melalui beberapa cara (go tagihan, transfer via atm, via online) tetapi tetap tidak bisa, sampai kahirnya saya laporkan ke CS, dan diminta untuk menunggu 3 x 24 jam setelah lewat batas waktu tersebut pun masih tidak bisa untuk bayar, sampai saya penasaran menanyakan ke tetangga rumah yang menggunakan layanan xl home, “kok saya tidak bisa bayar tagihan”, padahal yang lainnya bisa, sampai lah batas jatuh tempo pembayaran yang akhirnya koneksi internet diputus, saya komplain kok diputus padaha saya sudah berusaha membayar sebelum jatuh tempo, dan penyelesaian proses pembayaran pun masih belum bisa dilakukan, saking kesalnya karena disibukkan mengurus proses pembayaran sedangkan kebutuhan koneksi internet untuk perkerjaan sedang tinggi akhirnya saya putuskan untuk berhenti berlangganan, untuk proses penghentian berlangganan pun sudah saya lakukan sesuai prosedur.

  • 28 Agustus 2023 - (21:04 WIB)
    Permalink

    TS tidak menjelaskan apakah perangkat sudah diambil/dikembalikan atau belum. Bukti email mengenai penghentian berlangganan tidak serta-merta menunjukkan langganan sudah terminated, terlepas apakah layanan dipakai atau tidak. Administrasi yang kacau-balau membuat pelanggan digantung tanpa kejelasan.

    • 29 Agustus 2023 - (11:42 WIB)
      Permalink

      setuju, makanya saya melakukan pengaduaan melalui mediakonsumen.com ini, berharap pihak XL Home fiber bisa menyelesaikan permasalahan ini, saat ini pihak XL home fiber menurunkan tim debt collectornya untuk menagih, sudah 2 kali saya di wa, tentu saya tidak terima dengan kondisi ini karena saya sudah mengikuti prosedur penghentian berlangganan dengan baik

  • 7 September 2023 - (09:21 WIB)
    Permalink

    Terima kasih tim mediakonsumen.com, berkat bantuan tim mediakonsumen.com permasalahan saya terkait “Langganan XL Home Fiber Sudah “Terminated”, tapi Muncul Penagihan pada Tahun Berikutnya” dapat diselesaikan dengan baik oleh pihak XL Home Fiber. Sukses selalu untuk tim mediakonsumen.com, dan kepada XL Home Fiber semoga ke depan lebih meningkat lagi pelayanannya. Selanjutnya, melalui kolom komentar/tanggapan ini, terkait permasalahan ini dinyatakan selesai (case close).

 Apa Komentar Anda mengenai XL Home Fiber?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

Langganan XL Home Fiber Sudah “Terminated”, tapi Muncul Pe…

oleh Sutrisno Heru Sukoco dibaca dalam: 2 menit
5