Penyalahgunaan Akun untuk Transaksi Rp16,7 Juta Menggunakan SPayLater

Assalamualaikum, perkenalkan nama saya Lika Maryani. Di sini saya ingin menceritakan kekecewaan terhadap pihak Shopee dan saya berharap ada solusi atas masalah saya ini.

Pada tanggal 18 Juli 2023 sekitar pukul 9 pagi, dompet saya jatuh di jalan raya dan di situ ada hp, uang, kartu ATM dan KTP saya. Saya sudah mencari ke mana-mana, tetapi tidak ketemu. Akhirnya saya melapor ke kantor desa dan kantor polisi, karena telah terjadi kehilangan.

Tanggal 19 Juli 2023, saya pergi ke pasar untuk membeli handphone baru, karena banyak kegiatan yang dilakukan melalui handphone. Namun karena di daerah saya jaringan eror dan terganggu, saya tidak bisa login ke semua akun yang saya pakai.

Tanggal 20 Juli 2023 pagi sekitar pukul 5 subuh, saya mencoba mengaktifkan kembali aplikasi yang saya pakai, karena kalau subuh jaringan lancar. Setelah saya mengaktifkan aplikasi Shopee, saya cek ternyata sudah ada pesanan susu Bebelac 4 kotak dan di situ menggunakan SpayLater. Saya kaget, karena saya tidak pernah memesan susu.

Saya telepon CS Shopee dan saya bilang kalau handphone saya hilang dan baru saya aktifkan pagi ini, ternyata sudah ada pesanan susu. Saya minta agar akun saya dinonaktifkan. Kemudian pihak Shopee bilang bahwa akun akan dibatasi, dan akan aktif kembali setelah saya menelepon untuk meminta diaktifkan.

Sebelum akun saya dibatasi, pihak Shopee bertanya apakah ada pesanan tanggal 19 berupa susu? Ya saya bilang itu bukan pesanan saya, melainkan orang lain. Kemudian pihak Shopee juga bilang ada pesanan baju couple sedang dalam perjalanan, saya jawab ya itu pesanan saya. Saat itu tidak ada pesanan lain, apalagi tanggal 18 Juli 2023.

Tanggal 20 Agustus 2023, saya menelepon pihak Shopee, meminta dipulihkan kembali akun saya. Pihak Shopee mengirim email ke saya dan meminta data-data saya. Tiga kali saya mengajukan pemulihan akun dan saya menunggu sampai 2 minggu, baru ada email, katanya akun sudah dipulihkan.

Saya coba masuk kembali, tetapi tetap tidak bisa, karena akun atau password tidak sah. Saya coba ganti password, tetapi tetap tidak bisa. Akhirnya saya ganti nomor handphone yang terdaftar di akun Shopee, karena nomor yang terdaftar itu sudah tidak aktif lagi. Kemudian saya mendapatkan email perubahan nomor handphone tidak berhasil. Saya bingung, ada apa ini??

Akhirnya pada tanggal 5 September 2023, saya coba lagi ganti nomor handphone dan anehnya, enggak menunggu lama langsung bisa. Kemudian saya cek akun Shopee saya dan ternyata ada tagihan SPayLater yang sangat besar. Saya kaget, lalu saya cek apa yang diambil. Ternyata limit SPayLater saya sudah di-hack dan itu menggunakan akun saya.

Penggunaan SPayLater itu sendiri terjadi pada tanggal 18 Juli 2023, sedangkan sebelum saya meminta untuk dibatasi akun Shopee itu tidak ada transaksi, apa lagi sampai Rp16 juta. Akhirnya saya komplain ke pihak Shopee, bahwa transaksi tanggal 18 itu bukan saya.

Awalnya kasus saya ditanggapi, tetapi setelah pihak Shopee menelepon, mereka bilang bahwa kasus saya tidak bisa diselesaikan. Karena tim terkait bilang, seharusnya saat handphone hilang tanggal 18 Juli 2023 kemarin saya langsung membuat laporan.

Saya sangat kecewa, karena transaksi itu bukan saya yang melakukannya dan pihak Shopee juga tidak bertanggung jawab. Saya bingung harus mengadu ke siapa atas kasus saya ini. Karena saya ingat betul, sebelum akun Shopee saya dibatasi itu, tidak ada transaksi tanggal 18 Juli 2023. Akhirnya saya buka Google dan ternyata memang sudah banyak yang terjadi seperti ini.

Saya benar-benar kecewa atas pelayanan dari pihak Shopee dan sistem keamanannya.

Lika Maryani
Palembang, Sumatera Selatan


Update (14 September 2023): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi bahwa pelaku penyalahgunaan akun SpayLater tersebut telah ditemukan dan mau bertanggung jawab:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

117 komentar untuk “Penyalahgunaan Akun untuk Transaksi Rp16,7 Juta Menggunakan SPayLater

  • 13 September 2023 - (06:38 WIB)
    Permalink

    Agak aneh sih mbak..kok si pelaku bisa tau itu toko gestun…terus kebetulan sekali yah mbaknya pernah beli susu di toko itu…

  • 16 September 2023 - (16:59 WIB)
    Permalink

    KEJANGGALAN:
    1. Didalam laporan polisi TIDAK ADA menyebutkan kehilangan HP
    2. Laporan polisi itu HANYA UTK PENDUKUNG TS BIKIN ATM & KTP baru bukan utk MENANGKAP PELAKU
    3. Tiba2 bikin artikel lagi polisi udh nangkep pelakunya. Lah orang gak bikin laporan polisi untuk nyari pelaku kok bisa jadnya polisi yg nangkep pelakunya. Gimana sih ini cerita nya🤣 apa polisi yg nangkep, sodaranya TS wkwkwkwk

 Apa Komentar Anda mengenai sistem keamanan transaksi SPayLater?

Ada 117 komentar sampai saat ini..

Penyalahgunaan Akun untuk Transaksi Rp16,7 Juta Menggunakan SPayLater…

oleh Lika Maryani dibaca dalam: 2 menit
117