Masalah Transfer Uang dari Aplikasi DANA ke Bank Mandiri

Ceritanya pada tanggal 11 September pukul 23:58 WIB, saya transfer uang dari aplikasi DANA ke Bank Mandiri milik saya senilai Rp1,6 juta. Saldo saya pun sudah berkurang, tapi riwayat transaksi status pending. Saya pun sudah menanyakan perihal transaksi saya yang ter-pending kepada aplikasi DANA tersebut, dan penjelasan dari CS disuruh untuk menunggu beberapa hari kemudian.

Akhirnya pada tanggal 14 September pukul 12:16 WIB, riwayat transaksi di aplikasi DANA transfer sudah berhasil, tapi di rekening saya Bank Mandiri belum ada saldo masuk. Saya harus komplain ke mana lagi ya?

Baru saja saya telepon CS DANA pagi ini tanggal 16 September 2023. Setelah dicek lagi, saldo senilai RP1,6 juta sudah dikirim ke rekening Mandiri dengan nomor referensi 014928393763. Tadi disebutkan oleh CS DANA, dia bilang itu kesalahan ada di Bank Mandiri.

Kemudian saya telepon call center Bank Mandiri, CS bilang status Bank Mandiri itu pasif sebagai penerima saldo/transferan. Oleh Bank Mandiri saya malah disarankan kembali telepon ke pihak aplikasi DANA, untuk konfirmasi perihal uang yang saya transfer. Mohon bantuannya ya Bapak/Ibu.

Bapak/Ibu, mohon bantuannya agar permasalahan saya ini cepat selesai. Bukan saya saja yang terkendala di aplikasi DANA masalah transaksi, masih banyak di luar sana yang mengalami seperti itu di aplikasi tersebut setelah saya cek IG aplikasi DANA.

Sheryla Senja Dewi
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Masalah Transfer Uang dari Aplikasi DANA ke Bank Mandiri”

Kepada Yth. Redaksi Media Konsumen. Di Tempat Perihal: Tanggapan terhadap Keluhan Ibu Sheryla dengan judul “Masalah Transfer Uang dari Aplikasi...
Baca Selengkapnya

29 komentar untuk “Masalah Transfer Uang dari Aplikasi DANA ke Bank Mandiri

  • 17 September 2023 - (10:00 WIB)
    Permalink

    Setelah saya lihat di IG @dana.id banyak sekali komplain tentang masalah transfer yang belum trselesaikan,ini 1 nasabah 1,6jt uangnya ndak jelas entah kemana.kalau beribu-ribu nasabah yg terkena masalah transfer,itu uangnya terus kemana ya

    • 17 September 2023 - (18:35 WIB)
      Permalink

      Memang og kak…padahal sudah banyak korban,tapi kenapa dr kominfo,BI,ojk belum ada tindakan ya…

    • 18 September 2023 - (10:49 WIB)
      Permalink

      Bosen berita tentang DANA… Keluhan dan keluhan… Mending pakai yg pasti… Jarang keluhan.. Walaupunada admin tp aman… Auto hapusss sejak lama..!!!!

      • 17 September 2023 - (19:04 WIB)
        Permalink

        Dari dulu juga sudah banyak orang yang menghimbau JANGAN MELAKUKAN KEGIATAN TRANSFER BEDA LEMBAGA KEUANGAN APABILA TENGAH MALAM, KARENA SISTEM KEUANGAN BIASANYA DI NON AKTIFKAN SEMENTARA” kalo manusia itu Istirahat tidur.

        Apa belum ada yang tahu ? Kenapa masih ada saja yang TRANSFER tengah malam. Beresiko..

        Lebih baik pagi, masih banyak waktu. Kalau sudah gini kan repot akhirnya

          • 17 September 2023 - (19:11 WIB)
            Permalink

            Ya terus chat ke CS Dana nya.. tapi harus sabar karena mereka juga butuh proses untuk pengecakan. Nanti juga balik lagi.

            Mereka tidan mungkin mengambil dana penggunanya.. saya sudah membuktikannya. Saldo Dana saya masih ada di nomor HP yang lama, padahal sudah 1 tahun lebih hilang nomornya.

            Intinya sabar saja & terus usahakan chat CS Dana nya

          • 18 September 2023 - (07:26 WIB)
            Permalink

            Sabar aja pasti kembali uangnya butuh proses,kalo bisa jangan transfer di jam 23:00 sampai jam 02:00di jam itu kebanyakan bank offline.kendala begitu nggak di aplikasi dana aja.lewat bank juga kadang begitu jika transaksi di jam 23:00-02:00

  • 17 September 2023 - (13:02 WIB)
    Permalink

    terlalu beresiko transaksi pkl 23.58 wib
    aplikasi dana juga sudah terlalu banyak masalah.
    hindari transfer / transaksi menggunakan dana.
    kalau bisa uninstall saja.

    • 17 September 2023 - (18:11 WIB)
      Permalink

      Ijin coment sodara,
      Sy jg sering transaksi dri BANK ke DANA dh brp kali ada masalah,
      Sebenar nya bukan dri bank yg masalah,tpi dri aplikasi DANA nya.ini penggalaman sy yg baru terjdi ge,nyata2 bukti TF berhasil,tpi ke akun DANA nya yg bermasalah,terima kasih info dri sy & penggalaman sya..

  • 17 September 2023 - (20:46 WIB)
    Permalink

    Coba pergi ke bank mandiri langsung, temuin CS nya secara langsung.
    Setelah itu segera minta cetak mutasi rekening anda yg mencakup dari tanggal 11-18 September 2023.
    Setelah dicetak, cek baik-baik apa ada uang masuk senilai 1.6jt di mutasi tsb.
    Kalau memang ternyata tidak ada, silahkan bawa bukti mutasi rekening itu beserta bukti transaksi berhasil di aplikasi DANA nya.
    Bawa aja ke kantor polisi untuk ditindak lanjut pembuatan berita acara atau sejenisnya.
    Setelah itu silahkan bawa lampiran dokumen nya ke kantor OJK terdekat dan ceritakan masalah anda, mungkin dari pihak OJK bisa memberi solusi terbaik selaku Otoritas Jasa Keuangan di Indonesia.
    Sambil berdoa juga semoga bisa cepat selesai masalah nya.

  • 17 September 2023 - (23:25 WIB)
    Permalink

    solusi nya temui pihak dana kalo ada kantor nya atau ga coba telepon minimal chat cs nya , Insha Allah balik uang nya , karena pengalaman saya sendiri uang ga masuk tapi akhir nya masuk setelah lapor, saya juga paham anda memakai dana untuk memanfaatlan fitur gratir transfer nya, tetapi saran saya ketika mentransfee jangan ditengah malam, dan kalo bisa ketika transfee nominal besar, pakai priority transfee yang biaya layanan nya 500 perak, ya gpp ngeluarin uang 500 perak tapi transfer kita diprioritasi hehe

  • 18 September 2023 - (11:56 WIB)
    Permalink

    Itu klo transfer antar bank namanya kena transaksi reversal, hindari transaksi dijam jam tengah malam smpai dini hari.
    Cek aja mutasi di rek mandirinya klo blom msuk juga, tlp/chat pihak dana nya skalian dikirimi ss mutasi transaksi dr rek mandiri klo dananya bneran blom masuk. Klo admin dana bilang kesalahan ada di bank mndiri brarti adminya ga fham atau gimana itu. Bank pnerima sifatnya pasif jdi ksalahan ada di bank pngirim. Smoga msalahnya cpet slesai. Btw saya pngguna ovo jdi ga trlalu pham soal dana

  • 18 September 2023 - (13:40 WIB)
    Permalink

    Kemarin waktu saya tlpon cs DANA bilang saya disuruh ke Bank Mandiri atau dari Bank Mandiri disuruh tlp ke pihak DANA,dan barusan tadi saya ke Bank Mandiri,di cek di mutasi tidak ada transferan masuk ke rekening Mandiri saya…kemudian saya tlp lagi ke cs DANA saya sambungkan ke cs Bank Mandiri malah tlponnya di matiin sama cs-nya DANA…bagaimana itu 🫣

  • 19 September 2023 - (18:58 WIB)
    Permalink

    Alhamdulillah,bersyukur akhirnya pada tgl 19 sept 2023 pukul 18.57 wib,uang saya yang di aplikasi DANA sudah dikembalikan walaupun memakan waktu berhari2…termakasih media konsumen,Bank Mandiri yang sudah membantu follow up kepada pihak DANA…

    • 31 Januari 2024 - (09:39 WIB)
      Permalink

      Halo kak, apakah uang kakak kembali setelah 5 hari ya kak? kalo boleh tau nomor DANA dimana ya kak, saya hanya komplain lewat chat DIANA saja, boleh dibantu ya kak. karena hari ini saya mengalami hal tersebut

 Apa Komentar Anda mengenai DANA?

Ada 29 komentar sampai saat ini..

Masalah Transfer Uang dari Aplikasi DANA ke Bank Mandiri

oleh Sheryla dibaca dalam: 1 menit
29