Shopee Tidak Mau Mengembalikan Selisih Ongkos Kirim

Salam kepada para pembaca Media Konsumen. Melalui surat ini saya mau mengeluhkan kebobrokan sistem Shopee, yang suka menagihkan ongkos kirim yang tidak sesuai kepada penjual, dengan cara memotong langsung saldo hasil penjualan. Padahal berat barang dan ukuran barang yang kami kirimkan sudah sesuai dengan berat dan ukuran sesungguhnya.

Terdapat 3 nomor pesanan yang ongkos kirimnya diambil oleh Shopee secara paksa dan tidak mau dikembalikan. Pengiriman dari Kota Surabaya menuju Kabupaten Sampang (Madura) menggunakan jasa kirim JNE. Nomor pesanan tersebut adalah:

  • 2309101NVP8Y56 – selisih ongkos kirim sebesar Rp3.000.
  • 230810AWR8KAQV – selisih ongkos kirim sebesar Rp4.500.
  • 230718AH3GS3QX – selisih ongkos kirim sebesar Rp4.500.

Saya sudah melakukan komplain kepada pihak Shopee. Namun mereka tidak mau mengembalikan selisih ongkos kirim ini dikarenakan pesanan sudah melebihi 1 bulan dari tanggal diterima oleh pembeli. Padahal saya baru tahu ada selisih ongkos kirim ini ketika melakukan penjurnalan (closingan penjualan) setiap akhir bulan secara manual.

Saya sangat tidak ikhlas uang saya diambil oleh Shopee, karena selisih ongkos kirim ini bukanlah kesalahan dari pihak saya.

Vivin Novita
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

8 komentar untuk “Shopee Tidak Mau Mengembalikan Selisih Ongkos Kirim

  • 18 September 2023 - (13:12 WIB)
    Permalink

    Mungkin jne dan shopee sedang bermasalah. Kemarin juga ada 2 komplain yg mirip, juga dgn jne. Sepertinya ada perbedaan data ongkir antara shopee dan jne.

  • 18 September 2023 - (15:01 WIB)
    Permalink

    mulailah jualan di lapak sendiri atau kalau main bantuan medsos bnyk yg gak akan merugikan, contoh marketplace, mulai lah tidak dibayang bayangin yg namanya aturan yg membuatmu ribet dan rugi

  • 18 September 2023 - (15:56 WIB)
    Permalink

    iya JNE dan Shopee sedang tidak baik baik saja, saya juga kena 43rb.. TS sebaiknya selalu cek notif pelepasan dana, karena kalau ada yg tidak biasa, jadi langsung ketahuan.. kemarin sempet sudah nulis di MK, tpi saya batalkan, karena sudah diganti.

    • 18 September 2023 - (18:56 WIB)
      Permalink

      Saya udah 2 kali kena selisih ongkir, jasa kirim JNE, pertama 48.000, yg kedua 7.000
      Sekarang sementara saya nonaktifkan dulu JNE nya

  • 18 September 2023 - (22:37 WIB)
    Permalink

    JNE sudah 1-2bln ini sering selisih ongkir,, terpaksa saya nonaktifkan di toko saya biar nggak makin rugi.

  • 19 September 2023 - (12:47 WIB)
    Permalink

    Banyak penjual lain di shopee yg mengeluh juga terkait selisih ongkir dan mereka nominal nya juga lebih banyak lagi dari ini

  • 22 September 2023 - (05:49 WIB)
    Permalink

    Kelemahannya ngak ada wadah atau paguyuban sehingga shopee bisa semena mena potong sana potong sini, sayang regulator atau pemerintah seperti tidak peduli akan hal ini, karna tidak ada UU atau permen yg mengatur, padahal ojol saja ada permen dsb

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee?

Ada 8 komentar sampai saat ini..

Shopee Tidak Mau Mengembalikan Selisih Ongkos Kirim

oleh Novita dibaca dalam: 1 menit
8