Jenius Mendebit Rp120 Ribu dari Rekening yang Sudah Lama tidak Digunakan

Saya menulis surat ini, karena saya tidak mendapatkan jawaban dan resolusi yang memuaskan dari pihak Jenius. Saya harap dengan adanya surat pembaca, pihak Jenius bisa menghubungi dan membantu saya untuk menyelesaikan hal ini. Berikut kronologi pihak Jenius yang mendebit dana saya sebesar Rp120.000:

  • Saya sudah cukup lama tidak menggunakan aplikasi Jenius. Saya pun lupa persisnya, sepertinya sejak tahun 2020. Dulu saya cukup intense menggunakan Jenius, karena bunga depositonya yang cukup tinggi. Namun ketika akhirnya ketika bunga deposito diturunkan, saya memindahkan dana saya ke bank lain.
  • Baru-baru ini saya mengetahui ada produk kartu kredit Jenius dan saya tertarik untuk mengajukannya.
  • Saya pun datang ke booth Jenius di salah satu mall di Surabaya ingin sign up ulang. Karena seperti kebanyakan bank, saya berpikir kalau rekening sudah lama tidak digunakan dan saldo habis (atau bahkan sampai minus karena dikurangi biaya admin), maka rekening akan ditutup otomatis.
  • Sales di booth langsung info ke saya kalau rekening tersebut dormant dan saya harus telepon ke CS Jenius untuk mengaktifkan kembali. Saya pun bertanya balik, kalau saya tidak punya akses ke rekening saya, gimana? Sales menjawab bahwa saya tidak bisa mengajukan, karena UID hanya dari KTP. Kembali lagi ke interest saya terhadap produk kartu kredit Jenius, saya hanya bisa mengajukan kartu kredit jika dan hanya jika saya punya akun Jenius, dan mengajukannya hanya via aplikasi (tidak ada sales offline).
  • Saya pun lanjut telepon ke CS dan rekening saya pun aktif. Saya top up Rp500.000, untuk kemudahan apabila nantinya saya menggunakan kartu kredit. Saya ingin langsung membayar dari rekening Jenius tersebut, karena saya takut lupa/tagihan menunggak.
  • Seminggu kemudian, saya lihat saldo di akun Jenius saya terpotong Rp120.000, dengan keterangan biaya admin tahun 2021. Tidak menutup kemungkinan, saldo rekening akan ada terdebit selanjutnya, terpotong lagi Rp120.000 untuk admin tahun 2022 dan Rp90.000 untuk admin tahun 2023. Berapa tuh totalnya? Baru pindahin saldo Rp500.000, kepotong banyak kena admin.
  • Karena takut kejadian serupa, saya langsung amankan sisa dana yang ada ke rekening lain.
  • Saya menghubungi admin CS melalui aplikasi, tapi tidak mendapatkan solusi dan jawaban yang memuaskan.

Yang saya sesali di sini adalah:

  1. Tidak ada info sama sekali sales offline maupun dari CS di telepon, yang menjelaskan apabila saya mengaktifkan maka saya akan dikenakan biaya admin sebesar sekian ratus ribu tersebut.
  2. Apabila diinfokan dari awal, kalau saya aktifkan kartu jenius saya maka saya terdebit biaya admin bersifat akumulatif (misalkan: Rp10 ribu x jumlah bulannya), maka dari awal langsung saya putuskan untuk menutup akun Jenius saya, bukan mengaktifkan kembali. Mungkin kalau saya masih tertarik dengan produk kartu kreditnya, setelah saya menutupnya barulah saya sign up lagi. Dari situ seharusnya saya bisa tidak dikenakan biaya apa pun.
  3. Saya merasa tidak fair apabila saldo saya terpotong biaya admin baru-baru ini. Karena awalnya saya memindahkan semua dana saya ke bank lain dengan maksud untuk berhenti menggunakan Jenius. Namun ternyata di Jenius rekening tidak dimatikan, tapi dibuat dormant. Sehingga saya tidak bisa sign up rekening lain, dan sesuai info dari sales hanya bisa diaktifkan/dimatikan via telepon CS Jenius.

Saya menulis surat ini karena saya merasa tidak fair dan saya ingin dapat penjelasan dan resolusi dari pihak Jenius. Menurut saya, nominal Rp120.000 adalah uang kecil, tapi di sini saya seperti merasa “Oh ngapain ya ngaktifin kalo tahu dari awal bakal di-charge sekian ratus ribu, mending matiin akunnya aja trus buat lagi kalo pengen kartu kreditnya. Duit berasa menguap aja dipindahin langsung berkurang“. Jadi seperti tidak ada transparansi.

Bank ritel adalah bentuk relationship dengan nasabahnya, yang mana nasabah mempercayakan dana untuk ditaruh dan dikelola di bank tersebut. Di Jenius, hal ini sama sekali bukan hal yang saya dapatkan. Saya berharap pihak Jenius bisa menghubungi saya untuk memberikan penjelasan dan resolusi seperti ekspektasi saya.

Semoga hal ini bisa menjadi wawasan maupun feedback positif buat semua pihak.

Johan
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Jenius Mendebit Rp120 Ribu dari Rekening yang Sudah Lama tidak Digunakan”

Dengan hormat, Dalam rangka menanggapi surat pembaca dari Bapak Johan berjudul “Jenius Mendebit Rp120 Ribu dari Rekening yang Sudah Lama...
Baca Selengkapnya

49 komentar untuk “Jenius Mendebit Rp120 Ribu dari Rekening yang Sudah Lama tidak Digunakan

  • 19 September 2023 - (13:41 WIB)
    Permalink

    memang begitu bank jenius. sy msh ada apk nya sampai skrg. tiap bulan muncul notif kalo gagal debit Rp 120.000 krn feesible fee. dan bs dipastikan feesible itu hanya max Rp 120rb. sy ga berani top up. sy biarkan sampe skrg Rp 0

    4
    2
    • 21 September 2023 - (06:06 WIB)
      Permalink

      Ya anda lupa nanya, sales juga lupa ingatkan, mana ada sales ingat hal ini kan dia fokusnya ke jualan kartu kredit, yang lain kan bukan fokusnya. Sudahlah iklaskan saja.

      • 23 September 2023 - (20:16 WIB)
        Permalink

        saya dibalikkin sih duit nya. cuman saya tutup semua account kartu dll nya udah ga pake lagi.

  • 19 September 2023 - (14:52 WIB)
    Permalink

    Berita ini sebenarnya sudah lama ada di media ketika gencar bahwa pengguna Jenius tidak gratis lagi dan akan dikenakan biaya bulanan 10rb perbulan dan akan di-charge akumulasi ketika nasabah top-up saldo. Dan karena alasan ini pula lah, akhirnya aku langsung menutup rekening Jenius.

    2
    2
    • 19 September 2023 - (18:10 WIB)
      Permalink

      Sepertinya semua bank sama, contoh bank bca tgl 15 ada potongan 18rb kalau gak cukup saldo jadi 0 dan kalau kita isi otomatis kepotong saldo kita.

      3
      2
  • 19 September 2023 - (17:08 WIB)
    Permalink

    Ya emang begitu, saya pengguna Jenius sdh 3 tahun, fessible 10rb/bln diakumulasi max 12 bulan jika tdk ada saldo di Rekening. sama sekali bukan kesalahan Jenius tetapa anda yg malas membaca syarat & ketentuan.

    11
    3
    • 19 September 2023 - (17:11 WIB)
      Permalink

      Sejauh ini saya Puas dengan pelayanan Jenius, dengan feesible hanya 10rb/bln dapat manfaat gratis 25x Tarik tunai, 25x Transfer antar bank, dan gratis juga biaya Topup E-wallet. Kartu ATM Bisa lebih dr 1.

      4
      5
      • 19 September 2023 - (17:39 WIB)
        Permalink

        Jenius ada gratis top up e-wallet apa? Setau saya top up ovo, gopay, shopeepay semua kena biaya admin.

        1
        2
        • 19 September 2023 - (21:52 WIB)
          Permalink

          Jenius ada rewards kalau simpan saldo diatas 1jt. Rewards salah satu kegunaannya bebas biaya topup ewallet.

          • 20 September 2023 - (07:04 WIB)
            Permalink

            Saya biasa isi Gopay nggk ada biayanya.

          • 20 September 2023 - (16:58 WIB)
            Permalink

            Enggak ada, saya top up shopee sama gopay pakai jenius tetap kena biaya, walaulun saldo diatas 10jt,, makanya skrg banyak yg pada pindah ke line bank dan seabank..

      • 20 September 2023 - (06:28 WIB)
        Permalink

        Kasus sama seperti saya, hanya saya ya bukan untuk mengajukan kartu kredit , saya aktifkan kembali karena di jenius bisa debet belanja online yang terkoneksi akun paypal untuk transaksi produk luar yang menggunakan usd, ketika saya top up kembali saldo ke jenius seketika saldo saya di debet berkali” sampai tiada ampun lol, tapi saya mikir ini memang salah nasabah karena di rek. Uang nya kita Nolkan sehingga tagihan fee di akumulasi . Semenjak tau seperti itu langsung saya hapus total aplikais tersbut dan gk mau pakai lagi

        1
        1
        • 21 September 2023 - (15:18 WIB)
          Permalink

          Bukannya kl akun bank itu 6 bulan saldo nol dan tidak ada transaksi akunnya di non aktifkan ya? Saya dulu juga punya jenius setelah ada seabank saya pindah ke sea bank. Waktu itu jenius masih gratis biaya admin dan saldo di jenius masih ada 30 ribuan saya biarkan saja karena rencananya nanti nanti mau saya pakai untuk beli pulsa. Teryata beberapa bulan berikut nya saya dapat email pemberitahuan kalau saldo saya tidak cukup untuk didebet biaya admin. Ternyata saldo 30rb saya lenyap. Sejak itu saya gak berani top up saldo lagi takut uangnya disedot. Sampe sekarang saya biarkan saja akun saya karena saya kira seperti bank lain biasanya kl 6 bulan tanpa saldo dan tanpa transaksi maka rekening kita akan otomatis di nonaktifkan. Tapi entahlah sama jenius ini.

        • 23 September 2023 - (20:08 WIB)
          Permalink

          berita baik nya sih oleh pihak jenius uang saya di refund FULL 100%. mereka telfon berapa kali, saya angkat saya bilang mereka nggak mau refund juga gak masalah. duit 120rb ga membuat saya miskin dan ga membuat bank tsb kaya. mereka refund, saya lgsg nol in rekening.

        • 23 September 2023 - (20:16 WIB)
          Permalink

          saya di hubungi jenius nya, di balikin sih duit nya. tapi saya tarik sih & saya tutup semua nya juga ujung” nya.

  • 19 September 2023 - (17:43 WIB)
    Permalink

    Baru tahu kalo max 120rb.
    Saya sih selalu aktif menggunakan, tahunya cuma 10rb tiap bulan. apalagi setelah terbit kartu kredit Jenius, kepake banget. Kemarin ultah 2 bulan beruntun juga promonya bener2 mantap.

    Ya kembali ke masalah feesible ini, memang bikin kaget yah kalo gak tahu infonya. Apalagi langsung didebet 120rb…

    Lalu penulis bagaimana apply kartu kreditnya, dapat approved? Setahu saya bukannya kartu kredit Jenius itu sifatnya masih undangan, kalo modul di app ada baru bisa apply? Atau sekarang sudah open untuk semua bisa apply tanpa perlu tunggu?

    1
    1
    • 20 September 2023 - (21:59 WIB)
      Permalink

      Sama, kemarin pas saya baru login jenius lagi, ada notif gagal penarikan/pendebetan 120rb feesible, sempet kecewa juga sebenarnya, kok rekening udh tahunan gak dipake, masih kena biaya bulanan, terus berhubung saya ada penawaran pinjaman dari jenius, akhirnya saya ya sudahlah gak apa”,memang seperti itu ketentuannya biaya admin 10/bulan, tapi sampe sekarang kok belum dipotong lagi ya 120rb,

    • 25 September 2023 - (23:49 WIB)
      Permalink

      Bantu jawab ya kak, untuk biaya feesible max 120rb walaupun contoh kita gak pakai 2 tahun pas di aktifkan kembali hanya kena potongan 120rb, karena saya pengguna jenius juga, dan saat saya mau mengaktifkan kembali sebelumnya saya di kasih informasi bahwa bakalan ada kena biaya feesible max 120rb.

      Untuk apply CC bisa kita apply secara mandiri di aplikasinya jenius ada di menu card 🙂

  • 19 September 2023 - (17:53 WIB)
    Permalink

    Jenius ini banyak promonya emang menggoda banget bikin orang buat buka rekeningnya.Contohnya yg kemarin pake KFC Super Besar 1 Rp7rb via Qris,nonton XXI Rp7.777,topup emoney cb Rp77rb…Tapi ya gitu,banyak promo,banyak juga jebakan tersembunyi juga.

    2
    3
    • 25 September 2023 - (23:56 WIB)
      Permalink

      tidak ada jebakan tersembunyi karena semua sudah ada keterangannya di aplikasinya contoh gratis tarik tunai dan trf semua sudah ada informasinya. Dan untuk biaya feesible pun ada keterangannya. kita SBG nasabah pun harus mengerti semua informasi sudah ada disana. Masih worth it sih kena 10k dg semua fitur yg jenius punya skg. Bisa tukar vallas, ada CC, Flexi cash. Tabungan biasa bunga 2,5%, tabungan deposito 4-5% dan ada Reksadana juga 🙂

  • 19 September 2023 - (21:33 WIB)
    Permalink

    Ini kasus awalnya sama dengan saya, tapi saya tidak keberatan, karena ya memang begitu kan bank ada admin tiap bulan, dan saya sadar saya sudah 3 tahun tidak aktif maka ketika saya aktfikan kembali dan isi saldonya kemudian ada akumulasi feesible 120k ya udah biarin aja sih😅 masa aku maunya enak aja.

    1
    1
    • 20 September 2023 - (22:01 WIB)
      Permalink

      Iya sama saya juga pak, awalnya keberatan karna rekening sudah lama tidak digunakan tapi tetap kena biaya, eh malah dapat penawaran flexicash, ya sudah kecewanya hilang… Hehe

      1
      1
      • 21 September 2023 - (20:24 WIB)
        Permalink

        Saya sangat terbantu dg jenius sdh gratis tf antar bank, tarik tunai gratis, yg pasti sering kepake flexi cash dg bunga rendah

  • 19 September 2023 - (21:55 WIB)
    Permalink

    Memang seperti itu sudah dijelaskan kok di s&k feesible. Ga cuma jenius bank-bank lain swasta seperti si biru pun juga seperti itu juga.

    2
    2
    • 23 September 2023 - (20:11 WIB)
      Permalink

      saya ga masalah di debit biaya admin. saya ada banyak bank dan memang jelas di debet nya untuk apa.
      BCA platinum 20rb
      BCA prioritas 20rb
      BCA giro 30rb
      HSBC premier & OCBC premier gratis.

      Jenius? Ga dipake 3 taun, mau aktivasi ulang 120rb 🤣 tapi di refund sama bank nya

      • 13 November 2023 - (12:13 WIB)
        Permalink

        platinum user di bank lain? kok malu maluin. 1 kata “pelit”. Aneh udh platinum masih mental gratisan, klo emg udh ga mau pake tutup langsung aja ngapain dibiarin sampe 3 tahun. \_(-_-) _\

  • 19 September 2023 - (21:58 WIB)
    Permalink

    Jenius mengenakan biaya bulanan 10 ribu dan itu sudah ada dalam syarat perjanjian,biasakan membaca ya,walaupun saldo nol,tetap akan jadi hutang,begitu ada dana akan di potong langsung🙏🙏🙏🙏

    3
    2
  • 19 September 2023 - (23:11 WIB)
    Permalink

    yah memang seperti itu kena admin 10rb /bulan
    – anda buka jenius untuk ambil manfaat deposito, terus giliran bunga nya menurun lsg ganti bank
    – anda liat ada produk kartu kredit, terus anda mau pengajuan
    berarti anda hanya melihat manfaat untuk promo nya saja, tetapi anda tidak melihat ada admin perbulan 10rb

    jenius bukan e walet yang bertahun” ga dipake ga dikenain admin , jenius itu bank btpn yang mana pasti ada admin perbulan , dan untuk kenapa tidak di matiikan saja rekening nya oleh pihak jenius, mungkin mereka menunggu dari pemilik rekening untuk request mematikan akun bank nya, ya balik lagi setiap S&K bank berbeda beda .

    1
    1
    • 23 September 2023 - (19:53 WIB)
      Permalink

      situ baca lengkap gak?

      decision making nasabah ya suka” nya lah orang duit dia.

      BACA LENGKAP makanya disitu udah di tulis:
      dibilangin awal kalo KENA FEE = TIDAK DI AKTIVASI ULANG.

      trus kalo cuman nikmatin manfaat kenapa emang? suka” kan duit gapake duit lu ngapain ribet?

      • 23 September 2023 - (20:02 WIB)
        Permalink

        JAMET HAHAHA , BISA CUMA KOAR KOAR DISINI , EMANG LO KIRA TU BANK PUNYA NENEK MOYANG LOO , YA DISURUH BAYAR YA BAYAR WKWK , MAKE MANFAAT TAPI GA MAU BAYAR , DODOL

        • 23 September 2023 - (20:12 WIB)
          Permalink

          JAMET TERIAK JAMET HAHAHA SUKA” ORANG MAU PAKE BUAT APA. KEPO BANGET LU URUSAN ORANG JAMET GADA KERJAAN

    • 20 September 2023 - (06:31 WIB)
      Permalink

      Jenius masih yang terdepan dalam bank digital menurut saya banyak promo menarik apa lagi fitur fleksi cash yang cukup memuaskan nasabah nya dan banyak lagi yang belum tentu ini bisa di dapat di bank bank lain

      Kalau untuk bunga deposito ya di atas 4% masih wajar wajar aja walau dulu sebelum covid di atas 5% masih di ranah LPS

  • 20 September 2023 - (16:00 WIB)
    Permalink

    Kan, kena hujat. Makanya sebelum nulis di MK, baca² dulu S&K Banknya. Maunya yg enak² mulu sampe lupa ada admin dan segala macem syarat.
    Gw pengguna Jenius jg uda berhenti pake, beralih ke Jago yg menurut gw pribadi lbh nyaman. Utk yg utama BCA, egk bisa di utak atik buat urusan bisnis.

    • 23 September 2023 - (19:50 WIB)
      Permalink

      oi congek, mayoritas komen disini kedebet fee dan udah pada nge-nol in saldo sih.

      lu juga BACA KONTEKS orang nasabah ga di infoin bakal di charge. kalo dikasi info kena fee atau nggak ya gua auto matiin, signup ulang lah beres. decision making orang juga terserah kan. suka” nasabah lah kalo emang kena fee ya di matiin aja ga di aktivasi ulang.

      • 23 September 2023 - (20:04 WIB)
        Permalink

        buyan lolo bengak hahaha , tiap bamk beda” aturan haha manfaat doang disuruh bayar ga mao wkwk , kere kere aja

          • 23 September 2023 - (20:43 WIB)
            Permalink

            HAHA JAMET JAMET , KASIAN GA DIGUBRIS AMA JENIUS , JAMES SIEEE

    • 13 November 2023 - (12:27 WIB)
      Permalink

      nambahin, ni orang kayaknya ga ngerti prinsip hak & kewajiban. kalau buka rekening ya haknya dpt pelayanan dri bank. dan pastinya ad kewajiban yg berlaku. kalau mau suka suka sistem apa aja jadi kacau. misal ya gini saya punya uang 10 rebu mau makan di hotel b5 pesen menu steak. “kan saya makan kentangnya aja knp di tagih 300 rebu, wong cma makan kentangnya”. gimana kalau si bapak ini punya usaha konsumennya juga suka suka mereka? hadeh

  • 22 September 2023 - (02:29 WIB)
    Permalink

    semua rekening bank sama kalau mau di tutup apapun alasannya harus komitmen jangan pernah di aktifkan kembali walaupun bertahun-tahun lamanya, karena kalau kita mengaktifkan kembali rekening bank biaya admin otomatis terdebet sejak kita meninggalkannya walaupun 5 atau sepuluh tahun.

  • 22 September 2023 - (19:07 WIB)
    Permalink

    Memang kak. Tapi maksimal 120ribu , habis itu g ada lagi maksudnya normal per bulan 10k , kadang tanggal 18 kadang tanggal 22 setiap bulan.

    • 24 September 2023 - (03:12 WIB)
      Permalink

      Uda mbk jgn diladenin, keliatan dr komennya uda kyk gitu, kasar & jorok. Dari komennya kita uda tau dia egk mau salah. S&K bank yg wajib kita baca sebelum daftar tetap disalahin.

  • 12 Oktober 2023 - (22:46 WIB)
    Permalink

    Saya udah uninstall Jenius dari HP (tapi belum hapus akun), sudah nggak worth keluar 10 rb per bulan. Sudah lama pengin berhenti pake ini bank, tapi mengingat biaya feesible (fee yang bikin sebel) yang masih lebih murah dari BCA atau Mandiri, ya lanjut aja dulu. Makin ke sini aplikasi makin tambah lemot aja, yang terparah histori transaksi yang dulu-dulu hilang begitu aja. Itu baru data transaksi, bayangkan jika kita naruh duit di situ, huehehe bisa bablas. Fitur kartu kredit lumayan bikin penasaran, sayangnya tidak free annual fee, dan masih ribet pengajuannya. Sekarang pake Bank Jago aja, fitur nggak kalah dan yang penting masih gratis.

  • 7 Maret 2024 - (15:57 WIB)
    Permalink

    Mau tanyaaa plis bantu pencerahan, aku punya juga kartu jenius. Dulu ga ngerti2 amat soalnya buka rekeningnya juga gegara di paksa sama spg yg di mal mal gitu taukan yg ngikutin sampe ngoceh ngoceh gitu:(

    Semenjak itu ya aku gapake kartunya dan saldonya dibiarin nol karna yaa aku punya kartu/rekening lain juga dan ga mau pake jenius. Tapi setelah 6bulan baru ngeuh ko ada notif fee sible gagal ditarik 60rb. Kek laahh ini adminnya makin guede:((

    Berhubung aku gamau pake lagi, apa gaakan kenapa napa kalo itu dibiarin begitu aja? Soalnya pas mau blokir tutup rekening belibet kalo harus ke bank, pas coba telp.cs nya juga di arahinnya ke bank. Jdi aku cuma bisa blokir sementara aja. Tp itupun tetep ada notif penarikan feesible yg trus nambah huhuuu

    Aku awam:( dan ga ngerti ini begimana wkwk takut banget kalo adminnya dibiarin bertaun taun jadi berakibat ke rekening aku yg lain. Itu ngaruh ga sii?
    Kalo gaakan ngaruh sih gapapa kali ya di biarin bertaun2 tanpa harus mengajukan penutupan rek Ke btpn nya..

 Apa Komentar Anda mengenai Jenius BTPN?

Ada 49 komentar sampai saat ini..

Jenius Mendebit Rp120 Ribu dari Rekening yang Sudah Lama tidak Digunak…

oleh Johan dibaca dalam: 2 menit
49