Apakah Shopee dengan Sengaja Menaikkan Tagihan Biaya Kirim Ketika Penjual Menggunakan Jasa Kirim JNE?

Sebelumnya, saya pernah mengeluhkan “pencurian” ongkos kirim pada toko saya sebanyak 8x ketika menggunakan jasa kirim JNE, dan sekarang kejadian itu terulang kembali di toko saya.

Dengan nomor orderan 230909TU1W2S8V dan nomor resi JNE CM47954669865, pengiriman dari Kota Surabaya menuju Kota Kupang, yang seharusnya hanya sebesar 66 ribu rupiah, akan tetapi ditagihkan oleh Shopee sebesar 106.500 rupiah. Saya dirugikan sebesar 40.500 oleh pihak Shopee.

Saya juga sudah menghubungi mereka via telepon, akan tetapi jawabannya hanya disuruh menunggu saja karena masih dalam proses investigasi, tidak ada kelanjutannya sampai saya mengirimkan surat pembaca ini ke media konsumen.

Lucunya, ketika menggunakan jasa pengiriman mereka (Shopee Xpress), pengiriman dari Kota Surabaya ke Kota Kupang, tidak terjadi selisih ongkos kirim. Apakah Shopee memang sengaja melakukan hal seperti ini agar pemilik toko menonaktifkan jasa kirim lain? Jadi, secara tidak langsung dengan sengaja membuat pemilik toko mengaktifkan jasa kirim Shopee Xpress saja?

Berikut saya lampirkan bukti selisih potongan ongkos kirim ketika menggunakan jasa kirim JNE dan juga ketika menggunakan jasa kirim Shopee Xpress, beserta resi pengiriman asli dari konter JNE tempat saya mengirim, dimana di resi tersebut terlihat jelas bahwa biaya pengiriman adalah Rp 0. Menurut saya, cara licik Shopee untuk menjatuhkan JNE seperti ini sangatlah tidak baik.

Gabriela Gloria
Kota Depok, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

22 komentar untuk “Apakah Shopee dengan Sengaja Menaikkan Tagihan Biaya Kirim Ketika Penjual Menggunakan Jasa Kirim JNE?

  • 5 Oktober 2023 - (14:48 WIB)
    Permalink

    Banyak kemungkinan kak.

    Bisa jadi agen Jne tempat kk ngedrop yg curang kak. Mereka input kilo-an yg di lebihkan

    Kemungkinan lain adalah dimensi paket yg berbeda-beda. Pas ngirim pake jne pake kardus nya lebih besar jadi kena tarif volume.

    Ya kemungkinan seperti yg kk bilang juga bisa aja sih.

    10
    • 6 Oktober 2023 - (23:33 WIB)
      Permalink

      Itu dia resi cashless, lgsg jadi resi ketika penjual proses dan sdh ada kiloannya. Kalo dari ekspedisi ngrubah kiloan pasti akan tertera di sistem. Haduh anda ini ga paham apa yg lg di keluhkan

      1
      4
      • 7 Oktober 2023 - (11:10 WIB)
        Permalink

        Selisih ongkir ini memang menjadi hal yang biasa buat penjual online. Banyak faktor yang menjadi penyebab berdasarkan pengalaman saya, karena saya dulu juga mengalami hal serupa menggunakan JNE:

        1. Tiap gerai JNE bisa menentukan tarif yang berbeda dengan barang yang sama. Hal ini tergantung bagaimana penerima barang di tiap gerai mengukur barangnya. Kadang kalau ngukurnya miring, ya dimensi bisa jadi lebih besar dari seharusnya, sehingga tarif bisa lebih mahal. Sudah saya buktikan dengan membawa barang yang sama ke 3 gerai JNE di hari yang sama, dan hasilnya berbeda beda ongkirnya. Akhirnya saya pilih gerai yang paling murah pada saat itu

        2. Dulu jika order online, tiap barang akan diukur ulang di masing2 ekspedisi (shopee, anteraja, sicepat, dll), jadi jika ada lebih / kurang, ongkir akan disesuaikan. tapi sudah 1 tahun terakhir ini saya tidak pernah ada ongkir lebih / kurang, kesimpulan saya adalah barang sudah tidak dicheck kembali / hanya dilakukan pengukuran berkala, selama seller tersebut tidak pernah melanggar / mencuri dimensi / berat barang, maka tidak akan dikenakan pengukuran ulang lagi

        3. Anda yang menghitung berat volume / berat nyata barangnya yang salah, tetapi selama ini pihak shopee diam2 saja / tidak menyadari adanya kesalahan. Tapi jika anda bawa ke gerai JNE, dan diukur ulang, terdapat perbedaan dikarenakan ya memang anda salah mengukurnya. Atau pengemasan anda tidak rapi / barang tidak simetris, sehingga pengukuran juga tidak normal. Sehingga rawan salah pengukuran karena tiap pengemasan bisa beda patokan / dimensi walaupun barangnya sama persis

        Silahkan dievaluasi kembali anda termasuk yang mana. Karena saya pernah mengalami ketiga kejadian di atas sehingga saya bisa mengemukakan pendapat

      • 7 Oktober 2023 - (11:39 WIB)
        Permalink

        Kan ditimbang lg di kurir. Kalau gak sesuai yg tertera di resi pasti bakal disesuaikan dengan potong penghasilan shopeelah. Jne, sicepat dan ninja itu yg biasanya ditimbang lg. Kalau jnt dan shopee express biasa kagak ditimbang lg jd sring lolos

        • 11 Oktober 2023 - (20:14 WIB)
          Permalink

          Jd gini.
          Mereka punya bisnis partner masing2,
          Itu aplikasi milik shopee. Jd harga mereka yang tentukan.

          Ibarat lu mau naik angkot gw godeng nyampe kupang.
          Atau lu gw naikin ke angkot temen gw lu bayar ceban.

          Terserah yg bayar siapa yg penting pilihan uda gw kasih.

          Lu posisi buyer atau seller???
          Sejak kapan seller mikirin ongkir wkwkwkw.

      • 8 Oktober 2023 - (15:56 WIB)
        Permalink

        @muhammad udah nyolot salah pula haha. Udah bener yg @nicolas tulis. Di apk shopee, seller input berat barang ato dimensi tp itu bkn brrti mutlak. Krn stelah paket diterima kurir, d konterny ditimbang ulang. Klo berat atau dimensi trnyata jauh melebihi rentang kategori biaya dr yg diinput seller, maka ekspedisi berhak merubah ongkir dan nnti sistem shopee mengikuti itu.
        Tp keterangan berapa berat atau dimensional yg berbeda tidak bisa dilihat di aplikasi, yg hanya kelihatan adalah adanya pemotongan ganjil di dana penjualan. Itu kekurangan aplikasinya, belum ada fitur alasan pemotongan sehingga bikin bingung seller. Jd spekulasi seller dan @nicolas itu masuk akal.
        Paham kan ya, paham laaah, masak masih nggak hihihi

  • 5 Oktober 2023 - (23:42 WIB)
    Permalink

    Biasanya kalo ada selisih ongkir itu, dari pihak expedisinya. Seller wtk masukin produk seharusnya ukur berat dimensinya juga. Atau wtk kirim paket yang dusnya besar, ukur lagi apakah sesuai dgn inputan. Takutnya kena di volume jadi ada tambah an berat sehingga terjadi selisih ongkir. Setau saya kalo SPX itu ongkirnya bisa lbh murah dibandingkan expedisi lain. Krn saya suka belanja di shopee itu hrs pilih ambil di agen SPX biar ngga tambah ongkir sedangkan expedisi lain walaupun sdh hemat masih tambah ongkir

    • 6 Oktober 2023 - (06:23 WIB)
      Permalink

      Tp kalo cargo tetap murahan JNE kak. Sy kalo beli barang yg berat2 misalnya sabun cair dlm jumlah bnyk, paling murah pengiriman cargo, dan biasanya itu yg kirim JNE sih. Karna SPX biasanya cm melayani pengiriman reguler dan sameday.

  • 6 Oktober 2023 - (06:41 WIB)
    Permalink

    JNT juga.
    Di aplikasi kadang tertulis ongkir 20rb, tp di resi JNT tertulis 15rb.
    Saat resi dikasihkan ke buyer, baru diketahui perbedaan harga

  • 6 Oktober 2023 - (09:03 WIB)
    Permalink

    Data kurang lengkap,,

    Bisa seller yang salah, berat dimensi barangnya gak difoto dan ditunjukkan. Jadi memang pihan JNE menuliskan sesuai berat dimensi barang yg dikirim.

    Kalo untuk SPX, memang mereka lebih rileks terhadap ukuran dimensi dibanding JNT/JNE, sayapun kadang2 kirim barang 2 kg, lolos dengan tarif barang 1 Kg.

    Untuk fee di JNE memang tertulis 0, karena udah otomatis tercatat di sistem, konek langsung ke shopee seller. Jadi di sticker connote barang pasti tertulis 0, karna pembayaran sudah dipotong via shopee..

    Kalo mau komplain kasus semacam ini, biar kita bisa adil :

    1. Cantumkan foto barang saat diserahkan ke JNE
    2. Cantumkan ukuran dan foto dimensi barangnya
    3. Cantumkan berat barang yang siap dikirim

    Terutama ukuran dimensinya, karna kalo tarif di shopee itu sesuai dengan angka yang kita input dimensinya di shopee. Tapi saat sudah di packing, bisa tidak sesuai. (Ini seringkali saya alami jualan dj shopee). Dan JNE termasuk expedisi yang ketat tentang ukuran dimensi.

    • 6 Oktober 2023 - (23:38 WIB)
      Permalink

      Pahami dulu keluhan penulis baru ikut komen. Sdh jelas2 saat pake jne di tagihkan 40.500 tp saat pake spx di tagihkan 0. Haduh anda ini

      1
      3
  • 6 Oktober 2023 - (11:20 WIB)
    Permalink

    Kamu harusnya konfrontasi ke pihak JNE yang menentukan ongkir segitu, bukannya ke Shopee. Kamu salah alamat kalau cuma menyudutkan Shopee

    4
    3
  • 6 Oktober 2023 - (12:54 WIB)
    Permalink

    Shopee memang sering gitu kalau pakai jne. Toko saya juga sering mengalami gitu, selisih ongkir diganti oleh shopee tapi bolak-bolak nagih ke admin shopee atas selisih ongkir yg terjadi. Padahal sudah jelas cashless. Pada system jne dengan shopee tidak ada selisih berat barang, tidak ada perbedaan wilayah pengiriman barang.
    Selain buka shopee Toko saya juga jadi kantor cabang JNE. Ga ada kesalahan pada JNE nya. Cuma shopee nya aja yang sering gitu.
    Buat penjual di shopee sebaiknya sering di cek hasil transaksi penjualan yg selesai.
    Kalau tidak di cek penjual tanpa sadar bisa kecolongan atas selisih ongkir tersebut.
    Kejadian seperti setau saya hanya pakai shopee dengan kurir JNE.
    Shopee dengan kurir lain tidak pernah, jika pernah kesalahan dari kurir.
    JNE dengan toko online lain juga tidak pernah ada selisih ongkir bila memakai cashless.

  • 6 Oktober 2023 - (13:07 WIB)
    Permalink

    Kemarin bapak2 nuduh shopeee kini si mba ini juga ikut2tan mening langsung tanya jne nya lah mba bukan salahkan aplikasinya

    1
    1
    • 8 Oktober 2023 - (18:14 WIB)
      Permalink

      Sekarang gini, teaser udah jujur belum atur berat dan volume product?klo ngrasa udah jujur atur berat dan volume boleh ngamuk dan tulis di media konsumen. Setau saya masalah2 gini karena dibuat sama sellernya. Makanya jualan yg jujur jangan maenin berat ama volume jadi gini kan, klo kena langsung gegowakan padahal salah sendiri mau untung tapi cara curang. Saya juga jualan tapi saya atur berat dan volume product sesuai. Biar gak boongin pembeli juga

  • 7 Oktober 2023 - (00:20 WIB)
    Permalink

    Sebelumnya sudah pernah terjadi 8 kali, sekarang terulang lagi ?
    Nanti kedepannya berapa kali lagi ?

  • 7 Oktober 2023 - (04:54 WIB)
    Permalink

    biasanya sicepat yg hobi selisih ongkir gini. apa agen tempat kirim nya skrg udah gabung jne jd sicepat jg?

    klo ada foto brg ditimbang sblm kirim bs tuh diajukan ke shopee nya sbgai bukti kl beratnya udah sesuai yg diinput, lalu chat shopee utk minta foto berat saat ditimbang di jne nya yg membuktikan klo beratnya berbeda dgn yg diinput seller

  • 7 Oktober 2023 - (05:44 WIB)
    Permalink

    Ini kyknya kena volume, apa ada bukti berat dan paket ketika selesai packing?

    Jika ada itu bisa jadi banding.

    Pernah ngalamin seller sepeda, berat sopinya 20kg dy input, kenyataannya kena volume hingga 53kg.

    Selisihnya lngung cut ke seller.

    Jd tolong seller bantu juga berat ataupun volumenya sesuai, expedisi akan drugikan jika salah input di seller.

    Jika emang paket tidak besar dan berat, maka maju pantang mundur melawan kedzoliman.

  • 8 Oktober 2023 - (08:48 WIB)
    Permalink

    Pengiriman khusus expedisi biasanya kena volume kk,,klo kk pengiriman menggunakan shopee biasanya mereka ga terlalu ribet dalam volume,,,beda2 dikit bisa lewat, beda dengan expedisi yg mmg khusus kerjaan di mereka expedisi pengiriman kadang selisih dikit Ja tidak ada kompromi…selama ini yg paling ga ribet cuma shopee expres,,anteraja dan id expres…

  • 8 Oktober 2023 - (18:17 WIB)
    Permalink

    Trus yakin di pickupnya itu sesuai dengan alamat saat atur pickup?ntr beda lagi, di sistem saat atur kirim di kota A tp ternyata di kirim seller dari kota B kan sama aja boong, jne juga gak mau rugi

 Apa Komentar Anda mengenai jualan di Shopee?

Ada 22 komentar sampai saat ini..

Apakah Shopee dengan Sengaja Menaikkan Tagihan Biaya Kirim Ketika Penj…

oleh gabriela gloria dibaca dalam: 1 menit
22