Transaksi QRIS Gagal, Tiba-tiba Dinyatakan Sukses Setelah Beberapa Waktu

Pada tanggal 26 September 2023, saya melakukan transaksi QRIS melalui aplikasi Bank Jago sebanyak 2 kali, untuk membayar belanja minyak goreng sawit refill 2 liter merek Tawon. Transaksi pertama gagal dan muncul notifikasi gagal di aplikasi Bank Jago. Saya refresh tampilan Bank Jago untuk memastikan saldo saya utuh.

Kemudian saya coba sekali lagi transaksi dengan QRIS, ternyata masih gagal. Saya tetap refresh saldo untuk memastikan saldo tidak terpotong. Waspada akan gagal lagi, saya akhirnya bayar tunai ke merchant Budiman Kuranji Padang untuk mencegah saldo saya terpotong. Saya juga sudah pastikan sinyal internet saya stabil ketika akan melakukan pembayaran dengan QRIS Jago.

Tiba-tiba lepas magrib, saya menerima notifikasi di layar kunci ponsel, bahwa transaksi QRIS Jago sebanyak 2 kali dengan nominal masing-masing sebesar Rp59.000 (total Rp108.000), statusnya sukses dan saldo saya terpotong. Saya tidak terima, karena saya sudah membayar secara tunai belanja saya tersebut. Saya juga sudah memastikan bahwa saldo saya sebelumnya utuh.

Saya langsung komplain via telepon dan email ke CS Bank Jago. Saya sertakan bukti-bukti yang diminta dan saya disuruh menunggu hingga 15 Oktober 2023. Waktu yang cukup lama sekali, mengingat sebelum ini saya baca aduan konsumen yang mengalami kasus serupa dengan saya, dana dikembalikan ke rekening hanya dalam waktu 4 hari saja.

Saya mendapat respons dan balasan dari pihak Bank Jago, seolah-olah hanya template yang sama. Meskipun yang menjawab berasal dari orang yang berbeda-beda, dalam hal ini yaitu CS Bank Jago. Saya sangat berharap pihak Bank Jago berusaha dengan cepat untuk memberikan solusi terkait dengan kendala yang saya hadapi ini dan tidak menganggap remeh nominal saya yang tergolong kecil.

Semoga ke depan saya dan pemilik rekening Bank Jago, tidak perlu merasakan hal yang sama seperti ini dan menulis pengaduan di mediakonsumen.com seperti ini. Saya tentu ingin menggunakan dana tersebut untuk keperluan saya yang lainnya. Semoga surat ini dapat menjadi pertimbangan bagi Bank Jago untuk merespons dan menindaklanjuti keluhan terkait kendala yang saya hadapi.

Terima kasih kepada mediakonsumen.com yang sudah menayangkan surat saya.

Nana Khaira
Padang, Sumatera Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

10 komentar untuk “Transaksi QRIS Gagal, Tiba-tiba Dinyatakan Sukses Setelah Beberapa Waktu

  • 12 Oktober 2023 - (14:53 WIB)
    Permalink

    Langkah terbaik tanyakan pada pihak merchant apakah pembayaran dari anda masuk ke dia.Kalo iya,anda bisa minta uang anda balik (Jika pemilik merchant kelihatan galak,paling diganti barang belanjaan sesuai nominal).Jika tidak masuk,berarti masih gantung di server Jago nya.Kunci utama ada di transaksi pihak merchant.

    • 12 Oktober 2023 - (15:09 WIB)
      Permalink

      Terima kasih sarannya. Saya juga sempat kepikiran itu tapi belum ada kesempatan dan waktu untuk konfirmasi ke merchant karena cuaca dan lain hal.

    • 13 Oktober 2023 - (07:06 WIB)
      Permalink

      Gak gitu prosesnya. Transaksi QRIS itu ga otomatis cair ke rek merchant, kudu settlement dl. Dan d nominal sekian, butuh brp hari kerja jg, dpotong MDR sekian. Jadi bakal rumit sm pihak merchant nanti. Kalaupun drefund/dganti barang yakin deh ga akan sesuai yg dberikan sblmnya krn uda kepotong MDR.

      Saran saya complain trs ke bank jago. Ini ada 4 pihak soalnya makanya rumit. Bank Jago, BI, andadan merchant. Ngurus nya akan lama pastinya.

      • 13 Oktober 2023 - (08:16 WIB)
        Permalink

        Adik saya pernah mengalami juga kasus gagal transaksi QRIS seperti saya di KFC dengan nominal transaksi sebesar Rp94.000, juga sebanyak 2 kali gagal dengan total nilai Rp188.000 tanggal 24 Mei 2023. Dana dikembalikan ke kantong Jago utuh di tanggal 14 April 2023 setelah komplain sana sini yang memakan waktu dan menghabiskan pulsa. Waktu itu, sinyal internetnya juga lancar dan tidak ada kendala.

        Saya menulis di sini juga ingin melepaskan uneg-uneg dan memberi tahu pembaca lain. Semoga proses pengembalian dananya lebih cepat dari SOPnya.

    • 13 Oktober 2023 - (08:25 WIB)
      Permalink

      Kemarin, 13 Oktober 2023, selepas pulang kantor saya sudah melapor juga ke merchant dan diterima dengan baik. Merchant akan meneruskan informasi ini ke acquring bank Mandiri (penerbit QRIS statis merchant). Saya tetap berharap prosesnya selesai lebih cepat. Di antara seluruh bank digital, hingga saat ini saya sebenarnya masih menjagokan bank Jago ini.

  • 16 Oktober 2023 - (16:58 WIB)
    Permalink

    Sekedar mau share aja, kebetulan punya teman kasir dan pernah tanya masalah QRIS gagal, sering terjadi pembayaran d anggap gagal dan struk pembayaran tidak keluar tapi pas dicek settlement dana ternyata masuk, nah ini biasanya di sebabkan jaringan atau bisa juga keburu time out, jadi usahakan tidaka melakukan pembayaran ulang sebelum cek settlement.

    • 16 Oktober 2023 - (17:50 WIB)
      Permalink

      Makasi sharingnya Mr.A, setelah saya konfirmasi ke merchant dan terima email dari bank Jago, memang dana ternyata berhasil masuk ke bank merchant. Saya diminta menunggu 15 hari kalender lagi untuk proses pengembalian dana.

      • 7 November 2023 - (14:28 WIB)
        Permalink

        Siang ka, saya mengalami hal serupa transaksi QRIS awalnya statusnya “mengirim uang” sampai saya ganti menggunakan pembayaran lain dan melakukan complain melalui chat WA bank jago. saya cek statusnya keesokan harinya masih dengan status yg sama, tetapi tidak lama saya lapor kembali, stlh itu saya coba cek lagi statusnya sudah berubah menjadi sukses. Saya mau bertanya, saya harus melakukan pelaporan lewat email ke jago saja atau perlu konfirmasi ke merchant nya?

        terimakasih

  • 16 November 2023 - (14:58 WIB)
    Permalink

    kasus kita sama banget kak, mana nominalnya juga sama 🙂 saya baru pake jago, agak panik karena di aplikasi tidak masuk notifikasi apa-apa, di kasirnya juga bilang transaksi gagal jadi mereka kasih QR baru. Tapi 10-15 menit kemudian baru ketahuan kalau saldo udah terpotong.

 Apa Komentar Anda mengenai QRIS Bank Jago?

Ada 10 komentar sampai saat ini..

Transaksi QRIS Gagal, Tiba-tiba Dinyatakan Sukses Setelah Beberapa Wak…

oleh Nana Khaira dibaca dalam: 1 menit
10