Refund dari Tokopedia Belum Kembali ke Limit Kartu Kredit

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas dimuatnya pengaduan saya ini. Pada tanggal 17 Oktober 2023, saya transaksi di Tokopedia, tapi lalu cancel. Karena saya menggunakan kartu kredit dari CIMB Niaga, maka berlaku 14 hari pengembalian dana. Pada tanggal 20 Oktober 2023, muncul nominal tagihan sebesar Rp885.630 dengan tenor pembayaran cicilan 12 bulan, yang mana transaksi ini sudah batal.

Lalu saya berusaha konfirmasi ke pihak Tokopedia, dan diberikan bukti bahwa proses dari mereka sudah selesai, diberikan screenshot status refund. Sehingga untuk proses berikutnya adalah di Bank CIMB Niaga. Saya berusaha konfirmasi kepada pihak Bank CIMB Niaga, tapi jawabannya selalu template tunggu 14 hari. Jika lebih dari 14 hari belum balik, silakan konfirmasi ke pihak merchant, dalam hal ini Tokopedia.

Kenapa saya buat surat pengaduan ini padahal saya tahu harus menunggu 14 hari? Karena ini kejadian ketiga kalinya yang saya alami, transaksi cancel dan menunggu refund. Kejadian pertama, saya harus menunggu selama 20 hari, sampai refund masuk ke limit. Kejadian kedua, malah menunggu 1 bulan lebih, refund baru masuk ke limit kartu kredit saya. Setiap saya konfirmasi, dari Tokopedia suruh tanya Bank CIMB Niaga. Sementara dari Bank CIMB Niaga disuruh tanya Tokopedia. Apa memang seperti ini SOP dari kalian?

Karena ini kejadian terjadi berkali-kali, dan tidak sesuai dengan janji 14 hari maksimal untuk refund, maka saya memutuskan membuat surat pengaduan ini. Saya harap ada solusi dari Tokopedia dan Bank CIMB Niaga. Terima kasih.

Teddy Kusumawirawan
Malang, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

18 komentar untuk “Refund dari Tokopedia Belum Kembali ke Limit Kartu Kredit

  • 21 Oktober 2023 - (18:14 WIB)
    Permalink

    Sangat sulit memahami cara kerja antar bank yang semuanya punya SOP buntut beda beda. Seharusnya Merchant dan Pendana harus sama SOP nya, biar buntut nya juga sama.
    Entah siapa yang harus disalahkan, atau siapa yang benar. Yang pasti selalu saja nasabah yang kena imbas.
    Jadi mikir ribuan kali kalau aku mau transaksi kredit, makin meresahkan.
    Semoga saja bisa ada solusi terbaik.

  • 21 Oktober 2023 - (18:17 WIB)
    Permalink

    iya bang, ini barusan di telepon sama CS dari Tokopedia. katanya mereka mau followup ke pihak bank nya.

    1
    1
  • 21 Oktober 2023 - (18:49 WIB)
    Permalink

    Kayaknya bermasalah di payment gateway tuh. Pake apa sih tokped, Midtrans apa Nicepay?

    • 21 Oktober 2023 - (19:05 WIB)
      Permalink

      nah itu kurang paham,
      dijanjikan followup ke pihak bank, semoga sesuai hari kerja sudah kejelasan.
      dan semoga ada solusi terkait hal ini, kasihan yg pakai dalam jumlah limit besar. klo sesuai 14 hari oke lah, tp molornya itu

      1
      1
  • 21 Oktober 2023 - (21:48 WIB)
    Permalink

    Iya bisa jadi dari payment gatewaynya, krn Saya biasa belanja di Tokped juga tapi dengan kartu kredit BCA & Mandiri apabila cancel tidak pernah sampai 7 hari sudah kembali ke limit kartu kredit.

    • 21 Oktober 2023 - (21:57 WIB)
      Permalink

      iya dengan kartu kredit lain gak masalah. saya bandingkan dengan BRI itu gak sampai 4 hari kadang malah 3 hari limit sudah kembali. khusus Niaga ini entah kenapa bisa lama

  • 22 Oktober 2023 - (08:08 WIB)
    Permalink

    kenapa anda sering cancel transaksi? kayaknya bukan di satu bank aja, sampe2 anda tau di bank lain berapa lama waktu yang diperlukan untuk refund.

    • 22 Oktober 2023 - (08:22 WIB)
      Permalink

      yg cancel siapa bos? yg sering seller yg cancel karena produknya gak ada.
      saya sering jual beli online, karena itu sering transaksi pakai kertu kredit.

  • 22 Oktober 2023 - (08:25 WIB)
    Permalink

    sebaiknya ditanya dulu ketersediaan barang sebelum transaksi. apalagi kalo harganya lumayan dan diconvert ke cicilan.

    • 22 Oktober 2023 - (08:28 WIB)
      Permalink

      sudah saya konfirmasi, dibilang ada. dan pas dipesan lalu dicancel. terkait ini sudah bolak balik komplain ke Tokopedia, cuma dibilang akan dtindak bla bla bla.

  • 22 Oktober 2023 - (17:44 WIB)
    Permalink

    sy memang pake jg cc cimb, ada pesanan yg dibatalkan oleh seller tp masuk kebilling tagihan. tp bbrp hr setelahnya, muncul CR kok di settlement tagihan yg belum tertagih. sudah dicek di bagian ini belum?

  • 23 Oktober 2023 - (06:58 WIB)
    Permalink

    Biasanya juga gitu tokopedia, baliknya 14HK. Ingat hari kerja, kalo 1 minggu ada 5 hari kerja, berarti kemungkinan baru balik setelah 3 minggu. Saya juga gitu solusinya ya ditunggu kalo dah ada tagihan muncul ya dibayar dulu tagihannya

    • 23 Oktober 2023 - (08:40 WIB)
      Permalink

      dibaca dulu komplain saya baik², dipahami dulu baik².
      ngalamin 2x Tokopedia dan CIMB Niaga itu lebih dari 14 hari, kasus pertama 20 hari, kasus kedua 1 bulan lebih. paham?
      kasus ketiga, saya tanya prosedur mereka itu seperti apa.
      lain kali dibaca baik²

      • 23 Oktober 2023 - (09:17 WIB)
        Permalink

        Makanya kamu baca komen saya dulu bos, itu kamu katanya kasus yang pertama kembali setelah 20 hari kan. Nah 14 hari kerja itu, kalo diitung kalender dikurangi hari sabtu sama minggu. Penyelesaian kasus kamu bisa selesai kurang lebih maks 20-21 hari(kalo tidak ada hari libur nasional selain sabtu minggu, kalo ada berarti lebih lama). Nah berarti kan kasus yang pertama sesuai janji kan. Untuk kasus kedua yang katanya 1 bulan lebih, itu kalo kasus yang pernah saya alami jika sudah 14 hari kerja lewat alias sekitar 20 hari kalender(jika tidak ada hari libur nasional) itu saya langsung komplain ke tokopedia biasanya sore atau besoknya langsung balik ke rekening / limit kartu kredit(tergantung bayar pake debit atau credit), tapi jika mengalami lebih dari itu ya pokoknya komplain terus aja sampai balik ke limit. Untuk kasus ketiga kan baru terjadi 17 Oktober, berarti balik kan bisa sampe November estimasinya. Nah kalo kamu tanya prosedur, sudah ada snk untuk pengembalian dana jika bayar pake kartu, tinggal dibaca aja di web toped. Kalo kamu tanya ke cs toped pasti juga dikasih link tsb. Kamu komplain ke media konsumen untuk tujuan tanya prisedur. Sama aja nanti juga dikasih link snk pengembalian dana sesuai metode bayar yang dipilih. Intinya kita harus pahami 14 HK itu bukan berarti 14 hari kalender, tapi diitung jumlah hari kerjanya kalo memang melebihi estimasi sesuai itungan kita ya tinggal komplain aja. Toh saya juga sering transaksi sering transaksi batal pula, saya komplain pun selalu balik ke limitnya walaupun agak lama. Karena memang saya sudah tahu kalo belanja di toped pake kartu dan transaksi batal pasti lama baliknya.

        • 23 Oktober 2023 - (09:42 WIB)
          Permalink

          bos, 20 hari itu sudah dihitung hari kerja. bukan saya hitung sama sabtu dan minggu

  • 24 Januari 2024 - (18:07 WIB)
    Permalink

    Sudah balikkah, punya saya juga belum balik dari tgl 1 Januari – 24 Januari 2024, di ping-pong sama pihak Tokopedia dan Honest Credit Card

 Apa Komentar Anda mengenai Kartu Kredit Bank CIMB Niaga?

Ada 18 komentar sampai saat ini..

Refund dari Tokopedia Belum Kembali ke Limit Kartu Kredit

oleh Teddy dibaca dalam: 1 menit
18