Ponsel Xiaomi dari Shopee Flash Sale 10.10 Tidak Dikirim, Gimmick?

Pada tanggal 10 Oktober 2023, saya berhasil menjadi salah satu orang yang mendapatkan barang flash sale berupa smartphone Xiaomi seharga Rp10.000, saat event flash sale 10.10 yang diadakan oleh Shopee. Saat itu saya berhasil melakukan checkout dan estimasi pengiriman barang paling lambat sampai tanggal 16 Oktober 2023.

Karena sudah selang beberapa hari tidak dikirim juga, maka saya perpanjang dengan menggunakan masa garansi Shopee, sehingga pengiriman barang paling lambat menjadi tanggal 19 Oktober 2023.

Saya coba chat penjual, untuk menanyakan proses pengiriman. Karena biasanya saya pesan barang di Xiaomi official store itu cepat pengirimannya. Namun jawabannya macam robot yang ngejanjiin bakal dikirim sebelum masa pengiriman habis.

Ternyata sampai masa pengiriman habis pada tanggal 19, pesanan tidak dikirim juga, sehingga terbatalkan otomatis oleh sistem. Padahal ini Shopee Mall dan store yang punya label dikelola oleh Shopee pula.

Karena sudah dibatalkan oleh sistem, saya kemudian melakukan pelaporan pada CS Shopee untuk mengetahui kebenaran dari event flash sale ini. Nah di sini keanehannya. Sehari setelah barang saya dibatalkan oleh sistem, saya mendapatkan pesan dari Xiaomi bahwa pesanan tidak dapat dilanjutkan ke pengiriman, karena jumlah ketersediaan produk tidak bisa memenuhi seluruh pesanan yang masuk.

Namun, penjelasan dari CS Shopee pada tanggal 23 Oktober 2023 berbeda. Bahwa setelah melakukan konfirmasi terhadap tim terkait, terdapat kendala pada sistem. Sehingga pesanan tidak terbaca sistem hingga terjadi pembatalan. Jadi ini karena stoknya habis atau karena sistem mengalami kendala? Katanya tidak terbaca sistem, tapi pesanan bisa masuk dan dapat nomor pesanan pula? Kocak!

Yang paling kocak adalah, saya malah disuruh melakukan checkout ulang pada event Shopee flash sale berikutnya, awokaokwao. Ya kalau gitu ini bisa jadi celah nipu dong, tinggal banyakin event flash sale limited harga murah, supaya orang-orang pada ngebuka menu flash sale dan ngelihat produk-produk yang ada. Lalu setelah itu kalau ada yang berhasil checkout, gak usah dikirim dan suruh ikut lagi event berikutnya, awkoawokawko.

Padahal saya member Platinum di Shopee, tapi dikecewakan kayak gini. Untung saja ada Media Konsumen, supaya kebongkar yang kayak gini. Saya yakin banyak yang jadi korban juga, cuma karena mereka gak tahu ada Media Konsumen, jadi bingung mau ngasih tahu ke mana. Sekian dari saya.

Rizky Pratama
Kab. Bandung Barat, Jawa Barat


Update (3 November 2023): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tanggapan dari pihak Shopee dan Xiaomi Official Store sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

32 komentar untuk “Ponsel Xiaomi dari Shopee Flash Sale 10.10 Tidak Dikirim, Gimmick?

  • 24 Oktober 2023 - (16:54 WIB)
    Permalink

    Kalau tdk terima barang dan uang kita tidak kembali.. baru bisa dibilang menipu..
    Tapi kalau penjual tdk dapat memenuhi order dgn berbagai macam alasan , secara hukum nya tidak ada pelanggaran.
    Jadikan hal ini sbg pengalaman pada saat belanja online terutama pada masa2 Flash Sale . Kita jangan terlalu berharap dapat brg nya .

    5
    42
    • 24 Oktober 2023 - (17:01 WIB)
      Permalink

      Jelas scam dong kalo gitu logikanya. Effort flash sale bukan mudah. Belum lagi berhadapan dengan sistem bot. Seharusnya jangan ada flash sale kalo memang ga ditepatin. Jatohnya penipuan, gimmick dan scam

      16
      3
    • 24 Oktober 2023 - (17:01 WIB)
      Permalink

      yup betul, tapi ini bisa jadi celah dong. Dengan tidak dikirimnya barang, sama saja dengan mengatakan bahwa flash sale hanya marketing saja, dimana barang tidak benar-benar dikirim, yang mana artinya flash sale dengan harga super murah tersebut hanya menjadi pancingan agar orang-orang mau membuka menu flash sale. marketing yang luar biasa dengan bumbu-bumbu kelicikan.

      15
      1
    • 24 Oktober 2023 - (17:14 WIB)
      Permalink

      btw, di artikel ini gada satu katapun yang bilang MENIPU ya, tapi GIMMICK.

      7
      1
      • 24 Oktober 2023 - (21:17 WIB)
        Permalink

        jangan di buat ribet rif.
        topup shopeepay mah dr flip juga gratis.
        ga ada admin2an

        • 25 Oktober 2023 - (12:09 WIB)
          Permalink

          Sudah ada 2 kasus yang saya baca di suara media konsumen perihal program SHOPEE flash sale, kemarin itu sepeda motor ya yg tidak dikirim, sekarang HP ^_^ mungkin ini adalah strategi marketing kak, sama setelah saya pikir 2x sudah beberapa kali ikutan dan ga pernah dapet. Yah meskipun tidak ada yg dirugikan, cuma masalah nya yang C.O di tengah malem udah melotot in barang inceran juga ga di dapet, jadi rugi waktu aja deh. Bikes ga sih itu… Hehehehe gemessss

    • 25 Oktober 2023 - (07:47 WIB)
      Permalink

      jadikan hal ini sbg pengalaman pada saat belanja online terutama pada masa-masa Flash Sale . Kita jangan terlalu berharap dapat Barang nya .
      Perlu digaris bawahi??? Itu sdh dapet barang TINGAL itikad baiknya dr sheler secara hoki2ian dr sekian barang yg flash sale berjuta2 orang Indonesia mencoba keberuntungan, nah dia sbnrya dpt cuma dr pihak shelernya aja gimik

  • 24 Oktober 2023 - (17:43 WIB)
    Permalink

    Emang gimick gan, banyak kok yg udah komplain jga di MK, yg tidak Gimik itu klo di sopi flash sale yg dijalankan artis alnya temenku pernah beli hp dari salah satu artis terkirim kok

    2
    1
  • 24 Oktober 2023 - (17:47 WIB)
    Permalink

    Udah kesekian ni yg buat artikel flas shale shopee gak dikirim
    Ini yg rajin baca aj yg buat keluhan ke media konsumen ni
    Berarti pasti masih banyak ni yg jadi korban flas shale shopee ni
    Buat yg jadi korban penipuan flas shale shopee mana lagi ni

    3
    1
  • 24 Oktober 2023 - (18:03 WIB)
    Permalink

    tenang. setelah nongol di medkon, pasti dikirim………

    yang apes, user yang terima nasib doang, tanpa ngadu. kalau dari 10x error yang ngadu cuma 1 masih ajib kan per-gimmick-an-nya.

    4
    1
    • 24 Oktober 2023 - (18:24 WIB)
      Permalink

      bener, kayaknya banyak yang kena cuma gatau mau ngadu kemana jadinya terima nasib aja, soalnya pas tgl 19 saya check yang tadinya stok produk flashsale ini kosong, balik lagi jadi 5 stoknya, artinya gada yang kekirim dong wkwkkw

      6
      1
  • 24 Oktober 2023 - (18:40 WIB)
    Permalink

    Hmm, saya justru tertarik sama tutornya.
    Gimana bang?
    Pake bot apa buat dapet flash sale begini?
    Karena kalau dapat info katanya harus pake iphone buat dapet barang harga begini dengan alasan sinyal stabil.
    Tapi diliat dari screenshotmu bukan dari iphone ya? Jadi pake tools apa nih buat tembus?

    3
    2
    • 24 Oktober 2023 - (18:45 WIB)
      Permalink

      gada pake tools/bot apapun, murni hoki, saya pake infinix zero 5g 2023, inipun keberhasilan pertama dari bertahun tahun ikut flash sale

      3
      2
    • 24 Oktober 2023 - (18:50 WIB)
      Permalink

      untuk caranya saya ngikut tutor tutor di yutub, tapi gagal terus dibagian slide puzzle nya karna harus cepat dan presisi, tentu saja iphone di untungkan dengan kemampuannya yang luar biasa, kebetulan aja kemarin berhasil sekali slide puzzle dan presisi hoki parah.

      3
      1
  • 24 Oktober 2023 - (19:06 WIB)
    Permalink

    Anjay puh sepuh ajarin dong puh, pengen juga ganti hp j2 prem gw udh oblak anying 😭

  • 24 Oktober 2023 - (19:25 WIB)
    Permalink

    Menurut saya sih ini macam harapan palsu bisa di sebut kayak penipuan.

    Ngadain flash sale, kemudian yang dapat undian istilahnya tidak di acc dan tidak di kirim. Lalu apa nama nya kalau bukan menipu ?

    Sudah bosen baca kasus shopee flash sale ujungnya hanya angin, giliran dapat ternyata tidak di kirim sampai masa garansi pengiriman habis, terus dengan berbagai alasan tidak masuk akal cs shopee ngeles. Hadeh parah tidak ada komitmen ini shopee.

  • 24 Oktober 2023 - (20:11 WIB)
    Permalink

    Ditunggu aja,nanti dpt voucher kompensasi buat co ulang dengan harga yang sama saat flash sale kayak kemarin yg hp infinix.Jangan lupa buat posting update kalo sudah terima hp nya.

    2
    1
  • 25 Oktober 2023 - (04:47 WIB)
    Permalink

    Sebentar, cs sopi baru menyiapkan voucher untuk anda klaim.
    Voucher yang lama sudah habis buat ngeklaim pengirim surat ke MK.

    • 25 Oktober 2023 - (07:49 WIB)
      Permalink

      Kmrn2 flash sale ada yg dpt HP infinix sama kasusnya, sdh update kesini, direspon pihak infinix dpt vocer kompensasi dr harga hpnya semoga cepat dibaca pihak shomy bantu uppp kejar trus…

      • 25 Oktober 2023 - (08:53 WIB)
        Permalink

        Kalau kasusnya sama gini berarti emang gimmick terorganisir ini, hanya saja bisa dibilang dari 10 orang yang kena, hanya 1 yang ngelapor ke media konsumen atau memviralkan, sisanya hanya terima nasib, parah

    • 25 Oktober 2023 - (08:53 WIB)
      Permalink

      Artinya gimmick terorganisir ya sampai banyak gini, apalagi ditambah orang-orang yang cuma nerima nasib gak ngelapor kemana-mana

  • 25 Oktober 2023 - (09:45 WIB)
    Permalink

    entah shopee atau OS nya yg gimmick, karena sekelas OS pun adminnya kalau ditanya kapan dikirim, yaaa tunggu sampai masa pengemesan, kalau g dikirim, batal, ya udah order lagi.. tapi ini flash sale, effortnya beda, kalau bisa kaya gitu, ngapain diflash sale… ini lah yg disebut gimmick, atau hanya cari peningkatan pengunjung.. ya semoga yg flash salenya dapet tp tidak dikirim lapor disini.. biar tuh OS atau shopee sadar, kita tidak mudah dibodohi gimmick

  • 25 Oktober 2023 - (10:17 WIB)
    Permalink

    Kl udah sering kejadian kaya gini sih ya emang masuknya nipu atau penipuan.bs laporin ke YLKI biar bs ditindak lanjuti.kl perlu di banned sekalian ‘sapi’ nya…iklan doank ‘sapi cod’ yg bolak balik di tv

  • 25 Oktober 2023 - (16:19 WIB)
    Permalink

    Tenang,, sebentar lg situ bakal dpt kode voucher senilai Rp 2.189.000 & bisa checkout hp itu lagi. seperti yg sudah2 seperti itu penyelesaiannya kalo masuk di MK. kalo tidak masuk yaaaaa shopeee pura2 b3g0 ajaaaaa….

  • 25 Oktober 2023 - (22:50 WIB)
    Permalink

    Ini jelas kena PENIPUAN/GIMICK.
    dalam kasus ini si Shopee menipu.
    Xiaomi Official Store juga Menipu.
    alias Semuanya Penipu, marketing dengan cara Menipu.

 Apa Komentar Anda mengenai Flash Shopee 10.10?

Ada 32 komentar sampai saat ini..

Ponsel Xiaomi dari Shopee Flash Sale 10.10 Tidak Dikirim, Gimmick?

oleh Rizky dibaca dalam: 2 menit
32