Kecewa dengan Jaringan XL yang Sangat Lemot

Dear Media Konsumen,

Saya pengguna XL dengan nomor 0877656***75. Saya telah menggunakan XL selama 2 tahun terakhir. Namun, beberapa bulan belakangan (sekitar 3 bulan ini), saya merasakan bahwa jaringan XL sangat lambat. Terutama jika saya berada di lokasi kerja saya di Green Andara Residence Depok, Pangkalan Jati Baru (kalau di luar lokasi tersebut tidak bermasalah). Saya biasanya mengakses hal-hal yang terkait dengan pekerjaan, tetapi terkadang hanya loading saja berujung pada kegagalan.

Saya sangat terganggu dengan kondisi sinyal XL dalam 1 bulan terakhir. Pekerjaan yang bersifat mobile atau kadang-kadang di dalam ruangan juga sangat buruk sinyalnya. Bahkan akses ke MyXL pun tidak selalu lancar. Saya harus mencoba beberapa kali untuk terhubung ke MyXL. Begitu juga dengan akses lainnya yang sering mengalami masalah seperti error dan buffering.

Aplikasi lain, seperti media sosial dan WhatsApp, juga sulit diakses. Kadang-kadang, untuk mengirim pesan WhatsApp, saya harus menunggu 2 menit sebelum pesan terkirim. Saya sudah merasa sangat jenuh dengan keadaan sinyal XL saat ini. Saya sangat berharap bahwa XL dapat melakukan perbaikan terhadap jaringannya, sehingga pelanggan merasa nyaman menggunakan jaringan XL.

Melalui surat ini kepada Media Konsumen, saya berharap XL dapat melakukan perbaikan terhadap masalah jaringannya saat ini. Karena saya adalah pengguna setia XL, saya berharap ada perkembangan dan perbaikan pada jaringannya saat ini.

Terima kasih kepada Media Konsumen sebagai wadah keluhan pelanggan. Saya berharap ada upaya perbaikan dan niat baik dari pihak XL.

Unique Lira
Depok, Jawa Barat


Update (30 Oktober 2023): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tanggapan dari pihak XL Axiata sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Kecewa dengan Jaringan XL yang Sangat Lemot”

Jakarta, 10 November 2023 Ref.CM/CU/E/012/1023/WH Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com Dengan Hormat, Berikut tanggapan kami atas keluhan Ibu Unique Lira melalui...
Baca Selengkapnya

Satu komentar untuk “Kecewa dengan Jaringan XL yang Sangat Lemot

  • 27 Oktober 2023 - (17:46 WIB)
    Permalink

    Saya juga pengguna XL malah sudah dua dekade. Solusinya, beli simcard provider lain buat cadangan akses internet. Handphone yang dual Sim On
    Kondisi jaringan / kecepatan data / koneksi internet tergantung pada area masing-masing. Percuma komplain.
    Kenyataannya, setiap provider seluler sekarang harus memaintenance semua jaringan. Dan jaringan yang ada untuk Handphone berbeda beda kemampuan. Handphone kita masih ada pilihan dijalankan di jaringan yang mana; 2G/3G/4G dan sudah ada yang 5G yang masih nebeng di jaringan 4G. Mau jaringan apapun semua masih bergantung pada GPRS (yang nota bene ada di kelompok 2G). Wajarlah, dengan kondisi jaringan yang overlapping ini signal jadi tidak stabil.
    Misalnya di suatu area, coverage nya di 3G,tapi perangkat anda disetting ke 4G, atau disetting ke pilihan otomatis ke 3G/4G tapi processor tak sanggup beradaptasi pada pilihan otomatis jaringan.
    Kendala yang sama dihadapi oleh semua provider seluler yang ada.
    Fasilitasi saja dengan perangkat yang mumpuni, seperti processor, yang pasti tetap pengaruh.

 Apa Komentar Anda mengenai XL Axiata?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

Kecewa dengan Jaringan XL yang Sangat Lemot

oleh unique Lira salsabila dibaca dalam: 1 menit
1