Status Paket Diterima, tapi Saya Tidak Menerima Paketnya

Terima kasih kepada Media Konsumen yang telah mau menerbitkan surat saya ini. Perkenalkan, nama saya Hari. Kronologinya, pada tanggal 10 November 2023, saya membeli Air Fryer di toko Han River Official Store Tokopedia, pengiriman menggunakan kurir rekomendasi Tokopedia. Awalnya saya tidak tahu jasa ekspedisi apa yang dipakai, setelah saya lacak ternyata adalah J&T Express.

Singkat cerita, tanggal 14 November 2023, saya cek status paket, sudah diterima oleh orang tersebut tanggal 13 November 2023 pukul 20.10 malam. Saya cari di rumah dan tanya orang yang di rumah tidak ada yang menerima paket. BTW, tanggal 13 itu hari Senin, dan istri saya dan anak ada di rumah. Saya pulang kerja sampai rumah sebelum pukul 8 malam. Di aplikasi Tokopedia, kurir mengirimkan bukti foto yang tidak sesuai, ketidaksesuaiannya yaitu:

  1. Orang yang difoto penerima tidak saya kenal.
  2. Paket di foto terlalu kecil untuk ukuran pesanan saya yang berupa Air Fryer.
  3. Paket bertuliskan COD, sedangkan paket saya bukan COD.
  4. Jika di-zoom di foto, terlihat pengirim, penerima, alamat, dan nomor resi bukan paket saya.

Saya langsung membuat komplain ke Tokopedia dan dijanjikan akan diinvestigasi dalam 7 hari kerja. Setelah saya tahu bahwa jasa ekspedisinya adalah J&T Express, saya membuat pengaduan juga kepada mereka. Sempat kesulitan karena nomor resi yang dikeluarkan Tokopedia berbeda dengan standar resi J&T.

Setiap hari saya follow up ke Tokopedia dan J&T, karena saya tidak mau komplain saya tenggelam dengan komplain saya yang lain. Memang butuh ekstra sabar ketika menghadapi CS dengan jawaban khas robotnya. Lucunya lagi, saya dapat nomor kurir pengirimnya, tapi setelah saya hubungi, dia mengaku sudah 1 bulan tidak mengirim barang.

Tolong kepada Tokopedia, sekarang sudah melewati 7 hari kerja, sesuai batas waktu investigasi. Karena tidak juga ada jawaban dari ekspedisi, segera kembalikan uang saya agar saya bisa beli yang lain lagi. Atau untuk J&T, segera cari dan antarkan paket saya, dan CS kalian baik di telepon, WA, maupun chat di situs, benar-benar luar biasa dalam melatih kesabaran seseorang. Saya salut.

Hari Tamtama
Kab. Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

7 komentar untuk “Status Paket Diterima, tapi Saya Tidak Menerima Paketnya

  • 25 November 2023 - (12:12 WIB)
    Permalink

    Kurir rekomendasi, itu memang pakai j&t, tp bisa jadi kurir yg kirim barang bisa saja jasa kirim lainnya.

  • 25 November 2023 - (14:10 WIB)
    Permalink

    Sering masalah pembelian di online kurir dan juga masalah lainnya,jadi kalau mau gak pusing dan berlarut larut ,mending kalau urgent beli offline ajah kak ,kalau gini bisa rugi pembeli

  • 25 November 2023 - (18:34 WIB)
    Permalink

    J&T emang kocak. seller & buyer sama2 di jakut. seller udah kasi barangnya ke J&T tgl 19 nov, hingga detik ini barang masih belum dianter. kacau, kapooookkkkk. Kalo ada pengiriman yg lain, sy pasti pake yg lain, masih mending shopee express deh

    2
    1
  • 26 November 2023 - (05:29 WIB)
    Permalink

    sekarang paket sudah dinyatakan hilang,sedang dalam proses verifikasi data . diminta menunggu lagi

    1
    1
  • 26 November 2023 - (12:05 WIB)
    Permalink

    Sekarang ini di Media Konsumen sedang banyak laporan mengenai belanja di platform Tokopedia bermasalah di PENGIRIMANNYA..

    Kalo tidak segera di Benahi, TOKOPEDIA yang rugi kehilangan kepercayaan banyak pengguna.

    1
    1
  • 26 November 2023 - (12:39 WIB)
    Permalink

    barusan di WA dr pihak jnt,kurir sedang dalam perjalanan untuk mengantar kan paket milik saya, nanti kalo memang benar sudah sampai akan saya update kembali

    1
    1
  • 26 November 2023 - (14:01 WIB)
    Permalink

    update terakhir,setelah menunggu hampir 2 minggu,per hari ini barang sudah saya terima.terima kasih media konsumen,tokopedia,jnt,dan rekan rekan yg sudah membantu.dengan ini surat pembaca ini saya nyatakan sudah terselesaikan dengan baik

    1
    1

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir rekomendasi Tokopedia?

Ada 7 komentar sampai saat ini..

Status Paket Diterima, tapi Saya Tidak Menerima Paketnya

oleh Kawulo dibaca dalam: 1 menit
7