Akun DANA Saya Terkena Brute Force, Ada Transaksi QRIS yang Tidak Saya Lakukan

Kronologinya, pada tanggal 13 Desember 2023 pukul 17.05, tiba-tiba ada SMS OTP dan WhatsApp dari DANA. Saya abaikan, karena saya merasa tidak melakukan apa pun. Ketika akun DANA saya buka, karena saya penasaran, tiba-tiba saldo saya kosong. Yang awalnya Rp1.800.000 menjadi sisa sekitar Rp7.240, dan ada pembayaran menggunakan QRIS sebesar Rp1.792.760.

Saat saya cek riwayat transaksi, ada transaksi pembayaran QRIS yang saya tidak pernah melakukannya sebesar Rp1.792.760. Saat saya cek riwayat aktivitas, ditemukan perangkat tidak dikenal memakai akun saya namun verifikasi gagal, tetapi pihak DANA tetap melanjutkan pembayaran hingga sukses.

Komplain melalui asisten digital di aplikasi hanya dijawab auto reply yang sangat tidak membantu. Begitu pun melalui Instagram pihak DANA, hanya dibalas auto reply bot. Begitu juga kirim email ke DANA Care sangat lambat responsnya dan lagi-lagi dibalas oleh “robot”.

Sungguh, menyimpan uang di DANA sangat berisiko dan tidak ada jaminan keamanan nasabahnya. Begitu pun layanan pengaduannya sangat mengecewakan sekali. Parah!

Ilham Hafidz
Sibolga, Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Akun DANA Saya Terkena Brute Force, Ada Transaksi QRIS yang Tidak Saya Lakukan”

Kepada Yth. Redaksi Media Konsumen Di Tempat Perihal: Tanggapan terhadap Bapak Ilham Hafidz di Media Konsumen, “Akun DANA Saya Terkena...
Baca Selengkapnya

9 komentar untuk “Akun DANA Saya Terkena Brute Force, Ada Transaksi QRIS yang Tidak Saya Lakukan

    • 20 Desember 2023 - (01:46 WIB)
      Permalink

      Saldo saya kepotong dengan sendirinya padahal saya tdk pernah melakukan pembelian di merchant es Boba kepotong 50.400

  • 19 Desember 2023 - (19:01 WIB)
    Permalink

    Ko biasa akunnya diambil alih, sy tetep berkeyakinan pasti kesalahan ada di user, akun finansial perbankan ataupun dompet digital gak bisa segampang itu pindah perangkat, ada asap pasti ada api . . .

    1
    3
    • 19 Desember 2023 - (19:34 WIB)
      Permalink

      Verifikasi gagal itu terus gimana bg apa karna otp yang masuk tdi , ketika verifikasi gagal tetapi pembayaran berhasil bukannya keamanan nya terlalu lemah

      1
      1
  • 21 Desember 2023 - (05:20 WIB)
    Permalink

    Jangan pernah berpikir jika mengabaikan pesan OTP berarti otomatis transaksi gagal. Setiap sistem punya celah keamanan. Saat ada aktivitas mencurigakan, lakukan tindakan yang perlu. Dalam hal ini segera buka aplikasi DANA untuk pengecekan, yang ternyata ada peringatan login dari perangkat tak terdaftar.

    Terbiasa bawa santai sih…

  • 21 Desember 2023 - (11:09 WIB)
    Permalink

    Ketika ada OTP masuk, berarti ada percobaan pembobolan, kita harus sesegera mungkin cek akun kita dan langsung saja ganti pin & password!!! (Selagi sempet)

  • 22 Desember 2023 - (08:43 WIB)
    Permalink

    Saran jangan suka simpen uang di DANA.
    Coba cari di MK dengan kata kunci pencarian “DANA”. Banyak masalah nya.

    Kalau mau simpan uang, simpanlah di bank yang sangat menjaga dan sangat bangga dengan nama baik nya, sehingga keluhan, komplain, dan permasalahan, di tanggapi dengan serius, yaitu si bank biru 3 huruf.

 Apa Komentar Anda mengenai keamanan akun DANA?

Ada 9 komentar sampai saat ini..

Akun DANA Saya Terkena Brute Force, Ada Transaksi QRIS yang Tidak Saya…

oleh ILHAM Hafidz dibaca dalam: 1 menit
9