Buruknya Sistem Perpindahan Kartu Kredit Citibank ke UOB

Perkenalkan, saya dengan Utami. Saya ingin menyampaikan ketidaknyamanan saya dengan sistem perpindahan kartu kredit saya dari Citibank ke UOB.

Sebelum terjadi perpindahan, sekitar pertengahan November 2023, saya telpon ke Customer Service Citibank untuk mengaktifkan kartu kredit Citibank saya, agar bisa transaksi di luar negeri (Korea) selama 7 hari. Hari itu juga, pihak Customer Service Citibank memproses dan menyakinkan saya, bahwa pada tanggal saya berada di Korea, kartu kredit saya sudah bisa saya pakai transaksi di luar negeri (Korea), meskipun nanti kartu Citibank saya sudah dialihkan ke UOB.

Pada saat saya berada di Korea, transaksi pertama berhasil menggunakan kartu Citibank. Namun pada saat transaksi berikutnya, kartu Citibank saya tidak bisa digunakan lagi. Bahkan sampai dengan hari ini, saya berada di Jakarta kartu masih terblokir. Untungnya saya masih ada kartu kredit bank lain yang bisa saya gunakan.

Setelah sampai di Jakarta sekitar tanggal 20-an November 2023 (tepatnya saya lupa tanggalnya), saya telepon UOB Card Centre (dengan asumsi kartu Citibank saya sudah dialihkan ke UOB). Saya menceritakan mengenai kartu Citibank yang terblokir pada saat saya berada di Korea. Pihak Customer Service UOB mengatakan kartu saya terblokir, karena ada tagihan yang masih belum terbayarkan. Padahal semua tagihan di bulan Oktober yang ditagihkan di bulan November sudah saya lunasi. Jadi kesimpulannya saya tidak ada tunggakan hutang di bulan November.

Yang jadi pertanyaan, kenapa kartu Citibank saya bisa terblokir sementara tagihan sudah saya lunasi? Sedangkan pihak Customer Service mengatakan saya belum melunasi tagihan dan kartu bisa di aktifkan kembali setelah tagihan dilunasi.

Okelah, saya malas meributkan hal ini. Namun dari permasalahan ini saja sudah bisa menjelaskan, sistem UOB yang kacau balau. Yang lebih parah lagi saya sudah 5x telpon ke Card Centre UOB agar mengirimkan billing tagihan kartu kredit saya di bulan Desember untuk saya lunasi. Namun sampai hari ini saya belum terima billing stament-nya.

Customer Service mengatakan, perlu waktu 3 hari kerja untuk pengiriman email. Sedangkan saya sudah meminta pengiriman billing statement dari pertama kali saya komplain mengenai kartu saya yang terblokir, yaitu sekitar tanggal 20 November 2023. Kenapa begitu lama ya hanya untuk untuk pengiriman billing statement via email? Proses 3 hari kerja, tetapi ini sudah lebih dari 2 minggu billing statement belum juga saya terima.

Yang membuat saya lebih kesal, saya diminta untuk membayar tagihan tanpa adanya billing statement, dengan hanya menyebutkan total tagihannya. Tentu saja menolak. Saya mengatakan saya akan membayar setelah saya terima billing statement tagihan kartu kredit saya.

Yang membuat saya makin kesal lagi, perkataan Customer Service yang menurut saya tidak pantas: “Ibu kan tahu tagihan apa aja yang sudah dipakai dari kartu ibu, ya udah itu aja dibayar. Kalau ibu tidak bayarkan sekarang, kartu akan tetap terblokir“. Menurut saya perkataan tersebut tidak sepantasnya dikatakan kepadanasabah. Saya sudah berkali kali terima telepon dari bagian credit untuk segera membayar tagihan yang sudah jatuh tempo. Namun tetap saya menolak untuk membayarkan sampai saya terima billing statement. Saya cek dulu, kemudian akan saya bayarkan.

Saya membuat surat ini, karena saya sudah lelah dengan saya menelepon berkali-kali hanya untuk meminta billing statement. Saya juga sudah lelah menjawab telepon dari bagian kredit UOB mengenai permasalahan ini. Saya juga akan dirugikan, jika nanti untuk billing tagihan selanjutnya sekitar bulan Januari 2024, dikenakan denda keterlambatan bayar serta bunga.

Saya sudah menyatakan kepada pihak Customer Service UOB, jika nanti saya dikenakan denda dan bunga, saya keberatan untuk membayarnya, karena itu bukan kesalahan saya sepenuhnya. Untuk meminta billing statement saja, saya harus menelpon berkali kali, bahkan sampai hari ini saja saya masih belum terima.

Sebagai referensi, saya adalah pemegang kartu kredit Citibank Platinum sejak tahun 2005, dengan riwayat pembayaran yang lancar. Semoga dengan surat ini, pihak UOB bisa memperbaiki cara Customer Serivice melayani nasabah, dari menjawab pertanyaan serta sistem perpindahan kartu Citibank ke UOB bisa diperbaiki menjadi lebih baik.

Semoga ke depannya tidak ada lagi masalah masalah seperti ini. Terima kasih.

Utami Dewi
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Buruknya Sistem Perpindahan Kartu Kredit Citibank ke UOB”

No. 23/CEA/0204 Jakarta, 20 Desember 2023 Kepada Yth., Redaksi Surat Pembaca Mediakonsumen.com Perihal : Tanggapan terhadap Keluhan Ibu Utami Dewi...
Baca Selengkapnya

11 komentar untuk “Buruknya Sistem Perpindahan Kartu Kredit Citibank ke UOB

  • 19 Desember 2023 - (09:43 WIB)
    Permalink

    Sy gak ngerti salah di Citibank atau UOB, sampe kakak mengalami hal ini, tp kalau di sy oke2 aja sih kak. Email tagihan cc sy masuk tgl 1 seperti biasa. Untuk cek transaksi sbnrnya bs dilakukan di aplikasi TMRW. Kebetulan sy udh punya akun dari lama jd begitu login semua data dr Citibank udh muncul.

  • 19 Desember 2023 - (10:57 WIB)
    Permalink

    Mungkin bapak/ibu ada salah satu yang beruntung yang tidak mengalami kendala dari perpindahan Citibank ke UOB.
    Tapi berbeda dengan saya, yang sampai saat ini pun saya belum terima billing tagihan via email bahkan saya sudah kirim surat via email ke UOB mengenai permasalahan ini. Dan balasannya sudah saya terima, dengan meminta untuk menunggu proses pengiriman billing.
    Semoga segera terselesaikan.

    Terima kasih untuk tanggapan dari surat ini.

    • 20 Desember 2023 - (19:16 WIB)
      Permalink

      Anda download aplikasi dari UOB tagihan anda disitu semua, saya sdh mencoba karna saya jg tdk dapat kiriman ebilling citibank

  • 19 Desember 2023 - (16:27 WIB)
    Permalink

    baru aja tadi pagi diinfokan soal pembayaran yang udah telat, lah dapet infonya aja engga dari UOB, tiba2 udah ada denda aja..ampun dah, suruh download tmrw, tapi ribet masuk ke aksesnya

    • 20 Desember 2023 - (08:53 WIB)
      Permalink

      Setelah download aplikasi UOB TMRW, gunakan data kartu kredit atau debit Citi untuk login, jangan daftar baru, nanti semua data di rekening lama di Citi akan muncul. Semoga membantu.

  • 20 Desember 2023 - (03:21 WIB)
    Permalink

    Saya jg punya kendala yg mirip terkait permintaan billing statement 4 bln ke belakang karena ada tagihan double utk 1 transaksi, saya lapor kejadian tsb dan minta billing statement dr tgl 28 Nov, lalu dsampaikan bhwa sdh berhasil kirim via email, tp saya check inbox atau spam pun tdk ada, lalu terkait permasalahan double tagihan tsb jg hingga saat ini tdk ada yg menghubungi saya, disampaikan deadline tgl 15 des utk proses pengecekan tp Nihil sampai saat ini,
    Ketika datang lgsg ke CS UOB disampaikan bahwa utk kartu kredit keluhan hanya bs via tlp, sdh malas saya dgn Citibank ini, pelayananya ketika bergabung dgn UOB jd kacau,

    1
    1
    • 20 Desember 2023 - (08:06 WIB)
      Permalink

      Smoga pengalaman saya ini tidak dialami jg oleh pengguna ReadyCredit Citibank yg beralih ke UOB cash plus…sya telah melunasi hutang dr ready credit ke UOB cash plus tersebut dr tgl 24 November 2023…dan terdapat kelebihan bayar…sudah saya penuhi persyaratan² smua untuk pengembalian kelebihan dana UOB cash plus tersebut ke rekening bank lain saya…melalui email uobcare….namun yg mengejutkan adalah sdh di byarkan tgl 7 Desember 2023…dan saya cek mutasi rekening Bank lain saya belum ada dana dr pihak UOB tersebut sdh ke 3 kli sya email agar di tindaklanjuti krna itu hak dana nasabah…sampe saat ini belum saya terima…smoga pihak UOB agar dapat menyelesaikan perihal tersebut jika tidak mau reputasi bank anda buruk….terima ksih…

  • 20 Desember 2023 - (07:18 WIB)
    Permalink

    Sayangnya tidak disebutkan tanggal pastinya kapan bayar tagihan terakhir Citibank sebelum akuisisi, kapan perjalanan ke LN & kapan mulai gak bisa transaksi di LN di pertengahan November itu.
    Karena ada tanggal2 kritikal di pertengahan November terkait sistem menjelang dan pasca penyelesaian akuisisi. Bahkan ada notifikasi di tgl migrasi sistem untuk sementara kartu Citibank tidak dapat digunakan kalau gak salah selama 2 hari.

    Kalau kartuku lancar aja proses migrasinya. Billing statement pertama atas nama UOB utk transaksi setelah tgl 18 November 2023 tetap dikirim via email tgl 4 Desember.

  • 20 Desember 2023 - (10:41 WIB)
    Permalink

    sayang bgt citibank kartu nya di lepas ke UOB
    jauh banget service nya, walau sama2 Bank luar negeri

  • 20 Desember 2023 - (21:44 WIB)
    Permalink

    Hal ini juga terjadi pada saya , tagihan citi 23 jt dan tagihan uob 1,5 jt
    Saya lunasin 2-2 nya , tetapi oleh admin di posting ke uob 2 x 1,5 jt
    Sehingga(seolah-olah) yg citi saya kurang bayar 1,5 jt
    Saya sudah komplain beulang2 karena saya cek di twrm tagihan yg citi kurang bayar

    Billing tagihan bulan berikutnya malah kena denda 461 rb

    Kacau SDM nya

  • 20 Desember 2023 - (22:15 WIB)
    Permalink

    Jadi gatal jari saya pingin juga nebeng soal UOB yang menurut saya ketinggalan sekali dalam pelayanan. Saya turut prihatin buat masalah anda. Semoga UOB bisa melihat keluhan nasabah termasuk masalah yang juga saya alami namun beda kasus karena saya seputar penukaran Point Rewards. Dimana bank lain begitu mudah dan sederhana serta cepat prosesnya. Kasus pertama sudah saya alami butuh waktu sekitar 2 minggu buat masuk ke akun KF saya. Kali ini kali kedua janji butuh 4hr kerja buat masuk ke akun GM saya. Namun sampai sekarang belum juga masuk padahal status point sudah terpotong. Apakah harus selalu nasabah angkat kasus ini di Media Konsumen? Tapi ada bagusnya biar semua orang bisa melihat kualitas UOB saat ini seperti apa. Ada yang punya pengalaman seperti saya?

 Apa Komentar Anda mengenai peralihan unit bisnis Citibank ke Bank UOB?

Ada 11 komentar sampai saat ini..

Buruknya Sistem Perpindahan Kartu Kredit Citibank ke UOB

oleh Utami dibaca dalam: 3 menit
11