Brecht.id, Penjual di Tokopedia Tidak Bertanggung Jawab atas Kekurangan Barang

Halo Media Konsumen,

Saya hanya ingin menceritakan kekecewaan saya saat berbelanja di Tokopedia. Saat bertransaksi dengan brecht.id, yang merupakan salah satu seller di Tokopedia yang menjual mainan anak-anak, saya sangat kecewa dengan sikap dan pelayanan dari brecht.id. Ini sebenarnya masalah kecil yang dibuat menjadi masalah yang rumit oleh brecht.id.

Ceritanya mungkin bisa dilihat dari gambar chat yang saya lampirkan secara penuh tanpa ada potongan. Pada tanggal 18 Desember 2023, saya membeli mainan mobil-mobilan aki untuk anak saya di Tokopedia. Barang tiba di rumah sekitar pukul 4-5 sore, karena saya menggunakan kurir instan. Saya mencoba menonton video tutorial yang ada di deskripsi barang yang saya beli. Saya langsung mencoba untuk membongkar dan merakit barang.

Ada tiga barang yang kurang dari barang tersebut:

  1. Baterai remote tidak ada.
  2. Ring untuk memasang ban mobil kurang empat.
  3. Mur untuk memasang ban mobil kurang satu.

Karena merasa barang yang kurang mungkin bisa dibeli, saya segera pergi keluar untuk mencari barang tersebut. Namun saya hanya membeli baterai remote, karena untuk ring dan mur tidak ada barang yang cocok dengan ukurannya. Sudah banyak toko mur dan baut yang tutup.

Setelah itu, saya menanyakan kekurangan barang kepada penjual. Awalnya, penjual merespon dan mengarahkan saya untuk melanjutkan via WhatsApp. Namun, ternyata nomor WhatsApp yang diberikan adalah nomor orang yang ada di bagian gudang. Saya diarahkan lagi untuk chat dengan admin toko di Tokopedia dan akhirnya mereka meminta alamat dan nomor HP untuk mengirimkan barangnya. Terlampir chat tanpa dipotong.

Saya menunggu kabar dari seller sampai tanggal 19 keesokan harinya. Sampai sore, saya tidak mendapat kabar apapun dari penjual. Akhirnya, saya kembali menanyakan kekurangan barang mereka. Mereka pun menjanjikan akan mengirimkan barangnya.

Namun sampai pukul 18.00, saya tidak mendapatkan kabar. Saya melihat bahwa transaksi saya akan selesai otomatis pada esok harinya, tanggal 20. Saya membuat komplain transaksi di Tokopedia. Kekecewaan saya bertambah karena kata-kata pertama dari seller mencoba membuat saya tidak bisa memberi komentar dan penilaian dari transaksi dengan mereka.

Saya yang tidak ada niat untuk memberikan penilaian buruk menjadi berniat memberi penilaian buruk. Saya tidak tahu kalau penjual bisa melakukan hal seperti itu di Tokopedia. Padahal, seller ini cukup dekat dengan rumah. Namun mereka menyuruh saya membawa barang yang besar ke tempat mereka, daripada mengirimkan barang kecil kekurangan mereka.

Silakan bandingkan barang yang saya harus bawa dan mereka kirim ke saya, hanya segenggam.

Saya akan melampirkan seluruh diskusi saya tanpa dipotong. Betapa kecewanya saya sebagai customer Tokopedia diperlakukan dengan tidak baik. Saya berniat untuk membahagiakan anak saya dengan membelikan mainan, malah jadi bikin anak saya merengek karena ada mobilnya tapi tidak bisa digunakan, karena rodanya tidak bisa dipasang.

Saya sangat kecewa kepada seller, karena tidak bertanggung jawab atas barangnya dan tidak ada satu kata maaf yang keluar dari mereka untuk kekurangan barang mereka.

Kekecewaan saya terhadap Tokopedia adalah tim customer care mereka baru merespons komplain saya pada tanggal 22 Desember 2023. Padahal saya komplain dari tanggal 19 sore. Sampai saat saya menulis cerita ini, komplain saya belum selesai.

Terima kasih untuk Media Konsumen yang menyediakan wadah seperti ini. Karena bisa menjadi tempat kami para customer/pembeli yang diperlakukan tidak adil oleh penjual/penyedia jasa. Harapan saya, Tokopedia bisa menyelesaikan masalah ini, mengedukasi seller-seller mereka dengan baik, dan bisa menghilangkan seller yang tidak baik seperti brecht.id ini.

Terima kasih.

Abdur Razak
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

16 komentar untuk “Brecht.id, Penjual di Tokopedia Tidak Bertanggung Jawab atas Kekurangan Barang

  • 5 Januari 2024 - (09:26 WIB)
    Permalink

    kesalahan ada di seller karena kurangnya part. tetapi claim part yang kurang harus memenuhi syarat tidak boleh memberi penilaian ke mereka, lucu sekali.

    yang seharusnya setelah claim selesai, tetapi karena penyataan itu membuat buyer semakin kesal 🙃

  • 5 Januari 2024 - (14:20 WIB)
    Permalink

    kalau beli partnya secara online saya gak tau ukurannya kak kun,,

    resiko belanja online kan memang ada yang kadang kurang begini, tp kan sebenarnya klo seller mengirimkan partnya dan pembeli terima dengan baik kan selesai begitu aja seharusnya, dan kalau dengan baik begitu kan blm tentu jg pembeli memberi penilaian buruk,, aneh aja klo begitu dikomplain sellernya langsung ingin membuat si pembeli tidak bisa penilaian apapun, berarti seller ini sudah berprasangka buruk terhadap pembeli,,

    padahal dalam transaksi online ini pembeli sudah memberi kepercayaan kepada seller lho, pembeli juga tidak langsung komplain ke tokopedia, tapi coba menyelesaikan langsung dengan seller secara baik-baik,, seller seperti ini bisa membuat orang kapok kalau bertransaksi secara online.

    karena menurut saya ini hal kecil aja, bagaimana kalau ada permasalahan yang lebih besar?

    • 6 Januari 2024 - (09:05 WIB)
      Permalink

      Kesalahan anda tidak memvideokan karena bukti otentik bukan karena kesalahan pelanggan itu dengan video!

      1
      3
      • 8 Januari 2024 - (16:12 WIB)
        Permalink

        yaa, udah ada yg jawab tuh dibawah,, saya beli tgl 18 des, barang diterima tgl 18, saya info seller pun masih di hari yg sama sie,,

        saya pun pedagang, kalau pelayanan kita baik masa orang mau kasih nilai jelek, setiap barang pun masih ada after sales kak,, lah ini si seller gak tau kenapa mungkin takut dikasih penilaian jelek, tp justru yg dia lakukan malah membuat nilainya sendiri jelek,,

  • 6 Januari 2024 - (19:52 WIB)
    Permalink

    Sy juga pernah beli sepeda disini. Dapat pedal yang sama sama kanan. Alhasil beli pedal tambahan di toko offline 50 ribu. Kocak sekali ini seller

    • 8 Januari 2024 - (16:15 WIB)
      Permalink

      udah sempet komplain apa emang udah males komplain kak?

      saya jg udah sempet nyari ke beberapa toko, dan toko yg khusus jual baut waktu itu udah tutup, mungkin udah deket libur natal dan tahun baru x kak, jadi udah pada tutup, makanya coba nanyain ke sellernya,, eh ternyata ya begitu, kadang yg kayak gini bikin orang takut belanja online ya,,

    • 8 Januari 2024 - (11:18 WIB)
      Permalink

      maksudnya gak minta dirakitin gt bang?

      kena biaya lg bang, lg jg yg dirakit itu cm tinggal sedikit aja dan gampang

  • 7 Januari 2024 - (09:32 WIB)
    Permalink

    Turut prihatin atas kendala yg dialami TS. Semoga masalahnya dapat diselesaikan dengan baik. Ada itikad baik dari seller untuk mengirimkan parts yg kurang (HAK TS UNTUK MINTA HAL TERSEBUT).

    Saran saya sebaiknya TS tekan juga admin toped untuk push lebih keras lagi ke seller nakal ini dan kasih serangan balik dengan mengungkit kenapa seller membuat pernyataan kalau “tidak boleh memberikan penilaian” bukan nya belanja online memang perlu penilaian mau baik atau buruk. Hal tersebut sudah menjadi hak pembeli karena sudah membeli di toko mereka.

    Kalau seller yg baik, seharusnya tidak perlu ada embel-embel syarat “tidak boleh memberikan penilaian”, kan akun TS yg pegang dan kendalikan TS, bukan si Seller apalagi Toped. Cukup unboxing saja. Kadang video unboxing pun di klaim tidak asli sama seller nakal.

    Semoga cepat selesai ya kendalanya

  • 7 Januari 2024 - (09:41 WIB)
    Permalink

    Sebenernya aneh ya seller2 ini. Dikit2 minta video padahal hal kecil ngapain juga minta video. Kecuali hal besar. Apa salahnya kirim part yang kurang dengan cepat. Toh murah harganya. Mereka itu gamau ribet dan kebanyakan langsung nyalahin pengiriman agar pengiriman yang ganti rugi. Lama2 kalau belanja online ribet gini pasti pada ogah belanja online. Makanya kita sebagai pembeli wajib deh liat review seller. Kalau review seller keliatan ribet mending cari tempat lain.

    • 8 Januari 2024 - (16:17 WIB)
      Permalink

      bener banget kak,, tp saya liat sellernya ini ratingnya bagus banget,,, apa disemunyiin ya yg jeleknya, hahahaha

  • 9 Januari 2024 - (03:46 WIB)
    Permalink

    Kalau kirim express kan tidak bisa langsung bisa diterima. Kenapa tidak komplen lewat tokopedia saja. Maksudnya perselisihan diselesaikan melalui tombol yg disediakan. Saya ratusan trx di toko onlen dgn puluhan masalah, semua bisa terselesaikan melalui jalur itu. Aneh memang, jalurnya telah disediakan tokopedia tapi tidak digunakan. Seller tak bertanggung jawab, kalau sudah terima uang tidak akan peduli. Jangan takut ancaman seller seperti bila tdk bintang 5, garansi hilang atau harus video unboxing dll. Ancaman ini tidak berlaku untuk tokopedia. Intinya komplenlah dgn memberi logika ke hakim di toko onlen.

  • 9 Januari 2024 - (08:57 WIB)
    Permalink

    Saya pernah punya pengalaman dgn seller ini di marketplace oren. Waktu itu beli baby walker, kirim via gosend. Paket dikirim tanpa dus bawaan.
    Setelah dicek ternyata kurang mainan dan musiknya. Komplain via aplikasi ribet & berbelit.
    Akhirnya seller kirim kekurangannya via JNT, dan itu ongkirnya saya yg tanggung (COD). Ternyata yg dikirim cuma mainannya aja, musiknya ga dikirim. Kesel kaga tuh? Hehe…
    Lalu saya kirim WA ke abang gojek yg kirim paketnya, minta alamat tokonya. Karena jarak tokonya ga begitu jauh dari rumah, saya silaturahmi dong ke tokonya. Setelah nunggu dapat juga barangnya.
    Balik ke rumah konfirmasi pesanan, kasih bintang 1 dong. 😂

    NB: alamat toko di Poris, Tangerang.

 Apa Komentar Anda mengenai Belanja online di Tokopedia?

Ada 16 komentar sampai saat ini..

Brecht.id, Penjual di Tokopedia Tidak Bertanggung Jawab atas Kekuranga…

oleh abdur razak dibaca dalam: 2 menit
16